free statistics

Wisata Alam Kota Semarang

Rate this post

Wisata Alam Kota Semarang – Semarang, ibu kota Jawa Tengah, adalah kota kuno yang menjadi saksi meleburnya banyak budaya. Kota ini kaya akan sisa-sisa kejayaannya yang masih bisa Anda lihat dari berbagai sudut, mulai dari Kota Tua, Kelenteng Sam Po Kong, Kampung Melayu, Kampung Arab (Layur) dan masih banyak lagi. Semua budaya ini berpadu secara harmonis untuk menciptakan suasana yang unik dan segera berubah menjadi tempat wisata yang menyenangkan di Semarang.

Namun, Semarang juga kaya akan tempat wisata alam. Anda bisa menemukan tebing-tebing tinggi, kaki bukit dengan candi kuno, perbukitan dengan pemandangan yang mempesona, pantai dengan pemandangan laut lepas. Jika Anda tertarik mengunjungi tempat wisata Semarang dengan nuansa alam yang indah, beberapa tempat ini bisa menjadi pertimbangan.

Wisata Alam Kota Semarang

Wisata Alam Kota Semarang

Meski judulnya wisata alam, pemandangan pegunungan yang dramatis di Brown Canyon sebenarnya adalah hasil dari aktivitas manusia. Awalnya tempat ini merupakan bukit biasa. Tapi penambangan telah mengikis lereng bukit di sini, dan yang tersisa hanyalah formasi bebatuan yang unik. Artinya, Brown Canyon sebenarnya bukan tujuan wisata resmi.

Wisata Alam Semarang Ini Punya Pesona Tersembunyi

Tebing-tebing di sini menciptakan pemandangan yang tidak biasa, ada yang mengatakan menyerupai Grand Canyon di USA. Namun karena warna dominannya adalah coklat, maka disebut Brown Canyon. Di bawah ini adalah kolam-kolam kecil yang airnya tercipta akibat aktivitas penambangan. Jika Anda ke sini, pastikan membawa kamera, karena daya tarik utama Brown Canyon adalah pemandangannya. Sempurna jika digunakan sebagai latar belakang foto Anda.

Salah satu jenis wisata alam yang berkembang di Indonesia adalah puncak bukit dengan latar pemandangan yang indah. Anda dapat menemukan tempat serupa di banyak daerah pegunungan. Yang paling terkenal di Semarang adalah Pegunungan Kelir. Anda hanya perlu pergi ke tempat yang sederhana namun menawan. Udaranya segar, pemandangannya menarik dan kondisi alamnya masih sangat terjaga.

Dari atas bukit ini terdapat pemandangan yang unik. Di kejauhan ada kombinasi yang tidak biasa dari kota, hutan, lahan pertanian, dan pegunungan lainnya. Hampir seluruh bagian kota Ambarawa bisa dilihat dari sini, begitu juga Semarang bagian selatan. Tentunya jika Anda datang ke sini, siapkan ponsel atau memori kamera Anda, karena pemandangannya yang indah akan mengingatkan Anda untuk mengambil banyak foto.

Orang lebih mengenal Gedong Songo sebagai nama kompleks candi di selatan Semarang. Wajar saja mengingat candi-candi kuno peninggalan Kerajaan Medang di sana sangat ikonik. Namun yang tak kalah menarik adalah pemandangan alam di kawasan ini. Jika Anda mengunjungi candi ini, Anda pasti harus berjalan-jalan di udara terbuka dengan pemandangan bukit yang indah. Setiap candi berada di lokasi yang berbeda dan berpindah dari satu candi ke candi lainnya cukup menyenangkan untuk dijelajahi.

Pariwisata Provinsi Jawa Tengah

Keindahan alam ini juga menginspirasi penciptaan Ayanaz Gedong Songo. Ayanaz yang berada di sekitar candi menjual pemandangan yang sangat indah ini dengan menambahkan berbagai taman selfie. Inilah tempat wisata di Semarang untuk bersantai sambil berfoto. Kawasan Gedong Songo juga memiliki potensi lain yang belum sepenuhnya dikembangkan. Terdapat sumber air panas alami di sekitar kawasan pura, dan pemanfaatannya masih belum optimal.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah lokasinya yang sangat dekat dengan berbagai pusat keramaian Semarang. Lokasi dekat Pantai Maron, dekat Bandara Ahmad Yani, Museum Rongovarsito dan destinasi wisata lainnya di Semarang.

Tempat wisata di Semarang ini juga memiliki sejarah yang sangat unik. Dulu ada sebuah pulau di lepas pantai bernama Pulau Tirang. Namun karena erosi yang dahsyat, Pulau Tirang akhirnya menghilang ke laut, dan yang tersisa hanyalah pantai di daratan. Tirang adalah tempat memancing yang ideal dan memiliki pemandangan matahari terbenam yang fantastis.

Wisata Alam Kota Semarang

Gunung Ungaran yang terletak di barat daya Semarang ini memiliki pemandangan yang luar biasa dari segala sisi. Aksesnya sangat bagus dan mendaki gunung ini tidak membutuhkan banyak keterampilan, daya tahan tubuh yang cukup, dan perlengkapan yang memadai. Ungaran “hanya” 2050 mdsp, relatif mudah bagi pendaki berpengalaman.

Kolam Renang Yang Instagramable Di Semarang. Mulai Dari Kolam Renang Alami Sampai Infinity Pool!

Puncak Ungaran merupakan tempat yang populer bagi para pendaki. Karena relatif mudah didaki dan mudah diakses, Puncak Ungaran selalu ramai dikunjungi pendaki. Anda bisa berkemah di sini dan menikmati pemandangan matahari terbit yang indah. Menjelajahi puncak Ungaran juga menyenangkan karena kemanapun memandang, panorama alamnya luar biasa.

Taman bunga akhir-akhir ini menjadi sangat populer sebagai tempat wisata di Indonesia. Yang paling terkenal di Semarang adalah Taman Bunga Bandungan yang terletak di dekat Candi Gedong Songo. Wajar saja, lokasi taman bunga ini memang sudah asri. Penataan tanaman dan taman akan membuatnya semakin Instagrammable dan menarik minat banyak wisatawan muda yang menyukai fotografi, termasuk selfie.

Sebelumnya, tempat wisata di Semarang ini hanya memiliki taman celosia berwarna-warni. Namun seiring dengan meningkatnya popularitas, begitu pula fasilitasnya. Kini kamu bisa menemukan miniatur kota-kota Eropa yang unik, penuh dengan pemandangan khas dari berbagai negara. Ada juga taman Korea dan taman lampion yang menjanjikan latar belakang foto yang spektakuler. Taman ini benar-benar surga bagi pecinta selfie.

Jika ingin bersantai di udara pegunungan yang segar, Anda bisa mampir ke Umbul Sidomukti. Sebuah resor yang menawarkan banyak fasilitas wisata menarik, terletak di lereng Ungaran di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Yang paling terkenal adalah taman pemandian alam. Ada tiga kolam renang dengan bentuk yang unik dan kedalaman yang berbeda untuk dipilih. Karena ditinggikan, kolam mini memiliki pemandangan yang luar biasa.

Inilah 25 Tempat Wisata Di Semarang Yang Terbaru

Untuk pecandu adrenalin, ada beberapa roller coaster yang bisa Anda gunakan untuk ikut beraksi. Anda dapat mencoba flying fox, menyewa sepeda quad, paralayang, atau menunggang kuda. Masih ada tempat menarik lainnya diantaranya Jembatan Mari, Segitiga Tinggi, Panahan, Sepeda Awang untuk berfoto dan explore Goa Tirtha. Anda bahkan dapat menghabiskan malam. Anda tidak akan bosan ketika Anda datang ke sini!

Semarang juga memiliki hutan untuk dijelajahi. Misalnya hutan pinus Cajon. Hutan pinus ini terletak di lereng Gunung Merbabu. Lokasinya berada di kawasan Semarang bagian selatan, tidak jauh dari kota Ambarawa. Berada di ketinggian 1.500 mdpl, hutan ini menawarkan udara segar dengan pemandangan khas dataran tinggi. Di kaki Merbabu, Anda bisa melihat lanskap damai Kabupaten Semarang.

Secara resmi tempat ini bernama Pesona Wisata Alam Kali Pasang (PWAKP) dan dikelola oleh Balai Taman Nasional Gunung Merbabu. Hutan pinus di sini sangat Instagrammable, jadi jangan heran jika melihat banyak pengunjung yang berswafoto di sini. Selain itu, Anda juga bisa berkemah di kawasan ini jika ingin menghabiskan waktu di alam. Hutan Pinus Cayon juga sangat populer sebagai kawasan Nguburit saat Ramadan.

Wisata Alam Kota Semarang

Melanjutkan tema hutan, kali ini adalah Hutan Pengaron di sisi timur Gunung Ungaran. Berbeda dengan hutan Cayon yang hanya berisi pinus, vegetasi di Pengaron tak kalah beragamnya dengan hutan alam lainnya. Udaranya sejuk dan pemandangannya indah. Tempat ini cocok bagi mereka yang ingin berpetualang di hutan belantara namun tetap mengutamakan keamanan. Ada banyak spot foto menarik di sini, dan hutan ini juga menjadi spot foto prewedding yang umum.

Tempat Wisata Hits Semarang Terbaru 2022

Namun daya tarik utama Pengaron adalah bumi perkemahannya. Saking terkenalnya, ada yang menyebut Penggaron sebagai tempat perkemahan, meski statusnya sebenarnya adalah hutan lindung biasa yang dikelola Perhutani. Selain itu, masih banyak aktivitas outdoor yang bisa Anda lakukan di sini. Tamasya, trekking, pelatihan SAR, penelitian ilmiah lapangan sering diadakan di zona uang ini.

Destinasi ini memadukan keseruan alam dan wisata buatan. Banyak yang mengatakan bahwa Grand Maerokoco (dulu disebut juga Taman Puri Maerokoco) adalah taman mini di Jawa Tengah. Anda bisa melihat paviliun dan rumah-rumah khas dari seluruh kabupaten dan kota di provinsi ini. Anda bisa belajar banyak tentang Jawa Tengah di sini.

Terletak di hutan bakau, Anda bisa menjelajahi keindahan kawasan melalui teras kayu yang lengkap di tepi bakau. Air di sini tidak bersih, tapi tenang. Jika Anda lelah berjalan kaki, Anda bisa menyewa perahu dan berkeliling Maerokoko di atas air. Ada banyak tempat indah untuk dikunjungi, jadi pastikan kamera Anda siap untuk mengambil banyak foto keren di rumah.

Tidak ada yang lebih baik daripada menjadi satu dengan alam. Anda dapat menikmati pemandangan bumi, pepohonan yang hijau dan rindang serta udara alam yang segar. Semuanya bisa kamu rasakan di kawasan Cemoro Sewu, Banyubiru lho!

Objek Wisata Kabupaten Semarang Dengan Pemandangan Alam Memukau

Jika ingin bersantai menikmati panorama alam yang mengesankan, tak ada salahnya menghabiskan waktu di Gumuk Reko, Banyu Biru. Banyak spot foto seru, lho!

Sekarang sudah banyak tempat asyik menikmati Semarang dari ketinggian, termasuk yang satu ini. Banyak postingan yang bisa dilihat dan tempat selfie dengan background keren lho!

Jadi, sudah siap menjelajahi berbagai tempat wisata alam di Semarang? Mulai dari pesisir Laut Jawa hingga ketinggian Gunung Merbabu, ada banyak pilihan variasi wisata yang layak dijelajahi.

Wisata Alam Kota Semarang

Seorang anak gunung yang selalu senang pergi ke pantai dan bercita-cita menjelajahi pantai sebanyak mungkin di Indonesia. Menyukai wisata kuliner dan penikmat kopi di Bali Kintamani. Dia sibuk membaca dan menulis ketika dia tidak menonton sepak bola. Pandemi Covid-19 memaksa banyak tempat wisata tutup sementara. Hal ini mengacu pada kebijakan pemerintah terkait PPKM.

Tempat Wisata Hits Semarang 2021, Bikin Semangat Liburan

Hal ini juga berpengaruh pada tempat wisata yang sebelumnya ditutup, kini diperbolehkan dibuka. Dilansir .com dari berbagai sumber, berikut daftar tempat wisata Semarang yang dibuka saat ini, kapan liburan?

Tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Soekarno Hatta Km.30, Harjosari, Jawa Tengah. Buka setiap hari, hari kerja 09:00 – 19:00 WIB dan akhir pekan 08:00 – 19:00 WIB.

Cimory on The Valley merupakan destinasi wisata dengan konsep rekreasi dan edukasi, cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Di sini Anda bisa menikmati susu segar, berinteraksi dengan hewan, dan berfoto di Taman Mini Mania yang menampilkan bangunan mini ikonik dari seluruh dunia. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Objek Wisata Bandungan, Membius Raga Dengan Indahnya Alam

Wisata

Wisata di kota semarang, wisata dalam kota semarang, wisata alam di kota semarang, wisata kota tua semarang, tempat wisata semarang kota, wisata kota semarang, wisata alam di kota bandung, destinasi wisata kota semarang, wisata kota lama semarang, wisata kota semarang terbaru, wisata alam semarang, objek wisata kota semarang

Comments

social bar