free statistics

Jajanan Khas Balige

Rate this post

Jajanan Khas Balige – Medan selalu menawarkan keistimewaannya, mulai dari tempat wisata hingga penduduknya. Kuliner, makanan khas Medan adalah salah satunya.

Dengan varian rasa, bahan dan kualitas yang tinggi, setiap masakan khas Medan memiliki keunikan tersendiri. Ada rasa manis, legit, dan pedas yang mungkin tidak terlintas di kepala Anda.

Jajanan Khas Balige

Jajanan Khas Balige

Memulai hari baru di kota Medan pastinya lebih menyenangkan dengan mencicipi kuliner khas. Hidangan yang wajib dicoba adalah lontong medan, hidangan yang biasa disantap untuk sarapan pagi. Anda dapat dengan mudah menemukan makanan lezat ini di hampir setiap jalan di Medan.

Berikut Makanan Khas Di Balige Wajib Dicoba

Dengan harga yang relatif murah, Anda bisa menikmati sarapan pagi yang mengenyangkan lengkap dengan kue-kue, saus teri kacang, tauko, mi, saus kacang, saus sayur, dan kerupuk merah putih yang renyah; Beberapa menambahkan telur dan kue. Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk mencoba masakan ini adalah Lontong Kak Lin.

Spageti ala Batak, begitulah namanya. Berada di tepi Danau Toba, makanan khas daerah Balige menjadi salah satu makanan khas Medan yang wajib dicoba.

Keistimewaan makanan ini berupa mie berukuran besar. Mie ini hanya dibuat di Sumatera Utara dan biasa disebut mee batang. Selain dimakan langsung, mie ini juga bisa dicampur dengan kuah longtong atau bumbu kacang. Ada banyak tempat untuk menikmati Mie Gomak, namun jika Anda mencari sesuatu yang istimewa, Anda bisa langsung menuju ke Pasar Baliji.

Mengapa sate padang menjadi makanan khas di Medan? Pertanyaan ini agak sulit untuk dijawab. Namun nyatanya banyak makanan khas dari kota lain yang rasanya lebih enak jika disantap di Medan.

Yuk Cicipi Tahok Jajanan Khas Solo

Salah satu sate padang terpopuler di Medan adalah Sate Padang Al Fresh Co, meskipun sate padang ini juga bisa kamu temukan di berbagai tempat di Medan!

Mie Aceh kini telah pindah ke Medan dan berhasil menjadi salah satu makanan paling ikonik di kota tersebut. Tidak hanya murah, Mie Aceh juga memiliki cita rasa yang khas. Hidangan lezat ini bisa Anda dapatkan di Mie Aceh Titi Bobrok yang buka hingga pukul 22.00.

Medan pun punya Soto Tau dan rasanya tidak kalah dengan Jawa. Soto Medan memiliki ciri khas kuah santan berwarna kuning kehijauan dengan bumbu utama kacang hijau. Soto Medan juga menawarkan berbagai macam isian mulai dari daging sapi, ayam, bahkan udang.

Jajanan Khas Balige

Menu tambahan yang paling cocok disajikan saat menyajikan Soto Medan adalah perkedel ubi dan udang rempeyek. Untuk mendapatkan cita rasa terbaik, Anda bisa menikmati hidangan khas Medan di Restoran Sinar Pagi.

Kuliner & Makanan Khas Sumatera Utara: Daftar Hidangan & Masakan Khas Sumatera Utara

Ingin mencoba makanan khas Medan yang unik? Bihun bebek bisa jadi pilihan. Jangan menganggap hidangan ini sebagai bebek dengan bihun sebagai lauknya, tetapi anggaplah hidangan ini sebagai sup dengan rasa yang unik sebagai lauk untuk daging bebek.

Bihun Daging Medan menawarkan dua pilihan saus, yaitu saus dan saus sayur. Bagi yang tertarik untuk mencoba bihun bebek ini, Warung Asie mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Makanan favorit Indonesia ini juga memiliki ciri khas tersendiri di Medan. Bakso sapi tidak terbuat dari daging sapi atau ayam, melainkan daging giling dengan tepung dan bumbu yang lezat. Bagaimana dengan rasanya? Ternyata, Anda harus mencobanya sendiri untuk merasakan keunikannya.

Bakso Amat Halal dekat Bandara Polonia Medan mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mencoba bakso. Restoran ini terkenal dengan rasa dagingnya yang kuat dan saus manis yang menggugah selera. Selain itu, kamu juga harus mencoba sate kerang dan bakso gorengnya yang renyah.

Wisata Pantai Pasir Putih Bulbul Balige Mulai Ramai

Banyaknya penduduk etnik Batak Karo di kota Medan menyebabkan makanan khas Tana-Karo menyebar ke seluruh penjuru kota. Salah satu hidangan ikonik tersebut adalah Babi Panggang Karo.

Bagi penikmat makanan non-halal, makanan ini bisa menjadi alternatif saat berkunjung ke Medan. Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk mencoba makanan khas Medan adalah di Thessalonika Outlet.

Berdiri sejak tahun 1934, Tip Top Restaurant menyajikan es krim yang kini menjadi salah satu menu khas Medan. Es krim “Zaman Belanda” ini memiliki rasa yang unik dan menyegarkan, tampilan dan aromanya kuno.

Jajanan Khas Balige

Jika Anda tertarik untuk mencicipi kelezatan perpaduan es krim dan tart ini, kunjungi saja restoran yang ada di Dataran Kesavan.

Semarak Kuliner Kalimantan Di Festival Kuliner Serpong 2018

Medan juga dikenal dengan kulinernya yang kaya rempah, seperti kari bihun tabona. Bicara soal gulai, pasti terbayang kuahnya yang kental dengan rasa yang nikmat, aroma yang khas, dan bumbu yang harum.

Bumbu kari juga benar-benar meresap ke dalam daging dan Anda bisa merasakannya baik pada daging maupun bihunnya. Mereka juga memasak nasi lho… um, yum-yum! Tempat terbaik untuk mendapatkan makanan ini, kunjungi saja Restoran Tabona.

Salah satu kuliner di Medan yang wajib dicoba bagi penikmat masakan non halal adalah saksang. Saxang adalah sup yang terbuat dari daging babi, anjing, atau kerbau. Daging kemudian dicincang halus dan direbus menggunakan bumbu dan santan. Saxang dimakan dengan darah hewan yang direbus, atau hanya dengan bumbu.

Sajian ini menjadi sajian wajib bagi suku Batak pada pesta-pesta adat. Banyaknya warung makan Batak Karo di Medan memudahkan masyarakat untuk mencicipi kelezatan masakan ini, salah satunya terdapat di toko BPK Thessalonika.

House Of Meat—salah Satu Rumah Makan Babi Yang Best Di Medan

Indonesia memiliki rujak buah hampir di setiap daerah. Di Medan, hidangan ini disebut salad kolam. Dinamakan demikian karena perintis makanan ini dijual di dekat Kollam Delhi.

Diantara jajanan pinggir jalan yang terkenal di Medan ini memiliki rasa yang pedas namun tetap menyegarkan karena buah di dalamnya sangat juicy. Mencucup!

Teh susu telur Medan menjadi sajian kuliner lain yang tak kalah terkenal. Perpaduan antara susu kental manis, teh dan telur ini memberikan efek menghangatkan bagi yang meminumnya.

Jajanan Khas Balige

Tuan rumah terkenal di Medan adalah Pak Haji Jalan Puri. Banyaknya pengunjung adalah bukti mengapa TST di sini memiliki rasa yang berbeda dari yang lain.

Rekomendasi Jajanan Kaki Lima Di Jogja Yang Enak Dan Murah

Kuliner Tionghoa ini sangat fenomenal di beberapa daerah Indonesia, antara lain Medan yang disebut Kwetiau, dan Kwetiau Ateng merupakan salah satu yang paling populer di kota ini.

Yang membuat quetiaw ini begitu terkenal adalah tekstur mie yang lembut, belum lagi jumlah porsinya yang luar biasa. Mengimbangi porsi jumbo di setiap sajiannya, lauk pauknya juga banyak dan sambal yang menyertainya. Secara keseluruhan rasanya manis dan pedas, tapi sangat berkesan.

Makanan penutup lain yang harus Anda temukan di Medan: kolak durian. Jajanan Medan yang manis dan menyegarkan ini memiliki tekstur dan cita rasa yang tidak bisa dibandingkan dengan masakan kolak lainnya.

Tempat terbaik untuk mendapatkan hidangan ini adalah Kolak Durian di Naila, yang terletak di dekat kampus Universitas Sumatera Utara. Menyantap kolak ini di tengah cuaca panas Medan memberikan kenikmatan tersendiri bagi pembelinya.

Sabusa Makanan Tradisional Yang Wajib Dicicipi Saat Berwisata Ke Sulawesi Barat

Tertarik mencoba beberapa makanan khas Medan di atas? Atau apakah Anda memiliki petunjuk tentang makanan khas Medan lainnya untuk dicoba? Jangan lupa untuk berbagi informasi dengan kami, oke?

Muhammad Januar suka bepergian ke tempat baru dan bertemu banyak orang. Membaca, menulis, dan berolahraga juga menjadi hobi bagi penyuka wisata kuliner ini.

Warnanya putih keruh, digiling seperti nasi sebelum digiling, rasanya hampir sama dengan nasi bakar.

Jajanan Khas Balige

Tipatipa terbuat dari beras yang direbus, proses pembuatannya tidak terlalu rumit, tetapi membutuhkan tenaga tambahan. Nasi yang telah matang direbus terlebih dahulu selama tiga hari, kemudian disaring untuk membuang bagian nasi yang kosong. Selain itu, nasi disangrai menggunakan arang hingga nasi kering dan mudah dikeluarkan.

Mie Gomak, Spaghetti Dari Toba

Setelah proses penggorengan, nasi direbus dalam lesung. Di sinilah proses pembuatan Tippatipa membutuhkan tenaga lebih karena selain menggiling dedak, beras yang dihasilkan perlu digiling hingga halus. Hasil tumbukan kemudian dibersihkan menggunakan tampon, lalu disiapkan untuk dikemas untuk dipasarkan.

Salah satunya adalah Lins Napitupoulou. Menurutnya, proses pembuatan Tippatipa biasanya dilakukan secara berkelompok, terutama pada saat penggilingan padi. “Biasanya tiga orang langsung pukul kalau sudah asik, jadi buruan,” ujarnya, Senin (6/9/2021).

Untuk proses pengemasan, tipatifa disimpan dalam toples kedap udara agar tidak dingin dan tahan lama. “Harganya Rp 250.000 per kaleng. Kemudian dijual ke Porsea atau Balige,” lanjutnya.

Meski tidak ingat lagi asal muasal tipatipa, Lins percaya bahwa itu adalah makanan orang Batak di masa lalu, ketika mereka belum terbiasa dengan makanan modern yang diproduksi secara besar-besaran oleh pabrik. Apalagi saat melihat makanan yang sangat menggoda hati dan iman, sebenarnya Anda tidak kuat untuk tidak memakannya. Nah, berikut tempat makan yang pasti menggoda Iman di kota Solo.

Nikmatnya Sarapan Pagi Dengan Bubur Kampiun

Makanan yang satu ini bentuknya mirip bubur otak, tapi makanan yang satu ini bukan bubur otak. Tahu nama makanan ini, makanan ini merupakan makanan khas solo yang bisa merasakan panas badan saat memakannya.

Tahok adalah makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Teksturnya yang lembut dan warnanya yang putih bersih serta ditaburi campuran gula merah, jahe, daun pandan dan saus lemon membuat rasanya sangat menarik dan bisa membuat siapa saja yang memakannya merasa hangat.

Sebenarnya Tahok adalah makanan tradisional dari Tiongkok yang dibawa oleh para pendatang dari Tiongkok yang kemudian menetap di Pasar Gede, Solo. Tahok sendiri berasal dari kata “tahoa”. Tao berarti kedelai dan Hoa berarti tanah. Jadi tahoya adalah kacang kedelai yang dihancurkan.

Jajanan Khas Balige

Selain rasanya yang enak, tahok ini juga memiliki banyak manfaat

Nikmatnya Leumeung, Makanan Khas Banten Yang Unik

Jajanan khas jogjakarta, jajanan khas jawa timur, jajanan khas lombok, jajanan khas jawa barat, jajanan khas manado, oleh oleh khas balige, jajanan khas cilacap, jajanan khas jepang, jajanan khas jakarta, jajanan khas betawi, jajanan khas jepara, jajanan khas

Comments

social bar