free statistics

Lembang Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Rate this post

Lembang Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu – Gunung Tangkuban Parahu merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat populer di Kecamatan Cikola, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata alam ini menjadi tujuan para wisatawan baik asing maupun wisatawan domestik. Gunung yang memiliki ketinggian + 2.048 mdpl ini merupakan gunung berapi yang masih aktif dan masih sangat aktif. Dan pengembalian aktif terakhir yang tercatat adalah sekitar tahun 2015.

Tangkuban Parahu memiliki sembilan kawah yaitu; Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Baru, Kawah Jurig, Kawah Badak, Kawah Jurian, Kawah Setan, Kawah Komunitas Badak. Semua kawah ini tergolong kawah aktif. Oleh karena itu, beberapa dari mereka dilarang untuk mendekati pengunjung.

Lembang Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Lembang Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Parahu memang menjadi salah satu destinasi wisata yang populer. Tidak hanya masyarakat sekitar Bandung, tapi juga luar kota. Sebelum mengunjungi objek wisata ini, sebaiknya wisatawan membawa jaket karena anginnya sejuk. Termasuk memakai masker karena bau belerang yang sangat menyengat.

Twa Tangkuban Perahu Sepi Pengunjung

Sambil menikmati pemandangan, wisatawan bisa berfoto-foto sekaligus. Ada banyak tempat di sekitar lokasi yang menarik untuk dijadikan spot selfie. Bahkan, lokasi gunung Tangkuban Parahu juga sering dijadikan lokasi untuk foto prewedding, pemotretan untuk film dan iklan. Gunung Tangkuban Parahu buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Berbagai fasilitas wisata seperti masjid, shelter/resort besar, menara pengawas dan fasilitas lainnya telah dibangun. Mirip dengan dunia pedagang yang dipasang di hotel dan kebersihan. Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang paling populer. Gunung Tangkuban Perahu dan kawasan guanya sangat indah. Selain itu, mudah diakses oleh pengunjung.

Kota ini sangat unik. Dari dermaga, Anda bisa langsung menikmati keindahan kawah Tangkuban Perahu. Tidak perlu mendaki bukit pertama.

Kompleks Wisata Kawah Gunung Tangkuban Perahu terletak di perbatasan Bandung Barat dengan Subang, sekitar 30 km dari pusat kota Bandung. Kawasan Taman Wisata Tangkuban Perahu sebagian berada di kabupaten Subang dan Bandung Barat.

Cagar Alam Gunung Tangkuban Perahu

Jalan dari Bandung menuju lokasi sudah bagus. Selain itu, mudah diikuti. Anda dapat dengan mudah mencapai tujuan Anda menggunakan Google Maps.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus umum dari Hall – Stasiun Lembang yang berhenti di Terminal Lembang. Selain itu, terhubung dengan angkutan umum Lembang – Cikole.

Pilihan lainnya adalah naik elf atau angkutan sejenis ke Subang dari Terminal Ledeng di Jalan Setiabudhi Bandung atau dari Terminal Lembang.

Lembang Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Jika Anda menggunakan bus (grup wisata), Anda tidak dapat parkir langsung di stasiun kawah. Tetapi Anda harus berhenti di terminal khusus. Dari sana, pengunjung bisa menggunakan perahu Wara-wiri atau berjalan kaki menuju goa.

Harga Tiket Masuk Terbaru Gunung Tangkuban Perahu Tahun 2022, Tempat Wisata Bandung Paling Favorit Cocok Liburan Bareng Keluarga

Ini adalah perjalanan yang sangat panjang dan menanjak dari halte bus ke gua. Jadi lebih baik menggunakan susu saja (ada biaya tambahan untuk setiap orang).

Menurut saya kurang tepat menggunakan angkutan umum di Tangkuban Perah karena tidak ada angkutan umum yang rutin mengangkut penumpang dari pintu masuk kawasan goa. Akan lebih baik jika Anda menggunakan mobil sendiri atau menyewa.

Kawasan kawah menjadi daya tarik utama tempat wisata di Bandung ini. Ada banyak kawah di Tangkuban Perahu yang bisa Anda kunjungi.

Kawah Ratu adalah lubang utama di sini. Jangkauannya sangat luas dan bisa dikatakan menjadi daya tarik wisata utama Kompleks Wisata Tangkuban Perahu. Anda bisa memarkir kendaraan langsung di pinggir lubang, sehingga tidak perlu berjalan jauh menuju lokasi.

Wisata Tangkuban Perahu Bandung: Info, Harga Tiket, Lokasi

Pohon Ratu memiliki kedalaman sekitar 500 meter, dibuat seperti mangkuk besar. Pohon terakhir Ratu meletus pada 2019.

Jika ingin menikmati suasana yang lebih santai atau sekedar ingin minum kopi santai sambil memandang bibir kawah, Anda bisa berjalan kaki menuju kawasan di sebelah kanan Kawah Ratu.

Suasana di sana jauh lebih tenang. Selain itu, ada banyak stand dan bangku untuk kopi dan istirahat di tepi kawah.

Lembang Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Cara kesana sangat unik lho (instagrammable). Di kiri dan kanan Anda bisa menemukan jalan setapak yang dinaungi pepohonan rindang. Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat beberapa lutung liar di sini.

Contoh Teks Deskripsi

Gunung Upas lebih kecil dan terletak di atas Kawah Ratu. Jaraknya sekitar 1,5 km dari Kawah Ratu. Anda dapat menggunakan jalan di area yang tepat untuk sampai ke sini.

Gunung Upas adalah hamparan pasir putih dengan air biru. Sayangnya, pengunjung tidak diperbolehkan turun karena masih berbahaya.

Cikahuripan merupakan mata air di Tangkuban Perahu yang dipercaya berkhasiat. Letaknya sedikit di dalam hutan, Anda harus berjalan beberapa ratus meter dari pintu masuk Kawah Upas.

Padahal, ada kawah lain yang patut dikunjungi di kawasan Tangkuban Perahu, yaitu Kawah Domas. Kawah Domas memiliki banyak sumber air panas alami dengan kandungan belerang yang tinggi.

Tangkuban Perahu (lembang)

Anda bisa tenggelam dalam lumpur belerang, di beberapa kolam dengan air hangat. Atau memasak telur di kolam air panas.

Jika Anda tertarik dengan Kawah Domas, disarankan untuk menuju lokasi menggunakan pintu masuk khusus Kawah Domas. Letaknya sekitar 1 km di belakang pintu masuk Tangkuban Perahu TWA (sebelah kanan jalan).

Jika Anda harus berjalan cukup jauh menuruni tangga dari Kawah Ratu dan Anda harus menaiki tangga lagi sesampainya di rumah. Lumayan, ketahuilah bahwa Anda akan membutuhkan sekitar 1 km naik turun tangga jika Anda pergi ke Kawah Domas dari kawasan Kawah Ratu.

Lembang Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Perhatikan bahwa jika Anda pergi ke Kawah Domas, Anda harus membayar lebih. Ini karena pengelola harus menggunakan panduan.

Wisata Alam Di Bandung Yang Sudah Dibuka Saat Ini

Untuk parkir, Anda bisa berdiri langsung di pinggir Kawah Ratu. Ada tempat parkir bus di area khusus di depan kawah. Ada shelter sepeda motor di dekat masjid.

Di sekitar Kawah terdapat restoran untuk makan dan jajan. Jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan atau kehausan. Ada juga area khusus untuk penjual suvenir.

Selain itu, ada banyak menara observasi. Dari sini Anda bisa melihat luasnya kawah atau melihat kawasan Cagar Alam Tangkuban Perahu.

Fasilitas lain seperti paviliun istirahat, bangku, toilet dll tersebar di sekitar kawah. Selain itu, jalan untuk pengunjung di sekitar kawasan wisata juga sudah sangat baik.

View Of Tangkuban Perahu, A Stratovolcano 30 Km North Of The City Of Bandung, The Provincial Capital Of West Java, Indonesia. Stock Photo, Picture And Royalty Free Image. Image 117200117

Tidak ada hotel atau tempat menginap di Resor Gunung Tangkuban Perahu. Namun, Anda dapat dengan mudah menemukan akomodasi dan hotel di daerah Lembang yang dekat dengan lokasi ini.

Gunung Tangkuban Perahu terkenal dengan sejarah Sangkuriang dan Dayang Sumba. Gunung ini dikenal sebagai Tangkuban Perahu (Gunung Besar) karena terlihat seperti kapal terbalik dari luar.

Legenda Tangkuban Perahu menceritakan tentang Sangkuriang, seorang anak laki-laki yang jatuh cinta pada ibunya, Dayang Sumba. Agar keinginan Sangkuriang tidak terkabul, Dayang Sumbi mengajukan situasi untuk membangun sebuah danau dan perahu dalam satu malam.

Lembang Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Melalui upaya Dayang Sumbi, Sangkuriang akhirnya gagal memenuhi tuntutan tersebut. Sangkuriang kemudian melampiaskan amarahnya dengan memasuki perahu yang setengah jadi.

Tempat Wisata Di Lembang Bandung Yang Terkenal

Menurut legenda, perahu yang dilayangkan Sangkuriang melayang menanjak dan menjadi Gunung Tangkuban Perahu. Kayu gelondongan yang ditebang dan diubah menjadi perahu diubah menjadi tunggul Gunung Bukit.

Kita juga bisa melakukan foto prewedding di Tangkuban Perahu atau kegiatan komersial lainnya. Anda bisa melihat harganya pada tabel berikut. Kurang lengkap rasanya ke Bandung jika tidak mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu. Disini kita bisa menikmati kawah yang indah dan asri.

Di balik keindahan Tangkuban Perahu terdapat legenda Sangkuriang yang sangat terkenal. Jika Anda berencana liburan ke sana, baca dulu informasi detail tentang Tangkuban Perahu Bandung Tour tentang lokasi, rute, harga dan legenda berikut!

Gunung Tangkuban Perahu sering dikaitkan dengan kisah legendaris Sangkuriang yang jatuh cinta pada ibunya Dayang Sumba. Ketika Sangkuriang ingin menikahi ibunya sendiri, Dayang Sumbi melakukannya untuknya dengan syarat ia harus membangun perahu dan danau dalam satu malam.

Catat! Ini 12 Objek Wisata Favorit Di Sekitar Lembang

Namun, usahanya gagal, sehingga ia menjual perahu tersebut. Nah, posisi perahu yang berada di puncak saat ditendang, konon membentuk puncak Tangkuban Perahu.

Ketika Anda mengunjungi gunung Tangkuban Perahu, Anda akan melihat keindahan kawahnya. Ada Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas yang mempesona. Ketiga lubang ini saling berjauhan, jika ingin menjelajahi semuanya, datanglah pagi-pagi sekali.

Bosan berjalan-jalan di kawasan wisata ini? Anda bisa menunggangi kuda yang disewa oleh penduduk setempat. Harganya hanya RP 50 ribu untuk sekali naik.

Lembang Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Anda tidak perlu khawatir kelaparan saat datang ke sini karena ada banyak warung yang menawarkan berbagai sajian makanan lezat. Dilengkapi juga dengan minuman panas yang enak dinikmati saat cuaca dingin.

Wisata Alam Bandung, Murah Tapi Bikin Lidah Berdecak

Informasi lengkap tentang Wisata Tangkuban Perahu Bandung diatas bisa Anda dapatkan selama liburan di sana. Selalu berhati-hati dan ikuti aturan yang sehat, oke!

Pemerintah menjalankan kampanye 3M melalui Gugus Tugas COVID-19: Gunakan masker, hindari orang atau jaga jarak fisik, dan cuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air. Jika kebijakan kesehatan ini diterapkan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus tersebut. Dengan kehidupan 3M, kita akan melindungi diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini tentang COVID-19 di covid19.go.id dan IDN Times. Jam Buka dan Harga Tiket Tangkuban Perahu – Kota Bandung merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang tidak hanya kaya akan budaya tetapi juga dikenal sebagai kota dengan banyak destinasi menarik, terutama wisata alam seperti gunung Tangkuban Perahu yang merupakan salah satu tempat wisata terkenal di bandung. Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata alam dengan banyak keindahan dan pemandangan alam yang indah.

Tempat ini terletak di Cikole Lembang, Bandung Utara, Jawa Barat, dimana tempat ini tidak hanya terkenal di daerah setempat, tetapi juga terkenal di seluruh wilayah Indonesia. Gunung Tangkuban Perahu memang merupakan salah satu gunung yang ada di wilayah Jawa Barat dan menjadi tujuan wisata yang sangat populer dan ramai hingga saat ini. Salah satu faktor yang membuat gunung ini dikenal semua orang adalah kisah Sangkuriang, kisah ini menceritakan tentang seorang pemuda yang ingin menikahi ibunya.

Untuk fiksi ya

Taman Wisata Alam Hi Res Stock Photography And Images

Wisata alam gunung tangkuban perahu, tangkuban perahu lembang, wisata tangkuban perahu, hotel tangkuban perahu lembang, wisata lembang tangkuban perahu, tangkuban perahu lembang bandung, objek wisata tangkuban perahu, hotel dekat tangkuban perahu lembang, hotel di jalan tangkuban perahu lembang, legenda gunung tangkuban perahu, gunung tangkuban perahu lembang, cerita gunung tangkuban perahu

Comments

social bar