free statistics

Manfaat Daun Gaharu Untuk Diabetes

Rate this post

Manfaat Daun Gaharu Untuk Diabetes – Ahmad Suppard sambil mengumpulkan pucuk daun agar-agar untuk diolah daun pohon agar-agar menjadi minuman teh herbal. (/Gresi Plasmanto)

Jambi – Deretan pohon gaharu dengan ketinggian berbeda tumbuh berdampingan dengan pohon palem di halaman rumah Ahmad Supard, 63, di Desa Olak Kemang, Kecamatan Muara Tabir, Tebo, Jambi.

Manfaat Daun Gaharu Untuk Diabetes

Manfaat Daun Gaharu Untuk Diabetes

Baru beberapa langkah, Pak de Pardee – begitu Ahmad Supardy (63) sering disapa – berhenti di antara pohon gaharu dan pohon palem. Ia juga menunjukkan kekhasan pohon agar-agar, yang ia tanam dengan metode campuran.

Jual Daun Gaharu Harga Terbaik & Termurah November 2022

Gaharu, sering disebut tanaman “dewa”, adalah pohon yang keras kepala dan aneh. Meski kulitnya digoyang-goyang, batang gaharu tetap bisa tumbuh. Bahkan tunas tumbuh dari batang.

Pohon gaharu di belakang rumah Suppard tumbuh hingga tiga meter di atas pohon palem. Dia membutuhkan bantuan tangga untuk mencapai dedaunan.

“Kami ke sana mencari pohon rendah untuk memudahkan kami memetik daunnya,” kata Supardi, petani pedesaan di Tebo, Jambi, saat diundang menanam pucuk gaharu Agustus lalu.

Bersama istrinya, memotong pucuk daun agar-agar menjadi rutinitasnya setiap pagi. Meski usianya sudah tidak muda lagi, ia sudah sangat peka dalam memilih pucuk daun mana yang layak dipotong.

Manfaat Daun Sirih Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Daun gaharu yang akan dibuat teh harus berwarna hijau standar dan terang. Daun gaharu muda ditempatkan dalam keranjang.

Kemudian mereka mengolah pucuk daun gaharu yang sudah disobek. Ada beberapa proses yang harus dilalui untuk membuat minuman herbal dari daun tumbuhan dengan nama ilmiah tersebut

Kita harus memotong daun pertama yang robek. Setelah proses pemotongan dan pengeringan. Tahap pengeringan ini adalah yang paling penting. Menurut Suppard, daun teh gaharu membutuhkan waktu 3 hari untuk mengering, tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Manfaat Daun Gaharu Untuk Diabetes

Setelah proses pengeringan selesai, daun lidah buaya yang sudah dipotong-potong dipindahkan ke proses pemanggangan atau roasting. “Semua pengolahan masih dilakukan secara manual,” kata Supardi.

Manfaat Daun Sirsak Yang Sudah Direbus Untuk Kesehatan

Proses terakhir adalah pengemasan dengan komposisi daun agar-agar 100 persen. Menurut Suppard, satu kilogram daun gaharu basah mengandung 240 gram setelah pengolahan teh.

Pengolahan teh agar Supard bisa dikatakan satu-satunya di Provinsi Jambi. Sejak tahun 2015, pengolahan daun agar-agar untuk teh sudah dimulai, hingga saat ini sudah berdiri di perkebunan.

Supardi menyela pembicaraan tentang perlakuan Gaharu sebagai lelucon. Menurutnya, ketika pengembangan teh daun agar-agar dimulai, cukup dengan mengeluarkan modal 4 juta. Menurut dia, modalnya tidak dalam rupiah.

“Tapi 4M itu otodidak, yaitu melihat, mengamati, mengeksplorasi dan mencipta,” kata Supardi dengan logat Jawa yang diikuti tawa.

Jual Teh Gaharu Royal Rose Flower

Ahmad Supard mengeringkan pucuk daun gaharu yang dipotong dan digunakan sebagai minuman herbal teh gaharu. (/Gresi Plasmanto)

Baru-baru ini, video tiga wanita menghancurkan kebun teh untuk konten menjadi viral. Mereka tampaknya sengaja jatuh ke ruang kebun teh.

* Fakta atau lelucon? Untuk memverifikasi keakuratan informasi yang dibagikan, hubungi WhatsApp Fact Check di 0811 9787 670 cukup dengan memasukkan kata kunci yang diperlukan.

Manfaat Daun Gaharu Untuk Diabetes

Sebagian teh gaharu dibuat dari industri rumahan milik Ahmad Supard dari Desa Olak Kemang, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, Jambi. (/Gresi Plasmanto)

Promo Bibit Tanaman Herbal Insulin / Sipahit

Aroma khas teh daun gaharu menyeruak saat Suppard menyajikan minuman herbal teh gaharu dalam teko. Aromanya pasti berbeda dengan teh pada umumnya.

Saat ini teh gaharu yang dikembangkan dari industri rumahan Suppard terbatas pada cara penyajian teh rebus saja. Teh daun gaharu pertama-tama diseduh dalam air mendidih, yang kemudian disaring dan disajikan dalam teko atau gelas.

“Selama ini kami hanya bisa menyiapkan presentasi, sekarang kami bekerja sama dengan Walhi Jambi untuk membuat teh celup dari teh gaharu ini,” kata Supardi.

Teh gaharu yang diolah dari Suppard Cottage Industry sangat diminati. Bahkan, ada pembeli yang datang dari luar daerah Tebo seperti Bungo dan Kota Jambi. 10.000 rupiah untuk satu bungkus teh gaharu 12 gram.

Buah Melinjo Bikin Asam Urat, Tapi Daunnya Ternyata Kaya Manfaat

Menurut Suppard, teh herbal daun gaharu dipercaya memiliki berbagai khasiat dan manfaat. Selain sifat aromaterapinya, teh daun gaharu memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi tubuh dan menghilangkan stres atau ketegangan.

Suppard saat ini masih berusaha mendaftarkan izin produknya ke pemerintah, termasuk izin PIRT dan sertifikat halal LPPOM. Ia dibantu Jambi dari Wahana Perlindungan Lingkungan Hidup (Walhi) Indonesia baik dalam pengemasan maupun pengurusan izin.

Ia meyakini, produk olahan teh agar dapat meningkatkan potensi desa Olak Kemang di masa depan. Untuk mengetahui keberadaan desa tersebut dan dikenal sebagai sentra produk teh Agar. Saat ini sudah terjual ratusan bungkus teh gaharu.

Manfaat Daun Gaharu Untuk Diabetes

Selain itu, teh agar, menurut dia, merupakan alternatif sumber ekonomi masyarakat pedesaan. Menurut Supard, potensi pohon agar-agar di Desa Olak Kemang sangat besar. Hampir semua rumah tangga di desa menanam gaharu dalam sistem tanam dengan pohon kelapa sawit dan karet.

Gula Darah Tinggi Dapat Turunkan Dengan Bahan Alami Ini Karena Bantu Penyerapan Gula, Kata Dr. Saddam Ismail

Pengolahan teh gaharu di Kabupaten Tebo, Jambi merupakan bagian dari Wilayah Pengelolaan Rakyat (WKR) untuk konsumsi dan sistem produksi binaan Walhi Jambi.

Dalam program pelatihan tersebut, Rizka Alfian, Manajer Divisi Pemberdayaan Jaringan dan TI Valhi Jambi mengatakan, program WKR merupakan salah satu cara untuk menjadikan produk ramah lingkungan sebagai alternatif yang potensial dan hemat biaya.

“Walhi mendorong agar produk ini lebih diterima pasar, salah satunya membantu Pak Supard dan warga lainnya untuk mengemas produk teh gaharu ini sesuai selera pasar,” ujarnya.

Di desa ini, Walhi juga membantu Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi Jaya mencari alternatif ekonomi baru bagi kelompok wanita. Saat ini KWT beranggotakan 30 orang perempuan, saat ini mengembangkan produk pertanian.

Melissa Oil / Minyak Melissa

Sementara itu, Ketua Asosiasi Gaharu Indonesia (Asgarin) Jambi Abdul Khodir mengatakan gaharu memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Semua bagian pohon gaharu bisa dimanfaatkan, mulai dari getah atau getahnya, gaharu memiliki khasiat dan manfaat tersendiri.

Namun, menurut Abdul Chaudhry, pemerintah belum menerjemahkan potensi agarh di Jambi. Gaharu masih dianggap bermata satu, padahal bisa memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika dikelola dengan baik.

Saat ini, sekitar 50 persen perdagangan Gaharu masih menggunakan jalur pasar ekspor ilegal, katanya. Gaharu diangkut dalam potongan yang berbeda ke Jakarta dalam wadah besar, yang kemudian diekspor ke berbagai negara.

Manfaat Daun Gaharu Untuk Diabetes

Situasi ini harus menarik perhatian pemerintah, karena kemungkinan menerima rumah pertanian masih terbuka. Gaharu memiliki rendemen yang tinggi, batangnya juga dapat diolah menjadi kerajinan.

Jual Teh Daun Gaharu Terbaru

“Dan juga di Jambi sudah ada yang membudidayakannya sebagai teh daun gaharu, peluang ini harus diterjemahkan oleh pemerintah, misalnya dengan akses permodalan, perizinan dan pemasaran bisa ikut campur,” kata Abdul Khodir.

Manfaat teh daun gaharu untuk kesehatan, manfaat daun afrika untuk diabetes, manfaat daun kopi untuk diabetes, manfaat daun kelor untuk diabetes melitus, manfaat rebusan daun kersen untuk diabetes, manfaat daun kelor untuk diabetes, manfaat daun kencana ungu untuk diabetes, manfaat daun mindi untuk diabetes, manfaat daun kersen untuk diabetes, manfaat daun mangga untuk diabetes, manfaat daun tin untuk diabetes, manfaat daun gaharu untuk kesehatan

Comments

social bar