free statistics

Kelebihan Memasak Nasi Dengan Cara Dikukus

Rate this post

Kelebihan Memasak Nasi Dengan Cara Dikukus – Liputan6.com, Jakarta Cara memasak nasi bisa menggunakan rice cooker atau secara tradisional. Bikin nasi lebih pulen, tidak kering dan tidak lengket, tentu menambah nafsu makan.

Untuk melakukan ini, Anda harus menerapkan tips memasak nasi agar mengembang. Caranya tidak sulit, yang utama takaran beras dan air yang digunakan. Ini berlaku untuk penanak nasi dan metode tradisional.

Kelebihan Memasak Nasi Dengan Cara Dikukus

Kelebihan Memasak Nasi Dengan Cara Dikukus

Memasak nasi di rice cooker pasti lebih nyaman daripada cara tradisional. Namun, Anda tetap harus memperhatikan langkah-langkah pengerjaannya agar nasi tidak menjadi kering, lengket atau lembek. Jumlah air yang digunakan harus pas, tidak boleh kurang lebih jika ingin nasi yang lebih pulen dan enak untuk keluarga.

Manfaat Nasi Jagung Untuk Kesehatan

* Fakta atau lelucon? Jika Anda ingin mengetahui kebenaran informasi yang disebarluaskan, silakan WhatsApp nomor cek fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan.

Cara memasak nasi di rice cooker adalah keputusan utama kebanyakan orang saat ini. Hal ini dikarenakan cara menanak nasi lebih nyaman dibandingkan dengan cara tradisional.

3. Pastikan ketinggian air adalah salah satu segmen penunjuk. Saat menanak nasi di rice cooker, ada batas maksimal berapa banyak nasi yang dimasak. Perhatikan garis pengukur di penanak nasi agar nasi atau air mengalir keluar dan nasi menyebar dengan baik.

5. Tunggu beberapa saat, biasanya akan ada suara atau asap dari lubang khusus di bagian atas rice cooker sebagai tanda nasi sudah matang.

Dapur Cempakasari: Nasi Lemak Kukus Ayam Goreng Rangup

Cara memasak nasi di rice cooker ini sangat mudah digunakan. Anda juga bisa membuat nasi menjadi pulen dan tidak kering atau lengket dengan mengikuti tips yang dibahas di bawah ini.

Cara tradisional menanak nasi menggunakan kompor dan panci sudah jarang digunakan lagi. Bahkan bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan yang sibuk, cara memasak nasi ini mungkin sudah lama ditinggalkan. Karena memasak tradisional membutuhkan waktu. Namun, cara ini biasanya menghasilkan nasi yang tahan lebih lama dan lebih harum.

1. Pilih beras yang berkualitas baik, lalu cuci sampai bersih, singkirkan batu-batu kecil, butiran atau kotoran lain yang menempel di antara butiran beras. Saat mencuci beras, bilas beberapa kali sampai airnya jernih untuk menghilangkan sisa pati. Hal ini dapat menyebabkan nasi menjadi lengket. Mencuci akan memakan waktu cukup lama, jadi bersabarlah.

Kelebihan Memasak Nasi Dengan Cara Dikukus

2. Rendam beras selama 30 menit sebelum dimasak. Cara ini konon sudah banyak digunakan oleh orang Jepang saat menanak nasi.

Inilah Cara Memasak Nasi Untuk Mencegah Badan Gemuk

3. Saat nasi bersih, masukkan nasi dan air bersih ke dalam panci setinggi satu inci dan masak dengan api sedang-tinggi.

4. Saat kita menanak nasi, kita perlu mengaduk nasi secara menyeluruh agar kerak tidak terbentuk di dasar mangkuk. Proses pencampuran ini dilakukan saat air masih dingin hingga mendidih dan meresap ke dalam nasi hingga nasi matang.

4. Kemudian kukus nasi selama kurang lebih 15 sampai 30 menit tergantung porsi nasi yang dikukus dan nasi siap dihidangkan.

Saat menggunakan metode memasak nasi untuk membuat nasi pulen, sangat penting untuk mempertimbangkan jumlah air. Sangat penting untuk memeriksa proporsi atau perbandingan air dengan beras karena ini akan menentukan hasil beras yang dihasilkan.

Mpasi Bayi Direbus Vs Dikukus, Mana Lebih Baik?

Untuk nasi putih, campurkan 1 cangkir nasi dengan satu setengah cangkir air. Untuk hasil yang baik, gunakan gelas ukur.

Untuk beras merah, perbandingannya adalah 2:1. Jadi dua gelas air (atau sup) untuk satu gelas nasi. Beras mentah, di sisi lain, membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak dan menyerap air. Oleh karena itu, diperlukan perbandingan tiga gelas air dengan satu gelas beras (3:1).

Menambahkan lebih dari secangkir air akan membuat nasi menjadi lembek. Bahkan jika terlalu banyak, itu akan menjadi lembek seperti bubur.

Kelebihan Memasak Nasi Dengan Cara Dikukus

Sebaliknya bila kadar air lebih rendah dari indikator, maka nasi tersebut “setengah matang” atau sering disebut dengan nasi kukus. Saat dimakan, tekstur nasinya masih ada, sehingga sulit untuk disentuh.

Jual Signora Rice Cooker Low Carbo Plus Bonus Indonesia|shopee Indonesia

Ada juga cara memasak yang sederhana agar nasi tetap mengembang saat dimakan, meski sudah dihangatkan dalam rice cooker selama beberapa waktu. Warna nasinya juga tidak kuning.

Diamkan selama 20 menit, lalu aduk nasi yang baru dimasak ini sedikit. Trik ini adalah untuk menjaga nasi lebih longgar. Baca Juga: Cara Memasak Nasi Merah Super Lezat Hanya Menggunakan Rice Cooker, Rahasianya Ada di 3 Langkah Ini

Baca Juga : Tips Membuat Ikan Bandeng Presto Super Lembut Tapi Tidak Dihaluskan ala Semarang. Bahkan pemula pun bisa mengetahui 1 trik rahasia ini

Baca juga: Rahasia Kaki Naga Super Lezat Terungkap, Bahannya Efektif dan Sangat Mudah Bahkan Untuk Pemula

Cara Memasak Beras Basmati

Baca Juga: Jangan Biarkan Pedagang Nakal Membodohi Anda, Ini Cara Memilih Ikan Asin Segar & Bebas Formalin yang Bisa Anda Cek Dari Penampilannya!

Informasi puluhan tahun kepemilikan rice cooker. Maaf, saya baru tahu cara agar tagihan listrik Anda tidak kembung adalah dengan melakukan trik sederhana ini, Moms bisa melakukannya!

Info Coba ajarin laundry cara bikin handuk kotor jadi bersih dan mengkilat kayak baru beli yang perlu direndam bahan ini

Kelebihan Memasak Nasi Dengan Cara Dikukus

Info Elpiji masih penuh bensin. Mengapa kompor tidak menyala? Mungkin ada masalah di bagian ini, bukan berarti kompor gasnya rusak

Tips Dan Cara Memasak Nasi Dengan Kompor Gas

Tips agar permen jagung tidak menyusut hingga seminggu, cara menyimpan permen jagung di lemari es yang tidak banyak orang tahu, coba sendiri di rumah

Informasi Tidak perlu repot mencuci, di sini Anda akan belajar cara menghilangkan noda karpet membandel hanya dengan minyak kayu putih, bersih mengkilat dalam waktu singkat!

Info janji temu TANPA operasi mahal, Miss V tidak akan secemerlang saat masih muda, modalnya hanya menggunakan sisa bawang putih

Malu infonya kalau ada yang tau bau kaki bisa hilang tanpa dicuci, kuncinya pakai tepung ini

Panci Listrik Terbaik

Info nya maknyus, air rebusan beras diam-diam memberikan perubahan ini ke seluruh tubuh, jika rajin dikonsumsi pasti yang suka membuangnya akan menyesal.

Informasi Informasikan kepada rumah tangga! Bahaya meletakkan ponsel di samping bantal saat tidur terbukti menakutkan dan menjadi penyebab penyakit paling mematikan ini.

Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96

Kelebihan Memasak Nasi Dengan Cara Dikukus

#cara menghilangkan noda kuning pada pakaian tanpa pemutih #cara memutihkan pakaian putih #cara mematikan suara stempel listrik #cara menghilangkan noda hitam #meletakkan jahe di kaki #bakwan renyah dan tidak berminyak #menghilangkan abu-abu rambut dengan lada hitam #cuka dapat membersihkan bedak #mematikan meteran listrik yang diiklankan #cara menghemat listrik di rumah Semangkuk nasi mengandung sekitar 240 kalori yang jika tidak dibakar dapat diubah menjadi lemak di dalam tubuh. Kelebihan kalori yang masuk ke dalam tubuh kemudian menjadi lemak dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas.

Teri Nasi Kukus

Dikutip Science Alert, tim peneliti di Sri Lanka dikabarkan baru saja menemukan terobosan baru, cara memasak nasi sederhana yang bisa menurunkan kandungan kalori hingga 50 persen.

Pertama kita perlu menyiapkan panci berisi air mendidih. Sebelum Anda memasukkan nasi ke dalamnya, Anda perlu menambahkan minyak kelapa ke dalam nasi terlebih dahulu.

Minyak kelapa hanya perlu sekitar 3 persen dari berat beras yang ingin Anda masak. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan setengah gelas nasi, Anda perlu menambahkan satu sendok teh minyak kelapa terlebih dahulu.

“Setelah selesai, kami membiarkan nasi yang dimasak dingin di lemari es selama sekitar 12 jam,” kata Sudhair James, seorang mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kimia Sri Lanka yang memimpin penelitian tersebut, lapor Washington Post.

Bukan Hanya Enak Tapi Banyak Manfaat Dari Nasi Bambu

Jika Anda ingin memakannya, Anda harus memasukkannya ke dalam microwave untuk mendapatkan nasi yang lembut dan hangat yang siap disantap.

James mempresentasikan metode dan hasil penelitiannya di National Meeting and Exposition American Chemical Society (ACS) 2015. Cara menanak nasi yang disampaikannya didasarkan pada pemahaman bahwa ada dua jenis utama pati – zat yang ditemukan dalam nasi dan makanan bertepung lainnya, yaitu pati yang mudah dicerna dan pati resisten.

Pati yang mudah dicerna dapat dengan cepat diubah menjadi glukosa dan kemudian menjadi lemak dalam tubuh jika tidak dibakar melalui aktivitas. Pati resisten tidak terurai menjadi glukosa di perut dan karenanya lebih rendah kalori. Pati resisten ini bertindak lebih seperti serat dan bermanfaat bagi usus yang dilaluinya.

Kelebihan Memasak Nasi Dengan Cara Dikukus

Sederhananya, proses menanak nasi di atas berupaya mengurangi kandungan pati nasi yang mudah dicerna dan mengubahnya menjadi pati resisten.

Memasak Tanpa Digoreng, Ini Alternatifnya

Dalam proses memasak nasi ala mahasiswa Sri Lanka ini, minyak yang ditambahkan berinteraksi dengan molekul pati, mengubah strukturnya. Adapun proses selanjutnya, James menjelaskan, “Dengan mendinginkan selama 12 jam, amilosa membentuk ikatan hidrogen antarmolekul di bagian luar butiran beras, mengubahnya menjadi pati resisten.”

Setelah itu, nasi perlu dipanaskan dalam oven microwave agar nasinya hangat dan enak untuk disantap. Memanaskan kembali nasi yang didinginkan tidak mengubah kandungan pati resistennya.

James dan supervisornya, Pushparajah Tvararajah, sebelumnya menunjuk data penelitian yang menunjukkan nasi goreng memiliki kadar pati resisten yang lebih tinggi daripada nasi kukus yang banyak dikonsumsi orang. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa mendinginkan pasta sebelum memanaskannya untuk dikonsumsi sangat meningkatkan kandungan pati resisten pada pasta. Jadi James dan mentornya Tvararajah ingin mengeksplorasi ini lebih jauh.

Dengan menggunakan metode memasak nasi ini, mereka menemukan bukti bahwa mereka dapat mengurangi kandungan pati yang mudah dicerna dalam nasi olahan bermutu rendah hingga 15 kali lipat. Ini terkait dengan pengurangan 10-15% kandungan kalori.

Apa Fungsi Dan Kelebihan Panci Kukus?

James dan Tvararajah percaya bahwa mereka dapat mengurangi kalori hingga 50 hingga 60 persen dengan nasi yang dimasak dari nasi terbaik Sri Lanka, Suduru Samba.

Tidak

Cara memasak nasi dikukus, cara memasak nasi dengan dikukus, cara memasak nasi dengan magic com philips, cara memasak beras merah dikukus, cara memasak nasi dengan kompor, cara memasak nasi tanpa dikukus, cara memasak ubi cilembu dikukus, memasak nasi tanpa dikukus, cara memasak nasi goreng dengan bumbu racik, cara memasak nasi dengan magic com, cara memasak nasi di kompor tanpa dikukus, cara memasak edamame direbus atau dikukus

Comments

social bar