free website stats program

Mengetahui Cara Membuat Pasir Kinetik yang Mudah dan Praktis

Mengetahui Cara Membuat Pasir Kinetik yang Mudah dan Praktis

Anak-anak tentunya sangat menyukai hal-hal yang baru, terutama dalam hal permainan. Kita sebagai orang tua hendaknya dapat memberikan mainan yang edukatif. Salah satunya adalah mainan yang berupa pasir lembut yang saat ini semakin hits. Pasir tersebut bernama pasir kinetik atau lebih dikenal dengan pasir ajaib oleh sebagian besar anak-anak. Pasir kinetik saat ini cukup laku keras, banyak sekali toko online yang telah menjualnya. Namun untuk lebih menghemat biaya, pasir kinetik dapat dibuat secara langsung. Lantas bagaimana cara membuat pasir kinetik yang mudah dan praktis?

Mengetahui Cara Membuat Pasir Kinetik yang Mudah dan Praktis

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu pasir kinetik, pasir kinetik adalah pasir yang dapat dibentuk menjadi bermacam-macam benda. Pada umumnya pasir kinetik diberi pewarna yang bervariasi agar tampilannya lebih menarik. Selain itu, pasir kinetik juga diberi pewangi agar anak-anak lebih nyaman pada saat bermain.

Cara Membuat Pasir Kinetik Mudah dan Praktis

Membuat pasir kinetik sendiri dapat dibilang cukup mudah. Biaya yang dibutuhkan pun tidak mahal dibandingkan dengan membeli langsung pasir tersebut di toko yang harganya cukup mahal. Anda dapat membuat pasir kinetik dengan menggunakan bahan yang sederhana. Di bawah ini langkah-langkah dalam membuat pasir kinetik:

Mengetahui Cara Membuat Pasir Kinetik yang Mudah dan Praktis

Sediakan Bahan-Bahan Pembuatan Pasir Kinetik

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pasir kinetik antara lain:

  • 6 cangkir pasir bersih serta halus
  • 3 cangkir tepung maizena atau tepung kanji
  • 1 1/2 cangkir air atau secukupnya
  • glitter

Untuk memperoleh bahan pasirnya, anda dapat membeli pasir dengan tekstur yang lembut atau dapat anda peroleh pada saat berkunjung ke pantai yang bersih.

Campurkan Tepung Kanji /Meizena dengan Air

Langkah kedua adalah dengan menuangkan air yang telah dipersiapkan dalam sebuah wadah ukuran besar. Dalam langkah ini, anda juga dapat menambahkan pewarna makanan cair atau dapat pula menggunakan cat air agar pasir kinetik yang anda buat nampak lebih menarik dan lebih berwarna sehingga anak-anak menjadi lebih bersemangat dalam memainkannya.

Selanjutnya, anda juga dapat mencampurkan ekstrak lemon atau vanili untuk memberikan aroma pasir menjadi lebih harum. Usahakan dalam membuat pasir kinetik ini anda menambahkan pewarna serta pewangi makanan saja. Hal ini bertujuan agar lebih aman untuk anak-anak serta warna dan aromanya menjadi lebih tahan lama. Kemudian setelah pewarna serta pengharum tercampur rata dengan air, maka anda dapat memasukkan tepung kanji ke dalam campuran air dan pewarna tersebut. Aduk secara merata supaya tepung tidak menggumpal kasar pada air.

Penambahan Glitter

Jika anda memerlukan adanya tambahan glitter pada permainan pasir kinetik anak anda, maka anda dapat menambahkannya pada permainan tersebut. Caranya dengan menaburkan glitter secukupnya pada wadah yang berisi larutan tepung kanji tersebut. Selanjutnya, aduk adonan tersebut secara merata supaya glitter tercampur serta tidak menggumpal dalam adonan. Akan tetapi, disarankan untuk tidak menaburkan glitter terlalu banyak, karena hal tersebut dapat mengganggu saat anak bermain dengan pasir kinetik.

Tuangkan Pasir Ke Dalam Wadah

Langkah berikutnya adalah menuangkan pasir ke dalam adonan, lalu aduk kembali secara merata agar semua bahan tercampur serta untuk menghindari terjadinya gumpalan pada adonan. Dalam proses ini, anda tidak perlu menambahkan air agar pasir kinetik yang anda buat tidak terlalu encer. Setelah semua bahan tercampur rata, maka anda dapat mencoba pasir kinetik tersebut terlebih dahulu sebelum dipergunakan oleh anak-anak. Apabila telah memperoleh hasil yang sempurna, maka pasir kinetik dapat diberikan kepada anak-anak.

Setelah mengetahui cara membuat pasir kinetik secara aman dan praktis di atas, maka anda tidak perlu bingung lagi dalam membuatkan jenis permainan yang edukatif dan aman untuk anak anda. Biarkan anak anda berkreasi secara leluasa dengan menggunakan pasir kinetik yang telah anda buat.

Comments

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.