Penyebab Rambut Rontok Berlebih, Kenali dan Jangan Abaikan

5/5 - (1 vote)

Penyebab rambut rontok berlebihan yang berawal dari terganggunya siklus pertumbuhan rambut, umumnya disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah menderita penyakit sehingga menyebabkan harus mengonsumsi obat tertentu, pola makan yang tidak sehat, dan kondisi pasca melahirkan.

Ketahui 4 Penyebab Umum Rambut Rontok Berlebih

Rambut rontok sering dianggap hal sepele sehingga banyak orang yang mengabaikannya. Hal ini sudah pasti tidak benar. Pasalnya, kerontokan yang terjadi terus menerus bahkan menyebabkan jumlah rambut yang rontok dalam jumlah yang tidak wajar, bisa saja merujuk adanya permasalahan serius yang sedang Anda alami.

Hal ini harus diwaspadai sejak dini. Berikut adalah faktor penyebab kerontokan rambut berlebih yang sebaiknya Anda ketahui agar tidak sampai mengalami kebotakan permanen.

Adanya Perubahan Hormonal

Rambut rontok merupakan hal yang lazim dialami oleh wanita. Terutama saat tiba waktunya menstruasi, masa pubertas, masa kehamilan (meski tidak terjadi pada semua ibu hamil), melahirkan, dan menopause. Penyebabnya tak lain karena adanya perubahan hormonal.

Secara tidak langsung, perubahan hormonal tersebut menyebabkan terjadinya perubahan psikologi pada diri dan  hal inilah yang memicu terjadinya kerontokan berlebih pada rambut. 

Banyak Pikiran

Penyebab rambut rontok berikutnya adalah Anda sedang mengalami stress. Umumnya, stress dipicu oleh keadaan trauma fisik seperti stres berat, kecelakaan, pasca melahirkan, dan hal lain yang membuat rambut rontok. Meski hanya sementara, kerontokan rambut harus segera diatasi.

Kekurangan Vitamin/Asupan Gizi 

Kurangnya asupan gizi dalam tubuh juga menjadi penyebab rambut rontok berlebih. Perbanyaklah mengkonsumsi vitamin B. Selebihnya, mulailah mengatur pola makan Anda dengan menyajikan menu makanan yang kaya akan vitamin B.

Kurang Tidur

Kelelahan akibat kurang tidur juga menjadi faktor penyebab rambut rontok berlebih. Oleh karena itu, mulailah perhatikan jam istirahat tidur Anda.

Untuk orang dewasa dianjurkan tidur selama 7-9 jam untuk memperoleh tidur yang berkualitas. Sedangkan remaja membutuhkan waktu selama 8-10 jam. Selain mengakibatkan rambut rontok, kurang jam tidur juga menjadi penyebab terjadinya masalah kesehatan yang paling umum. 

Menderita Jenis Penyakit Tertentu

Usia yang sudah tidak muda lagi juga menjadi penyebab rambut rontok. Apapun penyebabnya, sebaiknya tidak menyepelekannya.

Terlebih jika penyebabnya karena masalah kesehatan. Berikut adalah jenis-jenis penyakit yang gejala klinisnya ditandai dengan rambut rontok.

  • Lupus. Penderita penyakit ini umumnya mudah mengalami peradangan pada bagian kulit, termasuk kulit kepala. Peradangan inilah yang menjadi penyebab rambut mudah rontok, bahkan dalam jumlah banyak.
  • Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS), yakni merupakan penyakit sebagai akibat terjadinya ketidakseimbangan hormon di ovarium. Perubahan hormon tersebut otomatis akan mempengaruhi bagian tubuh lainnya, termasuk rontoknya rambut.
  • Kerusakan kelenjar tiroid akan mengganggu kinerja hormon yang lain. Tiroid adalah hormon yang berperan mengatur mengatur kadar hormon dalam tubuh. Terganggunya kinerja hormon akan memicu kerontokan rambut. Jika tidak segera mendapat penanganan akan mempengaruhi kondisi kesehatan.
  • Anemia merupakan masalah kesehatan yang muncul akibat kekurangan asupan zat besi dalam tubuh sehingga kadar sel darah merah dan HB ikut menurun. Kondisi tersebut mempengaruhi peran kandungan feritin. Padahal kandungan ini penting untuk membantu pertumbuhan rambut. 
  • Telogen Effluvium (TE) adalah kondisi dimana seseorang mengalami perubahan folikel rambut. Padahal folikel inilah yang membantu pertumbuhan rambut. Jika jumlah folikel berkurang, otomatis jumlah rambut yang tumbuh juga berkurang, sehingga tidak dapat menggantikan rambut yang telah rontok.

Penyebab rambut rontok berlebih sebenarnya dapat dicegah agar tidak terjadi kebotakan permanen. Caranya adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut yang aman dan sudah diformulasikan khusus untuk mencegah kerontokan rambut. Salah satu shampo dan kondisioner yang direkomendasikan adalah TRESemmé Hair Fall Control. Tidak ada salahnya segera beralih menggunakannya. Secara tidak langsung Anda juga telah melakukan perlindungan rambut.

Comments