free statistics

Wisata Gunung Selok Cilacap

Rate this post

Wisata Gunung Selok Cilacap – Givat Saluk merupakan salah satu objek wisata alam di kawasan Silkap yang memiliki banyak tujuan, seperti wisata pantai dan goa alam.

Gunung yang tingginya sekitar 150 meter di atas permukaan laut ini tidak hanya menjadi pusat wisata alam, tetapi juga menjadi tempat ziarah.

Wisata Gunung Selok Cilacap

Wisata Gunung Selok Cilacap

Kabupaten Cilacap bisa menjadi tujuan wisata Anda selama berada di Jawa Tengah, dan ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata religi.

Gunung Selok, Wisata Alam Cilacap Yang Serba Ada

Ada banyak gua di sekitar Gunung Saluk, namun yang paling populer adalah Gua Rahayu dan Gua Naga Raja. Gua Raja Naga adalah gua berbentuk naga terpanjang.

Sedangkan untuk Gua Rahayu sendiri namanya diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti aman, sejahtera, dan air mengalir terus menerus dari atas.

Konon airnya berasal dari akar pohon yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Dan air tersebut biasanya digunakan untuk minum atau mandi.

Di dalam Gua Rahayu terdapat sebuah batu besar yang dikenal dengan nama Aiyang Kenkana Wati, dimana wisatawan biasanya bermalam dengan berjalan-jalan di sekitar batu tersebut.

Pariwisata Cilacap Perlu Tambahan Wahana, Dpmtsp: 10 Tahun Lima Hotel Baru Dibangun

Di puncak Bukit Selok terdapat situs peninggalan yang disebut Jambe Pitu, yang menjadi kebiasaan selanjutnya setelah mengunjungi Gua Rahayu.

Tempat wisata alam ini terkenal sering dikunjungi para peminat politik. Soeharto disebut pernah mengunjungi Gua Rahyu sebelum menjadi Presiden Republik Indonesia dan masih menjabat sebagai Presiden.

Lokasi Gunung Seluk berada di dekat Pantai Sudong, beralamat di Desa Karangbanda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Silkap, Jawa Tengah.

Wisata Gunung Selok Cilacap

Perjalanan menuju Bukit Selok dapat dilakukan dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dari Selcak Square menuju Jl. A. Yani tiba di Jl. Sarandil lalu ke Jl. Jamba Pitou di Carangbanda.

Cilacap Bercahaya, Berikut Rekomendasi Tempat Yang Wajib Kamu Jelajahi

Jalan menuju Slock Hill tergolong mudah karena tempat wisata alam ini merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer di Slock.

Ada beberapa sanggar atau candi di sekitar Gunung Seluk yang biasa dikunjungi sebagai tempat ziarah atau pemujaan, yaitu Jambe Lima, Jambe Pithu, Makam Kaye Sikh Mahmud, dan Padepokan Sang Hiang Gunung Jetty.

Saat ini, Bukit Selok sadar akan perkembangan pariwisata saat ini dan menghadirkan sejumlah atraksi modern yang tidak layak untuk difoto. Misalnya, lapisan yang terlihat, gelembung udara panas, dan titik non-pendinginan lainnya.

Anda harus membayar biaya masuk tambahan untuk berswafoto di Bukit Selok. Harganya memang murah, tapi pemandangan yang disajikan sungguh mewah.

Lokasi Hidden Gem Terbaik Di Cilacap, Petualang Sejati Wajib Ke Sini

Saat Anda mendaki ke puncak Gunung Seluk, Anda akan menemukan pemandangan alam yang benar-benar epik, hamparan sawah, pepohonan, dan lautan yang luas.

Sangat cocok digunakan sebagai ruang penyembuhan, apalagi bersama teman dekat, pasangan atau keluarga tercinta. Kombinasi yang luar biasa untuk menikmati udara segar dengan pemandangan yang indah!

Gunung Serendil letaknya cukup dekat dengan Gunung Seluk, kita semua tahu bahwa Gunung Serendil merupakan tempat yang sering dikunjungi ziarah terutama pada malam Jumat Kalibon atau Selasa malam Kalibon.

Wisata Gunung Selok Cilacap

Di sekitar Gunung Serandil, dekat Pantai Serandil, terdapat sebuah gunung kecil yang menurut cerita populer, Suharto mendapat ilham sebelum akhirnya berziarah ke Goa Raheyu. Selamat Datang di blog saya. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa share jika bermanfaat. Kami selalu terbuka untuk kritik dan saran, dan kirimkan kritik dan saran Anda melalui kolom komentar

Petilasan Jambe Pitu & Jambe Lima

Silkap – Jika tidak membahas pariwisata, salah jika berbicara tentang kota Silkap yang terletak di pesisir selatan pulau jawa, kota ini memiliki banyak sekali potensi wisata yang wajib di gali, salah satunya adalah Mt. Wisata Pemandangan Selok

Berlokasi di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Silakap, wisata ini merupakan wisata alam tempo dulu dengan sentuhan baru dan modern.

Wisata Bukit Seluk di Adipala Silakap Jawa Tengah memiliki keindahan yang sangat menarik. Jika Anda sedang berada di Cilacap, sayang sekali jika tidak mengunjungi Wisata Selok di Adipala Cilacap Jawa Tengah. Ia memiliki keindahan yang tak tertandingi. Cilacap Adipala Wisata Gunung Cilacap Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti Hari Nasional atau hari libur lainnya. Keindahan Wisata Gunung Seluk di Adipala Cilacap Jawa Tengah sangat cocok untuk anda semua yang jauh maupun dekat untuk mengunjungi Wisata Gunung Seluk di Cilacap.

Rute dan Lokasi Wisata Gunung Seluk Di manakah lokasi Wisata Gunung Seluk di Adipala Silakap Jawa Tengah? Seperti yang sudah disebutkan di atas, lokasi ini berada di Desa Karangbanda, Kecamatan Adipala, Provinsi Silap, Jawa Tengah, Indonesia.

Curug Mandala Cilacap Air Terjun Buatan Belanda Yang Mempesona

Wisatawan hanya perlu mengambil jalan menuju Jalan Perints Kemerdekan, lalu lurus saja, setelah sampai di pertigaan SPBU Kantelan, belok kanan menuju Jalan Ahmad Adipala, lalu lurus hingga bertemu langsung dengan SD Negeri 01 Karangbenda. 30 meter, ada tanda selamat datang di tempat wisata (di kanan jalan).

Jika wisatawan datang dari arah Banyumas/Purbanga/Pemalang/Kebumen. Sesampainya di Stasiun Kroya, kembali ke Jalan Gatot Subroto Kroya, setelah bertemu pertigaan, belok kanan menuju Jalan Kroya-Binagun, lalu lurus ke Jalan Binangun, dan belok saat sampai di Persimpangan Kota Wringin. Telusuri Jalan Diponegoro menuju Adipala hingga menemukan papan selamat datang (di kiri jalan) sebelum SDN 01 Karangbenda di kanan.

Wisata Bukit Selok di Adipala Cilacap Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang wajib anda kunjungi karena keindahannya tidak ada duanya. Warga sekitar kawasan wisata Gunung Selok di Adipala Silakap, Jawa Tengah juga menyambut baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota Silkap juga terkenal dengan Wisata Bukit Selok di Adipala Silkap Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Gunung Selok Cilacap

Bukit Silok Silok Badipala sebenarnya merupakan kawasan hutan yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Timur, dengan luas 236,7 dunam dan pegunungan 0-150 meter di atas permukaan laut. Wisata Bukit Seluk di Adipala merupakan perjalanan santai, seru dan unik karena lokasi ini menyuguhkan perpaduan keindahan alam berupa 25 gunung dan pantai selatan yang konon merupakan perbukitan berhutan, goa alami dan kastil peninggalan Jepang. .

Tempat Wisata Cilacap, Jawa Tengah Yang Terbaru Dan Menarik Untuk Dikunjungi Saat Berlibur

Ada pemandangan alam Gunung Seluk yang unik, dek mandiri dengan laut dan sawah di selatan, dikelilingi pepohonan rindang di gunung. Juga di area yang sama terdapat banyak palu dengan sandaran di pohon, kursi cinta, tiang dan rambu berciuman.

Biaya masuk untuk mengunjungi kawasan KPH Perhutani Banyumas Cilacap adalah Rp. 8.000 untuk kendaraan roda dua dan Rs.10-15.000 untuk kendaraan roda dua. Tiket ini merupakan tiket parkir + tiket masuk kawasan Perhutani Banyumas-KPH Cilacap. Selain itu, tempat tersebut sering dijadikan tujuan wisata spiritual oleh kalangan tertentu.

Indonesia tidak pernah kekurangan tempat wisata alam. Ada begitu banyak tempat indah dan bersejarah untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Gunung Sutera yang terletak di pesisir selatan pulau Jawa tepatnya di kawasan Adipala kawasan Silapam. Gunung ini luasnya lebih dari 200 km, ditutupi dengan mahoni dan diubah menjadi hutan seragam, Perum Perhutani, dikelola oleh KPH Banyumas Timur.

Belum populer selama ribuan tahun, namun nyatanya Gunung Seluk Indonesia bisa menghadirkan tiga jenis alam sekaligus: pegunungan, pertanian (sawah) dan pantai yang langsung berhadapan dengan lautan. Menariknya, Gunung Seluk memiliki kisah misterius dan mistis serta dikaitkan dengan presiden pertama Republik Indonesia tersebut.

Ngebolang Di Gunung Selok

Kekayaan sumber daya alam di Silakaup memang luar biasa, banyak resort yang bisa dihibur dengan tema dan episodenya masing-masing. Di Silakap Anda bisa menikmati kegiatan wisata kuliner dan wisata spiritual seperti di Bukit Selok.

Khususnya bagi wisatawan yang kurang puas mancing di dam rawa bisa melanjutkan perjalanannya disini. Meski tidak ada area sudut khusus, tempat atau lokasi ini layak untuk Anda temui bersama keluarga atau orang-orang terdekat.

Masih banyak cerita mistis yang terkait dengan tempat-tempat di Indonesia, termasuk Gunung Seluk yang juga merupakan tujuan wisata spiritual yang penuh misteri dan dikeramatkan oleh masyarakat. Merupakan kawasan surga spiritual dari para dewa di pulau Jawa.

Wisata Gunung Selok Cilacap

Wisatawan yang berkunjung juga melakukan ziarah atau meditasi di reruntuhan dan gua di kawasan tersebut, seperti Padepokan Jambe Lima dan Jambe Pitu yang dianggap keramat. Sebelum bersemedi, pengunjung harus menyucikan diri dengan mata air di Gua Sri Bolong yang terletak di ujung barat Gunung Selok.

Menikmati Pemandangan Hijau Di Gunung Cilik Tea Garden Jawa Tengah, Destinasi Wisata Baru Yang Murah Meriah

Sekedar informasi, Jambe Lima yang juga dikenal dengan sebutan Half Key atau Semara Putih ini merupakan kediaman dari Pak Silik Kokro Wongso (Gareng) dan Pak Silik Kari Sukmoyorenggo (Petruk). Ini adalah sesuatu yang menarik pengunjung, dan pada hari Jumat dan Selasa klub dipadati pengunjung.

Di zaman modern, kegiatan bertapa dianggap sebagai kegiatan mistik yang hanya dilakukan oleh para penyihir atau aliran ilmu hitam. Padahal, asketisme telah dipraktikkan sejak zaman dahulu dengan tujuan mulia seperti mencari ilham, menemukan jawaban atas masalah yang dihadapi dan mencapai kedamaian. Salah satu contohnya dilakukan oleh propagandis Bang Carno.

Tanpa banyak diketahui anak-anak zaman sekarang, ada cerita di tahun 1980-an, Bang Karno terinspirasi dari Panaxila saat bertapa di Gunung Slok. Tapi, sayangnya tidak ada bukti yang valid untuk cerita ini. Namun link ini bisa menjadi daya tarik sehingga lebih banyak orang yang ingin berkunjung.

Untuk menuju ke sini Anda harus mendaki bukit selama kurang lebih tujuh menit dari pintu masuk. Pemandangan Selok ini menawarkan akses langsung ke pantai. Bayangkan keindahannya?

Rekomendasi Wisata Di Cilacap Ini Wajib Dikunjungi Akhir Tahun Ini

Ada juga kuil Budha di sana yang ramai selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun berturut-turut

Pantai selok cilacap, sejarah gunung selok, gunung srandil cilacap jawa tengah, gunung srandil dan selok, cilacap wisata, selok cilacap, gunung selok, tempat wisata di cilacap, gunung selok cilacap, misteri gunung selok, pantai selok adipala cilacap, gunung cilacap

Comments

social bar