free statistics

Potensi Wisata Alam Kebumen

Rate this post

Potensi Wisata Alam Kebumen – Kebumen adalah bupati Jawa Tengah. Bupati ini memiliki sejuta keindahan alam dan panorama yang menakjubkan, serta masih banyak bagian yang tersembunyi, sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang keindahan dan tempat-tempat indah yang ada di Kebumen. Kebumen memiliki banyak tempat wisata yang menarik, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto untuk fotografi modern, pantai yang indah hingga air terjun yang pasti memanjakan mata dan harus segera dijelajahi.

Jika Anda sedang merencanakan liburan di Kebumen, jangan khawatir dengan keindahannya. Bupati ini menawarkan banyak pilihan wisata untuk dikunjungi. Selama ini Kebumen jarang terdengar sebagai tempat liburan yang bagus, namun Kebumen memiliki banyak wisata alam yang indah yang tidak kalah dengan wisata Semarang, Jogja atau kota besar lainnya.

Potensi Wisata Alam Kebumen

Potensi Wisata Alam Kebumen

Nah, agar tidak memakan waktu terlalu lama, langsung saja ke tujuan artikel yang kami buat ini. Artikel ini bertujuan untuk memudahkan menemukan tempat wisata di Kebumen yang paling indah, terkini dan paling direkomendasikan untuk dijelajahi. Berikut sekilas 54 tempat wisata terbaru Kebumen yang harus segera Anda jelajahi. 1. Pantai Menganti

Wisata Alam Jembangan

Alamat : Jl. Fati Martha KM. 0, RT. 2 / RW. 7, Jatijajar, Ayah, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473 19. Taman Kupu-Kupu Alian

Alamat : Jalan Sapta Marga No. 100, Sidayu, Gombong, Sidayu, Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54416 26. Cagar Geologi Karangsambung

Alamat : Jl. Kamu tidak bisa. 11 Desa Adiluhur RT/RW 02/03 Dusun Alasmalang, Adiluhur, Adimulyo, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54363 39. Jemur Adventure Park

Berikut ini adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi jika Anda sedang merencanakan liburan di Kebumen atau sedang berlibur. Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi pembaca kami. Saat berkunjung ke Kebume, selalu jaga lingkungan, jangan buang sampah sembarangan dan hargai kearifan lokal. Semoga liburan Anda di Kebumen pasti menyenangkan dan menyenangkan! KEBUMEN – Wisata Alam Jembangan (JWA) merupakan salah satu kawasan wisata menarik di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Kawasan wisata menarik ini merupakan kawasan yang relatif baru didirikan pada tahun 2011 oleh Bupati Kebumen yang baru terpilih yaitu H.Buyar Winarso, H.E. Kawasan objek wisata JWA menawarkan pemandangan danau hijau di sepanjang hutan hijau yang bagian bawahnya digunakan sebagai bendungan air. Bendungan Pejengkolan merupakan saluran timur dari Waduk Wadaslintang di Kabupaten Kebumen. Ada biaya tiket Rp 3000 dan biaya parkir Rp 2000/motor untuk menuju area JWA di pintu masuk.

Tempat Wisata Di Kebumen Terbaru Yang Lagi Hits 2022

Di dalam kawasan JWA, ada tiga tempat utama yang bisa dinikmati pengunjung: danau hijau yang disandingkan dengan hutan yang masih alami, Waduk Pejengkolan dan Jembatan Gantung.

Anda bisa naik perahu air untuk menjelajahi dan mengagumi hutan hijau subur Danau Gembangan. Sedangkan untuk menuju Jembatan Waduk Pejengkolan dan Jembatan Gantung sepenuhnya gratis. Namun, letak kedua fasilitas ini agak jauh dari kawasan danau utama. Di sebelah kanan pintu masuk terdapat Jembatan Waduk Pejengkolan dan di sebelah kiri pintu masuk terdapat jembatan gantung. Sebenarnya kedua fasilitas ini bisa Anda nikmati tanpa harus repot dengan menaiki perahu motor, namun tentunya lokasinya yang cukup jauh dari dermaga tempat perahu motor berlabuh, sehingga diperlukan biaya tambahan untuk mengunjungi kedua jembatan tersebut. lokasi. itu istirahat Tapi kedua kakinya tidak terlalu menarik. Jembatan Pejengkolan adalah jembatan beton permanen, diaspal dengan panjang sekitar 500m, sedangkan Jembatan Gantung memiliki bangunan beton di kedua ujungnya dan jembatan itu sendiri adalah jembatan semi permanen. Terbuat dari papan kayu gantung.

Kawasan JWA tidak hanya menawarkan panorama danau biru, tetapi juga menawarkan berbagai wisata pembelajaran atau permainan untuk anak-anak, seperti Kebun Binatang Fantasi Gembangan, taman bermain anak-anak, dan perahu air.

Potensi Wisata Alam Kebumen

Kebun Binatang Fantasi Jambang adalah alat pembelajaran hewan untuk anak-anak. Wahana ini menampilkan berbagai satwa yang sengaja didatangkan dari Kabupaten, antara lain aneka burung, gajah, dan kera. Sebagian besar pengunjung yang mengunjungi wahana ini adalah siswa sekolah dasar yang datang secara rombongan bersama guru-gurunya. Tiket masuk wahana ini adalah Rp 5000/orang.

Tempat Wisata Di Kebumen Paling Hits

Taman bermain anak dapat digunakan sebagai peralatan bermain anak pada umumnya seperti perosotan, ayunan, dan peralatan bermain anak. Biaya masuk untuk wahana ini adalah Rp 3000-5000 per orang.

Perahu-perahu air ini menyenangkan bagi pengunjung yang mengelilingi danau-danau luas Gembangang. Jenis perahu ini terdiri dari dua jenis: perahu kecil yang menggunakan tenaga manusia, yaitu yang bersepeda seperti sepeda dan perahu besar berbentuk naga yang menggunakan tenaga mesin untuk pengoperasiannya. Perahu kecil disewakan dengan tarif Rp 15.000 per 30 menit untuk 2 orang. Sedangkan perahu besar disewakan dengan harga Rp 15.000 per orang. Ini adalah perahu unit besar yang dapat dinikmati dalam kelompok.

Kawasan JWA terletak di Kabupaten Kebumen, Kecamatan Poncowarno, Desa Jembangan. Wilayah Poncowarno merupakan wilayah yang terletak di dataran tinggi. Infrastruktur untuk lokasi kawasan wisata ini sangat mendukung. Jalan mulus dengan aspal hitam mengkilat, jalan berkelok-kelok mengikuti medan yang ada. Namun, infrastruktur yang ada tidak didukung oleh sarana transportasi yang baik. Tidak ada angkutan umum untuk mencapai lokasi ini di area JWA. Kawasan JWA hanya dapat diakses dengan kendaraan pribadi, sekitar 20 km dari Kebumen Kota. Artinya, itu adalah tempat dengan aksesibilitas rendah. Hal ini wajar jika pengunjung ke kawasan JWA masih tergolong jarang. Meski publikasi dari dinas pariwisata sendiri gencar dilakukan.

Pelayanan dan fasilitas yang dapat mendukung perkembangan industri pariwisata mudah diakses dan didukung melalui promosi. Aksesibilitas ini berkaitan dengan letak geografis dan aksesibilitas angkutan umum menuju destinasi wisata. Oleh karena itu, pemerintah dan instansi terkait (Dinas Pariwisata) harus menyediakan fasilitas transportasi umum agar kawasan JWA dapat diakses oleh mereka yang tidak memiliki kendaraan. Kawasan JWA juga menjadi icon terbaru Kabupaten Kebumen. Kedepannya, seiring dibukanya kawasan JWA sebagai objek wisata baru, kami berharap dapat memperkenalkan potensi Kabupaten Kebumen kepada masyarakat luas, sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah di bidang pariwisata. (Sumber: bit.ly/1nebhGP)

Wisata Alam Jembangan Kebumen

Rute: Kota Kebumen – Jl. HM Sarbini – Kawedusan (kanan) – Pertigaan Sruni (kiri) – Bojongsari – kiri – Lerepkebumen (kiri) – Poncowarno – Lumbu – Jembangan – JWA (*petunjuk jalan sangat jelas) Destinasi wisata yang sudah tidak ada lagi di Kebumen Ada. Ini kurang populer dan kurang populer dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Tengah seperti Yogyakarta, Solo dan Semarang.

Kabupaten Kebumen memiliki beberapa destinasi wisata bernuansa alam yang cocok bagi Anda yang penat dengan padatnya kota.

Berikut beberapa spot yang wajib dikunjungi untuk ketenangan pikiran yang saat ini menjadi tempat wisata populer di Kebumen!

Potensi Wisata Alam Kebumen

Meski tidak setenar pantai-pantai di Bali, Pantai Menganti sangat layak untuk dikunjungi. Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah.

Objek Wisata Pantai Kebumen Wajib Dikunjungi

Jika Anda ingin bersantai di pantai tetapi tidak ingin terlalu ramai, kunjungi Pantai Wedi Putih.

Keistimewaan Pantai Wedi Putih adalah terumbu karangnya yang sangat besar, sehingga Anda bisa berjalan-jalan.

Kampung garam ini tidak menawarkan wisata edukasi proses produksi garam. Anda juga bisa mengunjungi Detikers sambil berfoto di terowongan garam.

Anda juga akan melihat sungai yang mengalir langsung ke laut dan laguna hijau subur di tengahnya.

Goa Jatijajar Wisata Alam Nan Indah Di Jawa Tengah

Beragam foto Instagram dengan latar belakang bunga matahari bisa kamu ambil di Cancer Flower Garden.

Waduk Sempor tidak hanya menyegarkan tetapi juga dikelilingi oleh pohon pinus dan perbukitan, menjadikannya tujuan wisata yang indah dan tenang.

Meski berbentuk gua, terdapat jalur pejalan kaki yang nyaman, sehingga Anda tidak perlu khawatir menggunakan properti untuk penjelajahan alam.

Potensi Wisata Alam Kebumen

Gua sepanjang 250 meter ini menawarkan pemandangan stalaktit, stalagmit, dan sungai Puser Bumi, Jombor, Mawar, dan Kantil.

Olahraga Di Tawangmangu, Ganjar Ingatkan Potensi Wisata Dan Kelestarian Alam

Saat ini tempat wisata produk hits di atas, Kebumen, sedang berjejer sehingga sangat nyaman untuk dikunjungi saat musim liburan. Siap untuk mencoba? Bukankah selalu ada kekurangan tempat wisata di pulau jawa? Gunung, pantai, kota, dll. Traveler seperti Anda selalu mencari dan menjelajah destinasi wisata menarik yang belum banyak diketahui orang.

Kebumen adalah salah satu permata tersembunyi di Jawa Tengah. Terletak di selatan Pulau Jawa, destinasi wisata Kebumen didominasi oleh pantai. Namun, sekitar 101 kilometer dari Yogyakarta, kawasan ini memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik.

Akses menuju Kebumen juga sangat mudah. Dari Jogja, Kebumen dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2-3 jam melintasi Jalan Raya Wates dari Purworejo dan Kutoarjo. Anda juga bisa naik kereta ‘Joglokerto’ ke Purwokerto atau ‘Wijayakusuma’, yang memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Ada beberapa tempat yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata Kebumen yang tak kalah bagusnya dengan Yogyakarta. Dijamin seru dan layak untuk Instagram.

Keindahan Wahana Wisata Jembangan

Kebumen terletak dekat dengan pantai, sehingga tidak heran jika udara di Kebumen lembab dan panas. Namun, Waduk Sempor yang menawarkan pemandangan indah matahari terbit dan sejuk.

Lokasinya berada di atas bukit dengan ribuan pohon pinus. Waduk ini merupakan bendungan yang menghubungkan Sungai Zatinegara atau Sempor, Sungai Sisingguling dan Samudera Hindia.

Keberadaannya sangat penting untuk mengairi ribuan sawah di bagian barat Kabupaten Kebumen. Waduk Sempor juga akan menempati tempat penting di feed Instagram Anda. Apalagi jika kamu bisa menemukan beberapa tempat keren seperti yang digambarkan di atas.

Potensi Wisata Alam Kebumen

Bukit Tudung, Hud atau Uhud adalah sebuah bukit yang terletak pada ketinggian 150 meter (meter di atas permukaan laut). Anda bisa melakukannya di tempat yang tinggi.

Bikers Hmpc Promosikan Potensi Wisata Kebumen

Destinasi wisata kebumen, wisata di kebumen, potensi wisata alam, wisata alam kebumen, jembangan wisata alam kebumen, wisata kebumen jawa tengah, potensi alam, objek wisata kebumen, potensi wisata alam indonesia, wisata alam di kebumen, potensi kebumen, kebumen wisata

Comments