free statistics

Wisata Alam Sigrowong Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

Rate this post

Wisata Alam Sigrowong Kabupaten Temanggung Jawa Tengah – Temanggung, – Salah satu tempat wisata yang dibuka sejak wabah corona adalah Wisata Alam Sigrowong di Kampung Gesing, Kecamatan Kandangan. Berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Istana Thien Mang di Jawa Tengah. Wisata ini merupakan kawasan hutan nasional dengan gua-gua kecil yang ramai dikunjungi wisatawan sejak pekan lalu.

Setelah sampai di tempat parkir, pengunjung bisa merasakan angin sepoi-sepoi dan menghirup udara segar. Sejumlah payung warna-warni telah dipasang di kanan atas pintu masuk kawasan wisata, sehingga menciptakan suasana meriah.

Wisata Alam Sigrowong Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

Wisata Alam Sigrowong Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

Kios-kios yang menjajakan makanan tertata rapi di sebelah kiri, sekitar 50 meter dari pintu masuk. Pengunjung dapat menikmati kopi dan makanan ringan sambil mengagumi pemandangan. Ada juga toilet yang sangat bersih dengan air jernih khas pegunungan.

Info Wisata Posong Temanggung: Lokasi, Rute, Dan Harga Tiket

Hampir setiap sisi hutan adalah tempat foto yang bagus. Wisatawan dapat beristirahat ketika lelah setelah menanjak dan menuruni bukit di kawasan hutan. Terdapat bangku dan sun visor yang terbuat dari papan kayu sebagai tempat beristirahat.

Wisata ini dikelola oleh Kampung Gesing. Kawasan wisata yang pernah menjadi tempat persembunyian para pejuang era kolonial itu ditutup sejak wabah mulai merebak sekitar Maret tahun lalu. Kawasan wisata telah dibuka kembali untuk wisatawan karena jumlah kasus positif COVID-19 di Kuil Tianmang menurun.

“Sudah buka sejak minggu lalu. Wisatawan yang datang banyak, tapi kebanyakan wisatawan lokal, tidak sebanyak sebelum pandemi,” kata Gunadi, 45, salah satu pengelola Wisata Alam Sigrowong, Selasa. 21 Juli 2020).

Pria yang akrab disapa Gun Sigrowong ini mengungkapkan, sebelum pandemi virus corona, ia mampu menjual rata-rata 22 paket sehari selama jam operasional WIB antara pukul 08.00 hingga 17.00. Setiap bundel berisi 100 buah dan tarifnya Rp 5000 per buah. Pendapatan ini belum termasuk biaya parkir.

Lokasi Wisata Di Temanggung Dibuka Untuk Umum Pekan Ini

Sejak dibuka kembali minggu lalu, hanya ada 50 hingga 100 pengunjung per hari. Kebanyakan turis hanya mengambil waktu sejenak dan pergi. Menurutnya, pengunjung yang paling sering adalah warga yang ingin melakukan upacara di gua kecil di kawasan hutan.

“Tidak seramai sebelum wabah. Tidak banyak warung makan di kawasan wisata yang buka. Tapi turis banyak. Biasanya orang datang ke gua untuk beribadah.”

Ning Ning (45), turis asal Istana Tianmang, mengaku baru pertama kali ke Sigrovan. Ia mengaku terkejut dengan pemandangan alam kawasan hutan yang masih alami.

Wisata Alam Sigrowong Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

“Di tempat ini, karena sinar matahari masuk melalui celah-celah dedaunan, Anda bisa mengambil gambar yang bagus,” kata Ningning. (MC.TMG/Tosiani;Ekape) 37 Tempat Wisata Terbaru dan Terpopuler di Klenteng Tian Mang, Wajib Dikunjungi! Daftar Tempat Wisata di Kelenteng Thien Mang Jawa Tengah

Wisata Alam Sigrowong Kembali Dibuka

Tempat Wisata di Temanggung – Temanggung merupakan kabupaten di Jawa Tengah dan penghasil tembakau terbesar di Indonesia. Di Istana Tianmang, hamparan asap tak berujung yang subur dan hijau, membuat orang pusing.

Namun dibalik kekayaan perkebunan tembakau, ternyata masih ada sejuta tempat wisata indah di Istana Tianmang. Tentunya tempat wisata Istana Tianmang sangat lengkap, mulai dari wisata alam, hingga wisata yang kaya akan sejarah.

Ini bisa menjadi kesempatan untuk menikmati keindahan alam sambil menelusuri lebih jauh berbagai sejarah Istana Tianmang untuk liburan yang menyenangkan.

Keindahan objek wisata Istana Tianmang telah diakui di seluruh dunia karena wisatawan datang tidak hanya dari wisatawan lokal tetapi juga dari wisatawan asing.

Tingkatkan Kemampuan, Unit K9 Polres Magelang Kota Ikuti Latihan Gabungan

Banyak wisatawan telah membuktikan keindahan potensi wisata Istana Tianmang. Sahabat yang belum pernah ke Istana Tianmang mungkin belum tahu tempat wisata mana saja yang bisa dikunjungi.

Jangan akhiri liburan Istana Tianmang Anda dengan kurang menyenangkan karena kurangnya persiapan dan pemilihan objek wisata yang tidak tepat. Namun jangan khawatir, karena daftar tempat wisata populer yang dapat Anda kunjungi di Istana Tianmang dijelaskan di bawah ini:

Objek wisata Istana Tianmang yang pertama adalah Hutan Pinus Sangkar. Hutan pinus ini sulit dihentikan. Malu bagi yang suka selfie jika melewatkan hal-hal seru yang lagi ngetren saat ini.

Wisata Alam Sigrowong Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

Selain sejuk, hutan pinus ini juga tempat yang bagus untuk kita jadikan tempat bermeditasi lho, apalagi di minggu kerja yang berat ini kita pasti butuh istirahat.

Jelajah Alam Jawa Tengah, Ini 10 Tempat Wisata Di Temanggung

Selain hutan pinus, area luas pohon kopi dapat ditemukan di tepi pohon pinus, memberikan kesan unik. Selain itu, visi pemerintah dalam meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke hutan ini terlihat dengan adanya spot-spot foto yang sangat indah.

Lagi pula, hutan pinus ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota, dan sobat akan rugi jika kita tidak berhenti disini.

Oh ya, ada daya tarik lain di hutan pinus ini, Gua Sigrowong. Jadi hutan pinus ini disebut juga Taman Gua Sigrowong.

Gua Sigrowong sendiri memiliki kedalaman sekitar 7 meter dan diameter hanya 80 cm. Menurut cerita, goa tersebut digunakan sebagai tempat persembunyian pada masa invasi Belanda.

Puncak Wisata Temanggung

Ada juga jalur lintas alam tingkat nasional di taman, di mana banyak acara lintas negara tingkat nasional telah diadakan. Selain itu, hutan pinus ini seru banget lho, bisa dijadikan camping ground karena airnya banyak, jadi nggak perlu khawatir camping sama sekali.

Di taman ini juga terdapat pendopo yang dipasang pengelola di atas pohon pinus untuk para pengunjung bersantai sambil berfoto selfie.

Kabar baiknya, pada saat penulisan ini, pengelola Perhutani akan menambah fasilitas di masa depan berupa wahana permainan dan kelincahan, serta kolam renang.

Wisata Alam Sigrowong Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

Nah, setelah bermain di hutan pinus ini, jangan lupa saat ingin pulang membawa oleh-oleh Istana Tianmang yaitu pisang wangi khas Istana Tianmang yang ada di Desa Gexing.

Tempat Wisata Alam Di Temanggung

Monumen ini adalah salah satu monumen paling populer di Istana Tianmang. Terletak di desa Wonotirto di Temanggung, Jawa Tengah, tempat wisata ini menawarkan wisata edukasi dengan segudang ilmu.

Monumen meteorit ini dibangun untuk mengenang kehebohan masyarakat akibat jatuhnya meteor dari persawahan di Desa Wonotilto. Acara ini terbukti tak terlupakan bagi petani lokal.

Jatuhnya meteorit itu terjadi pada 11 Mei 2011, dan pada hari itu ada gemuruh yang disertai gemuruh seperti kilat. Kemudian sebuah meteorit jatuh di ladang orang dan membunuh tanaman di ladang.

Sebuah batu besar yang jatuh dari luar angkasa, sekarang menjadi bagian dari monumen meteorit, adalah unik.

Indah Dan Bersejarah, Ini 11 Destinasi Wisata Temanggung

Tempat wisata di kawasan Kuil Tianmang ini menawarkan keindahan alam berupa air terjun yang masih sangat alami.

Nama air terjun ini cukup unik karena menggunakan kata Lauwi yang berarti garis tipis dalam bahasa Jawa. Hal ini tidak terlepas dari keindahan cipratan air terjun yang jatuh seperti garis putih, sangat halus.

Selain menawarkan keindahan dan lingkungan alam air terjun, di dekat kawasan wisata ini juga terdapat sumber air panas yang sering digunakan sebagai tempat berendam air panas. Lokasi pemandian air panas ini berada di pegunungan, sehingga sangat cocok untuk cuaca dingin.

Wisata Alam Sigrowong Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

Uniknya, pada musim-musim tertentu, cedar cone sering tumbuh di sekitar Air Terjun Lawe, yang bisa dipetik pengunjung secara gratis.

Tempat Wisata Di Temanggung

Tempat wisata ini tergolong baru di Istana Tianmang. Dengan membayar tiket masuk yang wajar, wisatawan bisa memasuki kawasan Poisson.

Selanjutnya, memasuki kawasan Posong, pengunjung akan melewati jembatan ganda, bertemu dengan jembatan, dan berbelok ke kanan di lereng dengan Gerbang Posong.

Daerah ini menjadi semakin populer dari waktu ke waktu karena matahari terbit yang keemasan sangat menyenangkan untuk dilihat. Lokasi Sunrise Posong Kledung berada di kaki Gunung Sindoro, sehingga jalannya sulit untuk dilalui.

Namun perjuangan itu akan terbalas dengan keindahan alam yang sangat indah. Di pagi hari, pengunjung dapat menikmati matahari terbit keemasan yang hangat dan, dengan keberuntungan, lautan awan yang luas.

Tempat Wisata Populer Di Temanggung

Bahkan dari tempat ini Anda bisa melihat 7 puncak sekaligus, yaitu Merapi, Merbabu, Ungaran, Muria, Telomoyo ( Telomoyo), Sindoro dan Sumbing. Pemandangan di malam hari sama indahnya dengan melihat miliaran bintang seolah-olah di atas kepala, sering disebut sebagai Bima Sakti.

Wisata Kledung Pass merupakan tempat wisata yang terletak di Kledung Temanggung yang dulunya hanya berupa perkebunan teh dan tembakau.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak investor yang tertarik dengan keindahan alam kawasan tersebut, sehingga membuat kawasan tersebut semakin berkembang dan semakin ramai dikunjungi turis.

Wisata Alam Sigrowong Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

Letak Kledung Pass yang berada di jalur Temanggung-Wonosobo membuat tempat ini sangat mudah dijangkau. Restoran besar di sekitar Kledung Pass memiliki warung makan sederhana.

Wisata Alam Posong By Kota Temanggung

Tentunya hal ini membuat kawasan Pas Kledung menjadi surganya wisata kuliner. Tak heran jika semakin banyak wisatawan yang datang ke kawasan ini karena ingin menikmati keindahan alam sambil menikmati berbagai masakan.

Obyek wisata Hutan Walitis ini terletak di Tanggulanom Temanggung atau tepatnya di kawasan hutan Rasamala. Di hutan Valitis, Anda bisa melihat pohon yang sangat besar, konon pohon terbesar di lereng Gunung Sumbin dan Sindoro.

Pohon-pohon besar ini tingginya 30 meter dan memiliki lingkar batang 7,5 meter. Untuk dapat memeluk batang pohon ini, diperlukan setidaknya 6 orang dewasa, saling melilit dan dengan tangan terentang.

Uniknya, pohon-pohon besar ini memiliki cerita yang diyakini oleh masyarakat setempat. Pohon itu konon berasal dari tongkat Ki Ageng Makukuhan, seorang pengikut orang suci. Kemudian kayu itu dijejalkan ke dalam tanah hingga akhirnya pohon yang sangat besar ini tumbuh.

Promo Paket Wisata Dari Temanggung Ke Malang 2 Hari 1 Malam • 2022

Tidak hanya memberikan pemandangan pohon-pohon besar yang menakjubkan, Anda juga bisa melihat alam yang sangat indah dan sejuknya udara pegunungan di kawasan Hutan Walis ini. Semak rasamala juga tumbuh dan juga tahan

Kota temanggung jawa tengah, toko bunga temanggung kabupaten temanggung jawa tengah, wisata temanggung jawa tengah, hotel temanggung jawa tengah, temanggung jawa tengah, peta kabupaten temanggung jawa tengah, kabupaten temanggung jawa tengah, posong temanggung jawa tengah, temanggung jawa tengah indonesia, rawaseneng temanggung jawa tengah, tempat wisata di temanggung jawa tengah, hotel indraloka kabupaten temanggung jawa tengah

Comments

social bar