Wajib Tahu! Ini Makanan untuk Perkembangan Janin di Trimester Pertama


Makanan untuk perkembangan janin wajib anda ketahui. Apalagi untuk anda yang sedang hamil dan belum mengetahui tentang proses perkembangan janin sepanjang trimester pertama. Perkembangan janin dalam masa tersebut pun sangat dipengaruhi dengan asupan makan dari sang ibu. 

Makan untuk anda wajib merupakan jenis makanan penuh nutrisi baik. Seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, serat mineral hingga vitamin. Karena, jenis makanan yang penuh nutrisi tersebut bukan hanya penting bagi tubuh anda saja, melainkan juga mempengaruhi pertumbuhan janin.

Ini Makanan untuk Perkembangan Janin di Trimester Pertama

Anjuran Makanan untuk Perkembangan Janin

Jadi, dengan mmeprtimbangkan segala asupan yang masuk ke tubuh, maka anda wajib tahu dan mencari informasi penting yang anda perlukan. Jenis makanan apa saja yang wajib anda konsumsi selama masa hamil tiga bulan pertama.

Minggu ke 1-4 (Bulan Pertama)

Dalam menjalani kehamilan bulan pertama ini, khususnya minggu ke-4, telah terjadi perkembangan janin. Perkembangan dari sel-sel (blastocyst) menjadi embrio. Bahkan, saat usia 4 minggu, embrio hanya berukuran sekitar satu titik kecil. Namun, embrio sekecil itu telah memiliki sistem saraf yang nantinya akan membentuk tulang belakang, jaringan saraf hingga perkembangan otak.

Lalu, makanan untuk perkembangan janin yang wajib anda konsumsi adalah asam folat atau folic acid. Nutrisi ini paling ampuh dalam mencegah terjadinya spina bifida (kerusakan atas sistem saraf) yang cukup vital. Anda bisa mengkonsumsi jeruk, asparagus, brokoli, kentang, telur, sayuran, juga kacang-kacangan. Lengkapi pula zat besi serta protein. Oleh karena itu, perbanyak pula makanan jenis daging yang telah dimasak sempurna, serta segala jenis buah.

Minggu ke 5-8 (Bulan Kedua)

Di masa kehamilan bulan kedua ini, maka akn terjadi perkembangan bentuk wajah. Bahkan, beberapa organ luar akan mulai terbentuk, seperti daun telinga, kaki dan tangan. Jari-jemarinya serta mata akan mulai berkembang. Selanjutnya, tulang akan mulai memadat. Bahkan sistem pencernaan juga indera perasa pun sudah mulai berkembang. Kemudian, pada masa bulan kedua kehamilan, bayi akan mencapai ukuran 2,5 cm atau sekitar 9,5 gram.

Maka, nutrisi yang wajib anda konsumsi adalah asam folat yang penting untuk perkembangan saraf. Berikan pula asupan kalsium yang baik sekitar 100 mg setiap harinya. Bukan hanya itu saja, protein juga penting untuk menyuplai darah dan memenuhi asupan otot bayi. Susu dan ikan sangat dianjurkan untuk anda pada kehamilan minggu ke 5-8 ini.

Minggu ke 9-12 (Bulan Ketiga)

Setelah janin mulai memiliki bentuk yang sangat jelas, maka akan mampu membuka serta menutup genggaman tangannya. Bahkan, indera pendengaran dan alat kelamin pun mulai berkembang dengan baik. Meskipun begitu, pada usia ini, alat kelamin bayi belum bisa untuk diketahui.

Lalu, makanan untuk perkembangan janin yang wajib anda konsumsi setiap hari adalah yang kaya akan vitamin C seperti sayuran, jeruk, juga telur. Karena, jenis makanan ini akan mengurangi rasa mual atau muntah yang biasa terjadi di usia kehamilan ini. Lengkapi asupan anda dengan susu, buah segar, air putih, fiber juga antioksidan.

Jangan lupa untuk memberikan asupan energi dengan makanan yang mengandung karbohidrat, seperti roti, nasi, pasta, juga kentang. Namun, pastikan makanan tersebut sudah anda masak sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

Banyak cara untuk anda menjaga dan memelihara janin dalam kandungan agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satunya adalah dengan menghindari asap rokok serta jauhi alkohol. Selain memperhatikan asupan makanan untuk perkembangan janin, anda juga penting untuk tidak mengkonsumsi segala jenis obat-obatan tanpa resep dokter.

Comments