free statistics

Makanan Khas Jogja Selain Gudeg

Rate this post

Makanan Khas Jogja Selain Gudeg – Daerah Istimewa Yogyakarta masih menjadi tujuan wisata populer bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Provinsi Yogyakarta yang kaya budaya menawarkan ragam wisata hampir di setiap sudut kota dan kabupaten. Mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam seperti pantai dan pegunungan hingga seni kuliner.

Jika berbicara tentang kuliner Yogyakarta, orang pasti akan menyebut Garam sebagai makanan khas Yogyakarta. Makanan Jogja tidak hanya panas dan dipanggang, lho. Yogyakarta memiliki berbagai macam masakan khas yang merupakan bagian dari provinsi Yogyakarta.

Makanan Khas Jogja Selain Gudeg

Makanan Khas Jogja Selain Gudeg

Anda pernah mendengar tentang Pantai Paringtrites kan? Pantai legendaris ini terletak di Kabupaten Bintul, sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Makanan khas Bantol yang wajib dicoba adalah Mie Lethek. Wow, nama yang unik!

Wisata Kuliner Di Jogja Yang Legendaris Dan Murah

Lithek berarti “kotor” atau “buruk” dalam bahasa Jawa. Disebut demikian karena minya berwarna coklat sehingga terlihat membosankan. Meski namanya tidak terlalu mengesankan, Mie Lethek rasanya enak!

Pasta ini selain menyehatkan juga menyehatkan karena diolah dengan cara tradisional dan tanpa bahan pengawet sehingga warnanya menjadi kecokelatan. Jika mie ini menjadi favorit mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, maka tidak ada salahnya. Jadi, Obama sudah mencoba Lithic Noodles, apakah Anda sudah memasaknya?

Anda akan terkejut ketika mendengar nama makanan “jangkrik goreng” atau “belalang goreng”. Meski kelihatannya ekstrim, makanan ini benar-benar ada lho. Jangkrik dan belalang goreng merupakan jajanan khas Gunung Kidol yang populer. Rasanya yang enak dan renyah membuat jajanan ini sangat populer di kalangan wisatawan.

Jangkrik dan belalang goreng ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bergizi dan sehat untuk dikonsumsi. Jangkrik dan belalang goreng mengandung lebih banyak protein daripada daging sapi, ayam, atau udang. Penjual makanan unik ini bisa kita jumpai di sepanjang jalan menuju kawasan Gunung Kadol.

Makanan Khas Jogja Yang Terkenal Akan Kelezatannya

Jadi jika Anda sedang berwisata ke kawasan Gunung Kadol, mampirlah sejenak untuk membeli dan mencicipi makanan ini!

Masih dari Bintul, kuliner khas lain yang tak boleh dilewatkan adalah pike pike. Paek, atau rempeyek, telah menjadi makanan ringan yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi paket susun ini beda dari yang lain lho! Perbedaan yang paling kentara adalah bentuk proyeknya.

Jika biasanya retakan kacangnya rata, retakan kacangnya akan menggumpal, dan kacangnya akan menempel tidak beraturan. Dengan satu gigitan, tombak yang ditumpuk ini menjadi sangat renyah di mulut Anda. Proses pembuatannya masih tradisional dengan resep turun temurun yaitu Mbok Tumpuk yang juga menjadi nama kuliner proyek tersebut.

Makanan Khas Jogja Selain Gudeg

Oh iya, untuk mendapatkan bahan pokok pike yang asli hanya ada toko oleh-oleh Mbok Tumpuk di Bintul. Bersiaplah untuk mengantri untuk membeli PeakStacks.

Makanan Khas Jogja Yang Wajib Dinikmati

Wah, makanan apa itu lagi? Bagi para wisatawan masih jarang mendengar nama keramat Jada Temp. Tempe Jeddah merupakan dua jenis makanan yang berbeda, namun jika disantap bersamaan, sensasi rasa manis dan gurihnya menyatu menjadi satu. Ini benar-benar enak!

Jada adalah ketan buatan sendiri yang dibentuk menjadi kotak-kotak seperti balok. Makanan ini bisa berwarna putih atau coklat. Jada biasanya dimakan sendiri. Tapi orang Jogja selalu punya caranya sendiri untuk membuat makanan biasa jadi luar biasa.

Di Jogja, jada kemudian dicampur dengan tempe yang dimasak dalam besam. Jenis makanan disusun seperti burger atau sandwich kemudian dimakan bersama. Jaminan pengumpulan DH dijamin!

Selain makanan, minumannya juga wajib! Jogja memiliki kuliner minuman yang banyak dijumpai di kawasan Klauring atau sekitar kaki Gunung Merapi yaitu Wedang Gedang. Wedang gedang berarti “minuman pisang” dalam bahasa Indonesia. Sepintas terlihat seperti kolak, bedanya santan tidak digunakan dalam minuman ini.

Ternyata Kuliner Khas Jogja Ini Punya Banyak Keunikan Ya, Kuliner Apakah Itu? Yuk Simak

Seperti namanya, minuman ini terdiri dari potongan buah pisang yang dicampur air dengan campuran kayu manis, gula aren, daun pandan, dan jahe. Nikmat banget diminum sambil menghangatkan badan di tengah cuaca Clavering yang dingin.

Sekarang Anda tahu bahwa Jogja bukan hanya tentang panas dan bakpea. Provinsi Yogyakarta memiliki banyak kuliner lain untuk dijelajahi. Pasalnya, kekayaan Yogyakarta sendiri seolah tak ada habisnya.

Jadi saat berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mencoba kuliner-kuliner di atas dan membagikannya secara online agar lebih banyak orang yang tahu tentang kuliner khas Yogyakarta lainnya!

Makanan Khas Jogja Selain Gudeg

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Berbicara tentang liburan, Yogyakarta memiliki banyak sekali daftar tempat wisata yang tidak akan cukup jika Anda hanya berlibur satu atau dua hari.

Kurang Lengkap Rasanya Kalau Kamu Ke Jogja Belum Nyicip Makanan Khas Bantul Ini!

Kota ini menawarkan banyak kesempatan untuk waktu luang Anda di antara kesibukan kerja. Selain itu, Jogja juga menawarkan wisata kuliner yang akan melengkapi liburan Anda. Tentu akan lebih banyak waktu liburan bersamanya.

Salah satu makanan yang identik dengan jogja adalah godeg. Godeg benar-benar mengakar di kota tersebut hingga muncul nama kota Godeg untuk Yogyakarta. Namun jika dilihat lebih jauh, Pak Jogja tidak semuanya hot.

Pada kesempatan kali ini, selain Gedeg, setidaknya ada 3 makanan khas Yogyakarta yang wajib kita coba terutama saat liburan.

Nama Jogja saja sudah tidak diragukan lagi, mungkin makanan ini hanya bisa ditemukan di kota pelajar. Apakah Anda siap untuk memeriksanya? Dijamin Anda pasti ingin segera menikmatinya.

Makanan Khas Jogja, Manis Lezat Menggiurkan

Yang pertama adalah Bakpiya Pathok. Apa itu buckpia? Bakpiya adalah sejenis roti pendek yang dipanggang dengan bahan makanan yang rasanya seperti itu. Isian mung dal adalah salah satu isian bakpiya yang paling populer. Seiring waktu, konten Backpia akan semakin beragam.

Anda bisa mendapatkan bakpea yang diisi dengan cokelat dan keju. Selain isi atau rasanya, bakpea juga banyak dijumpai di banyak tempat di Jogja. Jadi Anda tidak perlu mencarinya. Uniknya, di Jogja ada satu daerah atau kawasan yang khusus membuat bakpea. Nama daerah ini adalah Pathok.

Dari situlah nama Bakpiya Pathok menjadi terkenal. Pathok dikatakan sebagai tempat kelahiran hidangan khas Yogyakarta ini. Jadi jika anda mampir ke jogja, sayang sekali jika belum mencoba makanan yang sudah menjadi ciri khas jogja ini.

Makanan Khas Jogja Selain Gudeg

Sate ini sempat memuncak beberapa tahun lalu dan tetap menjadi cikal bakal ciri khas Yogyakarta.

Berburu Dessert Tradisional Jogja Yang Legendaris

Kondisi ini disebut kondisi calathic. Sate ini hampir tidak ada bedanya dengan sate biasa. Daging yang dibakar adalah anak kambing.

Kemalasan sama seperti penyakit lainnya. Satu-satunya hal yang membuatnya berbeda adalah jari-jari sepeda. Bagaimana jari-jari ini berhubungan dengan jari-jari sepeda? Ya, Sate Kalthak tidak menggunakan kayu atau bambu sebagai tusuk dagingnya, melainkan batangan sepeda yang terbuat dari besi.

Saat daging selesai dipanggang, sate juga akan terasa berbeda, artinya dagingnya merata. Ini adalah efek dari panas yang dihasilkan oleh tusukan di dalam daging.

Sat Kalthak semakin populer setelah ia tampil dalam sebuah adegan di film Aada Aap Dangan Sinta 2. Ranga dan Cinta sudah menikmatinya, kapan giliranmu?

Gudeg Jogja Enak Dengan Rasa Lezat Dan Otentik

Tinggalkan Rangga dan Sinta, mari beralih ke ciri khas Yogyakarta kecuali gadig yang terakhir. Uniknya, masakan ini bukan asli Jogja dan justru lebih identik dengan Belgia dan Swiss. Makanan ini adalah coklat mongo.

Cokelat Mungo yang dibuat di daerah Kotagude perlahan mulai populer sebagai salah satu oleh-oleh khas Jogja. Cokelat ini memiliki banyak varian rasa mulai dari rasa asli, almond, susu hingga rasa yang unik yaitu pedas.

Kabar baiknya, jika Anda tidak bisa ke Pusat Produksi, makanan ini kini bisa Anda temukan hampir di setiap lokasi di Jogja. Manakah dari ketiganya yang akan Anda coba terlebih dahulu?

Makanan Khas Jogja Selain Gudeg

Nah guys, itu saja yang bisa kami sampaikan tentang kuliner khas Yogyakarta. Semoga bermanfaat dan membangkitkan minat Anda untuk kembali ke Yogyakarta. Jika Gudeg selalu menjadi tujuan kuliner yang populer, Anda mungkin belum cukup memainkannya ~ sebelum kuota liburan Anda habis, atau bagi Anda yang baru saja berlibur di Jogja. Mari kita lihat beberapa tempat unik di Jogja. Ide kuliner di bawah ini!

Bikin Ngiler! 5 Makanan Khas Surabaya Yang Harus Kamu Coba

Seperti kata katak. Padahal sate ini menggunakan daging kambing muda dengan bumbu sederhana. Sate kambing biasanya dimasak dengan kecap manis atau bumbu kacang, khusus untuk sate kambing, hanya dibumbui dengan garam. Pelengkap sate kalatak adalah semangkuk nasi putih panas dan kuah kari.

Keunikan sate ini dibanding sate lainnya adalah penggunaan jari-jari cakra sebagai tusuk sate. Upaya ini bagus untuk mengurangi penggunaan jarum sekali pakai, kata salah satu pedagang. Selain itu, bahan batangan besinya memiliki sifat penghasil panas, sehingga daging dapat matang sempurna dari dalam.

Untuk makanan sate kalatak, pergilah ke area Jalan Amogiri Timur. Jika Anda ingin mencoba resep otentiknya, Anda bisa mencoba Sate Kalatak “Pak Bari”. Lokasi persisnya berada di tengah Pasar Wonokromo Jejeran. Stand ini buka setiap hari dari jam 6 sore sampai jam 8 malam (atau sampai terjual habis). Kabarnya kamar stable ini juga pernah dijadikan lokasi syuting film AADC 2 lho.

Makanan lain yang tak kalah unik di Jogja adalah mie batu. Latic berarti kondisi kotor atau tidak murni. Namanya diambil dari warna mie yang berwarna abu-abu karena terbuat dari tepung tapioka dan singkong. Keunikan lainnya terletak pada proses pembuatannya yang menggunakan tenaga sapi untuk mencampur dan menggiling tepung. Mie ini diolah dengan cara tradisional, sehingga tidak menggunakan pewarna atau pengawet makanan.

Makanan Khas Jogja Yang Awet Dan Juga Murah Sekali

Biasanya disajikan seperti mie jawa, yaitu dengan suwiran ayam, telur, dan aneka sayuran. Mie ini terutama disiapkan oleh masyarakat Bintul, khususnya di daerah Surindakan. Namun, saat ini sudah banyak warung mie jawa yang menjadikan mie latke sebagai menunya.

Makanan selanjutnya adalah jenis makanan khas daerah Bantul yaitu Seon. Menu ini pertama kali dikenal dari dapur kuliner Mbah Marto. Sangat mudah melihat lele lalu mengolahnya seperti itu.

Oleh oleh khas jogja selain bakpia dan gudeg, makanan khas yogyakarta selain gudeg, kuliner khas jogja selain gudeg, oleh oleh khas padang selain makanan, masakan khas jogja selain gudeg, oleh oleh khas medan selain makanan, makanan khas jogja gudeg, oleh oleh khas bandung selain makanan, makanan khas jogja selain gudeg dan bakpia, makanan enak di jogja selain gudeg, makanan khas palembang selain pempek, oleh oleh khas jogja selain bakpia

Comments

social bar