free statistics

Wisata Tawangmangu Telaga Sarangan

Rate this post

Wisata Tawangmangu Telaga Sarangan – Telaga Sarangan, juga dikenal dengan nama Telaga Pasir, adalah sebuah telaga alami yang berada di kaki Gunung Lau di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magatan, Jawa Timur. Berjarak sekitar 16 kilometer sebelah barat kota Magatan. Danau ini memiliki luas sekitar 30 hektar dan kedalaman 28 meter. Dengan suhu antara 18 dan 25 °C, Telaga Sarangan dapat menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Telaga Sarangan merupakan objek wisata utama di Magaton. Di dekat danau terdapat hotel bintang dua, 43 hotel kelas melati, dan penginapan 18. Selain banyak toko suvenir, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Sarangan dengan berjalan kaki di sekitar danau, atau naik speed boat. Fasilitas wisata lainnya juga tersedia, seperti rumah, makanan, taman bermain, pasar wisata, tempat parkir, telepon umum, tempat ibadah dan taman.

Wisata Tawangmangu Telaga Sarangan

Wisata Tawangmangu Telaga Sarangan

Kehadiran 19 restoran di dekat danau membuat beberapa alternatif pilihan menu bagi para tamu. Begitu pula dengan keberadaan pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai cinderamata semakin memudahkan para pengunjung untuk membeli oleh-oleh. Hidangan yang umum dijual di dekat danau adalah sate kelinci.

Panorama: Menikmati Eksotisme Lereng Gunung Lawu Di Telaga Sarangan Dan Grojogan Sewu Tawangmangu

Magatan juga didukung oleh potensi industri kecil lokal yang mampu menghasilkan kerajinan untuk oleh-oleh, seperti anyaman bambu, kerajinan kulit, kerajinan sepatu, dan produk makanan khas seperti keripik dan piring melinjo (kerupuk puli, yaitu nasi).

Ada juga jasa sewa perahu dan air di Telaga Sarangan. Ada 51 perahu dan 13 sepeda air yang bisa digunakan untuk menjelajahi danau.

Telga Sarangan memiliki beberapa kalender acara penting tahunan, yaitu Jumat Pon di bulan Ruwah, liburan sekolah di tengah tahun, Ledug Sura 1 Muharram, dan persembahan pesta kembang api pada malam tahun baru.

Pemerintah setempat saat ini sedang mengerjakan proyek jalan penghubung Danau Sarangan dengan objek wisata Twangamangu di Kabupaten Karanganyar. Perpanjangan dan perluasan jalan layang yang menghubungkan kedua daerah tersebut diharapkan selesai pada tahun 2007.

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan Terbaru November 2022

Tempat wisata ini dapat dicapai dari Kota Magaton; Dan kawasan ini tidak jauh dari Air Terjun Grojogan Sevu, Tawangamangu (Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah).

Pemerintah Kabupaten Megaton juga ingin mengembangkan Taman Ponkol (sekitar 10 km sebelah selatan Telaga Sarangan) sebagai objek wisata alternatif. Tidak hanya bisa menyaksikan matahari dan indahnya susu, Anda juga bisa menikmati aneka kuliner yang beraneka rasa.

Berkunjung ke danau memang tidak menyenangkan, wisata alam ini menyuguhkan panorama yang indah dan berbagai fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk menyegarkan hari yang melelahkan. Salah satunya adalah Telaga Sarangan, sebuah telaga yang terletak di lereng Gunung Lau, Kabupaten Magatan, Jawa Timur.

Wisata Tawangmangu Telaga Sarangan

Telaga Sarangan Magatan memiliki luas 30 hektar dan kedalaman hingga 28 meter.Setiap tahun banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata alam ini, semilir angin yang sejuk menyejukkan pikiran.

Jelajah Candi Cetho, Telaga Sarangan Dan Waduk Bening Widas

Telaga Sarangan merupakan telaga berpasir alami yang terletak di lereng Gunung Lau pada ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Meski terletak di lereng Malima Lavu, jalan menuju ke sana sudah bagus.

Meski danau ini terbentuk secara alami, namun pengelolaannya sudah teruji oleh pemerintah setempat, hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah pengunjung yang cukup besar di kawasan Objek Wisata Telaga Sarangan.

Cara termudah Ketika Anda sampai di kota Magatan di Jawa Timur, Anda akan menemukan papan petunjuk arah menuju Danau Sarangan. Anda juga bisa menuju ke kabupaten Karanganyar setelah melewati kota Magetan, kemudian di pinggir jalan anda akan melihat panorama danau yang sangat indah.

Cara lain untuk mencapai Telaga Sarangan adalah dengan menggunakan transportasi umum, seperti kereta api. Turun di stasiun Solo Balapan, lanjut naik bus tujuan Palur. Ketika Anda mencapai Palur, Anda naik bus ke Tavangamgu. dan lanjutkan menggunakan minibus menuju Telaga Sarangan.

Sentra Sepatu Magetan Telaga Sarangan Air Terjun Grogojan Sewu Tawangmangu

Tempat wisata murah selalu menarik wisatawan lokal. Tiket masuk Telaga Sarangan untuk dewasa sekitar Rp. 19.000, untuk anak-anak sekitar Rp. 14.000 Terjangkau kan?

Untuk harga tersebut, Anda bisa mendapatkan asuransi dari Jasa Raharja. Sementara itu, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan aplikasi.

Bagi Anda yang sedang menikmati objek wisata ini bersama keluarga, Anda dapat memanfaatkan fasilitas akomodasi seperti hotel di Telaga Sarangan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menjelajahi lebih banyak tempat wisata ini.

Wisata Tawangmangu Telaga Sarangan

Akomodasi disediakan, mulai dari hotel model hingga guest house. Tentunya harga yang ditawarkan berbeda-beda tergantung dari jenis model rumah yang Anda pilih. Anda bisa menginap di sini dengan harga Rp 150.000 hingga Rp 700.000. Anda juga dapat memilih lokasi guest house sesuai keinginan Anda dan guest house dapat berada di tepi danau atau di dekat tempat tinggal warga sekitar.

Telaga Sarangan Tiket Masuk & Ragam Aktivitas

Untuk memacu adrenalin Anda, Anda bisa mengelilingi Danau Sarangan yang luas dengan speedboat. Dari segi keamanan, jangan khawatir, Anda memiliki jaket pelampung yang siap digunakan saat berkendara. Sebuah speedboat dengan kapasitas 3-4 orang dikenakan biaya sekitar Rs 60.000 untuk satu putaran dan Rs 150.000 untuk tiga putaran.

Jika Anda ingin menikmati suasana alam yang lebih damai, maka Anda harus mencoba menunggang kuda di sekitar Telaga Sarangan, Detikar. Untuk biayanya sekitar Rp 50.000 per siklus.

Berkeliling di tour ini pasti akan menguras tenaga anda Detikers, Telaga Sarangan dimana anda bisa menikmati makanan dan minuman yang enak dan murah yang bisa mengisi perut anda.

Salah satu masakan yang wajib kamu coba di sini adalah sate kelinci. Tapi, jika Anda tidak bisa mencobanya, Anda bisa memesan hidangan lezat lainnya, seperti nasi pesel khas Telaga Sarangan, nasi mentah, jagung bakar, dan lain sebagainya.

Telaga Sarangan, Destinasi Wajib Buat Kamu Yang Ingin ‘ngadem’

Rasanya kurang lengkap jika berwisata tanpa membawa oleh-oleh asli. Di Telga Sarangan, ada beragam oleh-oleh yang bisa kamu bagikan kepada keluarga atau rekan kerja.

Dari anyaman bambu hingga kerajinan tangan, asesoris, jajanan tradisional Jawa Timur, dan sayuran hijau bisa Anda bawa atau tanam di pekarangan rumah Anda.

Telga Sarangan, Magatan, Telga Sarangan, Jawa Timur, Hotel di Telga Sarangan, Jalan Telga Saran, Tiket Telga Sarangan, You Are Here Home Informasi Tempat Wisata di Jawa Timur, Danau Sarangan, Wisata Alam di Bawah Gunung Lau, Magatan, Jawa Timur

Wisata Tawangmangu Telaga Sarangan

Telaga Sarangan terletak di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah, tepatnya di bagian barat Kabupaten Magaeton, Jawa Timur. Jika anda datang dari kota Magetan maka anda harus menempuh jarak sekitar 16 km, jarak dari Tavangamgu hanya 5 km. Telaga Sarangan terletak di lereng Gunung Lau (3.265 m) yang memiliki latar belakang pegunungan yang indah. Anda bisa menjadikan Telaga Sarangan sebagai pilihan liburan Anda kali ini. Ada banyak wisata alam menarik yang bisa dinikmati di sini. Danau ini dan sekitarnya memberikan Anda pemandangan yang indah dan mempesona.

Destinasi Wisata Tawangmangu Pesona Alam Menakjubkan| Jateng Travel Guide

Luas danau ini sekitar 30 hektar dengan kedalaman 28 meter. Pemandangan Danau Sarangan akan memanjakan mata, karena Anda bisa melihat danau besar Sidoramping dan pegunungan hijau subur di dekat Gunung Lavu. Sejajar dengan air danau yang tenang dan mencerminkan pegunungan di sekitarnya. Pemandangan perbukitan dan pegunungan di sini membuat Anda merasa lebih tenang dan damai dengan sejuknya udara pegunungan dengan suhu sekitar 18-23 derajat Celcius. Anda bisa menikmati sejuknya angin pegunungan karena Telaga Sarangan berada di ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut.

Ada sepeda air di tepi danau yang bentuknya mirip bebek dan perahu. Ini bisa menjadi cara bagi mereka yang ingin berkeliling danau melalui jalur air. Anda bisa menggunakan speedboat untuk berkeliling danau seharga RP. 50.000,-. Atau Anda bisa berkeliling menggunakan kuda atau kereta yang disediakan oleh warga sekitar dengan biaya Rp. 50.000,- Dari rute 3 km anda bisa melihat sisi lain kawasan Telaga Sarangan yang cukup indah. Itu pasti bisa membuat anak Anda bahagia. Atau bagi yang ingin berolahraga, Anda bisa berjalan-jalan atau berlari-lari di sekitar danau. Anda juga akan menemukan hutan pinus di lereng pegunungan dekat Telaga Sarangan. Kondisi yang tenang dan menyenangkan tentunya akan membuat permainan menjadi menyenangkan.

Daerah di sekitar danau ini telah dikembangkan sebagai tujuan wisata utama. Tidak heran ada begitu banyak guest house di luar sana. Jadi jika Anda ingin menginap di dekat danau maka tidak perlu khawatir. Ada banyak hotel budget yang bisa menjadi tempat Anda menginap. Hotel pesaing ini menawarkan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa menginap di kamar dengan dua kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu dengan harga sekitar 500.000 per malam. Atau hanya memiliki 1 kamar untuk harga termurah. Guest house ini juga menyediakan air panas untuk mandi dan minum. Total ada 2 lantai di hotel melati ini sehingga Anda bisa menikmati pemandangan Telaga Sarangan dengan pemandangan yang luas. Anda juga dapat menemukan setidaknya hotel bintang 2 di sini.

Tidak pernah ada pengunjung ke Telaga Sarangan. Terutama saat liburan. Saat kita memasuki kawasan danau, kita akan disambut oleh sejumlah pedagang suvenir yang menjual berbagai kerajinan tangan serta sayuran dan buah-buahan yang ditanam di daerah perbukitan. Setelah puas berwisata di Telaga Sarangan, Anda bisa membeli oleh-oleh dan oleh-oleh dari Telaga Sarangan sebelum kembali. Anda bisa membeli tas, kaos atau kerajinan tangan lainnya yang merupakan hasil karya masyarakat setempat. Hanya dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp. 7.500,- untuk dewasa dan rp. 5.000,- Untuk anak-anak kita bisa menikmati indahnya wisata alam Telaga Sarangan.

Ceritamamijuno2: Menikmati Keheningan Pagi Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur

Anda juga bisa memesan sate kelinci dan lontong yang disajikan berlimpah di sekitar danau ini. kebenaran jarang ditemukan di tempat lain

Tempat wisata telaga sarangan magetan, paket wisata telaga sarangan, telaga sarangan tawangmangu, tawangmangu sarangan, obyek wisata telaga sarangan, obyek wisata sarangan tawangmangu, tempat wisata dekat telaga sarangan, objek wisata telaga sarangan, wisata tawangmangu sarangan, paket wisata sarangan tawangmangu, wisata telaga sarangan magetan, telaga sarangan

Comments

social bar