free statistics

Wisata Garut Selatan

Rate this post

Wisata Garut Selatan – Liputan6.com, Tempat Wisata Jakarta, Garut memberikan panorama yang indah dan indah, dan tentunya tidak kalah dengan wisata di daerah lain. Garut merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu dodol. Namun, Garut juga memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Sebagian besar dataran Kabupaten Garut merupakan pegunungan. Selain fakta tersebut, banyak wisata di Garut yang menawarkan keindahan ala pegunungan sehingga wisatawan bisa betah berwisata ke sana karena udaranya yang sejuk.

Wisata Garut Selatan

Wisata Garut Selatan

Garut tidak hanya terkenal dengan keindahan air terjun atau aliran sungai dan pantainya. Namun ada juga destinasi lain yang wajib Anda kunjungi berupa situs pendidikan dan sejarah.

Jalur Utama Menuju Objek Wisata Garut Selatan Diterjang Banjir

Penasaran wisata apa saja yang ada di Garut? Berikut beberapa tempat wisata Garut yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke kota Dodol ini, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (2/9/2021).

** Tanah Pasundan porak-poranda akibat gempa Cianjur Mari bersama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur: Nomor Rekening BCA: 500557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disalurkan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dan sebagainya. Kepedulian kita adalah harapan mereka.

Kunjungan pertama ke Garut adalah Pantai Sayang Hulong. Selain wisata alam, Pantai Sayang Heulong juga terlibat dalam wisata budaya dan religi. Lokasinya Desa Mankaghar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Daya tarik pantai ini adalah pantai pasir putih, terumbu karang, Sasak Ravayan, Bukit Teletopi, bukit karang, dan makam Raja Joseon Ulun. Terletak tidak jauh dari pantai Santolo, pantai ini menawarkan lingkungan pantai yang indah dan aktivitas yang menarik.

Di pantai ini, pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai, bermain voli pantai dan sepak bola, snorkeling, bahkan berkemah di tepi pantai. Dengan keindahan Pantai Sayang Heulong, pengunjung juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto dengan background yang cantik dan Instagram. Pantai Sayang Heulang juga memiliki fasilitas antara lain tempat parkir, mushola, toilet dan kamar mandi, restoran dan penginapan. Biaya masuk ke Pantai Sayang Heulang adalah Rp 10.000 per orang. Tarif parkirnya Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Tempat Healing Di Garut, Cocok Buat Wisatawan Jakarta

Bukit Teletubbies Sayang Heulang atau yang lebih dikenal dengan Bukit Pogor ini terletak di kawasan pantai Sayang Heulang tepatnya di Desa Mankaghar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Bukit ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah penuh dengan rerumputan hijau. Kedua mata akan diperlihatkan pemandangan pegunungan dengan langit biru dan laut biru yang terhampar luas.

Wisatawan juga bisa menikmati keajaiban matahari terbit dan terbenam dari atas bukit. Dengan pesona alam yang ditawarkan, menjadikan foto dan background Instagram yang cantik. Sedangkan untuk tiket masuk dikenakan biaya Rp 10.000 per orang. Tarif parkirnya Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tiket masuk ke Area Pantai Sayang Heulong, Bukit Teletubbies, dan Coral Sand Dunes sudah termasuk dalam harga tiket.

Wisata di Garut selanjutnya adalah Pantai Santolo. Pantai Santolo merupakan salah satu pantai terkenal di Garut. Lokasinya berada di Desa Bamalayan, Kecamatan Ciclet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempat wisata ini menawarkan pantai pasir putih yang lembut dan indah serta pemandangan yang menarik. Di pantai ini, pengunjung dapat melakukan olahraga air di pantai, memancing, naik banana boat, naik perahu ke pulau terdekat, atau sekedar bersantai menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam.

Wisata Garut Selatan

Tak perlu khawatir soal makanan, pengunjung juga bisa berwisata kuliner dengan menikmati seafood di warung-warung makan. Di pantai ini terdapat fasilitas mulai dari tempat parkir, toilet, warung makan, penyewaan banana boat dan boat hingga penginapan. Sedangkan tiket masuk Pantai Santolo dikenakan biaya Rp 7.500 per orang.

Wisata Alam Di Garut Yang Cantik Dan Mempesona

Wisata di Garut selanjutnya adalah Pantai Karang Papak. Pantai Karang Papak terletak di dekat Pantai Santolo di Desa Pamlayan di Kecamatan Sikelet dan Kabupaten Garut. Pantai ini masih belum terlalu populer. Namun, panorama alam yang indah dengan pasir putih dan terumbu karang tersaji di sini.

Wisatawan tidak bisa berenang di pantai ini. Namun, mereka bisa memancing, membeli ikan, menikmati seni kuliner, bersantai, menikmati keajaiban matahari terbenam, berfoto dengan latar belakang yang indah, bahkan berkemah. Fasilitas pantai juga dibangun untuk mendukung kunjungan wisatawan, seperti toilet, kios, pancuran, dan tempat parkir. Pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk untuk masuk ke Pantai Karang Papak.

Taman Wisata Alam Telga Bodas merupakan kawah berbentuk danau dengan air putih. Wisata di Garut bernuansa alam seluas 23,85 hektar ini terletak di Desa Sukahorip, Kecamatan Pangatekan, Kabupaten Garut. Talaga Bodas terletak di ketinggian 1.512 mdpl di lereng Gunung Galunggung, menyuguhkan pemandangan perbukitan yang indah.

Di Talaga Bodas pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti trekking, hiking, piknik, mandi air panas, foto-foto, atau sekedar bersantai dan menikmati pemandangan. Sedangkan fasilitas yang ada seperti tempat parkir, toilet, saung, mushola, warung makan dan ruang ganti. Tiket masuk Talaga Bodas dikenakan biaya Rp 10.000 per orang pada hari kerja dan Rp 15.000 per orang pada akhir pekan.

Tempat Wisata Di Garut Yang Lagi Hits

Wisata di Garut selanjutnya adalah Air Terjun Batu Nuisun. Lokasinya berada di Desa Sikuda, Desa Pangrumasan, Kecamatan Pendayu, Kabupaten Garut. Air terjun ini memberikan pemandangan bebatuan yang menakjubkan di mana batu-batu besar dan tinggi tersusun. Pemandangan Curug Batu Nyusun juga sangat indah dengan angin sejuk dan air jernih yang menyegarkan. Jadi jangan lupa untuk mengambil foto yang Instagrammable. Tiket masuk ke air terjun ini dikenakan biaya Rp 10.000 per orang.

Air Terjun Gajapati memiliki jurusan yaitu empat tingkat. Lokasinya berada di Desa Neglasari, Kecamatan Sisompet, Kabupaten Garut. Tersembunyi dan jarang diketahui para wisatawan, Air Terjun Jagapati menawarkan keindahan yang menakjubkan dan menakjubkan dengan pesona alam yang luar biasa.

Pengunjung bisa berendam di kolam untuk merasakan kesegaran airnya, berfoto dengan latar pemandangan yang indah, atau sekedar bersantai menikmati keindahan dan kemegahan alam di Air Terjun Jagapati. Pengunjung Air Terjun Gajapati tidak dikenakan tiket masuk alias gratis, namun akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor jika pengunjung membawa kendaraan.

Wisata Garut Selatan

Pemberhentian selanjutnya di Garut adalah Kurug Dengdeng. Kurug Dengdeng yang masih sedikit diketahui orang ini terletak di Kampung Harendong, Desa Margamulya, Kecamatan Sisompet, Kabupaten Garut. Meski jarang diketahui, tempat wisata di Garut ini menawarkan wisata alam yang sangat bersih dan asri.

Rekomendasi Wisata Pantai Di Garut Selatan Yang Bisa Anda Kunjungi Saat Liburan

Begitu sampai di Kurug Dengdeng, pengunjung akan disambut oleh air terjun yang mengalir deras setinggi sekitar 8 meter, kolam air yang jernih, dan sekitarnya yang dihiasi bebatuan dan pepohonan hijau yang membuat suasana menjadi lebih sejuk. Untuk menuju Kurug Dengdeng, pengunjung harus berjalan sekitar 800 meter dari area parkir dan melewati persawahan serta hutan. Harga tiketnya gratis.

Masih sangat asri dan belum banyak diketahui Air Terjun Gandasari terletak di Desa Mekarlu, Kecamatan Sukwening Kabupaten Garut. Air terjun ini tingginya sekitar 10 meter dan memiliki aliran yang deras.

Di sini, pengunjung dapat merasakan alam yang indah dan megah dengan pepohonan hijau di sekelilingnya. Akses menuju Kurug Gandasari masih tergolong kurang baik dan sulit dilalui berupa jalan berbatu dan sempit, jalan yang licin dan sempit. Saat ini, harga tiket masih gratis. Namun, pengunjung tetap harus mendaftar di pusat yang berjarak sekitar 2 km dari Kampung Mekarlue.

Curug Orok sudah populer di kalangan wisatawan dan menjadi tujuan wisata sejak tahun 1996. Sebelumnya Air Terjun Uruk digunakan sebagai gudang senjata tentara Belanda. Air terjun ini berada di ketinggian 250 mdpl dengan suhu sedang. Di sini aliran air terjun setinggi sekitar 45 meter dengan air yang jernih.

Tempat Wisata Alam Di Garut Dengan Pesona Hutan Pinus

Di Curug Orok, pengunjung bisa berenang di kolam air terjun, berkemah di area camping, berfoto-foto Instagramable, atau sekedar bersantai menikmati alam sekitar. Fasilitas di Kurug Orok sangat baik, antara lain tempat parkir yang luas, toilet yang bersih, mushola, kios makanan dan cinderamata, gazebo, area berkemah, dan penginapan. Harga tiket Curug Orok adalah Rp 15.000 per orang.

Kuil Kangkuang adalah peninggalan sejarah agama Hindu dari abad ke-17 dan menjadi rumah bagi berhala Siwa. Tempat tersebut terletak di sebuah pulau kecil di tengah Situ Kangkuang, Desa Kangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Dengan mengunjungi Kuil Kangkuang, pengunjung dapat belajar dan memperluas wawasan tentang sejarah.

Kuil ini juga menyimpan Museum Situ Kangkuang yang menyimpan peninggalan penyebaran Islam di Kangkuang. Fasilitas wisata seperti toilet, mushola, serta kios makanan dan cinderamata terdapat di sekitar pura. Terdapat area parkir di pintu masuk Situ Kangkuang dan pengunjung dapat menyeberangi danau dengan perahu untuk mencapai Pura Kangkuang. Tiket masuk dikenai biaya Rp 5.000 per orang.

Wisata Garut Selatan

Wisata di Garut selanjutnya adalah Pantai Sijeruk Indah. Pantai Sijeruk Indah memang belum begitu populer saat ini. Lokasinya berada di Desa Sagar, Kecamatan Sepalong, Kabupaten Garut. Daya tarik pantai ini adalah adanya muara di sini, serta airnya yang biru dan jernih. Juga lingkungan alam di sini sangat indah dan tenang.

Taman Wisata Alam Talaga Bodas

Pengunjung bisa berenang karena ombaknya relatif tenang. Mereka juga bisa berkemah di area pantai, memancing, naik perahu ke pulau seberang, atau sekedar bersantai dan menikmati pemandangan. Pemandangan di Pantai Sijeruk Indah memang seindah namanya. Saat cuaca cerah, matahari terbenam sangat ajaib. Sedangkan tiket masuk ke Pantai Sijeruk Indah masih gratis. Pengunjung hanya perlu membayar parkir.

Kamojang Ecopark terletak di perbatasan Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung, tepatnya di Desa Sisarua, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Tempat ini dikelilingi oleh pohon pinus dan memiliki area bebatuan yang penuh dengan spot foto menarik seperti balon udara, sangkar burung, dan gerbang langit untuk foto ala Jepang.

Pengunjung juga bisa bermain game seperti Flying Fox, ATV, Flying Bike dan Extreme Swing. Untuk menunjang kunjungan wisata, fasilitas yang ada antara lain tempat parkir mobil, toilet dan mushola,

Wisata puncak darajat garut, wisata garut darajat pass, objek wisata garut selatan, tempat wisata di garut selatan, wisata di garut selatan, tempat wisata di garut, wisata garut kamojang, garut selatan, tempat wisata garut selatan, wisata garut, hotel di garut selatan, wisata garut terbaru

Comments

social bar