free statistics

Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur

Rate this post

Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur – Media Jakarta – Festival Waisak di Candi Borobudur, Magelang tahun ini akan digelar pada Minggu (22/5/2016). Bagi kita yang ingin melihat pawai, termasuk saat ribuan lampion terbang ke langit, sebaiknya pesan hotel secepatnya.

Dari tahun ke tahun, hotel di dekat Bor Bou Duong Temple selalu dipesan pada hari raya Waisak. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Magelang, Edi Susanto.

Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur

Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur

“Setiap tahun hotel dan hostel di Borobudur kelebihan beban,” kata Edi kepada KompasTravel, Jumat (20/5/2016).

Mata Langit Di Magelang Lagi Viral, Ganjar Pranowo Bisa Lihat Enam Gunung Dan Candi Borobudur

Warga desa wisata itu melanjutkan, Edi pun membuka rumahnya untuk menginap beberapa hari menjelang Waisak. Beberapa desa wisata antara lain Candirejo dan Wanurejo.

“Tahun ini kami (Dispadbud Kabupaten Magelang-red) belum mendapat laporan ada hotel di dekat Borobudur, tapi lebih baik booking dari sekarang.

Tidak hanya di Magelang, event Vaisakhi di Borobudur juga mempengaruhi menginap di hotel-hotel di Yogyakarta. Hal itu dikemukakan Presiden Perhimpunan Hotel Republik Indonesia Yogyakarta, Istidjab Danunagoro.

“Wesak memang berdampak tapi tidak separah long weekend. Istidjab untuk KompasTravel mengatakan kamar hotel saat Waisak 80 persen, yang merupakan nomor satu.

Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur Yang Bakal Melengkapi Perjalanan Wisata Anda

Tahun-tahun renovasi Hotel Istidjab di Yogyakarta tidak sepenuhnya dipesan oleh Waisak. Okupansi hotel hampir 100 persen hanya pada long weekend.

Oleh karena itu, di H-2, belum terlambat untuk memesan hotel atau apartemen secepatnya. Kalau Magelang penuh, Yogyakarta bisa jadi pilihan.

“Wesak bukan long weekend, jadi masih ada waktu untuk reservasi. Lebih cepat lebih baik, jadi bisa ke tempat yang diinginkan,” tambah Istidjab. Jawa Tengah dikenal sebagai provinsi 1000 candi karena memiliki ratusan cagar budaya berupa candi yang tersebar di banyak kabupaten/kota di Jawa Tengah. . Tempat wisata di Jawa Tengah yang paling populer dan populer adalah Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. Candi Buddha ini tidak hanya memiliki arsitektur yang indah sehingga menarik untuk dikunjungi, tetapi juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Selama di Magelang, Anda juga bisa menjelajahi candi lain yang berusia ribuan tahun dan tidak jauh dari Borobudur.

Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur

Saat melintasi jalan raya Jogja-Borobudur tepatnya di Jalan Mayor Kusen, Anda akan menemui sebuah candi yang bernama Candi Candhi Mendut. Usia candi Budha ini diperkirakan lebih tua dari candi Borobudur. Prasasti Karang Tengah berangka tahun 824 M menyebutkan bahwa Indra dari dinasti Syailendra membangun sebuah bangunan suci. Arkeolog Belanda J.G. de Casparis, menghubungkan tempat suci dengan candi Mendut. Candi ini memiliki tanah berbentuk persegi panjang berukuran 10 x 10 meter dan tinggi bangunan 13,3 meter. Pada dinding candi terdapat relief dengan cerita berdasarkan ajaran Buddha. Beberapa dekorasi menggunakan figur binatang seperti brahmana dan kepiting, monyet dan dua burung beo.

Wisata Ke Candi Borobudur, Jangan Lupa Berfoto Di Tempat Ini

Candi Dapur terletak hanya 1,75 km dari Candi Borobudur di Desa Brojolanan, Kecamatan Wanurejo, Kabupaten Borobudur. Bangunan ini diperkirakan dibangun pada abad ke 8-9 Masehi untuk menampung abu Raja Indra. Para ahli mengatakan bahwa Dapur adalah pintu gerbang ke Borobudur, tempat orang membersihkan tubuh dan pikiran mereka dari kotoran.

Berbeda dengan pura pada umumnya, Umbul merupakan pemandian air panas peninggalan dinasti Syailendra yang kini menjadi objek wisata di Kabupaten Magelang. Terletak di desa Kartoharjo, kecamatan Grabag, candi Umbul berjarak sekitar 9,6 km dari candi Borobudur ke arah Semarang. Situs Umbul memiliki dua kolam berbentuk persegi panjang dengan ukuran berbeda, dan dinding kolam sebagian besar terbuat dari batu andesit. Mata air panas dari dasar kolam atau ‘mumbul’ (umbul) dalam bahasa Jawa. Umbul bisa menjadi pilihan bagi yang ingin bersantai dengan berendam air panas ala bangsawan di lingkungan desa yang asri.

Bagi yang suka berwisata, kunjungan ke Candi Selogriyo bisa menjadi pilihan. Candi ini terletak di hutan kecamatan Windusari atau sekitar 28 km dari candi Borobudur. Untuk menuju ke sana Anda bisa naik dua kendaraan atau berjalan kaki sekitar 30 menit dari pintu gerbang. Karena berada di tengah hutan, Anda akan dapat melihat pemandangan pegunungan dan sawah yang indah di sepanjang jalan. Jangan lupa mengabadikan keindahannya dengan kamera Anda.

Siapa sangka tak jauh dari jalan raya Yogya-Magelang di Muntilan, ternyata ada sebuah candi kuno dari abad 9-10 Masehi yaitu Candi Ngawen. Kuil ini memiliki sejarah agama Budha dan memiliki 5 candi yang berurutan. Salah satu keistimewaannya adalah terdapat empat arca singa di setiap sudut Candi II dan Candi IV. Pura ini terletak di desa Ngawen, kecamatan Mutilan dan dikelilingi oleh persawahan dan pemukiman penduduk. Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke, terdiri dari enam pulau besar dengan 34 provinsi. tempat wisata Magelang. Namun, banyak yang tidak mengakui Indonesia sebagai negara yang kaya akan destinasi wisata dan lebih memilih terbang ke negara lain untuk berlibur. Tentunya Indonesia bukan hanya Bali dan Lombok, bukan hanya Raja Ampat atau Taman Laut Bunaken. Wisata Magelang juga bisa dicari.

Mulai Hari Ini, Wisata Candi Borobudur Ditutup

Cobalah berkunjung ke Jawa Tengah untuk melihat jelas Magelang, daerah perbatasan antara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak terlalu terdengar karena kota ini tidak sebesar Semarang atau Surakarta. Meski demikian, tempat wisata di Magelang tidak kalah dengan daerah sekitarnya. Ayo jelajahi Magelang dengan mengunjungi 15 tempat wisata ini!

Tempat wisata di Magelang ini merupakan taman hiburan untuk anak-anak dan keluarga. Kyai Langgeng sendiri merupakan seorang pejuang kemerdekaan pada masa pemberontakan dengan Pangeran Diponegoro yang makamnya dapat ditemukan di salah satu areal taman seluas 5 hektar ini. Selain itu, ada banyak fasilitas dan permainan seru yang bisa kamu coba di tempat wisata di Magelang ini. Hutan buatan adalah pemandangan alam paling menakjubkan yang akan menemani Anda dengan setia.

Tidak hanya ekowisata, Anda juga bisa mengajak putra-putri Anda untuk mencoba wahana air, edukasi, petualangan, permainan, dan wisata religi. Namun, Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk beberapa wahana seperti polo air, kolam renang, dan flying fox.

Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur

Berlokasi di Jalan Cempaka No. 6 Kota Magelang, Taman Kyai Langgeng Tidak jauh dari Pusat Perbelanjaan Uang Magelang. Taman ini buka setiap hari hingga pukul 16.30 WIB dengan harga tiket hanya Rp 25.000.

Candi Borobudur Hingga Taman Nasional Ujung Kulon, Ini 5 Destinasi Wisata Di Indonesia Yang Jadi Warisan Dunia

Tempat wisata di Magelang ini berupa gereja yang bentuknya seperti ayam sedang duduk bermahkota. Destinasi tersebut kemudian menjadi populer karena dijadikan latar film legendaris Ada Apa dengan Cinta 2. Tampilan bangunan yang khas menjadi salah satu daya tarik utama gereja ini.

Kuil Ayam memiliki empat tingkat. Di tingkat pertama Anda akan melihat kapel besar yang biasa digunakan sebagai tempat ibadah. Kemudian, hingga satu level, Anda akan melihat leher dan paruh ayam yang mulus di level berikutnya. Di level terakhir, yaitu di bagian atas, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah.

Candi Pitik terletak di Desa Gombong, Desa Magelang, Kabupaten Kembanglimus, 2,5 km dari Candi Borobudur. Jika ingin berkunjung, siapkan tiket seharga 5.000 rupiah saja.

Disebut “Pakunya Tanah Jawa”, Bukit Tidar biasa dijadikan tempat latihan akademi militer setempat. Asal usul nama Tidar tidak sembarangan. Konon pada jaman dahulu siapapun yang berkunjung ke gunung ini pasti akan mati, atau dalam bahasa jawa disebut “Modar”. Ari menyebut Tidar sendiri sudah “mati” atau “modar”.

Beli Tiket Candi Borobudur Harga Promo 2022

Tingginya pohon pinus membuat tempat wisata di Magelang ini tetap segar dan bersih. Berjalan lebih jauh Anda akan melihat salah satu makam keramat yang konon pernah menaklukkan gunung ini, Syekh Subakir. Tak jauh dari makam Syekh Subakir, ada satu lagi makam Kyai Sepanjang: tombak Syekh Subakir, panjangnya mencapai tujuh meter.

Jalan-jalan ke Magelang tidak akan lengkap tanpa jalan-jalan ke salah satu tempat wisata Magelang yang paling terkenal di dunia yaitu Puri Borobudur. Candi ini dibangun pada abad ke-18 M oleh dinasti Syailendra, bertahta sebagai Warisan dan Keajaiban Dunia.

Masuk, Anda akan dikejutkan oleh banyak patung. Konon, ada sekitar 504 arca dalam bangunan bergaya Buddha tersebut. Menaiki tangga di puncak adalah sebuah stupa besar yang dikelilingi oleh 72 stupa kecil dengan arca di dalamnya. Artinya, jika tangan Anda dapat menyentuh sang idola, apa yang Anda inginkan akan terjadi.

Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur

Pura ini menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kembali ratusan tahun memberi kita wawasan tentang bagaimana kisah kerajaan yang ada berjuang untuk mendapatkan kekuasaan. Salah satu candi yang wajib dikunjungi saat ke Magelang adalah Candi Mendut.

Pariwisata Di Borobudur Kini

Berdasarkan catatan yang ditulis arkeolog J.G. de Casparis, Mendut dibangun oleh Dinasti Syailendra pada tahun 824 Masehi. Pada masa Prabu Indra hal itu menjadi jelas. Namun bangunan tersebut sudah hilang saat ditemukan dan dibangun kembali pada tahun 1836 sebelum atapnya ditemukan.

Menurut catatan yang sama, saat itu Raja Indra membangun sebuah bangunan suci bernama Venona yang berarti hutan bambu. Menurut laporan tersebut, Casparis menyimpulkan bahwa latar belakang pembangunan Mendut adalah candi Indra.

Tidak jauh dari Mendut, jangan lupa

Wisata dekat dengan candi borobudur, wisata dekat candi borobudur, wisata yang dekat candi borobudur, tempat wisata sekitar candi borobudur, tempat wisata dekat dengan candi borobudur, deskripsikan tempat wisata candi borobudur, objek wisata dekat candi borobudur, tempat penginapan dekat candi borobudur, tempat wisata di dekat candi borobudur, wisata di dekat candi borobudur, tempat wisata candi borobudur, tempat wisata yang dekat dengan candi borobudur

Comments

social bar