free statistics

Wisata Dekat Stasiun Semarang Tawang

Rate this post

Wisata Dekat Stasiun Semarang Tawang – Semarang (2/12/2017) Stasiun mengeluarkan suara yang berbeda dan pengumuman dari customer service stasiun Semarang Tuang sangat keras. Kalau tidak salah tertulis: “Perjalananmu sudah sampai di stasiun Semarang Tuang, bagi yang mengakhiri perjalanannya di stasiun Semarang Tuang harap cek barang bawaanmu dulu sebelum turun, tidak ada yang keluar. Keretanya, pintu keluarnya ada di sisi timur stasiun” minim. Saya (Alaik Murtadolu) langsung mengambil tas dan turun di stasiun Semarang Tuang.

Saat kami meninggalkan Stasiun Semarang Tuang, jam masih menunjukkan pukul 02.00 WIB. Karena saya tidak memesan hostel, saya memutuskan untuk tidur di kursi di luar stasiun Semarang Tuang sambil menunggu adzan subuh. Saya pun memutuskan untuk tidur di kursi kosong di stasiun Semarang Tuang dengan muka bantal dan jaket. Saya tidur sekitar satu jam dan akhirnya bangun ternyata banyak nyamuk dan petugas kebersihan ingin membersihkan tempat itu.

Wisata Dekat Stasiun Semarang Tawang

Wisata Dekat Stasiun Semarang Tawang

Setelah itu, saya memutuskan untuk berjalan-jalan di sekitar stasiun, menunggu panggilan pagi. Sambil melihat langit Semarang dengan kamera handphone dan memotret banyak tempat di stasiun Semarang Tuang. Tak terasa setengah jam telah berlalu dan akhirnya yang kutunggu pun datang. Saya mendengar adzan subuh dari masjid di depan stasiun Semarang Tuang dan saya langsung berlari ke arahnya. Saya melihat banyak orang berbaring di masjid, saya merasa seperti sedang tidur di sini, pikir saya. Ah, tapi semua sudah berlalu, mungkin bisa jadi pengalaman kalau ke Semarang lagi kedepannya ya. Saya segera membeli air untuk wudhu dan segera melaksanakan salat berjamaah.

Jakarta Ke Semarang Naik Tawang Jaya, 150 Ribu Saja

Karena ini lagi di Stasiun Semarang Tuang, ada baiknya membahas sejarah Stasiun Semarang Tuang. Berdasarkan hasil Google Googling, berikut beberapa hal menarik yang bisa didapatkan dari Stasiun Semarang Tuang.

Alamat : Jl. Taman Tawang No. 1 Semarang Nomor Telepon: 024 3544544, 3511072, 3582859 KA Contact Center 121 (Telepon Rumah) dan 021 121 (Ponsel), Layanan (24 Jam): Reservasi – Informasi – Keluhan – Sugg.

Semua kereta penumpang yang melintasi Jalur Utara, baik eksekutif, bisnis atau ekonomi, berhenti atau bus melalui stasiun ini. Terletak di Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, stasiun ini memiliki banyak sejarah tentang perkeretaapian Indonesia.

Stasiun ini didirikan oleh perusahaan kereta api swasta Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) dan dirancang oleh arsitek Belanda Mr. Sloth Blauboer. Setelah proyek disetujui, pada 29 April 1911, konstruksi dimulai.

Sejarah Arsitektur Stasiun Tawang, Stasiun Terindah Hindia Belanda

Tiga tahun kemudian, stasiun NISM yang baru selesai dibangun dan dibuka pada 1 Juni 1914. Sesuai dengan nama daerahnya, stasiun itu bernama Stasiun Tawang NIS (Semarang). Sejak dibuka, Stasiun Semarang Lama didedikasikan untuk bongkar muat kargo, dan Stasiun Tawang hanya melayani kereta penumpang.

Selama kemerdekaan, stasiun Tawang menyelenggarakan setidaknya dua perjalanan kereta api darurat (KLB). Ini adalah pertama kalinya anak muda dan pekerja kereta api di Semarang Tawang pergi ke Bandung untuk pertama kalinya. Kunjungan 10 September 1945 untuk membuktikan kepada pimpinan Indonesia di markas besar Bandung bahwa perkeretaapian berhasil beroperasi di seluruh Indonesia.

KLB kedua terjadi pada akhir Oktober 1945, yaitu Presiden Sukarno, didampingi oleh Sekretaris Negara Ghafar Priggudigdo, tiba di Stasiun Tawang untuk merundingkan gencatan senjata untuk “Pertempuran Lima Hari Semarang”. Kedungjati.

Wisata Dekat Stasiun Semarang Tawang

Selain cerita sejarah yang menarik untuk diketahui, Stasiun Semarang Tawang memiliki keistimewaan yaitu jika stasiun-stasiun kereta api di Indonesia menggunakan Nada Chim Westminster sebagai penanda kedatangan kereta api, bukan di Stasiun Tawang. Stasiun ini menggunakan ringtone untuk mengumumkan kedatangan dan keberangkatan kereta api, selalu menggunakan lagu tradisional yang disebut “Gumbang Semarang” yang khas daerah Semarang.

Tempat Wisata Di Semarang Dekat Stasiun Tawang

Stasiun Semarang Tuang merupakan stasiun utama yang melayani kereta api eksekutif dan bisnis serta ekonomi di kota Semarang. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia. Tidak banyak yang berubah di Stasiun Tawang sejak pertama kali didirikan. Hampir semua bagian stasiun ini sama. Area di depan Stasiun Tawang (sekarang Polder) juga memiliki nilai sejarah yang tinggi, yaitu area terbuka yang berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan event, olahraga, pertandingan, dll di kawasan kota lama.

Stasiun Tawang menggantikan stasiun Tambak Suri pertama dari N.I.S. Pembangunan stasiun pertama dirayakan dengan upacara peletakan batu pertama oleh Gubernur Jenderal, Bpk. Baron Sloet van de Beele, pada 16 Juni 1864, dengan pembuatan sistem transportasi kereta api N.I.S. N.I.S melayani rute Semarang – Yogya – Solo. Setelah mengalami proses pembangunan yang lambat, jalur pelayanan kereta api akhirnya selesai pada 10 Februari 1870. Karena perkembangan aktivitas komersial, stasiun Tambak Suri tidak perlu lagi memenuhi kebutuhan. Jadi stasiun baru direncanakan dengan dewan PD arsitek. Setelah kemerdekaan Republik Indonesia, stasiun ini diambil alih oleh Pemerintah Daerah Kota Semarang dan berganti nama menjadi Perusahaan Kereta Api Tawang (PJKA).

Stasiun ini belum mengalami perubahan yang signifikan, terutama fasad, dan masih terawat dengan baik. Area di depan stasiun Tawang (sekarang Folder) juga memiliki nilai sejarah yang tinggi, yaitu acara, permainan, pertandingan, dll. Ini berfungsi sebagai ruang terbuka dari kota tua.

Stasiun Tawang merupakan hub penting bagi wilayah Kot Lama. Dulu, ada sumbu visual yang menghubungkan stasiun ini dengan Gereja Protestan (Blenduk). Oleh karena itu, peran stasiun ini dalam membentuk citra daerah sangat penting dan dapat memberikan nilai tambah bagi daerah. Integritas gaya arsitektur Indische sangat kuat dan banyak dipengaruhi oleh unsur-unsur lokal. Integritas pengerjaan tercermin dalam pola dan detail warna-warni. Integritas pengaturan masih sama. Padahal keutuhan tipe bangunan adalah ruang kantor. Keutuhan fungsi kontinu yaitu gedung transportasi masih terjaga dengan baik. Keterkaitan antara bangunan dengan sejarahnya adalah dibangun untuk menggantikan Stasiun Tambak Seri di Pangapon yang dibangun oleh JP Boards. Selain itu, hubungan antara sejarah bangunan dan transportasi terkait NIS tidak sedikit. Arsitekturnya yang unik, dibuat dengan fitur arsitektur India dan bahan elemen dinding yang berwarna-warni membuat bangunan ini sangat indah. Dari perspektif lanskap perkotaan, Stasiun Tawang meningkatkan kualitas dan potensi ruang terbuka di kawasan tersebut.

Hotel Dekat Stasiun Semarang Tawang, Per Malam Mulai Rp 90 Ribuan

Demikian cerita dan hasil review saya tentang Stasiun Semarang Tawang, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat. Dan ikuti perjalanan di Semarang bersama saya (Alaik Murtadolu) karena artikel ini akan mengikuti perjalanan batin Semarang. Terima kasih telah membaca dan mengunjungi blog ini. Semoga bermanfaat. Jika Anda berencana untuk menghabiskan liburan Anda di sekitar Semarang, terutama bagi yang datang dari luar kota dan singgah di Stasiun Tawang. Sebaiknya luangkan waktu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata modern di dekat Stasiun Tawang di bawah ini.

Tidak hanya unik, modern dan simbolis, tetapi juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Simak 5 destinasi wisata menakjubkan di sekitar Stasiun Tawang Semarang berikut ini.

Dekat sekali dengan stasiun Tawang, jalan kaki saja pasti datang lho di kawasan kota tua ini. Disebut kawasan Kota Tua karena dulunya kawasan ini merupakan peninggalan kolonial Belanda.

Wisata Dekat Stasiun Semarang Tawang

Maka tak heran jika banyak bangunan yang masih asli dari masa lalu. Luangkan waktu untuk mengabadikan momen Anda berada di sini

Tempat Wisata Menarik Dekat Stasiun Kereta Api Yang Bisa Kamu Singgahi

Museum Seni Trek 3D Kota Tua terletak di kawasan kota tua Semarang. Itu yang kamu suka untuk dirimu sendiri

Ada ratusan background foto 3D dengan berbagai tema yang bisa Anda coba. Tempat ini hanya berjarak 50 meter dari Gereja Blenduk.

Jika Anda menginginkan suasana modern dan minimalis, masuklah ke Galeri Seni Kontemporer Semarang. Itu adalah di belakang Spiegel Bar and Bistro. Banyak karya seni dalam gaya modern ditampilkan di sini.

Boleh berfoto atau berfoto asal tidak melebihi batas ya? Jadi pekerjaan yang terpapar aman.

Jadwal Kereta Api Stasiun Semarang Tawang Terbaru 2022

Masih belum puas dan ingin foto lainnya? Datang saja ke zona museum impian di kota tua. Ada ratusan wallpaper 3D untuk Anda

Anda tidak perlu khawatir tersesat karena sudah ada pemandu yang siap menemani Anda. Anda mungkin meminta bantuan untuk mengambil gambar Anda, Anda tahu. Apakah itu menyenangkan?

Senang jalan-jalan, saatnya beli oleh-oleh. Nah, kalau butuh oleh-oleh, datang saja ke Semarang Creative Gallery. Ada berbagai produk UMKM buatan warga Semarang yang berkualitas untuk dijual. Tas, butik, aksesoris, semuanya ada di Semarang Creative Gallery dan tentunya 100%

Wisata Dekat Stasiun Semarang Tawang

Menarik sekali, destinasi wisata yang tidak jauh dari stasiun Tawang. Dijamin, desa akan puas dengan perjalanannya. Jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner yang tersedia di sana. Ayo, tunggu kedatangannya di Semarang.

Tempat Wisata Di Semarang: Bermula Dari Pohon Asem

Komunitas IDN Times adalah lingkungan yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis.

Penginapan dekat stasiun tawang, hotel dekat stasiun tawang semarang, homestay dekat stasiun tawang semarang, hotel di semarang dekat stasiun tawang, hotel stasiun tawang semarang, wisata dekat stasiun tawang semarang, hotel murah dekat stasiun tawang, objek wisata dekat stasiun semarang tawang, kost dekat stasiun tawang semarang, hotel murah dekat stasiun tawang semarang, penginapan dekat stasiun tawang semarang, reddoorz dekat stasiun tawang

Comments

social bar