RPP 1 Lembar SMP Terlengkap, Kelas 7, 8, dan 9 Revisi 2020

RPP adalah kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Perangkat ini hendaknya dimiliki oleh setiap guru atau pengajar. RPP 1 lembar SMP merupakan materi sebagai rencana kegiatan belajar mengajar tatap muka, yakni untuk pertemuan satu kali atau lebih.

Ketentuan tersebut terlampir dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 mengenai Standar Proses. Kemudian terdapat tiga hal penting dalam perencanaan tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dari kami hingga tuntas. 

RPP 1 Lembar SMP Revisi 2020

Pada RPP 1 lembar Sekolah Menengah Pertama terdapat materi dan evaluasi pembelajaran. Anda bisa mendownloadnya karena kini telah tersedia. Semua mata pelajaran lengkap dapat Anda unduh, mulai dari kelas VII, kelas VIII, hingga kelas IX. 

Hal-hal penting yang tertera dalam RPP 1 lembar SMP pada kurikulum 2013 revisi 2020 ada tiga hal. Pertama tentang rencana kegiatan pembelajaran. Jadi, proses pembelajaran harus direncanakan dengan baik agar sesuai dengan tujuan pelaksanaan pembelajaran. 

RPP 1 Lembar SMP Terlengkap,  Kelas 7, 8, dan 9 Revisi 2020

Kemudian proses pembelajaran tidak boleh seperti yang terdapat pada pendidikan non formal atau bersifat improvisasi. Misalnya saja seperti komunitas belajar, sanggan, atau yang lainnya. 

Untuk pembelajaran tatap muka pada konteks tatap muka offline maupun online. Ketentuan terakhir, RPP 1 lembar SMP mempunyai sifat fleksibel, artinya tersusun untuk satu kali pertemuan saja. Akan tetapi, bisa pula dalam satu RPP dipakai untuk beberapa kali pertemuan. 

Ketentuan satu kali pertemuan atau lebih berdasarkan kebutuhan guru dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Selain itu, menyesuaikan sarana prasarana, karakteristik peserta didik, ketersediaan media pembelajaran, dan lain sebagainya. 

Komponen Penyusunan RPP

Pendidik wajib menyusun RPP yang berorientasi pada siswa dan mengacu prinsip efektif serta efisien. Komponen penyusunan kerangka pembelajaran terdiri dari beberapa macam. Pertama identitas sekolah, kemudian mata pelajaran, kelas atau semester, materi pokok, serta alokasi waktu sesuai dengan keperluan untuk mencapai kompetensi dasar. 

Kemudian tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi dalam bentuk butir-butir. 

Komponen berikutnya adalah metode pembelajaran, media pembelajaran, dan langkah-langkahnya. Proses pembelajaran dimulai dari tahap pendahuluan, inti, penutup, hingga penilaian terhadap hasil pembelajaran tersebut. 

Namun perlu Anda tahu, edaran tersebut tidak membatalkan rumusan dan sistematika RPP 1 lembar SMP sebelumnya. Melainkan memberikan alternatif terhadap penyederhanaan penyusunan RPP kepada para pengajar. 

Mempersiapkan perencanaan mengajar guna menciptakan, mempertahankan, dan mengembalikan pembelajaran secara maksimal. Perihal inilah terdapat RPP 1 lembar SMP yang mampu memberikan acuan kepada para guru ketika akan menyiapkan perangkat mengajar. 

Terutama dapat membuat RPP berdasarkan arahan dari peraturan terbaru Kemendikbud. Contoh RPP yang tersedia telah dibuat dalam format rencana pelaksanaan pembelajaran yang tersusun rapi. 

Semua guru atau pengajar dapat memiliki dokumen RPP dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya RPP akan memberikan manfaat kepada para pengajar untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran tatap muka di lingkungan sekolah. Mengingat bahan pembelajaran menjadi bagian terpenting dalam memberikan informasi, yakni berupa alat dan teks yang diperlukan pengajar atau guru. 

Pentingnya mempersiapkan perencanaan pembelajaran supaya seluruh muatan sesuai dengan kompetensi dasar dari mata pelajaran dan berdasarkan standar isi. Dengan begitu, mata pelajaran atau tema tertentu dapat terealisasi secara maksimal. 

Itulah sebabnya RPP 1 lembar SMP harus menjadi pegangan guru untuk menunjang keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar. Alhasil, RPP terbaru mengacu pada Silabus k13 dan beberapa acuan sumber belajar lainnya, seperti buku pelajaran dan media cetak yang relevan dengan materi pokok.

Comments