free statistics

Laporan Budidaya Tanaman Obat Jahe

Rate this post

Laporan Budidaya Tanaman Obat Jahe – Yang Terhormat Bapak Selaku Pembimbing Mata Pelajaran Geografi. Agus Hermanto mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu yang telah mendukung dan mengawasi serta berpartisipasi dalam penyusunan artikel ini. Dan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah berpartisipasi dalam menyelesaikan penyusunan paper set ini. Makalah ini yaitu Pengamatan Botani Jahe.

Selama observasi, penulis menunjukkan banyak kekurangan dalam penelitian ini. Maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak.

Laporan Budidaya Tanaman Obat Jahe

Laporan Budidaya Tanaman Obat Jahe

Dengan berkembangnya zaman sekarang ini, manusia menghadapi banyak penyakit yang mematikan. Namun, sangat jarang manusia mengobati penyakitnya dengan bahan herbal. Padahal pengobatan dengan obat herbal murah dan tidak memiliki efek samping. Seperti tanaman jahe, yang harus dimakan dalam jumlah banyak karena manfaatnya bagi kesehatan. Selain bermanfaat untuk kesehatan, tanaman jahe juga dapat digunakan sebagai bumbu masakan, bahan minuman, dll.

Laporan Hasil Pengamatan Jahe Dan Bawamg

Varietas tanaman ini banyak sekali, diantaranya adalah jahe raksasa yang biasa ditemukan di Jawa Barat, yang dikenal dengan jahe badak dan jahe gajah. Lalu ada juga sedikit jahe yang biasa digunakan untuk membumbui minuman, rempah-rempah dan makanan. Selain itu jahe jenis lain adalah jahe merah yang biasa disebut jahe santi. Jahe merah banyak digunakan untuk industri obat dan farmasi.

Jahe (Zingiber officinale) merupakan tanaman rimpang yang populer sebagai bumbu dapur dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jari yang menggembung di bagian tengah. Rasa (hasil). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zangberi dan bahasa Sanskerta sangabri.

Sekelompok tumbuhan yang berproduksi secara reproduktif berupa bunga. Bagian Magnolofta ini kemudian dibagi menjadi dua ordo, Magnioliopsida dan Liliopsida. Jahe sendiri ditempatkan pada kategori kedua, yaitu Liliopsida atau tumbuhan monokotil atau berbiji tunggal. Tumbuhan monokotil ini dibagi lagi menjadi 50.000 hingga 60.000 spesies. Jahe sendiri ditempatkan di Zingberales atau tanaman berbunga negara. Seperti yang akan dijelaskan nanti, jahe termasuk dalam Zingiberaceae atau ekstraknya. Suku ini mencakup 50 marga yang selanjutnya dibagi menjadi 1000 marga/spesies. Genus jahe adalah jahe itu sendiri atau tanamannya. Sedangkan urutan klasifikasi akhir jahe adalah Zingiber resmi.

Yang paling banyak ditemukan di Jawa Barat dikenal sebagai jahe badak/jahe gajah. Ciri-ciri jahe ini adalah rimpang besar, warna kuning atau agak kuning, serat sedikit dan lunak, bau agak manis, rasa agak pedas. Jahe jenis ini mengandung minyak atsiri 0,82-1,68% saat dikeringkan. Jahe bermanfaat untuk rempah-rempah, minuman dan makanan.

Cara Menanam Jahe Di Rumah Yang Benar, Mudah Dipraktikkan

Juga dikenal sebagai Jahe Amprit. Ciri-ciri jahe ini adalah rimpangnya pendek, bentuknya pipih, warnanya putih, seratnya lembut dan baunya tidak terlalu menyengat. Untuk kandungan minyak atsiri, jahe ini mengandung 1,5-3,3% dari beratnya. Jahe digunakan untuk membumbui minuman, rempah-rempah dan makanan.

Dipanggil Santhi El. Ciri khas dari jahe ini yaitu memiliki rimpang yang pendek, warna merah dan jingga muda, seratnya lebih rapat dari kedua jenis jahe di atas, baunya juga berbeda dengan jahe di atas, jahe jenis ini tajam dan menyengat. Dan bau pedas. Harganya mahal dibandingkan dengan jenis lainnya. Kandungan minyak atsiri 2,58-2,72% dihitung dalam keadaan kering. Jahe jenis ini digunakan untuk industri dan obat-obatan.

Jika tanaman terlihat segar sebelumnya, tetapi tanaman mati pada siang atau sore hari, Anda dapat menambahkan satu atau tiga tetes air ke tanaman. Jika tanaman tidak memiliki air, tanaman akan menyegarkan setelah disiram.

Laporan Budidaya Tanaman Obat Jahe

Pseudomonas solanacearum adalah bakteri penyebab penyakit layu atau berlendir pada tumbuhan. Tanaman yang terkena bakteri ini adalah:

Cara Budidaya Jahe Merah: Penanaman, Perawatan Hingga Panen

3. Bakteri dapat menginfeksi akar tanaman dari luka pangkas, belatung, luka gigitan serangga, luka tusuk nematoda dan bakteri juga dapat menginfeksi tanaman dari luka daun.

4. Tumbuhan yang diserang antara lain: kentang, tomat, pisang, paprika, telor dan lebih dari 140 spesies tumbuhan, khususnya famili Solonaceae.

5. Penyakit menyerang jaringan transportasi air yang mengganggu transportasi air tanaman inang, mengakibatkan layu, menguning, kerdil dan biasanya tanaman mati dalam hitungan hari.

6. Racun dan enzim yang dihasilkan oleh bakteri ini dapat melarutkan dinding sel akar dan menyebabkan kerusakan jaringan transportasi yang dapat dilihat jika batang dipotong (mendatar) atau dibelah.

A. Apa Jenis Tanaman Obat Yang Dibudidayakan? B. Apa Bahan Dan Alat Yang Diperlukan Untuk Kegiatan

7. Gejala pertama biasanya muncul pada tanaman pada umur enam minggu. Gejala visual daun kering, biasanya dimulai pada daun muda.

8. Batang tanaman yang sakit dipotong dan potongannya diletakkan dalam gelas/wadah berisi air bersih, kemudian dibiarkan beberapa saat, akan keluar eksudat (cairan kotor berwarna putih) yang mengandung jutaan bakteri.

Jahe banyak menggunakan faktor iklim untuk pertumbuhannya. Faktor iklim meliputi: a. Curah hujan, dengan suhu tinggi 2.500-4.000 mm per tahun.

Laporan Budidaya Tanaman Obat Jahe

B. Cahaya matahari digunakan untuk fotosintesis. Tanaman jahe umumnya membutuhkan sinar matahari selama 2,5 hingga 7 bulan.

Budidaya Tanaman Obat Dan Rempah

Tanaman jahe paling baik ditanam di tanah gembur subur yang kaya akan humus. Jahe ini cocok ditanam di tanah/lempung berpasir, lempung berpasir dan tanah masam (pH 4,3-7,4). Namun untuk jenis jahe yang lebih besar (jahe gajah/jahe badak) suhu asamnya 6,8-7,0.

Ketinggian situs juga dipertimbangkan saat menanam. Di daerah tropis dan subtropis, jahe sebaiknya ditanam pada ketinggian 0-2000 mdpl. Namun, di Indonesia biasanya ditanam pada ketinggian 200-600 meter di atas permukaan laut.

Semua makhluk hidup, termasuk tumbuhan seperti jahe, membutuhkan air untuk sebagian besar metabolismenya. Jika tanaman jahe tidak memiliki air maka akan terjadi ketidakstabilan metabolisme.

Tanaman jahe membutuhkan oksigen untuk proses respirasi yang menghasilkan energi. Jika tanaman jahe kekurangan oksigen maka dapat mempengaruhi tanaman jahe yaitu pertumbuhan jahe terhambat.

Budidaya Tanaman Jahe

Faktor biologis juga harus diperhatikan. Kondisi biologis di sekitar tanaman seperti gulma dan faktor lainnya dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Pertama, digunakan pupuk kandang sapi atau domba olahan, dibutuhkan sekitar 20 ton pupuk kandang per hektar, pupuk kandang ini diberikan sebelum tanam yaitu 2-4 minggu sebelum tanam. Sedangkan untuk pupuk sintetis, dosisnya 300-400. kg per hektar untuk SP-36 dan KCI. Juga, 300-400 kg per hektar, kedua pupuk ini digunakan dalam budidaya. Kemudian 1/3 dosis 1/3 dosis diterapkan tiga kali dalam 1 bulan, 2 bulan dan 3 bulan setelah tanam 400-600 kg pupuk urea per hektar. Kemudian pada bulan keempat setelah tanam, sebaiknya tanaman jahe diberi pupuk kedua sebanyak 20 ton per hektar.

Lakukan perawatan secara rutin, periksa dan lihat tanaman mana yang terserang dan mana yang tidak, agar pengobatan dapat dilakukan secepatnya agar tanaman jahe dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Laporan Budidaya Tanaman Obat Jahe

Saat tanaman berumur 6-7 bulan banyak ditumbuhi rumput liar, sehingga penyiangan perlu dilakukan dengan baik. Saat tanaman berumur 4 bulan, perlu dilakukan penyiangan yang hati-hati agar tidak merusak akar. Anda bisa menggunakan mulsa tebal yang terbuat dari kulit kayu atau jerami untuk mengurangi keparahan gulma.

Proposal Budidaya Jahe Rab 15 Juta Sei Dadap Asahan

Penanaman kembali bibit yang gagal dilakukan pada saat bibit berumur 1-1,5 bulan dengan menggunakan bibit yang telah diseleksi dan ditanam sebelumnya.

Penimbunan dimulai bila sudah ada rumpun yang terdiri dari 4-5 anakan, sehingga rimpang selalu tertutup tanah. Selain itu, melalui penimbunan, drainase selalu terjaga.

Pemberantasan hama dan penyakit dilakukan seperlunya saja. Penyakit utama yang menyerang tanaman jahe adalah busuk rimpang yang disebabkan oleh bakteri layu atau Ralstonia solacearum dalam bahasa latin. Mencegah masuknya penyakit ini dapat dilakukan dengan menggunakan tanah yang sehat. Benih sehat, pengolahan benih baik. Sehat, hindari abu sekam, bersihkan gulma dan sisa tanaman, rotasi tanaman di areal tanam, persiapkan

Saluran irigasi terpadu mencegah genangan air dan air tidak mengalir melalui sanitasi, serta pemeriksaan kebun secara teratur.

Laporan Budidaya Tanaman Obat (bptoa)

Tanaman jahe yang terserang bakteri layu harus segera dicabut dan dibakar untuk mencegah penyebaran infestasi besar. Serangga yang biasa menyerang tanaman jahe adalah Eumerus figurans dan lalat rimpang, serta kutu perisai yang biasa menyerang. Pada awal panen menyebabkan munculnya rimpang. Hawar serta bercak daun yang tidak disebabkan oleh jamur lain. Jika hama ini menyerang tanaman yang berumur kurang dari 6 bulan dapat menyebabkan penurunan hasil yang signifikan. Penyemprotan fungisida dimungkinkan ketika gejala penyakit ini muncul.

Kami menanam tanaman jahe secara hidroponik dan alat yang digunakan adalah: papan, tongkat, tali, pisau dan batu yang digunakan untuk menggiling kayu agar berdiri kokoh. Dan kami menggunakan tanah merah, tanah liat dan pasir, perbandingan ukurannya sekitar 50% tanah merah, 25% tanah liat dan 25% pasir.

Tanaman jahe sudah dikenal dan tumbuh dengan baik di negara kita sejak lama. Jahe merupakan tumbuhan penting yang memiliki banyak kegunaan bagi manusia antara lain obat, minuman, masakan, bahan pembuatan jamu tradisional.

Laporan Budidaya Tanaman Obat Jahe

Sebaiknya manusia memanfaatkan tumbuh-tumbuhan di sekitar kita seperti tumbuhan ini. Selain kegunaan tersebut, manusia diharapkan membudidayakan jahe dan tanaman obat lainnya. Pada artikel ini, selain manfaatnya, kami telah menunjukkan bahwa jahe juga dapat dijadikan sebagai usaha untuk memperkuat ekonomi keluarga.

Pdf) Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat (pkm). Sosialisasi Mengenai Tanaman Toga (tumbuhan Obat Keluarga) Dengan Aplikasi Ikan Pada Kolam Tanah Di Desa Bebatu Kabupaten Tana Tidung. Socialization Regarding Toga (family Medicinal Plants) With

Laporan budidaya tanaman jagung, laporan budidaya tanaman kangkung, cara budidaya tanaman jahe merah, manfaat tanaman obat jahe, budidaya tanaman jahe, cara budidaya tanaman jahe, laporan budidaya tanaman terong, laporan budidaya tanaman cabai rawit, laporan budidaya tanaman kacang panjang, laporan budidaya tanaman padi, budidaya tanaman jahe di polybag, tanaman obat jahe dan manfaatnya

Comments

social bar