free statistics

Kue Khas Jawa Timur Dan Resepnya

Rate this post

Kue Khas Jawa Timur Dan Resepnya – Perjalanan ke berbagai daerah di Jawa Timur tidak akan lengkap tanpa mencari oleh-oleh atau mencicipi kuliner khasnya. Jajanan tradisional yang dimiliki masyarakat Jawa Timur ini kebanyakan menggunakan gula merah dan santan. Meski manis, tidak membuat lidah bosan, lho!

Nah, berikut 11 jajanan atau kue tradisional khas daerah Jawa Timur yang wajib dibawa pulang usai berwisata. Apakah kamu?

Kue Khas Jawa Timur Dan Resepnya

Kue Khas Jawa Timur Dan Resepnya

Hitam manis, hitam manis. Jajanan khas Jawa Timur yang pertama adalah madu mongso. Terbuat dari stik ketan yang difermentasi, jajanan favorit ini memiliki perpaduan rasa manis dan asam.

Resep Kue Khas Dari Berbagai Daerah, Mudah Dibuat, Unik Dan Enak

Menggoda. Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan, madu mongso ini dijual di berbagai daerah di Jawa Timur, mulai dari Madiun, Blitar hingga Ponorogo.

Berikutnya adalah Brem asli dari Madiun. Jajanan ini berupa kepingan tipis putih pita ketan yang sudah difermentasi, kemudian didiamkan hingga mengeras dan dibentuk persegi.

Kalau kamu mau snack yang bikin kenyang, puding ini bisa jadi jawabannya! Makanan khas Kediri ini terbuat dari jagung manis atau tepung beras yang dicampur dengan santan kemudian dibungkus dengan daun jagung muda. Ya, Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Memang namanya bukan Jawa kalau makanannya tidak manis. Ada lagi, kue getti khas Tulungagung. Kue ini terbuat dari campuran kacang tanah, wijen dan gula merah yang kemudian ditempatkan dalam sebuah kotak. Sangat cocok untuk minum teh!

Jajanan Manis Khas Jawa Timuran, Cocok Buat Oleh Olehmu Nih

Beranjak ke Boyonegoro, ada yang pernah mendengar nama jajanan ini? Ya, sekilas penampilan kue ledra ini terlihat seperti kue semprong bukan? Tapi jangan salah, kedua makanan tersebut berbeda lho.

Ledre, namanya diambil dari salah satu proses pembuatan kue menjadi lembaran, yaitu ‘Ngeledre’. Kue ledre ini terbuat dari campuran tepung beras, pisang, santan dan berbagai bahan lainnya. Dengan rasanya yang manis-asin-renyah, Ledra dijamin tidak akan pernah bosan! Saya tidak percaya?

Tidak hanya sate yang terkenal di Ponorogo, tapi juga Mira Jenang yang terbuat dari ketan, gula merah dan santan. Mira sendiri adalah nama pemilik resep khas Jenang Ponorogo ini.

Kue Khas Jawa Timur Dan Resepnya

Berbeda dengan jenang lainnya, jenang Mira memiliki rasa asin selain manis. Apalagi tekstur jenang ini tidak lengket.

Takjil Khas Jawa, Menu Nikmat Saat Buka Puasa

Sale pisang asli Pacitan ini tak kalah unik! Umumnya penjualan pisang ini berupa pisang pipih, kali ini penjualannya dibungkus melingkar seperti keong. Bahkan ada yang kreatif mengemas penjualan pisang pacitan dalam berbagai bentuk buah seperti anggur. Sangat keren, bukan?

Kue manko ini memiliki proses produksi yang rumit, mulai dari perendaman ketan, penjemuran, penggilingan, hingga akhirnya bisa digoreng. Manko terbuat dari beras ketan, tepung ketan, biji wijen dan gula merah, yang kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil.

Jika gethuk biasanya terbuat dari singkong atau ubi, yang istimewa adalah gehuk khas Kediri ini terbuat dari pisang lho! Jajanan yang konon diturunkan secara turun temurun sejak zaman kerajaan Jenggala ini semakin menggiurkan dengan bungkus daun pisangnya yang mengeluarkan aroma khas!

Bola-bola kenyal, terbuat dari tepung ketan dan sagu, dilapisi wijen di bagian luar, ditambah isian kacang hijau manis yang lembut, apalagi jika tidak ada di satu tempat. Dan untuk jajanan bulat ini, satu-satunya daerah yang memiliki ikon jajanan ini adalah Mojokerto!

Resep Masakan Khas Jawa Timur Paling Populer Dan Enak

Dan babat terakhir yang diketahui adalah wingko dari daerah Lamongan. Makanan kenyal bertekstur ini biasanya keras, dengan rasa kelapa manis dan asin yang terbuat dari tepung ketan.

Wingko biasanya disajikan atau dibungkus dengan potongan-potongan kecil. Aroma kelapa parut yang gurih dan asin dijamin makin bikin ngiler!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dihasilkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jakarta Indonesia adalah salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang mengesankan dan luar biasa. Ada banyak masakan, kue bahkan jajanan yang melegenda dan pastinya enak menggoda lidah. Dari Sabang sampai Merauke, setiap daerah pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing.

Kue Khas Jawa Timur Dan Resepnya

Di Jawa Timur sendiri banyak sekali jajanan yang siap memanjakan lidah kita. Pada umumnya jajanan khas Jawa Timur memiliki rasa yang manis dengan aroma yang sangat menarik.

Resep Kue Tradisional Panggang Yang Tidak Alot

Berikut beberapa jajanan khas Jawa Timur yang enak untuk menantang lidah Anda. Tidak hanya enak, jajanan yang satu ini juga sudah melegenda dan disukai hampir semua orang. Apakah Anda tertarik pada sesuatu?

Camilan pertama adalah Brem. Ini adalah jajanan khas dari kota Madiun, Jawa Timur. Kotak panjang dengan tebal bream 1 sampai 2 cm. Brem terbuat dari pita ketan dengan cita rasa manis yang khas. Tekstur minumannya sendiri sangat lembut.

Camilan enak selanjutnya yang akan menggugah selera adalah getuk pisang. Jajanan ini merupakan jajanan khas dari Kediri, Jawa Timur. Seperti namanya, banana getuk adalah makanan ringan yang terbuat dari pisang yang diolah menjadi getuk. Getuk pisang memiliki rasa yang sangat khas.

Apel merupakan buah yang identik dengan kota Malang, Jawa Timur. Dan di kota ini ada jajanan yang legendaris dan tentunya sangat populer yaitu keripik apel.

Lepet Jagung, Jajanan Pasar Manis, Kenyal, Lembut, Enaknya Tiada Tara, Mudah Dibuat, Ini Resepnya

Gigitan berikutnya adalah gambir jahat. Opak gambir adalah makanan ringan yang berasal dari kota Blitar. Jahe Gambir memiliki rasa manis, asin dan tekstur renyah yang menggugah selera.

Jajanan Jawa Timur yang melegenda, lalu Getty Cake. Kue ini merupakan kue khas Tulungagung dan Blitar, Jawa Timur. Kue getty bisa dibuat dari kacang tanah atau biji wijen yang dicampur dengan saus gula merah kemudian dibiarkan kering.

Itulah beberapa jajanan khas Jawa Timur yang enak dan melegenda. Selain jajanan di atas, ada jajanan lain yang tak kalah melegenda, seperti mongso madu, ledra. jenang mirah, wingko babat dan masih banyak lainnya.

Kue Khas Jawa Timur Dan Resepnya

Dalam hubungan romantis, tidak hanya pria yang ingin membahagiakan pasangannya. Wanita juga sering berpikir, bagaimana cara yang tepat untuk membahagiakan pasangan? Jenis jajanan yang sering diminta adalah jajanan manis. Jawa Timur memiliki beragam makanan manis dengan cita rasa yang khas.

Yuk, Coba 10 Kue Khas Jawa Timur Yang Pasti Bikin Ketagihan!

Camilan manis ini merupakan makanan tradisional yang legendaris. Selain di pasar tradisional, jajanan ini juga bisa kamu buat sendiri di rumah. Resep jajanan manis ini cukup sederhana, dan bahan-bahannya pun mudah ditemukan.

Anda bisa mencoba membuat salah satu resep jajanan manis khas Jawa Timur ini. Berikut resep jajanan manis khas Jawa Timur, rangkuman Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (8 Maret 2020).

* Fakta atau penipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan WhatsApp cek fakta nomor Liputan6.com 0811 9787 670 dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan.

Madu mongso adalah penganan manis yang terbuat dari beras ketan hitam yang telah difermentasi dan kemudian dimasak dengan gula. Makanan khas Jawa Timur ini dimasak lama hingga menjadi dodol atau jenang.

Jajanan Khas Riau

Wingko babat dikenal sebagai jajanan khas Semarang. Namun, makanan ini sebenarnya berasal dari Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Berikut resepnya:

1. Masukkan tepung ketan putih, gula pasir, garam halus, vanili bubuk, santan, telur dan kelapa parut ke dalam mangkuk, aduk rata.

Sepintas, Petulo terlihat seperti putu mayang. Kue ini sering disajikan dengan sudut. Terkadang disajikan terpisah dengan santan dan gula merah.

Kue Khas Jawa Timur Dan Resepnya

Gemblong atau getas merupakan jajanan yang sering dijumpai di Jawa Timur. Geta biasanya berbentuk lonjong dengan rasa asin dan manis.

Resep Si Cantik Putu Ayu, Kue Tradisional Yang Masih Populer

3. Ambil 1 sendok makan adonan, gulung adonan menjadi bentuk lonjong dengan bantuan 1 lembar plastik film, kerjakan sampai adonan habis, sisihkan.

5. Gula dan air dituangkan di atas api sedang sampai mengental dan berbusa, tambahkan gemblon goreng, aduk rata sampai permukaannya tertutup gula sampai halus.

Kue bikang atau karabikang adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras berbentuk bunga yang bermekaran dengan berbagai warna. Kue bikang merupakan jajanan khas pasar yang biasa disantap pada pagi atau sore hari.

Prol Tape memiliki perpaduan rasa manis, asam dan asin. Prol tape merupakan salah satu oleh-oleh khas Jember yang paling banyak dicari.

Aneka Resep Kue Tradisional Khas Sunda Yang Mulai Langka, Yuk Coba!

2. Kocok telur di mangkuk terpisah. Saat telur telah naik, tambahkan ke campuran untuk strip, aduk rata.

5. Tambahkan kismis, aduk hingga rata. Siapkan cetakan berupa loyang yang sudah diolesi mentega dan dialasi kertas roti.

6. Masukkan adonan ke dalam cetakan, panggang selama 30-40 menit dengan suhu api 150-175 derajat celcius.

Kue Khas Jawa Timur Dan Resepnya

7. Saat prol strip mulai matang, keluarkan dari oven sebentar, lalu olesi dengan kuning telur agar warnanya semakin menawan. Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali jenis kue tradisional Indonesia. Kue basah ini populer disebut jajanan pasar, sehingga kue basah mudah ditemukan di pasar tradisional. Namun, sejak terciptanya berbagai jenis kue, dulunya hanya dijual di pelabuhan.

Bagaimana Cara Membuat Lumpia Goreng Khas Semarang Yang Lezat? Baca Dulu Resepnya Berikut

Pelabuhan adalah tempat pertama di mana semua jenis kue diperdagangkan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak jenis kue basah tradisional yang dipengaruhi oleh resep kue khas negara tetangga. Ciri khas kue basah berbagai budaya dari China biasanya menggunakan tepung beras.

Nah, pengaruh dari barat adalah penggunaan tepung terigu. Sementara itu, aneka kue tradisional Indonesia menggunakan tepung ketan dan umbi-umbian. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar jenis kue tradisional memiliki tekstur yang lengket. Berikut Liputan6.com mengulas berbagai jenis kue basah dan cara membuatnya dari berbagai sumber, Selasa (25/5/2021).

* Fakta atau penipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan WhatsApp cek fakta nomor Liputan6.com 0811 9787 670 dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan.

Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata dengan mixer kecepatan rendah atau bisa juga dengan spatula.

Resep Makanan Khas Daerah, Mudah Dibuat

Panaskan loyang kue, tuang adonan ke dalamnya dan tutup dengan api kecil. Setelah 3/4 matang, tambahkan saus dan lanjutkan memasak sampai matang.

Untuk lapisan bawah, campurkan dulu semua bahan, lalu tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whisk sampai ada gumpalan.

Lumasi cetakan untuk casserole dengan sedikit minyak, lalu panaskan dengan uap. Setelah dipanaskan, tuang adonan lapis pertama 3/4 memanjang, sekitar 10 menit.

Kue Khas Jawa Timur Dan Resepnya

Parut atau parut keju sebagai topping. Lalu campurkan dengan ragi roti

Mau Makan Pepes Ikan Mas Khas Jawa Barat? Baca Dulu Resepnya Berikut

Makanan khas lombok dan resepnya, masakan khas jawa tengah dan resepnya, kue khas jawa tengah dan resepnya, makanan khas daerah dan resepnya, makanan khas jawa timur dan resepnya, makanan khas jawa tengah dan resepnya, makanan khas sunda dan resepnya, makanan khas banten dan resepnya, masakan khas jawa timur dan resepnya, kue khas gorontalo dan resepnya, minuman khas jawa timur dan resepnya, masakan khas bali dan resepnya

Comments

social bar