free statistics

Makalah Tanaman Obat Obatan

Rate this post

Makalah Tanaman Obat Obatan – Tumbuhan obat telah banyak digunakan oleh manusia sejak zaman dahulu. Bahkan dipercaya memiliki khasiat yang lebih kuat dari obat yang diresepkan oleh dokter. Namun karena perubahan zaman dan bertambahnya pengetahuan manusia tentang farmakologi dan ilmu kedokteran, banyak yang beralih ke dokter karena mempercayai obat kimia yang teruji di laboratorium daripada obat tradisional yang tidak bisa dibuktikan di laboratorium. laboratorium. .

Waktu berlalu, hidup berubah. Sehubungan dengan krisis moneter, masyarakat dihimbau untuk kembali menggunakan obat tradisional yang bisa dikatakan tidak mengandung komponen impor, terutama bahan kimia yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Makalah Tanaman Obat Obatan

Makalah Tanaman Obat Obatan

Dengan kemajuan teknologi, semakin banyak tumbuhan obat tradisional yang telah terbukti khasiatnya di laboratorium dan terjamin aman dikonsumsi serta dapat menyembuhkan penyakit tanpa menimbulkan efek samping.

Pdf) Prosiding Seminar Nasional Tumbuhan Obat Indonesia Ke 50, Samarinda

Banyak bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat, termasuk buah, batang, daun, akar atau umbi. Karena pentingnya tanaman obat ini, kita harus mempelajarinya dengan baik agar dapat bermanfaat bagi kita.

Sejak manusia diciptakan, lingkungan alam juga tercipta di permukaan bumi, sejak itu manusia mulai mencoba memanfaatkan manfaat lingkungan alam untuk memenuhi kebutuhan hidup yang alami, termasuk kebutuhan akan obat-obatan untuk merawat kesehatan. masalah. Fakta menunjukkan bahwa dengan bantuan obat-obatan yang terbuat dari bahan-bahan alami, masyarakat dapat mengatasi masalah kesehatan yang dihadapinya. Hal ini menunjukkan bahwa obat-obatan dari sumber alam, khususnya tumbuh-tumbuhan, telah menunjukkan perannya dalam upaya kesehatan masyarakat.

Bagian akar yang sering kita sebut rimpang. Dan bagian dari tanaman ini memiliki klasifikasi penyembuhan penyakit yang berbeda. Jenis akar yang digunakan sebagai obat adalah contoh sebagai berikut:

Satu. Bawang putih (Allium sativum) milik keluarga lily. Tanaman ini berbentuk herba dan memiliki pucuk-pucuk memanjang yang muncul di pangkal batang, lebih berbentuk seperti umbi-umbian kecil yang sudah berubah bentuk dan fungsinya. Umbi kecil ini disebut memohon.

Obat Herbal Dan Obat Tradisional

Senyawa yang terdapat pada bawang putih adalah allicin. Saat bawang putih dihancurkan / diremas, zat allic yang tidak berbau akan hancur. Di bawah pengaruh enzim allinase, alliin dipecah menjadi allicin, amonia dan asam piruvat. Bau allicin yang menyengat karena kandungan belerangnya. Rasa yang khas ini menjadi lebih menyengat ketika belerang (sulfur) dalam allicin terbawa amoniak ke udara karena amoniak mudah menguap. Senyawa allicin efektif memecah pembentukan gumpalan darah di arteri, mengurangi gejala diabetes dan menurunkan tekanan darah.

Selain allicin, terdapat senyawa lain pada bawang putih yang memiliki khasiat obat yaitu allyl. Sebagian besar senyawa alil berbentuk dialil trisulfida, yang memiliki kemampuan melawan penyakit degeneratif dan mendorong pertumbuhan sel baru.

Salah satu zat yang terdapat pada bawang merah adalah gluten. Glutathione merupakan salah satu unsur yang berperan sebagai antioksidan. Zat ini juga terdapat pada hati dan bola mata. Saat menelan berkurang, itu menyebabkan gangguan fungsi hati dan menyebabkan pembentukan katarak.

Makalah Tanaman Obat Obatan

Bawang juga mengandung banyak vitamin B1 yang merangsang vitalitas dan meningkatkan nafsu makan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di Amerika pada tahun 2004, reaksi perkembangan sel kanker dipelajari ketika sel-sel ini digabungkan dengan zat yang disekresikan oleh bawang. Diketahui dari penelitian ini bahwa beberapa jenis bawang merah dapat efektif mencegah kanker hati dan usus besar.

Kara Ilmiah Pemanfaatan Temulawak

E. Wortel (Wortel/Daucus carota), anggota famili Umbelliferae, tumbuhan ini memiliki batang yang sangat pendek sehingga hampir tidak terlihat batang sama sekali.

Wortel sangat tinggi provitamin A karena sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata terutama pada anak-anak, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit infeksi. Kandungan karoten, terutama betakaroten pada wortel, berperan sebagai zat anti kanker. Penelitian yang dilakukan di Swedia pada tahun 1976 menemukan bahwa wortel adalah salah satu dari dua bentuk diet (satu-satunya diet jeruk) untuk mencegah kanker pankreas.

Untuk mendapatkan zat anti kanker yang lebih banyak, sebaiknya wortel dikonsumsi dalam keadaan matang, karena memasak akan membantu meningkatkan kandungan karoten sebanyak 2 kali lipat. Namun, jika Anda merebus terlalu lama, beta-karotennya akan hilang. Dan dengan pemakaian 200 g wortel mentah setiap pagi, kadar kolesterol dalam darah akan turun ± 11%.

Wortel adalah jenis sayuran terpopuler kedua setelah kentang. Wortel mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A dan beta-karoten terkadang diresepkan untuk hal yang sama karena beta-karoten diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Beta-karoten sendiri termasuk dalam kelompok karotenoid dan telah diidentifikasi sebagai lebih dari 600 jenis karoten yang berbeda. Di antaranya, karoten, lutein, dan likopen sudah dikenal dalam dunia kesehatan.

Pola Penggunaan Tanaman Obat Tradisional Di Desa Segara Kembang Dan Desa Tungku Jaya Di Kabupaten Ogan Komering Ulu

Beta-karoten adalah bagian penting dari karoten. Jika tubuh mendapatkan betakaroten, maka tubuh akan memproduksi vitamin A sesuai dengan kebutuhan tubuh, sehingga mengonsumsi wortel merupakan cara yang aman untuk mendapatkan vitamin A.

Dibandingkan sayuran lainnya, wortel mengandung betakaroten paling banyak, dengan rata-rata 12.000 IU; ahli merekomendasikan 15.000-25.000 IU per hari. Penelitian dari National Cancer Institute telah mengaitkan beta-karoten tingkat tinggi dengan pencegahan kanker karena sifat antioksidannya, yang melawan kerusakan yang dilakukan oleh sel kanker. Selain itu, beta-karoten membantu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan sel pembunuh alami.

Studi lain dari Kanada menguji sistem kekebalan 50 orang di atas usia 65 tahun untuk menerima nutrisi tambahan yang mengandung beta-karoten dan vitamin E. Seiring waktu, mereka menjadi lebih kecil kemungkinannya terkena pilek, flu, dan infeksi lain daripada orang yang tidak mengonsumsinya. suplemen. Dan jika mereka sakit, mereka sembuh lebih cepat.

Makalah Tanaman Obat Obatan

Karoten juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang buruk. Kekurangan vitamin A, atau yang secara medis dikenal sebagai beri-beri A, dapat menyebabkan rabun senja atau rabun senja.

Pdf] Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Untuk Pengobatan Infeksi Cacing Pada Ternak Di Sub Das Krueng Simpo Provinsi Aceh (inventory Of Anthelmintic Plant Use In Livestock At Sub Das Krueng Simpo Aceh Province)

Lengkuas yang sering digunakan untuk pengobatan adalah varietas lengkuas merah (Alpinia purpurata K Schum). Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lainnya, lengkuas merah memiliki sifat anti jamur dan anti kembung. Efek farmakologi ini biasanya diperoleh dari rimpang yang mengandung basonin, eugenol, galangan dan galangol.

Basonin diketahui memiliki efek merangsang semangat, eugenol mencegah ejakulasi dini, antijamur Candica albicans, antispasmodik pereda nyeri, anestetik dan obat penenang kontrol gerakan, dapat menghilangkan rasa lelah, antimutagen, penghambat siklooksigenase dan lipoxan husase dapat merangsang enzim tubuh dan galtogen panas husase.

Bengkuang merupakan buah yang kaya akan berbagai nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan, terutama vitamin dan mineral. Kandungan vitamin yang terdapat pada bengkuang paling tinggi adalah vitamin C. Sedangkan mineral yang terdapat pada bengkuang antara lain fosfor, zat besi, kalsium dan lainnya. Bengkuang juga merupakan buah dengan kandungan air yang cukup tinggi untuk menyegarkan tubuh setelah memakannya dan menambah jumlah cairan dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menghilangkan timbunan lemak yang mengeras yang terbentuk di bagian tubuh tertentu. Oleh karena itu bengkoang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

Wasir terjadi akibat terganggunya aliran darah di sekitar anus, akibatnya pembuluh darah membesar dan membengkak. Tidak semua penderita wasir membutuhkan pengobatan, yaitu mereka yang mengeluhkan pendarahan, tonjolan dan gatal. Dengan pengobatan apapun, kekambuhan wasir mungkin terjadi, tergantung pada kebiasaan makan, minum dan buang air besar. Kandungan serat pada bengkuang dapat membantu mengatasi wasir. Karena salah satu fungsi serat adalah membantu memperlancar saluran cerna dan mengeliminasi feses sehingga mudah dan tidak nyeri, serta mengurangi tekanan saat dikeluarkan.

Budidaya Tanaman Obat Dan Rempah. Hapsoh Yaya Hasanah

Jicama yang memiliki sifat kimiawi yang memiliki sifat menyejukkan, dapat digunakan untuk menurunkan demam. Umbi bengkuang bisa langsung dimakan atau dimasak dalam bentuk.

Serat makanan yang ditemukan dalam bengkuang berperan dalam menurunkan kadar gula darah karena dicerna dengan lambat dan tidak semuanya diubah menjadi glukosa. Dengan demikian, serat pada ubi jalar dapat mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.

Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, bengkuang dibuat jus, atau bisa juga diparut lalu disaring, kemudian diambil sarinya dan diminum setiap pagi dan sore.

Makalah Tanaman Obat Obatan

Kandungan vitamin C bengkuang yang berfungsi sebagai antioksidan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Bengkuang dapat diberikan kepada penderita maag dengan cara dibuat menjadi jus, yang kemudian ditambahkan madu dan air secukupnya.

Kkn 044 Umy Adakan Penyuluhan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga

Terapi jus bengkuang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Kandungan air dan serat bengkuang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Selain kandungan serat dan air yang tinggi, kandungan vitamin C bengkuang yang berfungsi sebagai antioksidan juga dapat membantu proses penurunan kolesterol.

Kandungan Kimia : Daging buah (rimpang) temulawak mengandung beberapa senyawa kimia, antara lain fellandrian dan turmerol, atau yang sering disebut minyak atsiri. Kemudian minyak atsiri, kapur barus, glukosida, foluimetik, karbinol. Dan kurkumin yang terkandung dalam rimpang tanaman ini bermanfaat sebagai obat jerawat, juga sebagai antiradang (antiradang) dan antihepotoksik (penawar empedu).

Sakit limpa, sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala; Pilek, maag, sakit perut, produksi ASI, nafsu makan; sembelit, sakit tenggorokan, cacar air, stomatitis, jerawat;

Jahe (Zingiber officinale) merupakan tanaman rimpang yang sangat populer sebagai bumbu dan bahan obat. Rimpang berupa jari yang menonjol di bagian tengah. Rasa tajam yang dominan disebabkan oleh senyawa keton bernama zingerone.

Makalah Obat Asli Indonesia

Merangsang pelepasan hormon adrenalin yang melebarkan pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih cepat dan merata. Tubuh menjadi lebih hangat, kerja jantung yang memompa darah menjadi lebih mudah. Akibatnya, tekanan darah turun.

Jahe mengandung dua enzim pencernaan yang penting. Pertama, protease yang memecah protein. Kedua, lipase, yang memecah lemak. Kedua enzim ini membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan.

Jahe mengandung setidaknya 19 komponen bioaktif yang bermanfaat bagi tubuh. Komponen terpenting adalah gingerol, yang merupakan antikoagulan yang mencegah penggumpalan darah. Sehingga mencegah penyumbatan pembuluh darah, penyebab utama stroke dan serangan jantung. Gingerol juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Makalah Tanaman Obat Obatan

Blokir serotonin, pembawa pesan kimiawi.

Menanam Tanaman Obat (toga)

Template ppt obat obatan, diet alami tanpa obat obatan, tanaman obat kanker, membersihkan ginjal dari obat obatan, cara menggugurkan kandungan dengan obat obatan, obat obatan untuk penyakit jantung, cara menggugurkan kandungan tanpa obat obatan, cara menurunkan berat badan tanpa olahraga dan obat obatan, distributor obat obatan farmasi, obat obatan diuretik, download template ppt obat obatan, obat obatan herbal untuk batu ginjal

Comments

social bar