free statistics

Wisata Alam Pekalongan Jateng

Rate this post

Wisata Alam Pekalongan Jateng – Pekalongan merupakan salah satu pusat pengembangan ekonomi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Pekalongan terdiri dari 4 kecamatan yaitu Pekalongan Barat, Pekalongan Utara, Pekalongan Timur dan Pekalongan Selatan.

Pekalongan juga dikenal sebagai kota batik, karena Pekalongan memiliki corak batik yang unik dan berbeda. Menariknya, kota ini juga masuk dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO pada Desember 2014 dalam kategori Seni dan Kerajinan, dengan kota ini diberi label sebagai Kota Batik Dunia. Tak hanya itu, Kota Pekalongan juga memecahkan rekor MURI dengan memotong seekor Lopis berukuran besar yang ditangkap saat perayaan tujuh hari setelah Syawalan atau Idul Fitri.

Wisata Alam Pekalongan Jateng

Wisata Alam Pekalongan Jateng

Kota Pekalongan terhubung langsung dengan destinasi wisata di Jawa seperti Dieng, Batang, Brebesa, Wanosobo dan Kendal. Pekalongan juga memiliki peluang yang tidak kalah indah dari kota-kota tersebut, mulai dari alam, sejarah, budaya, wisata kuliner, semuanya ada disini. Luar biasa?

View Bagus Dari Wisata Alam Unggulan Kabupaten Pekalongan “watu Ireng”

Untuk itu, Alawisata akan memberikan beberapa saran mengenai tempat wisata di Pekalongan yang tentunya bisa Anda kunjungi. Mari kita lihat lebih dekat artikelnya.

Destinasi wisata pertama yang akan dibahas adalah Pantai Salamaran Indah. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, udara yang segar, anda juga bisa menikmati fenomena matahari terbit dan terbenam, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi disini.

Pantai selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Pasir Kenkana. Karena letaknya yang berada di pusat kota, tak heran jika tempat tersebut menjadi tujuan wisata yang populer. Dengan tampilan yang cantik nan menawan, kamu bisa bermain sepuasnya dan melupakan sejenak semua masalah yang ada.

Bukan hanya pantainya, ada juga akuarium dan koleksi biota laut yang terlihat seperti SeaWorld kecil. Jika ingin membeli ikan segar dan menyaksikan hiruk pikuk nelayan setempat, Anda bisa singgah di pelabuhan dekat pantai.

Objek Wisata Linggo Asri Pekalongan Jawa Tengah

Objek wisata pantai menarik selanjutnya adalah Pantai Sunter Depok Indah. Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk liburan keluarga. Meski ombaknya tidak terlalu besar, Anda harus tetap waspada jika membawa anak Anda!

Namun panorama yang disuguhkan sangat menarik, lengkap dengan pohon nyiur yang membuat bayang-bayang di sekitar pantai semakin romantis.

Pantai Wonokorto merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Pekalongan. Selain akses jalan yang mudah dan dekat dengan Jalan Pantai Utara, pantai ini semakin sering dikunjungi wisatawan setiap liburan.

Wisata Alam Pekalongan Jateng

Pantai ini juga dihiasi dengan keberadaan pohon pinus di pinggir pantai, membuat udara di sekitar pantai menjadi sejuk dan rindang. Tak hanya itu, pantai ini juga dihiasi berbagai photo booth dengan slogan-slogan yang mengunggulkan keindahan Pantai Wonookorto.

Caimandala Asmarandana Jadi Destinasi Wisata Primadona Dikawasan Puncak

Wisata Taman Mangrove Pekalongan atau yang biasa dikenal dengan Taman Hutan Mangrove Pekalongan merupakan salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh kalangan muda Pekalongan atau lebih tepatnya berada di belakang Komplek Kampus Stan Pekalongan.

Karena banyak wisatawan yang datang ke sini untuk bersantai atau kencan sore sambil menunggu sunset. Menariknya, anda juga bisa berkeliling taman mangrove menggunakan perahu motor, hanya dengan membayar Rp 10.000 anda sudah bisa menikmati taman mangrove di atas air dan juga bisa berfoto di Wisata Taman Mangrove Kandang Panjang Peklongan ini juga bisa dia ambil.

Nama resmi tempat wisata ini adalah PPN Wisata Bahari Pekalongan dan diresmikan pada tanggal 12 Juli 2006 oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Freddy Nambari, serta ditandai dengan tanda tangan.

Di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, mulai dari mengunjungi kawasan pantai yang panas dengan terik matahari namun sangat menyenangkan dengan banyak pepohonan hijau. Pantai ini juga dihiasi gundukan batu tahan abrasi yang tertata rapi.

Mangrove Park Pekalongan Akan Dikembangkan Jadi Komplek Wisata Kuliner

Kawasan ini juga merupakan muara Sungai Logi yang mengaliri kota Pekalongan. Di sebelah kiri pantai ada paviliun kecil dengan lantai beton. Di luar terdapat kursi besi yang nyaman untuk menikmati suasana saat matahari terbenam di barat.

Selain itu, Anda dapat mengunjungi bangunan dunia kecil dan melihat ikan Belida yang cantik (Belido, Lopis). Ikan ini terlihat sangat cantik dengan sisik halus dan bintik hitam besar di tubuhnya dengan tepian cerah. Dulu ikan ini digunakan sebagai bahan utama pempek dan kemlang di Palembang, namun sekarang sudah tergantikan oleh ikan kembung karena harganya yang mahal.

Untuk memudahkan berkeliling kawasan wisata bahari, terdapat peta wisata bahari Pekalongan yang terletak di luar bangunan wisata bahari.

Wisata Alam Pekalongan Jateng

Selain itu, ada sebuah pantai yang belum banyak diketahui orang baik karena pantai ini bukanlah pantai yang dibuka untuk wisata resmi seperti pantai-pantai lainnya. Di bawah pantai adalah tempat kremasi yang merupakan bangunan yang digunakan untuk menguburkan orang mati.

Kolam Renang Rindu Alam Bojong, Pemandian Air Panas Dengan Pemandangan Alam Perbukitan

Tapi jangan khawatir, tidak harus merusak keindahan pantai. Lingkungannya sangat luas, dan memiliki pantai yang menarik dengan pasir putih dan pepohonan yang rindang, sehingga tempat ini dianggap sebagai tempat wisata oleh banyak anak.

Selain itu, ada Curug Muncar yang berada sekitar 1200 meter di atas permukaan laut, sehingga Anda akan merasakan sejuknya udara pegunungan saat berada di sini. Lokasinya yang berada di hutan Parhutani membutuhkan sedikit perjuangan untuk mencapai jalur menuju air terjun melewati lembah yang jalurnya menjadi licin saat musim hujan.

Nama Krug Munkar tidak hanya ada di Pekalongan saja, air terjun dengan nama yang sama juga ada di Kabupaten Purworejo dan Temanggung.

Air terjun ini berada di kawasan Petungkriono Kabupaten Pekalongan yang merupakan kawasan hutan dimana oya jawa merupakan salah satu satwa langka dan dilindungi. Anda harus melalui trek yang panjang dan memakan waktu sebelum Anda mencapai tempat ini, namun sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan hutan yang menakjubkan.

Objek Wisata Curug Bidadari Purbo Pekalongan Jawa Tengah

Air terjun yang berada di ketinggian sekitar 1300 meter ini juga memiliki udara yang sejuk khas pegunungan yang menyegarkan. Ketinggian air terjun ini adalah 70 meter dengan air yang deras. Sempurna untuk Anda yang ingin bersantai dan melepaskan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Lalu ada air terjun Jlotigi Bidadari. Tidak jauh berbeda dengan air terjun lainnya, untuk menikmati keindahan air terjun ini anda harus melewati medan yang sangat sulit, anda melewati hutan dan banyak tanjakan dan turunan yang nantinya akan anda lalui.

Nama air terjun ini diambil dari legenda nasional yang mengatakan jika ada anak kecil yang dibawa ke tempat air terjun ini dia tidak akan kaget saat melihat keindahan pelangi diantara 2 batu karang. Di tepi air terjun. Dan pada saat itu diyakini bahwa seorang bidadari turun dari surga untuk menenangkan anak tersebut. Oleh karena itu, air terjun itu disebut Kurg Bidadari saat itu.

Wisata Alam Pekalongan Jateng

Disini anda akan disuguhkan pemandangan 2 buah kolam alami dengan air berwarna hijau. Kedalaman kolamnya sendiri bervariasi, ada satu air terjun yang memiliki kedalaman 7 meter dan lainnya 4 meter.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Jawa Tengah

Untuk menuju kolam tersebut, pengunjung harus mengarungi sungai yang sangat deras dengan air yang sangat jernih. Wisatawan bisa memanfaatkan bebatuan yang bisa digunakan untuk berjalan-jalan. Bagi Anda yang menyukai tantangan, Anda juga bisa mencoba melompat dari atas air terjun ke kolam sedalam 7m.

Sebelum mencapai air terjun Anda harus berjalan melewati hutan yang memiliki pemandangan alam yang sangat menarik namun indah. Sesampainya di air terjun Anda akan disuguhkan pemandangan pegunungan yang berangin dan suara aliran air yang memesona.

Ketika Anda pergi ke air terjun, Anda bisa melihat objek wisata lain yang menarik rumah pohon yang sering digunakan sebagai tempat bersantai.

Sebelum ke air terjun. Jarak dari rumah pohon ke air terjun memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit. Meski melelahkan, kelelahan Anda akan segera terlupa saat sampai di view air terjun. Suasana sejuk dan keindahan air terjun dapat mengurangi segala ketegangan di kepala Anda. Karena disini anda akan jauh dari kota dan suasana seperti ini akan membuat anda serasa berada di rumah sendiri.

Lokasi, Foto Dan Harga Tiket Masuk Kembang Langit Park Batang Jateng

Air Terjun Blanten terletak di perbatasan Kabupaten Kajen dan Kabupaten Kandungserang. Ini memiliki keistimewaan tersendiri, air terjun ini merupakan rumah bagi kera putih penjaga desa Kutorojo, tempat air terjun itu berdiri. Dan jika beruntung Anda bisa menjumpai kera putih yang sedang beristirahat di area air terjun.

Lokasinya berada di Kawasan Ekowisata Air Terjun Kombong Bekak yang berada di Dusun Kombong, Desa Tajur, Kecamatan Kandungserang, Kabupaten Peklongan, Jawa Tengah. Selain sejuknya angin, kamu juga akan dimanjakan dengan keindahan alam di sini. Letaknya yang tersembunyi membuat air terjun ini belum ramai dikunjungi wisatawan.

Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Pekalongan bisa dijadikan pilihan tamasya di akhir pekan Anda. Di sini Anda bisa

Wisata Alam Pekalongan Jateng

Menikmati udara segar sejenak, hijaunya pepohonan menemani jalan setapak hingga suara aliran air menenangkan suasana dan menyatu dengan keindahan alam.

Obyek Wisata Linggoasri, Icon Kabupaten Pekalongan

Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun area air terjunnya luas. Pasokan airnya tidak terlalu besar sehingga tidak perlu khawatir basah yang biasa terjadi air jatuh.

Bagi Anda yang mencari tempat berteduh untuk menikmati ketenangan dari hiruk pikuk kehidupan, Kurag Jalrang Lebakbrang bisa menjadi tujuan Anda selanjutnya. Keberadaan air terjun ini belum banyak diketahui orang, bahkan warga Pekalongan pun hampir tidak mengetahuinya.

Padahal air terjun ini memang memiliki pesona alam yang sangat menawan. Keindahan hutan dan pemandangan persawahan yang diselimuti salju menjadi hal utama yang masuk dalam daftar jika Anda singgah di air terjun Jurug Jalrang.

Air terjun ini letaknya jauh dari keberadaan air terjun Bajing, namun air terjun ini tidak begitu menarik.

Total Promosikan Potensi Wisata, Bupati Pekalongan Asip Naik Puncak Hanoman Di Petungkriyono

Wisata alam di pekalongan, bank jateng pekalongan, tribun jateng pekalongan, bank jateng syariah pekalongan, pekalongan jateng, wisata alam pekalongan, wisata pekalongan jateng, hotel di pekalongan jateng, wisata alam jateng, tempat wisata di pekalongan jateng, cctv pekalongan jateng, wisata alam di jateng

Comments

social bar