free statistics

Wisata Air Nganjuk

Rate this post

Wisata Air Nganjuk – Kabupaten Nganjuk sering disebut sebagai Kota Angin dan sebagai rumah dari salah satu pahlawan kemerdekaan terkemuka negara kita yaitu Dr. Soetomo, pendiri organisasi Bodhi Yotomo. Tempat wisata alam di Kabupaten Nganjok tidak kalah bersaing dengan daerah lain dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Seperti Air Terjun Sedodu, air terjun ini sangat populer di Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya. Tidak hanya keindahan alamnya yang bagus, rahasia dan legenda yang beredar membuat saya semakin tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Wisata Air Nganjuk

Wisata Air Nganjuk

Wisata Air Terjun Sedudo terletak di Desa Ngaliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Berada di ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut dan ketinggian air terjun sekitar 105 meter. Air Terjun Sidhu masih berada di kawasan Gunung Willis.

Sejarah Dan Mitos Wisata Air Terjun Sedudo Di Nganjuk Jawa Timur

Jarak dari pusat kota Nganjuk sekitar 30 km dan waktu tempuh sekitar 1 jam, jalan yang akan Anda tempuh menanjak dan berangin. Jadi sebelum anda ke sini, cek dulu mobil anda apakah sangat kuat dan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Jika Anda ingin berkunjung ke sini, Anda bisa memulainya dari Alun-Alun Kota Nganjuk, dan mengarahkan mobil Anda ke Jalan Willis atau Kampung Dalam, lalu berkendara melalui Jalan Kediri Nganjuk. Kemudian ambil Jalan Brebeck, sobat akan masuk ke Jalan Sedo dan Jalan Raya Sedo. Ikuti saja jalannya, sobat akan sampai di pintu masuk Air Terjun Sedodu. Kalau masih bingung bisa pakai GOOGLE MAP ya.

Dulunya, gerbang ini digunakan untuk membeli tiket masuk. Mungkin karena lokasi air terjunnya masih jauh, pihak tour operator akhirnya membangun loket baru di dekat air terjun. Setelah melewati gerbang pertama yang disebut gerbang loket tidak terpakai, Anda masih harus melanjutkan perjalanan.

Jalan yang akan Anda kendarai dipenuhi pepohonan hijau di kanan kirinya, seperti suasana pegunungan. Suasana seperti inilah yang sering saya temukan di tengah hiruk pikuk suasana kota Surabaya. Tidak hanya itu di jalan ini Anda bisa melihat keagungan Gunung Willis dan perbukitan yang pepohonannya sudah menghilang? Terkadang saya bertanya-tanya apakah ada tanah longsor atau banjir, salah siapa? Enaknya jalan-jalan ke Sedodo, sobat bisa mampir ke Wisata Air Terjun Sengochromo, karena tempatnya sama dengan Sedodo, pas sekali jalan dapat dua wisata, heeeeeee.

Mata Dunia: Air Terjun Tiga Tingkat, Air Tejun Ngebeleng Jatikalen Nganjuk

Ketika teman saya melewati pintu konter yang tidak terpakai, dia mencoba melihat ke kanan, ada rumah khas Jawa dan yang asli masih dipertahankan setelah saya bertanya apakah rumah ini adalah rumah Islam di daerah Nganguk, milik sebuah khutbah Terkenal . Tokoh tersebut bernama Kei Ageng Ngaliman.

Jika malam Jumat adalah Ligi (kalender Jawa) banyak orang mengunjungi tempat itu untuk berziarah ke makam dan berdoa bersama. Ada orang yang melakukan khitanan, saya tidak tahu apa yang mereka tanyakan kepada saya, tetapi saya tidak tahu banyak tentang itu semua.

Setelah melalui semua ini, anda sampai di gerbang untuk membeli tiket Wisata Air Terjun Sedodu, tiket masuknya tidak terlalu mahal, anda hanya perlu membayar 10.000 rupee. Dan parkir motor seharga Rp 3.000 untuk parkir mobil seharga Rp 5.000 Setelah semuanya terbayar, sobat bisa menikmati indah dan sejuknya cuaca di sekitar air terjun.

Wisata Air Nganjuk

Jika Anda ingin mendekati air terjun dari tempat parkir, Anda harus menuruni tangga dan naik sedikit. Selama perjalanan anda akan melihat penduduk lokal yang menjual jajanan dan minuman khas, makanan dan jajanan tersebut tidak seperti tempat wisata lainnya dan sangat sulit ditemukan jika anda menginap di kota besar.

Wisata Nganjuk Kampung Halaman Puput Nastiti Devi

Ada rice millet, gatuk, klipon dan chenille. Untuk minuman, tersedia Davit Ice Sundol dan lainnya. Kupikir makanan tradisional seperti ini sudah hilang, tapi masih ada. Jika Anda ingin mengingat tentang memasak atau makan jajanan masa kecil, Anda wajib mengunjungi Air Terjun Sedodu.

Sebelum saya pergi ke pusat air terjun dan mengambil foto, saya makan nasi jagung, sayur orap-orap dan ikan asin dan mencoba minum es davit yang rasanya enak atau perut saya mulai bernyanyi Kirunkong. heeeee

Ketika saya makan nasi jagung, saya berbicara dengan penjaga toko, bertanya tentang mitos dan sebagainya. Kata penjaga toko, air terjun Seduo terlarang bagi mereka yang masih menjadi tamu atau kekasih yang belum menikah.

Jika mereka berdua bertemu di sini hubungan tidak akan bertahan lama atau gagal di tengah jalan. Bagaimana menurut kalian, apakah ada yang membuktikan mitos ini? Silakan tinggalkan cerita Anda di kolom komentar agar pembaca lain dapat mengetahui lebih banyak tentang wisata air terjun ini.

Butuh Nyali Tinggi Untuk Cicipi Dua Surga Tersembunyi Di Belantara Hutan Nganjuk Ini

Dulu, pada masa kerajaan Maphit, air terjun Sidhudu merupakan tempat suci, airnya diyakini murni. Selain disakralkan bagi dinasti Majapahit, air terjun ini merupakan tempat pemandian para dewa. Oleh karena itu, air terjun ini tidak akan pernah kering meskipun di musim kemarau yang panjang. Hingga saat ini, warga sekitar air terjun masih mempercayainya.

Ada upacara tradisional pada setiap 1 Suru (penanggalan Jawa.) atau 1 Muharram. Suasana upacara adat yang dilakukan warga tidak menambah kesan mistis, namun menjadi daya tarik tersendiri di kawasan wisata Air Terjun Sedodo. Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Nganjuk dan merupakan agenda tahunan untuk melakukan ritual upacara.

Tempat ini akan ramai karena banyak warga Nganjuk yang datang ke sini untuk menyaksikan upacara dan mandi bersama di bawah air terjun Gurujo, semoga teman-teman memahami keragaman budaya negeri ini yang begitu banyak dan patut dilindungi. Dan berhenti

Wisata Air Nganjuk

Karena tempat ini masih disakralkan dan digunakan untuk pemandian para dewa, ada beberapa pantangan yang harus kamu patuhi saat berwisata ke wisata air terjun Sedodu. Yang pertama adalah Haram: melarang (Matir) kemaksiatan. Larangan kedua adalah tidak membawa pulang berbagai macam barang yang mungkin Anda temukan. Contohnya termasuk kristal bening, batu permata dan logam mulia.

Air Terjun Sing Kromo Kabupaten Nganjuk

Dibiarkan saja, jangan diambil karena bisa berbahaya di kemudian hari. Pertahankan sopan santun dan etiket saat berbicara dengan teman dan keluarga. Jangan membuang sampah sembarangan di sekitar air terjun, itu tempat pembuangan sampah.

Jadi jangan terlalu bodoh jadi turis dengan membuang sampah sembarangan. Jangan hanya menjadi penikmat keindahan, tapi cobalah menjadi orang yang menghargai keindahan alam. Kurangi sampah plastik perbanyak piknik, salam Lestari.Harga tiket masuk air terjun Sedudo : Rp. 8.000-Rp. 15.000 Jam Buka: 07.00 – 16.00 Nomor Telepon: – Alamat: Jl. Raya Sedudo, Hutan, Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia, 64475

Kawasan Nganjuk di Jawa Timur memiliki magnet wisata yang menarik. Magnetnya adalah Air Terjun Sedudo di Kecamatan Savohan. Landmark wisata Nganjuk yang terkenal ini tidak hanya menjadi destinasi wisata alam yang mempesona, tetapi juga kekayaan alam yang memiliki sejarah panjang.

Kawasan wisata alam ini menawarkan pemandangan pegunungan dengan tembok setinggi 105 meter. Air terjun yang indah dan indah mengalir di dinding. Setahun sekali, air terjun ini juga menjadi tempat melakukan ritual budaya yang diturunkan secara turun temurun.

Tempat Wisata Di Nganjuk Paling Indah Dan Terpopuler

Untuk melihat hal-hal ini, tidak perlu menghabiskan banyak uang. Tiket sudah termasuk asuransi perjalanan.

Air Terjun Cedudo dibuka untuk umum setiap hari. Biasanya tempat ini ramai pada hari Sabtu dan Minggu. Selama bulan Muharram / 1 Surah, wisatawan dapat menyaksikan upacara ritual Parna Parhista atau Sidhudu Hamam.

Air Terjun Sedodu adalah salah satu tempat wisata air terjun paling terkenal dari Nganjuk, Jawa Timur – Foto: Google Maps / awallyanto Putra

Wisata Air Nganjuk

Tak heran jika Air Terjun Sidhu menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Air terjun ini jatuh di sisi timur Gunung Willis dengan ketinggian sekitar 105 meter. Pemandangan pegunungan yang indah di ketinggian 1.438 mdpl menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata dengan iklim yang sejuk.

Tempat Wisata Menarik Selain Sedudo

Selain pemandangan alamnya yang indah, Air Terjun Sedodo juga erat kaitannya dengan unsur sejarah dan budaya. Legenda air yang membuat awet muda tidak berhenti sampai di sini sebagai daya tarik bagi pengunjung. Tak heran jika Air Terjun Sidodo tidak pernah takut dengan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Berada di atas bukit dengan ketinggian 105 meter, posisi jatuhnya air terjun ini berada di dasar lembah. Hanya untuk mencapai danau, pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga. Tenang saja, tangga ini aman karena terbuat dari batu dan dilengkapi dengan safety harness.

Saat menuruni anak tangga, pengunjung bisa melihat pemandangan umum air terjun. Angin dari dataran tinggi akan selalu mendekati tempat itu dengan langkah kaki para wisatawan.

Menuruni banyak anak tangga memang tidak akan terasa melelahkan sambil menikmati pemandangan alam sekitar, namun bersiaplah secara fisik untuk berjalan kembali saat ingin pulang, bukan?

Bhabinkamtbmas Desa Betet Brigadir Agus Widdo Peduli Pada Wahana Wisata Tani

Setelah melalui anak tangga sekitar 200 meter, pengunjung akan sampai di area air terjun. Areanya bersih karena terbuat dari blok vulkanik sehingga tidak ada aliran berbatu atau tanah yang licin seperti di area air terjun alami. Danau dan sungai sudah diberi batas yang jelas agar pengunjung lebih nyaman saat bermain air.

Mengalir dari ketinggian lebih dari 100 meter, Air Terjun Sedodo menampilkan daya tarik alam yang cukup menakjubkan. Air mengalir melalui permukaan dinding batu hitam meskipun debitnya tinggi. Di atas lumut dan dikelilingi hutan liar, pemandangan air terjunnya menyegarkan mata.

Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun dari kejauhan atau merasakan langsung kesejukan airnya. Area bermain air dibatasi oleh pagar dengan jarak aman dari air terjun. Itu adalah seluncuran batu dari atas air terjun. Sejak saat itu, pengunjung dilarang mendekati air

Wisata Air Nganjuk

Wisata di nganjuk, wisata air terjun nganjuk, hotel wisata karya sawahan nganjuk, wisata nganjuk, wisata air terjun sedudo nganjuk, tempat wisata di nganjuk, hotel wisata karya nganjuk, tempat wisata nganjuk, obyek wisata nganjuk, wisata alam di nganjuk, wisata nganjuk terbaru, wisata nganjuk jawa timur

Comments

social bar