free website stats program

Makanan Sehat untuk Jantung Kita yang Mudah Ditemukan, Wajib Coba!

Makanan Sehat untuk Jantung Kita yang Mudah Ditemukan, Wajib Coba!

Makanan sehat untuk jantung kita harus diketahui dengan baik. Hal ini dikarenakan jika menjaga kesehatan menjadi salah satu keharusan agar selalu bisa menjalankan aktivitas dengan lancar. Salah satu yang juga penting adalah kesehatan jantung.

Jantung menjadi organ vital yang menopang semua aktivitas peredaran darah serta berperan dalam mengatur kinerja tubuh. Jika jantung kita bermasalah, tentu akan terjadi masalah juga dengan semua organ dalam tubuh kita.

Makanan Sehat untuk Jantung Kita

Salah satu cara menjalankan pola hidup yang sehat tentunya dengan konsumsi makanan yang sehat dan juga baik untuk jantung kita setiap harinya.

Jika berbicara tentang makanan untuk jantung, pasti kita akan berbicara tentang fitonutrien. Senyawa fitonutrien merupakan senyawa alami yang terkandung dalam jenis-jenis sayuran serta buah-buahan.

Senyawa ini juga berperan aktif dalam menyehatkan organ jantung serta membantunya dalam untuk melakukan pekerjaan yang maksimal. Dengan demikian, fitonutrien bisa mendukung kinerja jantung agar dapat berbicara dengan cara yang benar.

Kemudian, anda dapat dengan mudah memperoleh kandungan senyawa fitonutrien tersebut dari beberapa jenis makanan. Adapun jenis-jenis makanan sehat untuk jantung kita adalah sebagai berikut:

Biji-Bijian Utuh

Jenis makanan yang pertama mengandung senyawa fitonutrien adalah biji-bijian. Untuk biji-bijian yang utuh misalkan beras merah, gandum, serta jagung sebagai sumber karbohidrat bisa menurunkan resiko dari serangan jantung, obesitas, serta diabetes.

Hal tersebut dikarenakan jika bahan makanan ini mempunyai kandungan serat, protein, antioksidan, vitamin B, serta mineral, seperti zinc, zat besi, dan juga magnesium.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan juga mengandung fitonutrien yang baik untuk kesehatan jantung. Jenis sumber makanan ini pun kaya akan serta dan air. Sehingga menjadikan anda cepat merasa kenyang.

Dengan begitu, akan membantu dalam mengatur kadar konsumsi kalori yang berlebihan. Selain itu, makanan sehat untuk jantung kita ini juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah rusaknya sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Bawang Putih

Bawang putih dapat membantu dalam mengatur tekanan darah supaya tidak menjadi terlalu tinggi. Dengan hal tersebut, anda perlu mengkonsumsinya agar darah selalu berada dalam tekanan yang stabil. Selain itu, anda juga perlu menjaga asupan garam, karena akan justru akan menaikkan tekanan darah.

Teh Hijau

Jika anda rajin mengkonsumsi teh hijau setiap hari, dipercaya akan menurunkan resiko serangan penyakit jantung dan juga stroke. Akan tetapi, konsumsi teh hijau ini tidak dianjurkan untuk kadar yang berlebihan karena dapat menimbulkan penyakit batu ginjal.

Imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup agar tubuh dapat terjaga kesehatannya tanpa resiko dehidrasi dan juga organ kemih tetap terjaga.

Apel

Makanan sehat untuk jantung kita selanjutnya adalah apel. Buah apel dipercaya dapat mengurangi kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Kemudian, apel juga dapat membantu dalam mengatur gula darah sehingga secara tidak langsung akan berpengaruh pada kesehatan jantung anda.

Buah ini juga mengandung fitonutrien dan epicatechin. Epicatechin adalah senyawa antioksidan yang bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Buah Beri

Jenis-jenis buah beri seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan juga raspberry dapat anda manfaatkan untuk camilan tiap hari yang juga dapat menjaga kesehatan jantung.

Hal tersebut dikarenakan jika buah-buahan tersebut mengandung serat tinggi serta antioksidan yang mampu menurunkan resiko serangan penyakit jantung.

Anggur

Buah anggur bisa menurunkan resiko penyakit hipertensi dan juga penyakit jantung. Karena, buah ini memiliki kandungan flavonoid dan juga serat yang baik dalam memelihara kesehatan jantung.

Itulah berbagai jenis sumber makanan sehat untuk jantung kita. Namun, perlu kita ketahui jika mengkonsumsi berbagai makanan di atas bukan sebagai jaminan kita dapat terbebas dari serangan penyakit jantung. Tetap jalani pola hidup yang sehat, dengan cara konsumsi jenis makanan sehat disertai aktivitas olahraga yang rutin dan juga pola mengelola stres. Dengan begitu, kita akan terhindar dari resiko penyakit mematikan tersebut.

Comments

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.