RPP 1 Lembar SMK, Mengenal Pengertian Dan Kegunaannya

RPP 1 Lembar SMK. Kebijakan baru dalam bidang pendidikan seringkali dimaknai bahwa telah terjadi perubahan kurikulum, padahal ini adalah sesuatu yang perlu terjadi. Kebijakan ini diberikan dengan tujuan agar pembelajaran di sekolah menjadi lebih baik dan efektif dan efisien.

RPP 1 Lembar untuk SMK ini sendiri merupakan rancangan pembelajaran yang berisi materi pokok atau tema yang mengacu pada silabus. Biasanya RPP ini akan dibuat secara terperinci dan biasanya merupakan pengembangan dari silabus.

Apa Tujuan Pembuatan RPP 1 Lembar SMK?

RPP 1 Lembar bagi siswa SMK ini dibuat agar kegiatan pembelajaran lebih terarah sebagai upaya untuk mencapai kompetensi dasar. Kebijakan penyusunan RPP ini juga dimaksudkan untuk mengurangi beban guru dalam bidang administrasi.

Penyederhanaan RPP juga memiliki tujuan agar tenaga pendidik lebih fokus dalam mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Oleh sebab itu RPP yang dulunya dibuat dengan berlembar-lembar menjadi 1 lembar ini sudah diringkas dengan memilah intinya saja.

Meskipun aturan penyederhanaan RPP hanya menyebutkan RPP dibuat dalam satu lembar bukan berarti RPP tidak boleh lebih dari satu lembar. Penyederhanaan ini tetap memenuhi 3 prinsip yaitu efisien, efektif, dan harus tetap berorientasi pada peserta didik.

RPP 1 Lembar SMK, Mengenal Pengertian Dan Kegunaannya

Kegunaan RPP 1 Lembar SMK

RPP 1 Lembar bagi SMK ini memiliki kegunaan sebagai pedoman guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Tujuannhya agar kegiatan pembelajaran lebih efektif dan terarah. Kegunaan lain dari RPP adalah untuk mengukur kemampuan para peserta didik.

Selain itu untuk mengetahui apakah model pembelajaran dalam RPP tersebut sudah efektif saat dilakukan oleh guru. Guru juga dapat mengetahui kelemahan dari pembelajaran yang sudah dilakukan.

RPP ini dibuat juga berguna sebagai dasar pengembangan keterampilan bagi para guru sebelum mereka melakukan proses pembelajaran. Karena tentunya guru haruslah memahami berbagai aspek terkait pembelajaran, sehingga sudah seharusnya guru lebih terampil dalam membuat metode pembelajaran.

Karena keterampilan guru akan menentukan bagaimana proses pembelajaran akan berjalan. Sehingga guru harus bisa lebih terampil dalam mengembangkan idenya agar murid lebih mudah memahami proses pembelajaran.

Selain itu RPP juga berguna sebagai persiapan sebelum guru memulai proses pembelajaran, biasanya RPP ini akan dibuat sebelum proses pembelajaran. Dengan ini tentunya guru dapat mempersiapkan rencana yang akan dilakukan selama proses pembelajaran.

Selain itu RPP juga berguna untuk memberikan gambaran kepada guru tentang isi dan bahan ajar yang akan digunakan. Sehingga guru dapat menyiapkan isi materi pembelajaran yang sesuai dengan RPP.

Apa Manfaatnya?

Manfaat RPP 1 Lembar SMK adalah sebagai referensi bagi guru dalam melakukan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran akan lebih sistematis dan terarah. Sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran, selain itu jadwal pembelajaran menjadi bisa lebih terarah.

Tentunya hal ini akan memudahkan guru dan murid, dengan RPP ini dapat juga menyegarkan pengetahuan bagi guru dalam memberikan materi pada muridnya. Selain itu RPP ini juga dapat menjadi pedoman sehingga guru maupun murid akan lebih terarah dalam proses pembelajaran.

Dengan ini tentunya tujuan dari pembelajaran akan tercapai dengan baik, RPP yang dibuat ini juga akan menentukan apakah tujuan akan tercapai dengan baik. Selain itu RPP dibuat juga bermanfaat karena pembelajaran akan lebih tertata.

Dengan RPP 1 lembar SMK ini akan menghemat waktu dan tenaga guru dalam proses pembelajaran, karena biasanya dalam RPP ini akan berisi waktu penyampaian setiap materi. Sehingga guru dapat menyampaikan materi secara tepat dan tersusun, sehingga dalam penyampaian materi tidak akan melebihi waktu atau malah salah waktu.

Comments