free statistics

Wisata Alam Terdekat

Rate this post

Wisata Alam Terdekat – Sebelum membahas tentang tempat wisata di Cirebon, tahukah Anda bahwa Cirebon memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah dengan destinasi liburan populer lainnya seperti Bandung, Yogyakarta atau Bogor. Terkenal dengan mangga Gedong Ginkunya, kota ini baru-baru ini dipilih sebagai tujuan wisata oleh banyak wisatawan. Setiap musim liburan panjang, Cirebon tiba-tiba dibanjiri banyak wisatawan yang datang dari luar kota.

Peningkatan kunjungan wisatawan ke Cireban dalam beberapa tahun terakhir tidak lepas dari pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang pesat. Sejak dibukanya tol Sipali, jarak ke Sirban juga bertambah.

Wisata Alam Terdekat

Wisata Alam Terdekat

Tidak hanya itu, banyak penginapan di setiap sudut kota yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para wisatawan. Bagi Anda yang berencana mengunjungi Kota Udang, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang layak untuk dikunjungi. apakah ada sesuatu? Lihat detail lengkapnya di bawah.

Spot Wisata Di Semarang Yang Ngehits Dan Kekinian

Gambar yang hits seperti lukisan, kalimat yang tepat untuk menggambarkan keunggulan dari destinasi wisata ini. Mulai dari mata air kecil, danau besar ini merupakan danau buatan. Di dalamnya terdapat ikan dengan warna-warni yang memanjakan mata.

Tentu saja, pengunjung dilarang memancing ikan ini. Aturan-aturan ini menciptakan kebiasaan baru sesarum in situ. Wisatawan sering duduk di tepi danau menikmati keindahan alam dan juga memberi makan ikan.

Pengunjung sering mengambil sesi foto di situ Sisérum. Ada banyak cara untuk mengambil gambar. Mulai dari berdiri di tepi danau, bermain ayunan di danau, hingga menaiki pelampung di danau.

Keraton Kassepuhan merupakan destinasi wisata pertama di Cireban yang wajib Anda kunjungi, apalagi jika Anda tertarik dengan sejarah Cireban. Keraton di Cirebon ini dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mohamed Arifin, yang notabene merupakan cicit dari kasta Sunan Gunung.

Tempat Wisata Di Ponorogo Dengan View Keren Yang Mengagumkan

Keraton yang semula bernama Keraton Pakungwati ini pertama kali dibangun sebagai pusat pemerintahan Cireban. Nama tempat wisata di Cirebon ini kemudian diubah menjadi Keratan Kasepuhan setelah adanya pembagian halaman keraton pada masa pemerintahan Pangeran Mertvijay yang dikenal sebagai Sultan Sepuh Mohamed Syamasudin Mertavijay.

Anda dapat mengunjungi museum keraton untuk melihat berbagai peninggalan sejarah seperti kereta emas, gamelan tahun 1426, lukisan kuno Raja Silivangi, tambura Sunan Kalijaga dan meriam mini. Anda juga dapat menjelajahi lingkungan sekitar Keratan untuk melihat arsitekturnya yang memiliki nilai filosofis yang tinggi. Keraton Kasepuhan Cirebon terletak di Jalan Kasepuhan Nomor 43, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Sireban juga memiliki destinasi wisata dengan pemandangan malam yang indah, bernama Bukit Gronggong. Bukit Gronggong adalah tempat nongkrong yang populer bagi anak muda di dan sekitar Cireban. Di kawasan Bukit Gronggong, Anda bisa menikmati pemandangan kota Cirebon yang indah di malam hari dari ketinggian, duduk di bangku dan menikmati minuman panas di cuaca pegunungan yang dingin.

Wisata Alam Terdekat

Kini, kawasan wisata Sirban ini sudah memiliki beberapa restoran dan kedai yang menawarkan panorama pegunungan yang memukau. Jadi liburan bersama keluarga dan teman bisa lebih menyenangkan. Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan malam khas Bukit Gronggong yang terletak di Kecamatan Patapan, Beber, Cirebon, anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk mobil.

Lokasi Wisata Di Jonggol Yang Wajib Dikunjungi Turis Lokal

Keraton Kanoman merupakan destinasi wisata sejarah di Cirebon yang tidak kalah menarik dengan Keraton Kassepuhan. Meskipun Keraton Kanoman telah mengalami beberapa kali renovasi, namun tetap mempertahankan dekorasi dan gaya arsitektur Jawa dan Cina yang memiliki nilai sejarah bagi perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia. Di tempat wisata di Cirebon ini, Anda bisa menemukan berbagai koleksi benda-benda bersejarah seperti lukisan, keramik dan kereta Paxi Naga Liman yang legendaris.

Sejak didirikan pada tahun 1678, Kastil Canoman mempertahankan adat dan tradisinya hingga hari ini. Salah satu tradisi keraton yang paling terkenal adalah upacara jimat panjang, yang biasanya dilakukan setiap bulan Maulid. Ritual jimat panjang dimulai dengan pencucian pusaka milik Puri Kanoman selama 40 hari dan dilanjutkan dengan prosesi pegunungan mantel dan produksi dari Puri Jinam ke Masjid Puri Kanoman. Warga Cirebon dan wisatawan selalu menantikan tamasya yang satu ini. Ritual jimat jangkung tidak hanya memiliki nilai filosofis yang tinggi, tetapi juga bisa menjadi tempat syukuran warga Puri Kanoman.

Kastil Kanoman buka untuk wisatawan setiap hari mulai pukul 9.00 hingga 17.00. Pengunjung harus membayar biaya masuk hanya Rs 7.000 untuk menikmati wisata sejarah di Istana Canoman.

Telaga Remis menawarkan pemandangan alam yang segar di kaki Pegunungan Ceramai bagi Anda yang ingin bersantai dari padatnya aktivitas sehari-hari. Telaga Remis yang terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Cirebon di kecamatan Kaduel Kuningan ini dipercaya sebagai tempat pertapaan Prabu Silivangi.

Tempat Wisata Rumah Pohon Di Bekasi, Liburan Bernuansa Alam Di Tengah Kota

Nama Telaga Remis yang berarti embun dalam bahasa Sunda ini berasal dari kisah Raja Silivangi yang pernah menggunakan embun sebagai air minum saat bertapa di daerah yang terkenal tandus. Raja kemudian membuang sisa embun tersebut sambil berdoa agar suatu saat daerah tersebut menjadi danau yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Sebenarnya doa Dewa Silivangi menjadi kenyataan. Kini Telaga Remis tak hanya mampu menjadi sumber air bagi warga sekitar, namun juga menjelma menjadi destinasi wisata yang bisa mendekatkan pengunjung dengan alam. Di area seluas 3 hektar ini, Anda dapat menjelajahi hutan yang mengelilingi danau, yang menjadi rumah bagi ratusan spesies tumbuhan seperti pohon Malak, Shisham dan Kosambi. Danau Remis juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang seperti area camping, kamar mandi, stand makanan, gazebo, dan tempat parkir.

Jika Anda akan mengunjungi tempat ini, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat-tempat yang direkomendasikan ini: 10 Tempat Wisata di Kuningen Yang Wajib Anda Kunjungi.

Wisata Alam Terdekat

Masjid tertua di Cireban terletak di kompleks Keraton Kassepuhan. Arsitektur Masjid Agung Sang Sipta Rasa dipengaruhi oleh Kerajaan Islam di masa lalu. Keistimewaan tersebut terlihat dari atap masjid yang biasanya tidak memiliki puncak seperti masjid-masjid lain di Jawa.

Tempat Wisata Di Bogor: 31 Paling Hits & Unik (update April 2021)

Sepintas, masjid yang satu ini mungkin tidak terlihat istimewa. Meski terlihat sederhana, namun ada cerita menarik di balik pembangunan masjid ini. Konon ratusan tokoh penting dari kerajaan Demak, Majapahit dan Cirebon turut serta dalam pembangunan Masjid Sang Sipta Rasa. Kasta Sunan Gunung juga menunjuk Sunan Kalijag untuk mendesain arsitektur masjid.

Selain gaya arsitekturnya yang masih berdiri, Masjid Sang Sipta Rasa masih mempertahankan tradisi yang disebut doa. Azan Pitu adalah doa ritual yang dilakukan oleh tujuh muazin bersama-sama. Azan Pitu biasanya dilantunkan pada setiap salat Jumat di Masjid Agung Sang Sipta Rasa.

Cirebon mungkin tidak memiliki banyak tempat wisata alam seperti Kuningan atau kawasan Majelengka, sehingga kehadiran Wanavisata Sivaringin bisa menjadi oase bagi warga kota Cirebon yang mendambakan pemandangan hijau. Terletak di perbatasan regenerasi Cirebon dan Majelengka, Wanawisata menawarkan pemandangan hutan hijau Sivaringin serta danau yang biasa digunakan sebagai tempat pemancingan ikan.

Pemandangan pegunungan kapur yang mengesankan juga menambah daya tarik destinasi wisata di Cireban ini. Tak hanya itu, kawasan Wanawisata Sivaringin juga memiliki kawasan motocross bagi para pecinta tantangan. Untuk memastikan aktivitas wisata para pengunjung tetap nyaman, tersedia berbagai fasilitas pendukung seperti kamar mandi, tempat parkir mobil, mushola dan akomodasi.

Watu Mabur Wisata Alam & Camping (mangunan, Indonesia)

Makam kasta Sunan Gunung sering dijadikan tujuan wisata religi bagi wisatawan ke Jawa. Di tempat wisata di Cirebon ini, Anda akan merasakan suasana kemeriahan saat lantunan syair-syair suci bergema di kompleks makam kasta Sunan Gunung. Gaya arsitektur Cina, Jawa, dan Arab juga berpadu sempurna untuk menciptakan harmoni yang memukau. Berbagai hiasan porselen khas China ditempelkan di sekeliling dinding makam.

Daya tarik lain dari kompleks makam Sunan Gunung Jati adalah memiliki sembilan pintu yang tersusun berlapis-lapis. Namun, pengunjung hanya diperbolehkan masuk hingga pintu kelima, karena pintu berikutnya hanya untuk keturunan kasta Sunan Gunung.

Kompleks Makam Kasta Sunan Gunung terletak di Jalan Alun-Alun Astana Gunung Jati 53, Desa Astana, Kecamatan Gunung Kasta.

Wisata Alam Terdekat

Masyarakat di dalam dan sekitar Cirebon sering menjadikan tempat ini sebagai tempat liburan bersama keluarga. Desa Wisata Cikalahang terkenal sebagai tempat ikan bakar dengan pemandangan pegunungan yang unik. Pengunjung juga bisa menangkap ikan sendiri untuk dimasak dalam hidangan yang lezat.

Wisata Alam Di Solo Ini Belum Diketahui Banyak Wisatawan

Namun jangan salah, meskipun Desa Wisata Silahang terkenal sebagai destinasi wisata memancing dan kuliner, namun tetap menawarkan banyak tempat wisata bagi setiap pengunjungnya. Anda bisa mencoba menikmati liburan bersama keluarga di kapal wisata, penginapan dan kolam renang.

Desa Wisata Silahang terletak kurang lebih 2 kilometer dari Sumbar, pusat pemerintahan Kabupaten Sirban, tepat di Kecamatan Dukuntang. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Danau Remis dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Dalam beberapa tahun terakhir, minat wisatawan untuk melihat Gua Taman Sari di Sunyangi meningkat. Berkat renovasi area taman dan pentas seni setiap tahunnya, destinasi wisata di Cireban ini tak lagi terlihat seperti destinasi wisata terbengkalai.

Taman yang menaungi deretan gua ini dulunya merupakan tempat semedi para pemimpin kerajaan atau prajurit keraton. Keaslian bangunan batu kuno di Gua Sunyargi masih sama murninya saat ini. Penduduk setempat sering menggunakan tempat wisata di Cyrebonne ini sebagai tempat hunting foto.

Tempat Wisata Temanggung, Ada Pohon Yang Kuat Tidak Terbakar Loh

Taman Sari Ala Sunayaragi juga sering digunakan sebagai tempat pertunjukan musik, tari balet dan pembukaan Festival Keraton Nusantara yang diadakan setahun sekali. Bahkan, baru-baru ini pengelola Taman Sari Gua Sunayaragi juga memulai penerbangan balon udara untuk menarik wisatawan, agar lebih nyaman bagi mereka untuk datang ke sini.

Ingin mengunjungi destinasi wisata Cirebon ini? Cukup berkendara ke tempat di Jalan Sunayaragi, Kecamatan Kesambi, Sireban. Gua Taman Sari Suryaragi dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 8:00 hingga 17:30.

Taman Ed Irma Suryani (TAIS) dikenal sebagai taman hiburan anak-anak tahun 90-an. Itu terbengkalai sebelum akhirnya diubah menjadi taman air bernama Cireban Waterland.

Wisata Alam Terdekat

Wisata alam bandung terdekat, wisata alam, wisata alam terdekat dari jakarta, wisata alam terdekat dari lokasi saya, wisata alam jogja terdekat, wisata alam terdekat dari sini, wisata alam terdekat di bogor, wisata terdekat, wisata alam terdekat dari surabaya, wisata alam bogor terdekat, tempat wisata alam terdekat, wisata pemandangan alam terdekat

Comments

social bar