free statistics

Lirik Lagu Buruh Tani

Rate this post

Lirik Lagu Buruh Tani – Pekerja, petani, mahasiswa, kaum miskin kota. Mari kita bersatu untuk demokrasi. kemarahan dalam satu suara. Untuk pekerjaan yang mulia

Begini protes buruh terhadap Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja pada 6 Oktober saat mereka menyanyikan lagu “Buruh Tani” (versi aslinya disebut “Pempembehan”). , oleh Safi’i Kemamang. dan dipopulerkan oleh band punk Marginal. Itu juga menarik minat ribuan peserta demo.

Lirik Lagu Buruh Tani

Lirik Lagu Buruh Tani

Tak hanya para buruh, lagu “Merdeka” pun semakin nyaring ketika dinyanyikan kembali oleh para mahasiswa yang pada 7 Oktober 2020 menentang RUU Cipta Lapangan Kerja oleh pemerintah Jokowi dan DPR.

Mars Mahasiswa

Sepintas liriknya berbicara tentang semua harapan buruh, petani, pelajar dan kaum miskin kota yang menginginkan sistem demokrasi di Indonesia. Dimana mereka dapat menyampaikan pendapatnya dengan bebas tanpa diancam, sekalipun ditangkap.

Saat itu, tepat saat lagu ini ditulis pada pertengahan 1990-an, Indonesia masih membatasi kebebasan berekspresi, bahkan di masa kelam ‘keheningan’ terhadap kekejaman Orde Baru.

Soeharto, seperti idola dan pemimpin rezim baru, lengser hampir 22 tahun lalu. Bunyi lagu “Merdeka”, dengan reaksi mahasiswa dan berbagai kelompok masyarakat yang memilih turun ke jalan untuk menentang pengesahan Omnibus Act UU Cipta Kerja pada 5 Oktober 2020, bagaimanapun, adalah pertanda. bahwa hal-hal yang benar-benar tidak baik.

“Kebebasan” adalah lagu protes yang berasal dari sistem pemerintahan yang tidak adil. Seperti yang dikatakan Jamie Atkins, seorang penulis musik London, lagu-lagu protes terbaik tidak hanya berbicara tentang masalah pada masanya, tetapi melampaui apa yang terjadi pada masanya, dan bahkan menjadi pernyataan politik. Inilah mengapa lagu-lagu protes selalu beredar, meski diciptakan bertahun-tahun yang lalu.

Kunci Gitar Buruh Tani Lagu Kebebasan

Dalam sejarahnya, lagu “Freedom” berawal dari sebuah kejadian yang dialami penciptanya. Tak heran jika lagu ini tak lekang oleh waktu. Dan suaranya terus menyebar jauh dan luas, sehingga bangsa-bangsa yang jauh dapat menangkapnya.

Ini berfungsi tidak hanya sebagai tindakan hati nurani untuk melawan penindasan, tetapi juga sebagai citra modern. Para pendengar diajak ke era kekerasan dimana bangsa ini pernah menjadi saksi bahwa demokrasi tidak hanya dicapai untuk kepentingan orang lain, tetapi rakyat harus ditebus.

Pada tahun 2017 terungkap bahwa lagu tersebut sebenarnya bukan berjudul “Workers’ Stories” melainkan “Freedom”. Lagu ini aslinya ditulis oleh Safi’i Kemamang, yang menulisnya saat bergabung dengan Partai Rakyat Demokratik (PRD) di Jawa Timur, namun masih bersifat underground.

Lirik Lagu Buruh Tani

Pada saat rezim hukum baru berlalu, Safi’i dan kawan-kawan menyadari bahwa perjuangan mereka membutuhkan keberanian. Karena menurutnya perjuangan politik akan terasa sangat kering tanpa musik.

Lagu Buruh Tani ,, Darah Juang ,, Berederap Melaju

Selain itu, Safi’i menyadari perlunya persatuan antara buruh, petani, pelajar dan masyarakat miskin di kota untuk melawan undang-undang baru tersebut. Sebab, orang-orang inilah yang paling merasakan dan menjadi korban dari segala kebijakan.

Jadi, menurutnya, salah satu alat untuk mempertahankan garis yang mempersatukan semangat juang mereka adalah lagu dan musik. Singkat kata, lagu “Merdeka” dibuat pada tahun 1996 di Surabaya.

Lirik lagu buruh tani mahasiswa, not lagu buruh tani, video lagu buruh tani, kunci lagu buruh tani, buruh tani lirik, buruh tani lagu, chord lagu buruh tani, lagu buruh tani mp3, lirik marjinal buruh tani, lagu marjinal buruh tani, lirik lagu buruh tani marjinal, lagu buruh tani mahasiswa

Comments

social bar