free statistics

Kue Khas Daerah Lombok

Rate this post

Kue Khas Daerah Lombok – Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah telah tiba. Usai Sholat Idul Fitri di rumah, saatnya menyantap hidangan Lebaran khas Lombok.

JAKARTA – Idul Fitri 1 Syawal 1441H telah tiba. Usai Sholat Idul Fitri di rumah dan halal bihalal virtual bersama kerabat, saatnya menyantap Lombok, hidangan lebaran khas Nusa Tenggara Barat.

Kue Khas Daerah Lombok

Kue Khas Daerah Lombok

Mengapa Lombok karena pulau inipun memiliki sejumlah kuliner yang menarik, terutama saat Idul Fitri tiba. Berikut 5 masakan khas Pulau Lombok saat Lebaran.

Makanan Khas Lombok Yang Bikin Ketagihan Dan Kangen

Dalam bahasa Indonesia, poteng jaje tujak berarti makanan ringan yang dihaluskan. Kue tituler ini dimakan dengan lakban. Orang Sasak percaya bahwa siapa pun yang membuat poteng jaje tujak harus dalam keadaan suci atau, bagi wanita, tanpa haid.

Sedangkan ewel merupakan kue yang terbuat dari beras ketan hitam dengan rasa manis, asin, dan kenyal. Kue mirip dodol ini dibuat melalui proses pemanggangan dan dapat bertahan hingga 5 hari. Selain disajikan saat Idul Fitri, Iwel juga muncul saat perayaan adat.

Kue Kerake merupakan jajanan khas dari Kabupaten Lombok Timur. Sekilas kue ini terlihat seperti susunan bawang putih. Kue beras ketan ini memiliki rasa yang manis dan sedikit kenyal

Kemasan Kue Kerakae adalah salah satu keistimewaannya. Kue ini dibungkus dengan kulit jagung dan diikat menjadi tiga bagian di bagian atas, bawah dan tengah.

Makanan Khas Lombok Barat & Timur (terkenal Lezat)

Kue kering manis gurih ini berasal dari Desa Sakra, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. Karena sifatnya yang lembut, kue temerok biasanya disimpan di tempat yang terlindung dari kelembaban atau ditutup dengan kantong plastik atau toples yang tertutup rapat.

Tekstur jajanan khas Lombok ini lembut sehingga harus diperhatikan agar tidak pecah dan jatuh. Serorot dibungkus dengan daun kelapa yang berbentuk seperti tabung kecil. Serorot dimakan dengan cara menekan bagian bawahnya untuk memaksa isi kue keluar dari bungkusnya.

Ada sedikit perbedaan antara Serorot khas Lombok dengan beberapa daerah di Jawa. Serorot khas Lombok ini memiliki bahan tambahan berupa ampas buah rotan yang ditambahkan ke adonan kue pada saat proses pembuatannya.

Kue Khas Daerah Lombok

Jenis sayuran segar ini memiliki rasa yang pedas dan segar. Beberuq Terong merupakan lauk untuk berbagai masakan. Terbuat dari terong bulat dan panjang yang dibakar, beberuk biasanya dipadukan dengan sambal kangkung.

Plecing Kangkung, Makanan Khas Lombok Dengan Sensasi Pedas Membuat Anda Ketagihan

Presiden Jokowi dan para menterinya tidak akan menggelar sidang terbuka atau halal bihalal Idul Fitri 1 Syawal 1441H.

Selain mengikuti kegiatan yang termasuk dalam program perayaan HUT DKI Jakarta, Anda juga bisa merayakannya dengan jalan-jalan. Suku Sasak Lombok memiliki kue tradisional ketan yang rasanya legit. Seperti Tikel dan Bangat yang menjadi favorit suku Sasak.

Lombok memang identik dengan destinasi wisata berupa pantai Nusa Tenggara Barat, namun ada juga beberapa desa wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Desa Sukarara yang terletak di Lombok Tengah, tempat tinggal suku Sasak. Selain itu, desa ini juga merupakan sentra kain tenun Songket Sukrara.

Tim Daetic bersama redaksi lainnya berkesempatan mengunjungi desa wisata Sukara sebagai bagian dari road trip Toyota Corolla Cross Hybrid seri Explore Mandalika (20/11). Tidak hanya bisa melihat proses menenun dengan mata kepala sendiri, tim Detik juga belajar tentang kue tradisional suku Sasak yang populer di kalangan masyarakat desa Sukurara.

Resep Makanan Khas Lombok Dan Cara Pembuatannya

Yaitu Tikel dan Bangat, kue tradisional yang sering mereka santap dalam aktivitas sehari-hari. Lalu kami juga melihat warga menikmati kue sambil merajut.

Amin, salah seorang warga suku Sasak di desa Sukrara mengatakan, dalam hitungan detik tampilannya mirip kue Tikel dan Bangut. Ternyata bahan utama pembuatan Tikel dan Bangut adalah beras ketan.

“Kalau tikel ini dibungkus daun kelapa. Rasanya manis asin isi kacang merah. Kalau dari beras ketan dibungkus daun pisang. Dimasak kurang lebih sehari supaya teksturnya kenyal.” dimakan dengan parutan kelapa, gula aren,” jelas Amin.

Kue Khas Daerah Lombok

Tikel dan bangut memiliki karakteristik yang berbeda meski sama-sama terbuat dari beras ketan. Tikel terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kacang merah dan dibungkus dengan janur atau daun kelapa agar rasanya manis dan asin. Sepintas, Tikel sangat mirip dengan kue lepet, kue khas Jawa Barat.

Resep Masakan Khas Lombok Yang Telah Melegenda Kelezatannya

Untuk Bangut, kue ini juga terbuat dari beras yang dicampur dengan santan. Kemudian masak selama sekitar satu hari, minimal 6 jam. Bangat berukuran lebih besar dari gelitik dan warnanya hijau. Untuk menikmatinya juga perlu dipotong terlebih dahulu.

Sepintas sangat mirip dengan Lopis atau Lemang. Hanya sausnya yang berbeda untuk dinikmati. Jika lopis menggunakan taburan kelapa dan kuah gula merah, lemang menggunakan potongan ketan dan benar-benar memakan kelapa parut yang dicampur dengan gula aren.

Masyarakat Sasak Desa Sukarara biasa mengkonsumsi tikel dan bangeet dalam bekerja sehari-hari. Tak hanya itu, kue tradisional tikkel dan baguette juga kerap disajikan pada perayaan besar. Seperti halnya pernikahan, orang Tehsil meninggal pada tanggal 9, khitanan, hingga panen.

Amin mengatakan, “Dihidangkan saat ada hajatan, seperti pesta pernikahan. Pada hari kesembilan, orang juga meninggal, anak disunat, ada panen.” bisakah kamu mendapatkannya Berikut beberapa daftar jajanan khas Lombok yang wajib Anda coba:

Ternyata Lombok Juga Punya Makanan Khas Yang Wajib Dicoba

Berbentuk seperti snack tumpeng, dibungkus dengan daun kelapa dan dikukus, proses pembuatannya sangat sederhana. Serorot terbuat dari tepung beras, gula merah dan santan.

Awal pembuatan sarot adalah mencampurkan campuran santan dan gula merah dengan tepung beras dan diaduk perlahan hingga adonan mengental. Kemudian setelah mengeras, siapkan daun kelapa yang telah dibuat lalu masukkan adonan tersebut ke dalam daun kelapa yang di buat tumpeng dan kukus hingga matang, kelihatan empuk dan enak.

Kelepone adalah salah satu camilan favorit saya di pagi hari. Jajanan ini berbentuk bulat dan di dalamnya terdapat gula merah cair yang terbuat dari tepung beras ketan dan gula merah serta dicampur dengan kelapa parut. Biasanya kelepon berbentuk bulat berwarna hijau, warna hijau tersebut didapat dari campuran daun sage.

Kue Khas Daerah Lombok

Memasak hidangan ini juga sangat populer di kalangan penduduk setempat. Cemilan ini terbuat dari tepung terigu, santan, gula merah dan masih banyak bahan alami lainnya. Bahan-bahan tersebut dicampur hingga membentuk adonan cair yang dipanggang menjadi bentuk bulat kecil menggunakan oven tanah liat. Pancake ini biasa disantap pada pagi dan sore hari serta waktu senggang.

Lampak_lampak: Sensasi Jaje Ore/ure Dari Jerowaru

Selain daftar jajanan tradisional di atas, Lombok masih memiliki sejumlah jajanan tradisional unggulan. Bagi Anda yang berada di Lombok dan ingin menikmati jajanan khas ini, Anda bisa menemukannya di banyak pasar tradisional seperti Pasar. Keban Roke (Ampenon). , Pasar Kakarnegara.

Atau yang tidak sempat masuk ke pasar tradisional bisa mencoba salah satu pasar modern yang menyajikan jajanan khas Lombok seperti mirasa (Kakarnegara) dan masih banyak pasar modern lainnya. Tempat-tempat yang disebutkan di atas semuanya ada di kota Mataram sehingga sangat mudah untuk menemukannya.

Kami merekomendasikan untuk mencoba atau menjajal jajanan ini di pagi hari dan anda bisa langsung menghubungi team service Gadija Lombok kami untuk konsultasi seputar kebutuhan wisata Lombok. Memasuki bulan Ramadan, banyak sekali resep masakan yang bisa dijadikan santapan berbuka puasa. Jika kebetulan Anda sedang berbuka puasa di Lombok, berikut adalah beberapa makanan penutup eksklusif Masjid Pulau Seribu yang cocok untuk berbuka:

Jajanan ini terbuat dari tepung beras yang dibungkus dengan kulit jagung. Tekstur dan tekstur serbuk gergaji sedikit mirip dengan Jenang dari Jawa. Bentuknya yang memiliki tiga bagian utama membuat kue ini memiliki bentuk yang unik.

Resep Makanan Khas Daerah, Mudah Dibuat

Tidak berbeda dengan kuerake, kue ini juga dibuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan gula merah. Satu-satunya perbedaan adalah penambahan parutan kelapa. Selain itu, kulit bungkus tumbak terbuat dari daun kelapa.

Tampilan masakan ini sekilas mirip dengan Kolak Biji Salak. Namun, bola-bola kuning pada masakan ini bukan berasal dari campuran ubi jalar, melainkan dari tepung beras ketan, tepung beras, dan tepung kanji. Saus bumbunya berasal dari rebusan gula merah dan pandan. Kue ini sangat terkenal tidak hanya di Lombok tetapi juga di Pulau Bali.

Sepintas, masakan ini tidak jauh berbeda dengan kelepon di Jawa. Hanya saja bentuk kelepon keserit ini memanjang atau lonjong. Kata kekirit mengacu pada sensasi gula merah yang keluar saat dikonsumsi.

Kue Khas Daerah Lombok

Kue ini memiliki keistimewaan tersendiri. Selubungnya yang menyerupai tabung kecil ini berasal dari gulungan daun kelapa. Meski makanan serupa bisa ditemukan di wilayah Jawa Tengah, namun krot khas Lombok memiliki tambahan ampas rotan di dalamnya.

Makanan Khas Lombok Terkenal Enak Incaran Wisatawan

Itulah beberapa penganan tradisional khas Lombok yang cocok sebagai teman berbuka puasa. Selain lima kue di atas, masih ada kue khas Lombok lainnya yang bisa Anda coba selama berada di sana. (Kita)

Kue khas lombok yang enak, khas lombok, resep kue tarek khas lombok, ciri khas daerah lombok, kue tradisional khas lombok, kue kering khas lombok, kue khas lombok, resep kue khas lombok, makanan khas daerah lombok, resep kue keong khas lombok, kue khas lombok timur, kuliner khas lombok

Comments

social bar