free statistics

Wisata Alam Air Terjun Karanganyar

Rate this post

Wisata Alam Air Terjun Karanganyar – Air terjun yang berasal langsung dari gunung ini sebenarnya tidak setenar Air Terjun Grojogan Sewu yang masih berada di Kabupaten Karangayar.

Tapi jangan salah, Jumog Falls juga indah lho. Dengan menginap di sini, orang yang penat dengan kesibukan kota bisa merasa lebih rileks.

Wisata Alam Air Terjun Karanganyar

Wisata Alam Air Terjun Karanganyar

Air Terjun Jumog, masih berada di lereng Gunung Lawu dan terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Air Terjun Tawangmangu Yang Menarik Dan Instagramable

Pengunjung yang ingin mengunjungi air terjun Jumog, dari arah Solo langsung menuju ke arah timur menuju kawasan Karangpandan. Jangan khawatir, ada tanda di sepanjang jalan

Selanjutnya ikuti Jalan Raya Tawangamangu, sampai perempatan kunjungi jumog – Candi Sukuh – Candi Cetho. Lokasi pertigaan ini berada di depan Wisata Alam Tawangmangu.

Sedangkan bagi yang lebih suka menggunakan angkutan umum bisa naik bus dari stasiun Solo dengan memilih bus khusus Tawangmangu atau Matesih.

Kemudian turun di stasiun Karangpandan, dilanjutkan dengan naik minibus tujuan Ngargoyoso atau Kemuning dan turun di stasiun balas dendam wisata Kemuning atau di Nglorog.

Wisata Alam Karanganyar Yang Instagramable

Sesampainya di lokasi, pengunjung tidak akan langsung melihat keindahan Air Terjun Jumog. Karena untuk menemukan air terjun ini Anda harus menuruni 116 anak tangga batu.

Rasanya melelahkan ya, menemukan Air Terjun Jumog ini. Namun jangan khawatir, perjalanan Anda yang melelahkan akan terobati saat menikmati eksotisme air terjun.

Tiket masuk ke Jumog Falls cukup murah. Cukup dengan membayar Rp 10.000 untuk turis lokal dan Rp 15.000 untuk turis asing.

Wisata Alam Air Terjun Karanganyar

Penduduk setempat sering menyebut Air Terjun Jumog sebagai Air Terjun Pengantin. Bagaimana itu? Pasalnya, air terjun ini terbagi menjadi dua bagian, seperti pengantin.

Air Terjun Sedinding, Pesona Karanganyar Di Kawasan Lereng Gunung Lawu

Apakah kamu tahu? Ada mitos menarik tentang Air Terjun Jumog. Dikatakannya, bagi yang masih berpacaran dan ingin menikah bisa mengunjungi air terjun ini, agar bisa lebih mendekatkan diri untuk menikah.

Saat mencapai pintu masuk, pengunjung harus berjalan 400 meter dengan menuruni 116 anak tangga untuk mencapai air terjun.

Saat Anda melewati rute ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan, di antara pepohonan pinus yang hijau dan lanskap Gunung Lawu di sekitarnya.

Tentu saja, air terjun menjadi daya tarik utama dari destinasi ini. Udara sejuk khas pegunungan mulai terasa.

Menikmati Keindahan Objek Wisata Air Terjun Jumog

Suara air mengalir dan suara air jernih. Duduk saja di bebatuan di sekitar air terjun dan nikmati suasana yang akan menjernihkan pikiran.

Tidak asyik, jika Anda pergi berlibur ke air terjun tanpa basah kuyup. Airnya yang masih alami sangat menyegarkan saat Sahabat Setapak berenang dan bermain di air terjun ini.

Selain berenang di air terjun, pengunjung yang mengajak anak-anak juga bisa berenang di kolam renang anak dekat pintu masuk.

Wisata Alam Air Terjun Karanganyar

Pemandangan air terjun yang indah sangat cocok untuk diabadikan melalui kamera. Apalagi bagi yang suka berfoto, ini pasti spot alam yang menarik.

Air Terjun Jumog

Berenang, main air capek, pengunjung bisa makan dan minum di pinggir sungai, sungai ini saluran air terjun, ada bebatuan di sebelahnya.

Berbagai pilihan menu tersedia di toko-toko tepi sungai. Salah satunya adalah sate kelinci dengan bumbu kacang sebagai hidangan utamanya. Nikmati sate kelinci saat disajikan dengan pemandangan sungai yang indah.

Diantaranya bisa disebut sebagai mushola bagi umat Islam untuk beribadah, toilet lengkap dengan ruang ganti saat pengunjung selesai berenang, area bermain anak dan terdapat bangku-bangku disekitarnya. Nah, Karanganyar merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang udaranya terkenal sejuk.

Selain itu, Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi dengan daya tarik atau objek wisata yang tak terhitung jumlahnya yang berada di setiap daerah dan menarik perhatian banyak wisatawan.

Tempat Wisata Alam Yang Sedang Hits Di Solo Dan Sekitarnya

Baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Jawa Tengah terdiri dari kanton dan 6 kota, hampir setiap kabupaten memiliki tempat wisata yang menarik untuk anda kunjungi ketika anda datang berlibur. Salah satu kabupaten dengan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah kabupaten Karanganyar.

Kabupaten ini terletak di dekat kota Surakarta atau dikenal juga dengan kota Solo. Wisata Karanganyar memiliki keindahan alam yang luar biasa karena hampir sebagian wilayahnya berada di lereng Gunung Merapi yang membuat kondisi alamnya sangat segar. Selain kondisi alamnya yang segar, Karanganyar juga terkenal dengan tanaman hiasnya.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam Karanganyar, Anda bisa mencoba mengunjungi beberapa tempat wisata di Karanganyar. Berikut Liputan6.com, Rabu (3 April 2019) telah mengulas beberapa tempat wisata Karanganyar yang wajib dikunjungi.

Wisata Alam Air Terjun Karanganyar

* Kebenaran atau Hoax? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan WhatsApp ke Liputan6.com Truth Check Number 0811 9787 670 hanya dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan.

Daftar 10 Obyek Wisata Terindah Dan Terpopuler Di Karanganyar Yang Paling Banyak Dikunjungi. Cocok Untuk Pilihan Libur Lebaran! ยป Joglosemar News

Wisata Karanganyar yang cukup terkenal adalah candi Cetho. Objek wisata ini cukup menarik minat wisatawan untuk datang ke sini untuk berwisata.

Candi ini merupakan peninggalan agama Hindu pada masa kejayaan kerajaan Majapahit. Datang ke sini Anda akan menemukan keunikan dan kelebihan tersendiri dibandingkan dengan candi lainnya.

Candi Cetho terletak di Desa Cetho, tepatnya di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Di situs yang sama Anda juga akan menemukan peninggalan Ki Ageng Krinciwesi yang menjadi simbol nenek moyang desa Cetho ini.

Jika Anda berada di kota Karanganyar, sempatkan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Wisata Karanganyar ini menawarkan berbagai fasilitas permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Wisata Nusantara Photospot

Di sini, ada kereta tua yang bisa melaju di sekitar kawasan wisata pertanian Sondokoro. Selain itu, Anda juga dapat menikmati banyak taman bermain lainnya seperti flying fox, perahu air, dll.

Jika Anda ingin melihat seperti apa kehidupan pada zaman dahulu maka wisata Karanganyar ini bisa menjadi pilihan. Museum ini terletak di desa Dayu, kecamatan Kondangrejo, Karanganyar. Di area seluas 10.500 meter persegi ini, Anda bisa belajar dan berkenalan dengan sejarah manusia purba.

Berwisata ke Karanganyar menyenangkan untuk dikunjungi karena pohon tehnya yang tertata rapi menyebar dengan suasana alam yang menyegarkan. Wisata alam ini cocok bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran setelah semua aktivitas selesai dilakukan.

Wisata Alam Air Terjun Karanganyar

Tidak hanya bisa menikmati ruang hijau pepohonan teh, Anda juga bisa merasakan olahraga petualangan seperti paralayang di atas bukit dekat kebun teh. Terletak di sebuah bukit paralayang di desa Segoro, Kemuning, Karanganyar.

Air Terjun Jumog Karanganyar

Lokasi perkebunan ini dekat dengan beberapa kompleks objek wisata Karanganyar lainnya seperti candi dan air terjun. Sehingga membuat jalur wisata ini cocok untuk dikunjungi sekali. Nikmati keindahan alam dari atas dengan berwisata di kompleks ini.

Di wisata Karanganyar ini, Anda bisa menikmati strawberry langsung dari perkebunan. Terletak di kecamatan Tawangmangu, Anda bisa memetik sendiri stroberi dan memakannya langsung.

Selain itu, taman yang berdiri di atas lahan seluas 2000 m2 ini juga memiliki latar belakang bukit yang sangat indah, sehingga pengunjung bisa mencicipi strawberry sambil menikmati pemandangan atau bahkan berfoto selfie.

Wisata Karanganyar ini terletak di tempat wisata yang dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Sebelum dikelola dan diberi fasilitas seperti sekarang ini, tidak banyak orang yang mengetahui lokasi air terjun ini.

Dampak Covid 19 Dan Tidak Boleh Mudik Wisata Air Terjun Jumog Sangat Lumpuh.

Namun, setelah air terjun ini dikelola dengan baik dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, membuat kompleks air terjun ini menjadi nyaman, bersih dan menyenangkan.

Akses menuju air terjun ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu menuruni tangga tidak terlalu banyak dan Anda harus melewati jembatan. Di sini Anda akan mengagumi kesejukan lereng Gunung Lawu dengan sangat jelas dan membuat hati tentram.

Wisata Karanganyar adalah sebuah air terjun yang terletak di Tawangmangu. Dinamakan Grojokan Sewu karena ketinggian air terjun ini kurang lebih 1000 meter.

Wisata Alam Air Terjun Karanganyar

Pecak disini artinya telapak kaki, jika diukur dengan telapak kaki, air terjun ini mencapai 1000 pecak (telapak kaki). Namun sebenarnya ketinggian air terjun ini hanya 80 meter.

Air Terjun Jumog Karanganyar Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Terbaru September 2022

Jika Anda ingin sedikit memacu adrenalin dengan wisata bawah laut, maka wisata Pipa Goasari Ngargoyoso ini adalah pilihan yang tepat. Wisata Karanganyar merupakan tempat untuk arung jeram menyusuri sungai di antara tebing. Untuk melakukan arung jeram ini, Anda akan dilengkapi dengan peralatan yang tentunya sangat aman dan standar.

Wisata Karanganyar ini masih belum diketahui banyak orang. Karena situs ini masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Namun bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini, masih bisa. Karena lokasinya juga mudah dijangkau. Nah, lokasi air terjun setinggi 100 meter ini berada di Blumbangan. Hanya 5 km dari stasiun Karanganyar.

Anda bisa menikmati keindahan alam Karanganyar lainnya dengan mengunjungi Telaga Madirda. Tentunya, datang ke sini Anda akan mengagumi keindahan alam yang hanya dapat ditemukan di kabupaten ini.

Wisata Karanganyar ini terletak di Ngargoyoso, Karanganyar. Lokasi ini hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki menyusuri jalan kecil. You are here Home Informasi Tempat Wisata di Jawa Tengah Air Terjun Jumog Surga yang Hilang di Jawa Tengah

Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Air Terjun Jumog Karanganyar Terbaru

Di daerah Karanganyar banyak dikenal wisata alam, salah satunya adalah Air Terjun Jumog. Tempat wisata ini terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Air Terjun Jumog memiliki ketinggian sekitar 30 meter, menggambarkan keindahan pesona alam yang unik. Di Air Terjun Jumog sering terdapat pelangi yang menambah keindahannya yang memikat.

Jumog sering disebut sebagai Surga yang Hilang oleh masyarakat yang tinggal di lokasi air terjun atau oleh para wisatawan yang berkunjung. Air terjun ini merupakan objek wisata andalan pemerintah Kabupaten Karanganyar yang bersebelahan dengan Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu. Dibandingkan dengan air terjun Grojogan Sewu, air terjun Jumog terlihat lebih sederhana karena tidak berkembang seperti air terjun Grojogan Sewu.

Meski air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun air terjun Jumog tetap memiliki keindahan tersendiri. Yang mengatakan

Wisata Alam Air Terjun Karanganyar

Air terjun tawangmangu karanganyar, air terjun batu alam, keindahan alam air terjun, air terjun karanganyar, air terjun jumog karanganyar, lukisan alam air terjun, wisata alam karanganyar, pemandangan alam air terjun, air terjun di karanganyar, air terjun pagar alam, air terjun alam kandung, gambar alam air terjun

Comments

social bar