free website stats program

Mencicipi Lezatnya Nasi Lemak Istimewa Khas Riau

Mencicipi Lezatnya Nasi Lemak Istimewa Khas Riau

Hal apakah yang terdapat di benak anda ketika mendengar kata nasi lemak? Nasi lemak merupakan salah satu kuliner khas Asia Tenggara yang sangat populer. Tak hanya dijumpai di Melayu saja, makanan lezat yang satu ini juga menjadi salah satu hidangan khas dari Riau. Mengunjungi Riau tentu tidak akan terasa lengkap jika tidak mencicipi makanan khas yang satu ini.

Rasanya yang gurih dan juga penuh rempah menjadikan nasi lemak diterima di berbagai kalangan dengan mudah. Tidak perlu juga datang jauh-jauh ke Melayu untuk dapat mencicipi lezatnya nasi lemak ini. Anda juga bahkan dapat membuat makanan yang lezat ini di rumah. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya untuk anda.

Sejarah Nama Nasi Lemak

Banyak orang yang menganggap bahwa nasi lemak berasal dari penggunaan santan dalam proses pembuatan nasi gurih yang satu ini. Penambahan santan mampu menghasilkan nasi yang memiliki cita rasa yang gurih dan juga tekstur yang berminyak.

Akan tetapi, ada pula yang meyakini bahwa nasi lemak sendiri merupakan serapan dari kata lamak yang dalam bahasa Padang memiliki arti gurih dan juga berminyak. Jika dilihat secara sekilas, nasi lemak ini memang sangat mirip dengan hidangan nasi uduk. Akan tetapi, kedua hidangan tersebut sangat jauh berbeda.

Menyempurnakan Rasa Nasi Lemak

Penggunaan santan yang kental saja belum cukup untuk dapat menyempurnakan rasa dari nasi lemak ini. Maka dari itu, akan lebih baik jika anda menambahkan kaldu bubuk ketika tengah memasak adonan nasi bersama dengan santan. Kaldu akan membuat cita rasa dari nasi ini menjadi jauh lebih gurih dan siap dipadukan dengan jenis lauk apapun. Takaran kaldu juga harus tepat agar nasi lemak tidak terlalu asin.

Cara Membuat Nasi Lemak

Nasi lemak khas Riau terdiri dari berbagai jenis bahan, seperti pulen, santan kental, daun salam, batang serai, dan juga daun pandan. Cara memasak makanan khas Riau ini sangat mirip dengan cara memasak nasi uduk.

Caranya juga cukup mudah. Beras pulen harus anda cuci kemudian dimasak dengan menggunakan santan yang kental bersamaan dengan daun salam, daun serai, dan juga daun pandan. Adonan beras tersebut harus dimasak hingga menghasilkan tekstur yang benar-benar kering karena menyerap santan dengan baik.

Akan tetapi, jika anda ingin menambahkan rasa yang lebih istimewa, anda dapat memasukkan tumisan dari bawang merah yang telah dibumbui dengan bumbu penyedap rasa ayam ke dalam beras yang telah dicampur dengan santan. Hal ini bisa menciptakan rasa yang jauh lebih gurih. Pemakaian daun pandan sendiri dimaksudkan agar menghadirkan aroma nasi lemak yang berbeda dengan nasi uduk.

Varian Lauk Untuk Melengkapi Sajian Nasi Lemak

Terdapat beberapa varian lauk yang dapat dijadikan sebagai teman pelengkap hidangan nasi lemak. Seperti ikan teri asin yang digoreng renyah, kacang goreng, ayam rendang, irisan telur rebus, sambal terasi goreng, dan juga irisan timun yang segar.

Akan tetapi, selain penggunaan beberapa lauk tersebut, nasi lemak juga dapat anda padukan dengan berbagai jenis varian lauk lainnya, seperti dengan irisan telur dadar, sambal cumi, sambal goreng kentang, ayam gulai, ataupun sate ayam.

Paduan lauk untuk nasi lemak bebas disesuaikan dengan selera anda. Menyantap nasi lemak yang hangat tentu akan jauh lebih nikmat. Anda juga tidak perlu membeli nasi lemak jika sedang ingin menikmatinya.

Comments

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.