free statistics

Oleh Oleh Khas Kepri

Rate this post

Oleh Oleh Khas Kepri – Tanjung Pinang, ibu kota provinsi Kepulauan Riau, pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Riau-Lingga.

Ciri khas Tanjung Pinang adalah populer dengan wisata pantai, seperti Pulau Penyengat yang hanya berjarak 3,2 km dari Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Oleh Oleh Khas Kepri

Oleh Oleh Khas Kepri

Selain itu, ada pantai pasir putih Trikora yang hanya berjarak 65 km dari pusat kota.

Makanan Khas Riau Dan Kepulauan Riau Beserta Penjelasannya

Bahkan menonton feri yang lewat bisa menjadi kesenangan bagi wisatawan. Pasalnya, Pelabuhan Tanjung Pinang digunakan sebagai akses domestik ke Pulau Batam dan pulau-pulau lain di Malaysia dan Singapura.

Tempat ini juga terkenal dengan aneka olahan khas Tanjung Pinang seperti seafood dan makanan khas atau jajanan lainnya.

Sebagai negara kepulauan, wisata di sekitar Kepulauan Riau dan Tanjung Pinang identik dengan pantai dan kuliner beraroma seafood.

Jika Anda ingin mencoba Mie Tarempa, Anda bisa mengunjungi Kopitiam Mie Tarempa di DI Panjaitan KM 7, Melayu Kota Piring.

Makanan Khas Kepulauan Riau Yang Wajib Kamu Coba

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama Mie Slime? Mungkin tampak aneh bagi sebagian orang, tetapi mie berlendir ini sangat populer di Tanjung Pinang.

Disebut demikian karena kuahnya kental seperti slime yang terbuat dari kacang tanah, gula merah, dan tepung terigu. Meskipun mie adalah mie kuning dan disajikan dengan sayuran.

Makanan khas Tanjung Pinang ini mirip dengan sesendok nasi kucing yang dibungkus daun pisang dan porsinya tidak terlalu besar.

Oleh Oleh Khas Kepri

Pada saat yang sama, nasi yang diolah mirip dengan Nasa Uduk, tetapi bumbunya terbuat dari santan dan ditambahkan berbagai jenis topping dan sambal.

Jajanan Dapur Safa

Nasi lemak adalah makanan khas melayu yang biasa ditemukan di Tanjung Pinang. Keunikan nasi lemak di Tanjung Pinang sebenarnya karena banyaknya pilihan lauk pauk khas seperti otak-otak dan cumi atau seafood lainnya.

Nasi Lemak, makanan khas Tanjung Pinang, bisa ditemukan di sebuah rumah makan di Jalan KM 21, Bintan.

Kue ini seharga 15.000 dan bisa dibeli di Tarempa Cafe, Jalan DI Panjaitan Batu 9 Ruko Villa Pinlang.

Pastinya Anda sudah tahu tentang jajanan otak bukan? Namun makanan khas Tanjung Pinang ini berbeda dengan kebanyakan otaki.

Oleh Oleh Khas Batam Paling Populer, Enak & Wajib Kamu Bawa Pulang

Meski biasanya berwarna putih keabu-abuan, otak-otak yang biasa ditemukan di pasar Pecinan ini berwarna kuning dan berbau harum rempah-rempah.

Saat Anda berkunjung ke Tanjung Pinang, Anda bisa mencoba salah satu jajanan khas yang bernama luti gendang. Jajanan seperti roti goreng banyak dijumpai di warung makan.

Luti gendang adalah oleh-oleh khas Tanjung Pinang karena bisa dipesan mentah maupun digoreng untuk dibawa pulang.

Oleh Oleh Khas Kepri

Camilan moka gomak khas Tanjung Pinang ini bisa ditemukan di pasar Pecinan dan disebut moka gomak karena dibalut tepung yang kental.

Makanan Khas Riau Nikmat Wajib Di Coba!

Bagian luar tepung gomak ini terbuat dari kacang hijau yang diisi dengan gula merah kelapa parut.

Makanan ini bisa Anda nikmati di Sei Enam Seafood Restaurant, Jalan Usman Harun, Teluk Keriting.

BACA JUGA : Makanan Khas Aceh, Makanan Medan, Makanan Khas Riau, Makanan Khas Padang, Makanan Jambi, Makanan Khas Bangka Belitung atau Gendang

Itulah berbagai kuliner yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Tanjung Pinang. Semoga informasinya selalu bermanfaat, salam sejahtera.

Kuliner Khas Laut Kepri Yang Wajib Kamu Coba, Sedap Bikin Nagih!

Seorang pria yang benar-benar biasa yang suka bernyanyi dan bersantai. Mencoba hal baru, mengubah makanan menjadi tulisan yang bikin penasaran. Selain keindahan alamnya yang memukau, Kepulauan Riau juga memiliki beragam kuliner khas yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Kepulauan Riau.

Jika Anda ingin tahu makanan apa saja yang unik dan enak, berikut 6 masakan khas Kepulauan Riau yang wajib Anda coba.

Sebagai permulaan, ada yang namanya mie berlendir. Disebut mie berlendir karena masakan ini memiliki kuah kental berwarna cokelat yang bentuknya mirip slime. Saus kental ini dibuat dari larutan tepung maizena yang ditambahkan ke dalam saus. Mie berlendir ini memiliki cita rasa yang sangat unik dan berbeda dengan masakan mi khas.

Oleh Oleh Khas Kepri

Slime Mia terbuat dari mie kuning yang berukuran besar dan bertekstur lembut. Selain itu, ada bahan pelengkap lainnya seperti buncis, cincangan daun seledri, telur rebus dan irisan cabai rawit hijau. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti udang dan ayam suwir jika suka.

Oleh Oleh Khas Batam Yang Terkenal Hingga Mancanegara

Setelah semua bahan diletakkan di piring, segera tuangkan saus kental dan cokelat di atasnya. Jangan lupa taburi bawang goreng diatasnya.

Dilihat dari penyajiannya, membuat Anda lapar dan ingin cepat merasakan makanan asin dan enak.

Diikuti dengan saus laksa. Makanan ini wajib dicoba saat berkunjung ke Kepulauan Riau. Saus salmon sangat populer di Kepulauan Riau, khususnya Kepulauan Natuna dan Karimunjawa.

Saus salmon biasanya menggunakan tuna dan ikan teri, yang digiling hingga halus dan kemudian disajikan dengan tambahan mie sagu.

Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang Berdayakan Mak Mak, Produksi Roti Diberi Nama Wan Empok

Tampilan kuah laksenya unik, terutama bentuknya yang mirip bakpao yang teksturnya kenyal sangat berbeda dengan bahan utamanya, sagu. Selain itu, ada lagi kekhasan lainnya yaitu kuahnya yang merupakan campuran santan, bumbu halus dan udang atau tuna yang dihaluskan, serta kuahnya berwarna merah mirip kuah kari.

Yang berencana berkunjung ke Kepulauan Riau wajib mencoba makanan khas yang dijamin awet ini.

Kepulauan Riau merupakan provinsi yang terkenal dengan perairannya yang sangat luas, bahkan lebih dari 95% wilayah Kepulauan Riau adalah perairan laut dan hanya sekitar 5% yang merupakan daratan.

Oleh Oleh Khas Kepri

Hal ini menunjukkan bahwa potensi stok ikan dan hasil laut merupakan potensi terbesar yang dimiliki Kepulauan Riau. Maka tak heran jika banyak sekali masakan khas Kepri dengan bahan utama seafood, termasuk baung asam pedas ini.

Pameran Batik Khas Kepri Sedot Minat 1.500 Pengunjung Hingga Raup Transaksi Rp30 Juta

Ikan baung yang diolah dengan asam pedas merupakan masakan khas Kepulauan Riau yang sangat segar dan nikmat. Hidangan pedas dan asam ini meledak di mulut Anda sejak gigitan pertama, dan saus merahnya memiliki rasa yang segar dan lezat, karena bumbu yang digunakan sangat kuat.

Sagu merupakan salah satu bahan baku yang tumbuh sangat baik dan melimpah di Kepulauan Riau. Maka tak heran jika banyak sekali masakan khas Kepri yang menggunakan sagu sebagai bahan utamanya. Dan salah satu masakan khas yang sangat terkenal dari Kepulauan Riau yang menggunakan sagu sebagai bahan utamanya adalah blansing.

Hidangan ini merupakan makanan sehari-hari yang sangat mudah ditemukan di Kepulauan Riau khususnya di Pulau Lingga karena makanan ini berasal dari Pulau Lingga. Hidangan ini terbuat dari sagu, yang dicampur dengan kelapa muda yang dihancurkan dan dimasak dalam panci sampai matang.

Gubali biasanya disantap dengan kari ikan pari atau ikan hiu. Namun ada juga yang memakannya dengan kuah asam pedas. Either way, makan makanan ini bersama-sama membuatnya semakin lezat, dan makan hanya satu porsi pasti tidak cukup.

Salah Satu Makanan Khas Kepulauan Riau, Berikut Resep Dan Cara Membuat Mi Lendir

Jika Anda berkunjung ke Kepulauan Riau, Anda wajib mencoba salah satu makanan khas yang paling populer yaitu mie tarempa. Dinamakan Mie Tarempa karena makanan ini berasal dari Pulau Tarempa, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau.

Rasa mie tarempa ini berbeda dengan masakan mie lainnya karena mie ini memiliki rasa manis asam yang sedikit pedas di mulut dan rasa pedas ini berasal dari bumbu yang digunakan.

Tapi jangan khawatir karena rasa pedasnya tidak terlalu kuat, jadi yang tidak suka rasa pedas pun bisa menikmati mie tarempa ini. Selain rasanya yang pedas, mie tarempa ini juga memiliki rasa asam, manis dan asin yang sangat cocok dengan tekstur mie yang lebar dan sedikit kenyal. Sausnya juga sangat tipis, meskipun cukup berminyak, tetapi bekerja sangat baik untuk menggabungkan rasa.

Oleh Oleh Khas Kepri

Selain rasanya yang khas, masakan ini juga unik dalam pilihan sausnya. Anda bisa memesan tiga jenis mie tarempa, yaitu mie tarempa yang paling autentik kering, kemudian mie tarempa basah dengan sedikit kuah, dan mie tarempa basah dengan kuah yang banyak. Anda bisa memesan semuanya sesuai selera Anda.

Makanan Khas Kepulauan Riau Yang Sangat Lezat Dan Wajib Dicoba

Setelah beberapa kali makan berat di atas, lebih mantap lagi jika diberi topping gurih dan manis atau snack seperti stik drum ini. Bagi yang belum tahu, makanan ini berasal dari Pulau Tarempa dan kata “Luti” adalah nama Melayu untuk roti tersebut.

Kaki ini memiliki tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam. Luti gendang biasanya memiliki isian berbentuk ikan tongkol yang dicampur dengan bumbu khas Pulau Tarempa. Makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan teman-teman teman minum teh atau kopi di sore hari yang pasti menumpuk.

Bagaimana, semua masakan khas Kepulauan Riau di atas membuat Anda penasaran untuk mencicipinya, bukan? Di Kepulauan Riau, Anda bisa menikmati berbagai makanan khas yang sangat enak dan lezat serta destinasi terbaik.

Pokoknya kalau kamu berkunjung ke Kepri, jangan lupa untuk mencoba semua makanan khas Kepri di atas ya!

Mie Tarempa, Kuliner Khas Kepri Yang Wajib Dicoba

Memasak, menulis, dan berolahraga… Lakukan bagian Anda dan semua yang Anda bisa dan biarkan Tuhan melakukan bagian-Nya dan menyelesaikannya

IDN Times Community adalah media publikasi yang menyediakan platform untuk menulis. Seluruh karya tulis yang telah selesai menjadi tanggung jawab penulis sepenuhnya, masakan khas Provinsi Riau dan Kepulauan Riau ini banyak menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, mengingat kedua provinsi ini memiliki perairan. Makanan khas Riau telah dipengaruhi oleh budaya Melayu, yang terkenal dengan rasa pedas dan penggunaan rempah-rempah. Beberapa contoh masakan khas Riau adalah Es Air Mata Bridal, aneka kari ikan, ikan asap, Mie Slime dan masih banyak lagi.

Bagi yang berencana jalan-jalan ke Riau, berikut ini rekomendasi makanan khas Riau, yaitu:

Oleh Oleh Khas Kepri

Oleh oleh khas bangkok, oleh oleh khas jepang, oleh oleh khas manado, oleh khas bogor, makanan khas melayu kepri, makanan khas kepri, oleh oleh khas medan, oleh oleh khas korea, oleh oleh khas lampung, oleh oleh khas palembang, oleh oleh khas surabaya, oleh oleh khas jepara

Comments

social bar