free statistics

Wisata Alam Goa Kebon

Rate this post

Wisata Alam Goa Kebon – Tidak hanya kaya akan budaya, Jogjakarta juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Namun, tidak semuanya diteliti dengan baik dan ada juga yang tidak diketahui dengan baik. Salah satunya adalah Goa Kebon di Dusun Bakwai, Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kulon Progo.

Padahal, Goa Kebon sendiri memiliki alam yang menarik. Salah satunya adalah air indah yang memiliki cerita tersendiri. Apa yang Anda tahu? Berikut ini diuraikan beberapa keistimewaan Goa Kebon di Kulon Progo.

Wisata Alam Goa Kebon

Wisata Alam Goa Kebon

Air terjun ini merupakan salah satu daya tarik utama Goa Kebon. Tak hanya indah, tempat ini juga punya cerita menarik.

Pesona Air Terjun Alam Kandung

Pada suatu ketika, seorang pria bernama Kiai Abdul Soleh membuka kawasan ini pada tahun 1510. Kiai mengambil tindakan untuk membuka lahan agar masyarakat di daerah itu bisa mulai bertani dan menikmati hasilnya. Di kanal itu sendiri terdapat gua yang konon pernah digunakan Kiai Abdul untuk mengajar murid-muridnya. Kemudian muncullah nama Goa Kebon atau goa di dekat lahan pertanian.

Keistimewaan lain dari air terjun Goa Kebon adalah airnya tidak mengering dan tidak surut. Menurut warga setempat, hal ini karena airnya tidak bergantung pada sungai atau langsung dari sumbernya.

Tak jauh dari situ, terdapat mata air khusus bernama Sendang Kiai Pitu. Tidak jelas apa arti khusus di balik penamaan itu. Namun yang jelas banyak orang yang percaya bahwa air dari mata air ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air terjun Goa Kebon memiliki gua yang sangat besar. Dikatakan lebarnya lima meter. Menurut cerita yang diyakini oleh penduduk setempat, Kiai Abdul pernah menggunakan gua tersebut untuk memberikan pengetahuan agama kepada murid-muridnya.

Kulon Progo Goa Kebon, Tempat Menakjubkan Di Yogyakarta • #wisata

Selain itu, gua memiliki fungsi lain. Pada masa kolonial awal, orang menggunakan gua ini untuk bersembunyi dari tentara Belanda. Sayangnya, tidak ada ahli yang dapat memberikan bukti kuat tentang hal ini.

Goa Kebon layak dikunjungi bagi pecinta wisata alam khususnya goa. Begitu masuk, kita langsung disuguhi pemandangan menakjubkan gugusan stalaktit dan stalagmit.

Bahkan ada stalaktit dan stalagmit yang kedua ujungnya saling bersambung membentuk semacam batang penopang. Sayangnya, belum ada informasi detail mengenai kedalaman goa ini dan seberapa jauh pengunjung bisa melangkah.

Wisata Alam Goa Kebon

Meski sudah dikembangkan sejak tahun lalu, namun wisata Goa Kebon belum resmi diluncurkan. Hal inilah yang konon menjadi alasan mengapa banyak warga Kulon Progo dan sekitarnya yang belum mengetahui tempat alam ini.

Tempat Wisata Di Kulon Progo Jogja Barat

Ke depan, pengelola setempat berencana membuat lebih banyak fasilitas seperti camp dan memorial center buatan perempuan setempat. Namun kini, pengunjung tidak perlu terlalu khawatir karena ada banyak hal mendasar seperti tempat parkir, mushola, toilet, tempat makan dll.

Itulah beberapa keistimewaan wisata alam Goa Kebon yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat Yogyakarta. Jika Anda berada di kota Gudeg, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata ini., Yogyakarta – Tempat wisata alam baru di Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi. Namanya Goa Kebon di Dusun Tujuh, Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kulon Progo.

Presiden pemerintah daerah tahun lalu. Tidak ada sistem pengelolaan uang, hanya gotong royong masyarakat,” ujarnya di Kulon Progo, Minggu, 4 Maret 2018.

Karena masih baru pada saat tour dibuka, maka pengunjung tidak dipungut biaya untuk mengikuti tour ini. Tamu hanya dikenakan biaya untuk parkir.

Wisata Goa Kebon Krembangan, Harga Tiket, Rute Dan Lokasi

Ngadimun mengatakan, saat ini objek wisata utama Goa Kebon di Kulon Progo, sementara hanya air. Nantinya, tidak jauh dari air terjun, akan ditambah lagi kamp di sebelah tempat parkir.

Selain wisata sejarah, pantai dan hutan di Yogyakarta bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin bersantai bersama keluarga.

* Kebenaran atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan WhatsApp cek fakta nomor 0811 9787 670 dengan hanya memasukkan kata yang diinginkan.

Wisata Alam Goa Kebon

Banyak wisatawan yang mulai mengunjungi wisata air Goa Kebon, terutama dari wisatawan lokal dari Yogyakarta. Seiring dengan itu, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo telah memasukkan Gua Kebon sebagai destinasi wisata baru.

Keindahan Dan Keunikannya Wisata Taman Kebon Ratu Di Jombang

Dia memberi petunjuk arah ke Goa Kebon. Namun, masih membutuhkan banyak petunjuk arah, terutama dari jalan utama seperti Jalan Waits.

“Dari Milir ke atas ada tanda, beberapa tidak, jadi ada dua tempat parkir, ketika Anda sampai ke bawah Anda melewati tanda itu, ketika Anda sampai di atas Anda menggunakannya. Google, katanya.

Diakuinya sebagai destinasi wisata baru di Kulonprogo, pihaknya terus mengembangkan negeri ini. Dimulai dari persiapan makanan dan oleh-oleh untuk para wisatawan Goa Kebon.

Taman sudah lama dibangun, ibu-ibu yang ingin membuat makanan dan kenangan tidak terlihat, tetapi mereka mulai memikirkannya, ada davet dan sebagainya, “katanya.

Wisata Alam Baru Dan Tersembunyi Dijogja Yang Murahnya Maksimal

Ngadimun menjelaskan bahwa nama Goa Kebon berasal dari cerita seorang leluhur yang membuka lahan di desanya sekitar tahun 1501.

“Ceritanya air terjun tersebut merupakan kawasan pegunungan yang dulunya merupakan tempat atau bukit yang sudah tidak terpakai. Cerita Simbach ada yang bisa buat kebun untuk ditanami, makanya disebut Kebon.. karena ada goa namanya Goa Kebon,” ujarnya.

Menurut Ngadimun, air di saluran ini bukan berasal dari sungai. Akibatnya, pada musim panas, air yang mengalir di kanal Goa Kebon tidak akan surut karena berasal dari sumbernya.

Wisata Alam Goa Kebon

“Saya kira ada Sendang Kiai Pitu, banyak yang percaya punya energi, banyak yang percaya bisa menyembuhkan penyakit,” ujarnya.

Wisata Alam Di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta 2022 Terbaru

Menariknya, di air terjun ini terdapat gua dengan lebar lima meter. Kiai Abdul konon pernah mengajar murid-muridnya di gua ini. Namun, cerita ini belum dikonfirmasi karena sejarawan belum mempelajarinya.

Dia ada di dalam gua. Ketika saya membaca Hikayat Abdul, pertama kali para santri masuk ke dalam goa. Setelah awal penjajah dapat digunakan

Ngadimun setuju bahwa Pokdarvis saat ini sedang mengembangkan banyak tempat wisata seperti pengalengan. Karena meski sudah ada himbauan untuk tidak membuang sampah ke sungai, masih ada beberapa yang masih hidup.

“(Mahasiswa) KKN UGM dikasih tong sampah prinsipnya ya kadang ya saya tidak tahu (mungkin) turis (lokal)

Menelisik Pesona 5 Tempat Wisata Alam Di Pati Yang Harus Anda Ketahui

Dikatakannya, sebenarnya banyak sekali tempat wisata kaleng di Goa Kebon. Tong sampah terbuat dari mereka

(persiapan) setiap 15 meter ada tempat sampah yang terbuat dari kantong plastik dan bambu mulai dari pintu masuk. “Tapi karena mudah dimakan, sampai sekarang belum diperbaiki,” katanya.

Wisatawan dari Giripeni Iin setuju bahwa dia beruntung memiliki taman di dekat daerahnya. Namun, dia masih mengeluhkan sampah di destinasi wisata baru ini.

Wisata Alam Goa Kebon

“Tempatnya dekat dengan rumah, dan sayangnya masalah sampah kembali lagi. “Ada tempatnya, tapi ya, saya juga membawa sampah ke sungai,” katanya.

Air Terjun Kulon Progo Ini Keren Banget! Nomor 1 Pasti Tahu

Ia mengaku miris dengan perilaku wisatawan lokal yang membuang sampah sembarangan. Padahal, sebagai tempat baru, kebersihan harus diperhatikan secara serius.

“Sebenarnya, orang tua ada di sini, tetapi mengapa mereka diam?” Mereka mungkin berpikir bahwa itu bukan rumah atau tempat mereka. Kuncinya ada pada orang tua mereka. Mereka sudah dewasa, tetapi mereka hanya membuang sampah sembarangan.

Ia khawatir keadaan ini akan membuat Goa Kebon kehilangan daya tariknya sebagai destinasi wisata. Padahal kemungkinan menjadi destinasi wisata baru dan indah sangat memungkinkan.

“Kok kaki saya baru-baru ini sakit? Anak-anak banyak membuang makanan plastik. Orang tua membiarkan begitu saja. Anak itu tidak salah, tetapi orang tua yang salah,” katanya. Jika Anda berkunjung ke Kulon Progo. jangan lupa untuk mengunjungi taman yang istimewa ini. Namanya Goa Kebon. Tempat wisata ini terletak di Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kulon Progo, Yogyakarta. Goa Kebon menyajikan dua objek wisata sekaligus, yaitu goa dan air terjun atau air terjun. Berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam, Anda bisa berjalan kaki menyusuri Jalan Waits hingga mencapai Gunung Penil, Kecamatan Sentolo. Kemudian, begitu sampai di tugu pensil atau perempatan Kenteng Sentolo, ambil jalan ke selatan. Setelah itu Anda bisa berbelok ke kanan (barat). Akses menuju tempat ini mudah, jalannya agak naik turun, namun kondisi jalannya sudah beraspal. Ada tanda Goa Kebon di sana sehingga Anda tidak perlu khawatir tersesat.

Goa Kebon, Wisata Alam Jogja Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Tempat wisata ini disebut Goa Kebon karena terletak di taman atau lapangan yang dipenuhi berbagai tanaman dan pepohonan. Pertama, seseorang bernama Kiai Abdul Soleh menemukan kawasan Goa Kebon pada tahun 1510. Kiai Abdul Soleh mengambil tindakan untuk membuka lahan agar warga bisa memanfaatkannya sebagai perkebunan. Di dekat peternakan ada gua air yang diyakini Kiai Abdul Soleh digunakan untuk mengajar murid-muridnya. Dari sinilah asal usul nama Goa Kebon.

Begitu sampai di sana Anda akan disambut oleh anak tangga yang turun, kita harus menuruni beberapa anak tangga untuk mencapai Pantai Goa Kebon. Saat sampai di mulut goa, kita akan disuguhi air terjun yang sudah tercemar. Ketinggian airnya sekitar 5 meter, meski tidak begitu, namun pesona air ini luar biasa karena terletak di atas goa. Batu dari air terjun terlihat seperti tirai bambu. Itu diperoleh dari batu kapur yang telah diendapkan untuk waktu yang lama.

Gua ini dihiasi dengan stalaktit dan stalagmit yang indah. Stalaktit tumbuh tinggi di langit-langit gua hingga menyentuh lantai gua dan bertemu dengan stalagmit. Pertemuan stalaktit dan stalagmit membuat pemandangan yang indah, di salah satu sudut gua terdapat lubang seukuran tubuh manusia. Namun, hingga saat ini kedalaman kawasan Goa Kebon belum diketahui secara pasti.

Wisata Alam Goa Kebon

Yang menarik dari Goa Kebon selain pemandangannya yang indah, diklaim bahwa sumber air di kanal tersebut tidak akan pernah kering meski musim panas telah tiba. Berdasarkan

Tempat Wisata Di Kulon Progo Yang Keindahannya Akan Membuatmu Terpana

Paket wisata goa pindul, wisata sekitar goa pindul, objek wisata goa pindul, panca wisata goa pindul, goa kebon, tempat wisata goa pindul, wisata alam goa pindul, tunas wisata goa pindul, wisata goa, wisata goa pindul, wisata goa pindul jogja, goa kebon kulon progo

Comments

social bar