free statistics

Wisata Gunung Sepikul

Rate this post

Wisata Gunung Sepikul – Wisata Sokoharjo – Gunung Sepikul merupakan kawasan pegunungan, ini merupakan tempat yang cocok bagi anda para pemburu sunrise, Gunung Sepikul bisa menjadi pilihan anda dan tempatnya adalah Kirten, Tiaran, Kabupaten Sokoharjo, Jawa Tengah, sekitar 1 perjalanan dari kota Sulu. Satu jam ke arah selatan, cara mencapai puncak tidak terlalu sulit dengan suasana sejuk dan cuaca yang menyenangkan, dari atas bukit kita bisa menikmati persawahan dan perkampungan khas yang mendaki pegunungan selatan jawa. Jangan lupa guys, selalu jaga kebersihan saat berkunjung ke tempat ini, tempat parkir sangat luas untuk kapasitasnya, toilet juga ada, Gazebo juga ada, pasti best time jika berkunjung ke tempat ini. Itu diperbaiki sebelum fajar atau sore hari.

Tour ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore guys, tempat ini juga sangat bagus untuk foto dan hiking bersama mantan, oh maaf saya salah, pacar saat ini berarti mungkin Gunung Picul adalah gunung ke Nama gunung ini adalah sangat tinggi dan karena tidak terlalu curam, tapi kita bisa menemukan kelelahan sementara atau semacamnya untuk melihat sesuatu di sana, hehe

Wisata Gunung Sepikul

Wisata Gunung Sepikul

Tapi jangan salah guys, kita bisa mendaki bukit berbatu itu, tidak terlalu sulit, tapi kalian harus memakai sepatu, biar gampang tanpa terpeleset. Di bagian atas terdapat beberapa pondok yang disediakan untuk penginapan dan istirahat.

Kkn Kolaboratif 172: Yuk, Coba Wahana Adventure Wisata Gunung Sepikul Pakusari

Dan ketika kami pertama kali sampai di sana, pemandangannya benar-benar fantastis. Untuk menuju puncak anda harus mendaki gunung batu yang kami sebutkan tadi, jalur yang dilalui cukup menanjak, anda harus berhenti berkali-kali untuk beristirahat karena tanjakan yang curam, namun semua terbayar begitu sampai di puncak. . Dengan view yang sangat indah kita bisa melihat pegunungan dengan jelas guys, jangan lupa untuk berfoto bersama hewan peliharaan kalian. Namun menurut saya kawasan Gunung Pikul masih kurang fasilitas yang cukup sebagai objek wisata, tapi tidak apa-apa, yang penting bisa singgah.

Ini banget guys, tour ini murah banget karena kita ga pake tiket masuk, kita bayar jujur ??+ parkir motor cuma 2rb. Kalau mau mendaki, jangan lupa bawa air yang banyak ya guys. Ada gubuk kecil di atas, tapi toh hanya satu. Lebih baik datang ke sini pada pagi hari, matahari terbit dan jika beruntung Anda dapat melihat kabut dengan baik, bukan? Atau karena Anda bisa menyaksikan matahari terbenam yang begitu indah tepat di siang hari. Kalau ke sini jam 10 pagi puas banget, tapi kalau ke rindang gubug enak banget hehe ada angin sepoi-sepoi. Oh guys, ada stand jual es dan snack di tempat parkir, jadi kalian tidak perlu khawatir kelaparan di jalan. heh

Jawab : Kalau mau camping boleh, tapi harus izin dulu ke pengelolanya, anak-anak mungkin sudah memberikan atau tidak, anak-anak pun saya kurang tahu karena saya belum pernah camping disini sebelumnya, hehehe .dari jarak jauh. Di Kabupaten Sokoharjo Jawa Tengah terdapat destinasi wisata yang kurang populer di kalangan wisatawan. Padahal tempat ini memiliki keindahan yang luar biasa di setiap sudutnya. Gunung Makam adalah namanya.

Pagi-pagi sekali, saya memasuki Desa Getan, Kecamatan Tiaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sokoharjo, Jawa Tengah, bersama Josie, pasangan pecinta pepaya. Kunjungan kami adalah mengunjungi kawasan wisata Batu Seribu dan tujuan utamanya adalah Gunung Sepikul.

Dolan Kesini Gunung Sepikul Sukoharjo

Hari ini terlalu dini untuk dikemas dengan kegiatan wisata. Suasana desa masih berkabut, sunyi dan dingin. Banyak penduduk mungkin masih berkerumun di bawah penutup. Di sepanjang jalan desa, kami hanya sesekali menjumpai warga.

Saat berada di desa Tirana, tidak sulit menemukan Bukit Sepiklum. Menggunakan Google Maps dan bertanya kepada penduduk setempat yang kami temui, tidak butuh waktu lama untuk mencapai tujuan kami. Dengan penunjuk jalan di sepanjang jalan, menemukan lokasi Gunung Makam membuat perjalanan kami menjadi mudah.

Keluar dari jalan utama, jalan menuju Gunung Sepikul sangat sempit namun dalam kondisi baik. Tapi jalan sempit itu hanya berjarak 300 meter. Setelah itu, kami langsung berada di kaki gunung. Kendaraan bisa dibawa tepat di sebelah gerbang pendakian. Ada tempat parkir yang luas.

Wisata Gunung Sepikul

Tapi masih terlalu dini, ketika kami sampai di sana, tidak ada orang lain selain kami. Toko-toko di kaki bukit yang biasanya menyambut wisatawan belum buka. Kamar mandi umum masih terkunci dari luar. Petugas parkir juga tidak ada, jadi wisata Bukit Sepulcher kami benar-benar gratis saat itu.

Liburan Panjang, Gunung Sepikul Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan

Jika melihat pintu masuk yang tidak diblokir tanpa loket tiket, sepertinya mengunjungi Sepulcher Hill gratis. Sekadar papan informasi yang harganya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tapi saat itu petugas parkir sedang tidak ada, jadi kami tidak tahu siapa yang harus membayar parkir.

Bahkan jika saya bisa masuk secara gratis, itu tidak akan membuat saya bahagia. Perasaan sedikit cemas itu benar. Karena kita harus meninggalkan sepeda motor kita sendiri tanpa peduli. Selain itu, suasana di sekitar Bukit Makam pagi itu memang sangat sepi. Letaknya sangat jauh dari pemukiman penduduk. Hanya ladang dan semak di sekitarnya. Tidak ada pos polisi atau pangkalan militer. Wajar jika pihak yang tidak bertanggung jawab merusak sepeda motor kita. Misalnya, kucing buang air kecil di atasnya atau tombol klakson terhalang oleh benda tak terlihat.

Tapi saudari Josie dan saya setuju untuk langsung naik daripada menunggu tukang parkir yang pintu masuknya tidak pasti. Kami sudah tidak sabar menunggu keindahan puncak Sepikul yang sebelumnya hanya bisa kami lihat secara online. Kami yakin sepeda kami baik-baik saja.

Lalu, tanpa lupa mengucapkan Bosmala, kami langsung bergerak maju. Jalur pejalan kaki memiliki kemiringan 40-60 derajat. Jalannya sangat mudah. Tepat sebelum puncak bukit, tanah menjadi berbatu dan licin. Jadi sebaiknya lebih berhati-hati.

Pemkab Sukoharjo Masih Tutup Objek Wisata

Secara geografis tempat ini disebut gunung, namun secara fisik tepat disebut gunung. Ini tidak terlalu lama. Bahkan dalam waktu singkat 25 menit kami mencapai puncaknya. Meski langkah kami agak lambat dan kami menikmati segarnya udara pagi di pegunungan. Jika cepat, mungkin kami sampai di sana dalam 15 menit.

Bahkan saat kami sampai di puncak, langit di sekitar Gunung Sepikul tertutup kabut. Ini adalah hasil lain dari entri awal kami. Ke mana pun mata memandang, semua pandangan masih tersembunyi di balik kabut. Kecantikannya juga tertutup debu. Namun hal itu tidak menyurutkan niat kami untuk menikmati suasana alam Bukit Sepikul.

Alhamdulillah, karena sinar matahari sangat kuat, ketebalan kabut berangsur-angsur menipis dan akhirnya hilang sama sekali. Langit cerah. Matahari yang terik mulai menggigit. Saat itu, dari atas bukit Sepikul, Anda bisa melihat pemandangan sawah yang sejuk, bukit-bukit yang indah, hutan hijau dan pedesaan. Pemandangan yang bikin pengen pulang. Tidak buruk bagi kami untuk datang ke sini dari Indonesia.

Wisata Gunung Sepikul

Di seberang bukit yang kami daki, ada bukit lain dengan ketinggian yang sama yang membelah jalan. Sehingga bisa dikatakan Bukit Sepikul merupakan gunung kembar yang terbagi menjadi jalan. Itulah mengapa tempat ini dinamakan Bukit Sepiculum. Ada dua gunung yang diletakkan bersebelahan seperti kargo yang siap diangkut.

Daftar Objek Wisata Hits Di Sukoharjo

Artinya, Gunung Sepikul ada kaitannya dengan cerita sejarah PHP Roro Jonggrang vs Bandung Bondowoso. Saat itu, Roro Zhonggrang diminta untuk membangun 1000 candi dalam satu malam. Padahal ini hanya cara Mbak Roro Jungrang menolak cinta Bandon Bondusu.

Maka, saat Bandung Bundusu sedang sibuk mengumpulkan batu untuk proyek candi yang baru selesai dibangun, tiba-tiba muncul cahaya gemilang dari ufuk timur dan warga mulai menjalankan bisnisnya. Artinya Bandung Bondowoso tidak bisa menyelesaikan 1000 candi dalam waktu semalam. Batu campur aduk itu baru saja pergi dan menjadi Gunung Speculum.

Ada banyak spot foto batu di Gunung Sepikul yang wajib dicoba semua orang. Diantaranya Watu Jaran, Watu Kandang, Watu Tingik, Watu Pawon dan Watu Tumpuk. Dan di antara tempat-tempat tersebut, tempat yang paling diminati wisatawan adalah Watu Tumpuk.

Bukankah itu lucu? Karena ukurannya yang kecil, Gunung Sepikul pernah dijadikan lokasi syuting sinetron Laskar Kapak Mout Naga Jin 212 Viro Sableng. Sinetron komedi aksi yang sangat populer di tahun 90-an, tidak hanya Viru Sablang, Saur Sepuh dan Wali Songo juga syuting di sini.

Bukit Bebatuan Gunung Sepikul, Pesona Alam Tersembunyi Di Sukoharjo

Namun, Gunung Sepulchre, entah mengapa, hingga saat ini belum dikenal secara nasional. Mungkin karena kurangnya iklan. Mungkin juga karena lokasinya yang jauh. Atau mungkin tidak terlalu menantang karena bentuk fisiknya hanya sebuah bukit.

Namun dengan hadirnya jejaring sosial Instagram, kini objek wisata Gunung Speykol menjadi tempat wisata populer di kawasan Solo Raya. Banyak wisatawan, terutama pecinta selfie, mengunjungi tempat ini di akhir pekan.

Ideal untuk mengunjungi Gunung Sepiculum di malam hari. Selain cuaca yang tidak terlalu panas, kita juga berkesempatan untuk melihat matahari terbenam. Dengan pemandangan ke barat yang begitu luas, saya hanya bisa membayangkan bahwa matahari terbenam di Gunung Speculum pasti sangat menakjubkan, bahkan jika saya tidak sempat mengalaminya.

Wisata Gunung Sepikul

Kalau teman-teman traveling ke Surakarta, coba mampir ke Sepiculum Hill. Jarak dari kota Sulu ke Bukit Sepikul sekitar 30 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam. Kota lain di dekat Gunung Sepikul adalah Klaten, Wenoguri, dan Sokoharjo, kota kerajaan tempat Gunung Sepikul berada.

Tempat Wisata Sukoharjo Terbaru Lagi Hits 2022 ยป Ranggawisata

Saat itu, Nang Juzi dan saya sedang melakukan perjalanan di jalan kota Benguan

Wisata gunung kidul yogyakarta, cottage gunung sepikul, wisata gunung kidul, wisata gunung batur bali, sepikul, wisata gunung merapi, wisata gunung batur, wisata di gunung merapi, hotel gunung sepikul jember, paket wisata gunung kidul, cottage gunung sepikul jember, wisata gunung merapi yogyakarta

Comments

social bar