Mengetahui Pengertian dan Jenis Asuransi Investasi Hingga Keunggulannya

5/5 - (1 vote)

Jenis asuransi investasi terbagi menjadi beberapa bagian. Dari sekian jenis bisa menjadi pilihan Anda yang ingin mulai menjalankan asuransi investasi sesuai kebutuhan. Pengertian asuransi sendiri merupakan sebuah produk keuangan dengan proteksi finansial akan risiko yang terjadi di masa depan.

Sementara menurut pandangan OJK, asuransi adalah perjanjian antara nasabah dengan pihak asuransi demi mendapatkan manfaat pertanggungan sesuai polis yang mereka pilih. Hak dan kewajiban keduanya sudah diatur. Pemegang polis terlindungi atas penggantian kerusakan, kehilangan, hingga kematian.

Inilah Jenis Asuransi Investasi Lengkap Dengan Kelebihannya

Jenis asuransi terbagi menjadi beberapa bagian yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan yaitu:

Asuransi Jiwa

Asuransi ini merupakan suatu layanan yang memproteksi finansial apabila nasabah berperan sebagai tulang punggung atau kepala keluarga mengalami kecelakaan hingga meninggal.

Begitu juga saat tertanggung meninggal dunia, maka ahli waris memperoleh dana santunan. Sebagai dana santunan untuk membiayai kehidupan kedepannya setelah tertanggung meninggal dunia.

Sebelum memilih asuransi jiwa, sebaiknya Anda pahami sistem dan metode yang ditawarkan. Karena ada yang memberlakukan pembayaran setelah kematian, ada juga yang dapat mengklaim sebelum kematian.

Asuransi Pendidikan

Untuk asuransi ini, merupakan produk asuransi dengan jaminan finansial untuk anak-anak sampai lulus perguruan tinggi. Umumnya pada asuransi ini terdapat juga asuransi jiwa untuk pencari nafkah saat meninggal dunia.

Kelebihan dari asuransi ini adalah anak akan tetap mendapatkan akses pendidikan sampai perguruan tinggi. Selanjutnya dana santunan dapat mengcover kehidupan setelah orangtuanya meninggal dunia.

Umumnya jenis asuransi investasi ini terdapat dua yakni unit link dan dwiguna. Asuransi dwiguna merupakan gabungan dari proteksi jiwa dengan instrumen pasar seperti deposito. Asuransi ini akan melindungi biaya pendidikan anak jika sewaktu-waktu orangtua meninggal dunia atau cacat.

Sementara asuransi unit link lebih kepada gabungan asuransi jiwa dengan investasi. Keuntungannya adalah komponen investasi dibagi sesuai jenjang pendidikan anak.

Mengetahui Pengertian dan Jenis Asuransi Investasi Hingga Keunggulannya

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan menangani masalah kesehatan dan melindungi finansial Anda. Jenis asuransi ini menanggung biaya mulai dari perawatan sakit hingga sembuh. Selain itu, asuransi kesehatan ini menanggung orang yang sakit, cacat hingga meninggal.

Jenis polis yang Anda ambil dapat menyelesaikan dengan kemampuan finansial Anda. Mulai dari rawat inap atau hanya rawat jalan saja. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan asuransi kesehatan yang lebih maksimal seperti asuransi gigi, melahirkan, dan penyakit kritis.

Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi investasi ini memberikan jaminan ganti rugi maupun risiko yang akan terjadi di masa depan. Mulai dari rusak ringan hingga berat, rusak karena bencana alam dan hilang karena pencurian. Umumnya untuk premi dibayarkan pertahun. Dengan memiliki asuransi ini, maka mobil Anda memiliki harga yang cukup bersaing.

Asuransi Hari Tua

Produk ini menawarkan perlindungan dan jaminan hari tua saat pemegang polis memasuki masa pensiun dan tidak produktif lagi. Anda yang ingin mendapatkan jaminan di masa tua Anda, maka bisa menggunakan asuransi ini.

Sehingga dengan membeli asuransi tersebut, Anda bisa mempersiapkan sejak dini untuk mempersiapkan hari pensiun Anda dengan tenang sesuai kemampuan finansial.

Asuransi Rumah

Sesuai dengan namanya, asuransi ini memproteksi finansial atas kerusakan rumah atau properti karena bencana alam hingga kebakaran.

Dengan jenis asuransi investasi tersebut, maka Anda akan lebih tenang terlebih jika terjadi pencurian dan kerusakan rumah yang Anda tinggali. Pilihan asuransi untuk investasi tersebut bisa menjadi rekomendasi Anda sesuai kebutuhan yang Anda inginkan.

Comments