Terbukti Ampuh! Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

5/5 - (1 vote)

Salah satu gangguan kesehatan yang sering kali dialami oleh hampir semua orang adalah adalah sakit gigi. Baik wanita, pria, dewasa, maupun anak-anak, rentan mengalami masalah kesehatan ini. 

Masalah kesehatan gigi ini sangat mengganggu dan menyiksa. Hingga membuat siapa saja yang mengalaminya kesulitan untuk mengonsumsi makanan. 

Masalah kesehatan gigi ini merupakan rasa nyeri yang bisa kita rasakan pada bagian dalam atau sekitaran gigi. Intensitas rasa nyeri yang timbul sangat beragam, mulai dari rasa nyeri yang ringan hingga parah sekalipun. 

Selain itu, rasa nyeri ini juga bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi juga dapat berangsur-angsur dalam waktu yang lama. Bila sudah demikian, obat sakit gigi yang tepat tentunya menjadi solusi utama.

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Ketika gangguan kesehatan gigi ini menyerang, ada berbagai upaya yang dapat kita lakukan sebagai langkah pengobatannya. Tak harus pergi kedokter, ada beberapa bahan alami yang bisa kita gunakan untuk meredakan nyeri tersebut. Simak cara pengobatannya berikut ini.

1. Menggunakan Air Garam

Cara pertama yakni dengan menggunakan garam. Berkumur dengan air garam dapat membantu melepaskan sisa-sisa makanan yang masih menempel antara gigi. 

Sedangkan kandungan garamnya ini dapat menjaga keseimbangan pH dalam mulut. Tak hanya itu saja, berkumur dengan air garam juga menciptakan lingkungan beralkali.

Dengan begitu, bakteri tidak akan mudah berkembangbiak. Pada dasarnya, bakteri yang dapat berkembangbiak ketika saat kondisi lingkungan penuh dengan asam dan lembab.

Ketika mulut kering, maka produksi air liur menjadi lebih sedikit. Padahal, air liur sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam menetralisasi keseimbangan pH dalam mulut.

2. Mengunyah Bawang Putih

Meredakan sakit gigi juga bisa dengan mengunyah bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri tak terkecuali kuman-kuman yang bersarang pada lubang gigi yang biasanya menjadi penyebab masalah gigi.

Selain mengunyah bawang putih secara langsung, kita juga bisa menggunakannya dengan cara lain. Tumbuklah bawang putih sampai halus serta berbentuk pasta. Setelah itu, letakkan pasta bawang putih tersebut pada bagian gigi yang sakit.

3. Menggunakan Cengkeh

Cengkeh juga menjadi salah satu bahan alami yang dapat mengobati sakit gigi. Cengkeh memiliki kandungan senyawa eugenol sekitar 78-95 persen yang dapat menghilangkan rasa sakit atau nyeri secara alami. 

Caranya sangat beragam, kita bisa menggigit batang cengkeh utuh pada area gigi yang sakit selama beberapa saat. Atau, kita juga bisa mencelupkan bola kapas ke dalam minyak cengkeh kemudian kita tempelkan pada gigi yang sakit.

4. Menggunakan Daun Jambu Biji

Jambu biji memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu memberikan perlindungan pada kesehatan gigi dan mulut. Caranya juga tak kalah mudah, kita bisa menggigit atau mengunyah daun jambu biji tersebut secara langsung. Namun, pastikan sebelum mengunyah daun jambu biji tersebut cuci bersih terlebih dahulu.

Kapan Sebaiknya Pergi ke Dokter

Jika dengan menggunakan cara pengobatan secara alami tersebut tetap saja tidak kunjung membaik, kemudian merasakan rasa sakit yang semakin parah, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Dokter akan memberikan metode pengobatan berdasarkan tingkat keparahan atau penyebab sakit gigi tersebut. Misalnya saja, dokter akan melakukan penambalan pada gigi berlubang atau melakukan perawatan saluran gigi jika lubang sudah mencapai pulpa atau mengenai syaraf gigi. Bila diperlukan, dokter juga akan melakukan prosedur cabut gigi, hingga metode pengobatan lainnya.

Comments