free statistics

Wisata Tegal Curug

Rate this post

Wisata Tegal Curug – Monkey Kurug adalah salah satu air terjun atau air terjun yang ada di Dusun Bukit Guntur Desa Kavitali Kecamatan Bumizhava. Dari namanya sendiri, kita bisa menebak bahwa ada banyak monyet liar di sekitar tempat ini. Air terjun ini adalah mitos penduduk setempat, tetapi tujuan utamanya adalah untuk menjaga air terjun tetap alami.

Menakutkan, tapi tidak seseram yang kita kira. Air terjun ini tetap mempertahankan keindahannya. Pada ketinggian sekitar 25 meter, air terjun ini memiliki aliran yang sangat deras bahkan di musim panas. Jadi hati-hati disarankan jika Anda berada di bawahnya. Apalagi jika hujan. Seperti yang Anda ketahui, ada banyak batu di dasar air terjun. Sehingga bisa digunakan untuk sekedar duduk-duduk sambil menikmati pemandangan sekitar dan cipratan air.

Wisata Tegal Curug

Wisata Tegal Curug

Sangat sulit untuk mencapai tempat ini karena lokasinya yang sepi dan jalannya cukup berkelok-kelok. Jika dari pertigaan Tuvel, belok kanan (barat) menuju Bumijava, lurus sampai bertemu gerbang desa Jejeg, lurus sedikit ke barat sampai bertemu pertigaan, lalu belok kanan (utara). Lurus saja sampai bertemu desa Pajerkasih dan lurus ke utara menuju desa Kavitali. Sebelum memasuki Kavitali ada jembatan besar dengan karakter sungai kering dan setelah jembatan ada toko. Ketika Anda menemukan jembatan, ambil jalan kecil yang tidak beraspal ke jembatan, lurus sampai Anda bertemu gerbang Sangkar Ayam. Mobil seperti sepeda motor sering diparkir di dekatnya. Lanjutkan berjalan sekitar 15 menit di jalan setapak di sebelah kiri sebelum gerbang Kandang Ayam. Naik dan ikuti jalan, lalu turuni sungai. Hati-hati di jalan yang curam.

Curug Sigeong, Destinasi Wisata Alternatif Di Kawasan Guci Kabupaten Tegal

Jejak yang sedikit menantang terbayar dengan keindahan air terjun yang berbatu tinggi, walaupun airnya tidak jernih, tapi airnya dingin lho. Pegunungan yang khas. Di sekitar sisa-sisa air terjun terdapat pepohonan rindang yang biasa digunakan kera untuk nongkrong.

Tertarik untuk menjelajahi Monkey Falls? Jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat. Disarankan untuk tidak mengganggu habitat, seperti kera yang mungkin ditemukan di sana. Harap tidak membuang sampah sembarangan atau terlibat dalam vandalisme. Ayo Tegal itu indah lho! Salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Tegal kembali dibahas dalam Wisata Tegal edisi kali ini. Sebagian besar air terjun yang baru ditemukan mudah diakses selama musim panas, untuk alasan keamanan dan karena Anda harus berjalan di sepanjang sungai. Seperti air terjun lainnya, air terjun ini tidak memiliki nama khusus. Terletak di DAS Kaliputih, Desa Gutsi, Kabupaten Tegal, Kecamatan Bumijawa, sehingga warga menyebutnya Air Terjun Kaliputih.

Berkunjung ke Air Terjun Kaliputih bisa disebut sebagai perjalanan lengkap menjelajahi air terjun, bagaimana lagi. Ada sekitar 4 air terjun yang bisa dinikmati. Pertama, Anda akan melewati Air Terjun Sikunang (begitu penduduk setempat menyebutnya) menuju Air Terjun Sigeyong. Dan ada air terjun kedua yang belum kita ketahui namanya, tingginya sekitar 3 meter, meski tidak terlalu tinggi, airnya deras. Ketiga, Air Terjun Kaliputih sendiri dan terakhir ada air terjun lain di sebelah utara Air Terjun Sikunang.

Sebenarnya lokasi air terjun ini tidak terlalu sulit, namun jalannya cukup jauh dan dekat dengan sungai, sehingga membutuhkan tenaga ekstra. Meski air terjun yang akan kita lihat tidak terlalu deras, sangat cocok untuk dilewati saat musim kemarau.

Jomlo? Mungkin Harus Ke Curug Cantel Tegal

Untuk menuju ke sini, ambil jalan menuju OW Guci. Di depan gerbang OW Guci (kantor tiket) sekolah MI Islamiyah Kemaron, sampai disini mobil bisa diparkir di rumah warga. Dari sini jalan terus ke selatan dengan kaki berjalan dan melihat 2 sungai mengalir, di timur (di bawah jembatan) mengalir Kaligun dan di barat adalah Kaliputih. Sekarang ada Curug Sikunang di pertemuan dua sungai ini.

Di sepanjang tepi sungai, kita melihat sejenis padang rumput dengan daun yang sangat hijau dan rerumputan yang tidak terlalu tinggi, hanya dengan batang yang sudah tua. Namun, tidak disarankan untuk berjalan di tanah ini karena bisa rusak, tanahnya juga gambut, jadi kami turun ke tanah. Melihatnya saja atau mengambil foto di sebelahnya mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Ketinggian air terjun Kaliputih sekitar 40 meter. Saat musim hujan, air sangat deras sehingga air keluar dari dinding perbukitan. Airnya sangat jernih dan dingin bahkan ketika menyentuh tubuh kita secara langsung. Lokasinya yang terpencil membuat lingkungan sekitar menjadi asri karena banyak pepohonan di sekitar air terjun. Pemandangan air terjun ini juga patut diacungi jempol lho, melewati perkebunan penduduk setempat, melewati perbukitan yang indah dan aliran air yang segar, perjalanan ini tidak akan pernah Anda lupakan.

Wisata Tegal Curug

Bagi yang ingin datang ke sini, pastikan untuk menghemat tenaga ekstra dan menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membakar atau merusak tanaman. Semoga mereka tetap stabil sampai suatu hari Anda dapat menikmatinya. Selamat bertualang 🙂 Terletak di Jawa Tengah, Tegal merupakan salah satu kota yang wajib dikunjungi sebagai destinasi liburan. Selain terkenal dengan masakannya, kota ini memiliki banyak tempat wisata yang indah, salah satunya adalah air terjunnya. Saya menyimpulkan beberapa air terjun di Tegal dengan lingkungan yang indah. Seperti apa? mari kita dengar!

Tempat Wisata Curug Putri Di Bumijawa Tegal

Air terjun dengan pemandangan indah ini terletak di Dusun Kalipedes, Desa Sigedong, Tegal, Kecamatan Bumijawa. Airnya mengalir deras dari ketinggian 60 meter, sehingga tempat ini merupakan air terjun tertinggi di Tegal. Sekilas memang hampir mirip dengan Kurug Chilember, namun bedanya Kurug Kantel terletak di sisi dua bukit. Jadi Air Terjun Kantel berada di sudut tebing. Untuk mencapai tempat ini, Sahabat Traveler harus berhati-hati karena jalanan sepertinya licin.

Curug Jedor yang tergolong tinggi karena tingginya mencapai 15 meter menawarkan pemandangan yang indah. Pengunjung tertarik dengan pemandangan yang indah dan menarik serta menikmati udara yang sejuk. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung dikenakan biaya kurang lebih Rp. 5000 per orang. Karena airnya yang bersih, pengunjung bisa bermain air di sini atau sekedar berfoto.

Terletak di Dusun Gunung Guntur, Desa Kavitali, Kecamatan Bumjawa, Kabupaten Tegal, Air Terjun Monyet ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Dahulu banyak kera, sehingga disebut kera Kurg. Meski airnya tidak terlalu jernih, namun kemurniannya tetap terjaga. Jika beruntung, Teman Traveler bahkan bisa melihat monyet-monyet berkeliaran. Jalan menuju ke sana berkelok-kelok dan licin, sehingga cukup sulit.

Yang terakhir adalah Curug Jejeg. Air terjun setinggi 22 meter ini berasal dari Sungai Sier dan terletak di Desa Jejeg, Kecamatan Bumijava, Kabupaten Tegal. Air terjun yang memiliki keindahan tersendiri ini masih terlihat asri duduk di atas bebatuan sambil menikmati gemericik airnya. Di musim panas, aliran air tidak terlalu deras, sehingga pengunjung dapat menikmati air dengan aman dan nyaman. Tidak terlalu sulit untuk mencapai sini, tapi butuh waktu lama karena jalanan yang rusak. Pengunjung harus selalu berhati-hati.

Wisata Curug Dhuwur

Itulah air terjun yang bisa Sahabat Traveler kunjungi saat berada di Tegal. Kesegarannya tak terbantahkan. Ke mana Anda ingin pergi dulu? Bumijawa adalah sebuah kecamatan kecil di Kabupaten Tegal di Jawa Tengah dan terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Maka tidak heran jika suhu udara relatif dingin.

Di Bumijava, tepat di perbatasan antara Tegal dan Brebes, ada air terjun yang indah dengan pemandangan alam yang menyenangkan.

Nama air terjunnya adalah Curug Cantel, letaknya di antara tebing-tebing tinggi yang masih asri dengan pepohonan.

Wisata Tegal Curug

Trekking ke Kurug Kantel tidak melelahkan. Dari tempat parkir Anda hanya perlu berjalan menyusuri jalan berbatu, tetapi mudah untuk berjalan. Karena diletakkan sedemikian rupa sehingga memudahkan para peziarah untuk menaikinya.

Curug Gombong Wisata Air Terjun Dari Kabupaten Batang, Solusi Tepat Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga

Berjalan di antara bebatuan yang tinggi, lebarnya sekitar 1 meter, disertai dengan angin yang sangat dingin, adalah hamparan luas keindahan yang luar biasa. Perjalanan tidak terasa.

Setelah sekitar 7 menit Anda akan melewati jalan berbatu dan kemudian sungai dengan arus yang tidak terlalu deras.

Di sungai Anda harus berjalan di antara batu-batu yang sangat besar, sekitar 5 menit Anda akan berjalan di sungai.

Anda tidak perlu khawatir sepatu Anda basah saat berjalan di sepanjang sungai karena Anda bisa menggunakan batu untuk berjalan. Rutenya sama dengan ke Krug Low Semarang, tapi lebih pendek.

Curug Pengantin Tegal Tiket & Pesona Alam

Curug Cantel terletak di perbatasan Tegal dan Brebes, di antara dua tebing tinggi yang masih dihiasi pepohonan yang sangat indah.

Menurut para penjaga di sini, Curug Cantel tingginya sekitar 60 meter, jadi tidak heran jika bentuknya seperti uap dengan air yang mengalir di sekitarnya.

Keindahan alam Curug Cantel masih sangat asri dan alami, disini anda akan merasa sejuk dan damai.

Wisata Tegal Curug

Ideal bagi mereka yang ingin bersantai dan menyegarkan fisik dan mental. Percikan air selalu di tengah telinga Anda.

Rekomendasi Wisata Curug Yang Ada Di Tegal Dan Pemalang

Alhasil, aliran airnya sangat jernih dan bersih, sangat menyegarkan. Ada kolam alami di bawah air terjun. Kolam renangnya tidak terlalu besar dan Anda bisa merasakan segarnya percikan air terjun.

Curug Cantel tingginya 60 meter, aliran airnya relatif kencang, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan berenang langsung di bawah aliran air.

Namun bagi yang tidak tahan dingin sebaiknya tidak mencoba berenang di sini. Airnya sangat dingin karena berada di dasar gunung.

Keindahan alam dan kesejukan Kurug Kantel selalu dicari oleh para pecinta selfie. Air terjun yang tinggi dan pemandangan yang indah selalu menarik pengunjung.

Pelukan Curug Cantel

Curug Cantel sangat indah, aliran air mengalir sedikit di bawahnya seolah-olah menempel atau terikat pada tebing di sebelahnya.

Warga setempat menyebut situasi ini “cemantel”. Karena itulah air terjun ini disebut Curug Cantel. Karena itu seperti tergantung di batu di sebelahnya.

Yang lain memiliki sejarah penamaan sungai yang mengalir

Wisata Tegal Curug

Wisata curug di tegal, wisata tegal, curug margasari tegal, wisata curug, curug 7 margasari tegal, wisata curug tegal, wisata curug sentul, curug di daerah tegal, curug daerah tegal, curug tegal, curug cipamingkis wisata keluarga, curug di tegal

Comments