free statistics

Kue Khas Riau Yang Gampang

Rate this post

Kue Khas Riau Yang Gampang – Liputan6.com, Jakarta Indonesia terkenal di dunia karena kekayaan tradisi kulinernya. Masakan Indonesia identik dengan cita rasa yang kuat, sehingga kelezatannya tidak diragukan lagi. Maka tak heran jika banyak masakan khas Indonesia yang dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Yang menarik untuk dicoba adalah kuliner khas Riau. Riau adalah sebuah negara bagian di Sumatera. Riau terletak di bagian tengah pantai timur pulau Sumatera, di pesisir Selat Malaka.

Kue Khas Riau Yang Gampang

Kue Khas Riau Yang Gampang

Jika diperhatikan, makanan khas Riau ini sebenarnya sangat dipengaruhi oleh makanan khas melayu. Memang tidak terlepas dari suku Melayu, salah satu komunitas terbesar yang tinggal di daerah tersebut.

Nama Kue Tradisional Indonesia Legendaris

Menurut sensus tahun 2010, suku Melayu merupakan salah satu komunitas terbesar di Riau, yaitu 33,20% dari total populasi. Maka tak heran jika pada akhirnya budaya dan cita rasa Malaysia bertemu dengan kuliner khas Riau.

Selain soal rasa, makanan khas Riya juga dikenal dengan olahan seafood dan rempah-rempahnya yang kuat. Riau sebenarnya mewarisi puluhan resep turun-temurun dari nenek moyang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menyantap makanan khas Riau saat berkunjung ke provinsi ini.

Lantas apa saja kuliner khas Riau yang patut dicoba? Berikut ulasan makanan khas Riau yang dihimpun Liputan6.com pada Rabu (17-02-2021) dari berbagai sumber.

** Gempa Cianjur meluluhlantakkan tanah Pasundan, mari meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur: Nomor Rekening BCA: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan diberikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda dll. Kepedulian kita adalah harapan mereka.

Mengenal Kuliner Khas Petalangan Gurihnya Sagun Bakar Dan Tepung Tuak Berita Riau Terkini Online

Sajian khas Riau ini mungkin terdengar agak asing di telinga. Jangan salah, meski namanya agak unik, tapi mie slime ini rasanya enak banget. Tapi apa mie ini?

Mie slime terbuat dari mie kuning dan tauge. Mie tersebut kemudian diberi saus kacang yang dicampur dengan ubi dan rempah-rempah. Padahal, mie ini umumnya mirip dengan jenis mie lainnya. Hal lain adalah kuah mie yang sangat kental dan hampir seperti slime.

Masih dari kategori pasta, masakan khas Riau ini berbahan dasar sagu. Mie sagu biasanya disajikan dengan ikan teri, kucai, tauge rebus dan bumbu lainnya. Bagaimana cara merawat pasta ini saat dipanggang?

Kue Khas Riau Yang Gampang

Selain itu, sajian khas Riau ini dipercaya cocok untuk penderita diabetes atau pelaku diet. Alasannya, dibandingkan dengan jenis tepung lainnya, jumlah gula hewani tidak bertambah.

Makanan Dan Minuman Khas Betawi Jakarta, Ibu Kota Indonesia

Sekilas kuah pada Laksa terlihat seperti mi biasa, namun kuahnya terbuat dari campuran ketumbar, adas manis dan berbagai bumbu lainnya. Meski mirip dengan mie, bahan utama kuah laksa dibuat dari tepung sagu. Sajian khas Riau ini juga nikmat jika disantap dengan olahan ikan laut segar, tuna atau teri cincang halus.

Dan salah satu masakan khas Riau yang paling terkenal adalah gulai lele. Makanan khas Riau ini berasal dari Pekanbaru, Riau. Gulai lele biasanya dinikmati dengan nasi panas dan daun ubi rebus.

Salah satu komponen gulai ini adalah potongan lele yang dilumuri kuah kuning. Karena rasa kuahnya yang manis dan pedas serta lele yang kenyal dan nikmat membuat masakan ini banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Riau.

Gulai bekicot ini merupakan masakan khas dari Tanjungpinang, Kepulauan Riau yang hanya bisa ditemui saat bulan Ramadan. Disajikan sebagai lauk saat berbuka puasa, menu ini banyak digandrungi oleh masyarakat setempat karena rasanya yang enak dan nikmat. (khusus)

Resep Makanan Khas Melayu Yang Enak, Gurih, Dan Praktis

Gulai Belacan merupakan makanan khas Riau yang wajib disantap saat berkunjung ke Riau. Belakan adalah nama lain terasi yang cukup dikenal masyarakat Sumatera. Hidangan khas Riau ini dibuat dengan kuah yang dicampur dengan terasi. Lalu ada juga daging, udang atau ikan.

Bahkan di kategori gulai, makanan khas Riau ini sangat menarik karena terbuat dari bahan dasar siput (cipuik). Meski mungkin masih terlihat aneh bagi sebagian orang, hidangan kari ini banyak dicari. Bahan utama bekicot yang digunakan juga dibersihkan. Salah satu keistimewaan dari masakan ini adalah tekstur bekicotnya yang kenyal membuat sajian khas Riau ini terasa istimewa.

Lopek Bugi adalah makanan khas Riau yang disajikan sebagai jajanan para bangsawan. Namun kini lopek bugi sudah banyak ditemukan dan sering menjadi oleh-oleh yang umum di Riau. Bahan utama masakan khas Riau ini terbuat dari beras ketan dan santan, dibungkus daun pisang dengan kelapa muda yang manis di dalamnya.

Kue Khas Riau Yang Gampang

Roti jala merupakan salah satu makanan khas Riau dan mudah ditemukan. Roti ini terbuat dari tepung seperti jaring. Roti jala biasanya disantap dengan kuah kari atau siraman kuah durian. Roti Jala adalah salah satu makanan paling umum di negara tetangga seperti Malaysia. Karena masakan ini merupakan masakan khas melayu.

Kerupuk Udang Cabe Khas Riau 200gram

Rasa gurih dari kuah cuka khas Riau ini berasal dari cabai merah cincang, cabai rawit, merica, pala, jahe, serai dan bumbu lainnya. Hidangan khas Riau ini dibuat dengan ikan kembung dan sangat nikmat untuk disantap bersama keluarga.

Sup tunjang terbuat dari kaldu tunjang atau tulang kaki sapi. Rasa kuah makanan khas Riau ini sangat unik dan enak. Malah dari pada penasaran mending langsung dicoba setelah berkunjung ke Riau tentunya menikmati keindahan tanahnya.

* Fakta atau tipuan? Untuk mengecek keaslian informasi yang dibagikan, silahkan whatsapp nomor cek keaslian Liputan6.com di 0811 9787 670 dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan. Pernah terpikir untuk berwisata kuliner ke Riau? Salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan di Rio adalah mencoba makanan lokal yang berbeda. Sesuai norma, sebagai makanan umum, banyak jenis makanan yang jarang ditemukan di tempat lain. Jika Anda belum memiliki rencana liburan, tambahkan Riau ke dalam agenda Anda. Simak rekomendasi masakan khas Riau yang menggelitik lidah di bawah ini!

Makanan umum pertama yang bikin perut keroncongan adalah mie sagu. Warga Riani banyak mengonsumsi sagu yang diolah menjadi berbagai menu, salah satunya pasta sagu. Mie Sagu Bu Tuti merupakan tempat yang terkenal dengan masakan mie sagunya. Anda bisa memilih mie sagu kering, mie sagu basah atau mie sagu kuah. Setiap racikan mie sagu ini menimbulkan sensasi yang berbeda saat disantap, yang pasti enak semua!

Kuliner Kue Amparan Tatak, Salah Satu Kue Tradisional Di Indragiri Hilir

Hidangan bernama miso juga populer di Riau. Miso terbuat dari mie kuning, mie putih dan cengkih ditambahkan bersama dengan berbagai bumbu seperti kayu manis, kapulaga. Bukankah itu enak? Isi miso antara lain tahu, tauge, ayam suwir, dan bisa juga ditambahkan isian lain seperti bakso. Di Miso Rempah Rajawali, kamu bisa makan miso dengan kuah pedas yang bikin ngiler. Ada miso hati ampella, miso bakso atau miso utuh untuk mengisi perut Anda.

Lopek bugi atau lepat bugi adalah jajanan khas di Riau. Berukuran kecil dan dibungkus dengan daun pisang, lopek bugi merupakan pasta kental yang terbuat dari tepung beras ketan. Bagian dalamnya diisi dengan isian yang terbuat dari campuran kelapa parut dan gula pasir. Tentunya ketan dengan isian yang gurih dan manis akan menjadi teman yang nikmat di pagi atau sore hari. Ingin menikmatinya? Lepat Bugi Bu Elis bisa mengobati rasa penasaran kamu, yuk simak saat kamu berada di Riau!

Kembojo Mini Mimie Bolu hadir dalam dua ukuran: besar dan kecil. Anda bisa membeli yang ukuran kecil jika ingin mencicipi, tapi yakin tidak akan ketagihan? Karena kue Kamboja ini disajikan segar di toko dan kehangatannya memancarkan aroma pandan yang menggoda. Kata Kembojo berasal dari kamboja karena bentuk kue ini menyerupai bunga kamboja. Kedengarannya sederhana, tetapi Anda tahu itu memiliki banyak penggemar!

Kue Khas Riau Yang Gampang

Tak heran jika nama Roti Jala diberikan pada roti ini karena memiliki lubang-lubang seperti jaring. Dibuat dengan telur, susu, dan santan, roti ini sudah enak berkat teksturnya yang lembut. Tapi kalau ada extra dip yang enak, kenapa tidak? Roti Jala di Riau biasanya dimakan dengan saus durian. Kamu bisa mendapatkannya dari Roti Jala Sifa dengan rasa Durian Khas Riau. Ada juga roti jala yang dimakan dengan gulai, pilih manis atau gurih sesuai selera.

Makanan Khas Sumatera Yang Enak Dan Melegenda!

Hidangan khas Riau lainnya adalah luti gendang. Roti goreng bulat kecil ini diisi dengan daging ikan yang lezat. Memang, dari penciumannya saja, gendang luti sudah terasa menggema sesuai selera. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa membeli beberapa buah sekaligus, karena satu akan lebih sedikit! Mampirlah ke Mie Tarempa Berkat dan pesan Luti Gendang yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Jika Anda menyukai makanan pedas, pasta tarempa mungkin menjadi menu yang tepat. Pasta disiapkan dengan gaya berbeda dengan topping berbeda dari tuna hingga makanan laut hingga daging sapi. Di Mie Tarempa Berkah Anda bisa menemukan mie tarempa matang, mie tarempa basah, mie tarempa kering dan mie tarempa basah. Jika suka, Anda bisa memilih pasta pedas. Mie ini memiliki rasa asam manis yang akan terasa nikmat di lidah. Rasanya hidup dan Anda bisa makan sepuasnya!

Cincalok merupakan kuliner khas Riau yang wajib dicicipi. Sinkalok terbuat dari udang pita yang telah direndam garam selama beberapa hari, sehingga warnanya menjadi merah muda. Bukankah itu enak? Setelah jadi, cincalok enak disantap dan bisa dimakan sebagai lauk. Salah satu tempat untuk membeli zincalok adalah Toko Wan Hua dimana Anda bisa makan dengan mudah

Makanan khas sunda yang gampang dibuat, kue khas melayu riau, makanan khas daerah yang gampang, kue khas kepulauan riau, kue jala khas riau, makanan khas daerah yang gampang dibuat, makanan khas indonesia yang gampang dibuat, kue kering khas riau, makanan khas yang gampang dibuat, kue khas riau, resep kue khas riau, kue bangkit khas riau

Comments

social bar