Inilah Kegunaan Minum Susu Sebelum Tidur untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, susu menjadi minuman yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Pasalnya, susu hamil kaya akan kalsium dan zat gizi yang baik untuk tubuh. Lantas, apa betul kegunaan minum susu sebelum tidur lebih efektif? Simak ulasan dari kami untuk lebih jelasnya. 

Ketahui Kegunaan Minum Susu Sebelum Tidur untuk Wanita Hamil

Minum susu ibu hamil sebenarnya tidak ada waktu khusus. Karena semua itu bisa Anda lakukan berdasarkan kebutuhan dan kenyamanan. Anda bisa minum susu saat pagi hari atau malam hari. 

Kemudian bisa dilakukan sebelum atau sesudah makan. Akan tetapi, sebaiknya mengkonsumsi susu 1 atau 2 jam sebelum makan apabila Anda merasakan mual dan muntah cukup hebat. Biasanya kejadian seperti ini banyak dialami pada masa awal kehamilan atau trimester pertama. 

Cara minum susu seperti ini bertujuan untuk mengurangi rasa mual. Dengan demikian susu dan makanan yang telah masuk ke dalam perut tidak akan terbuang sia-sia. 

Perlu Anda ketahui, kegunaan minum susu sebelum tidur ternyata juga menjadi kebiasaan yang sangat menguntungkan. Mengapa demikian? Banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari minum susu sebelum tidur untuk kesehatan, antara lain sebagai berikut:

Tidur Semakin Nyenyak

Tidur akan lebih nyenyak jika Anda mencoba minum susu sebelumnya. Hal tersebut karena manfaat dari melatonin yang terkandung di dalamnya. Hormon ini berfungsi untuk mengatur siklus tidur menjadi lebih baik. 

Selain melatonin, susu hamil kaya akan asam amino triptofan yang akan merangsang pelepasan hormon serotonin. Hormon serotonin bertugas mengatur suasana hati, membuat tubuh semakin rileks, serta berpengaruh terhadap produksi hormon melatonin.

Inilah Kegunaan Minum Susu Sebelum Tidur untuk Ibu Hamil

Asupan Energi Ketika Bangun Tidur

Kegunaan minum susu sebelum tidur bagi ibu hamil adalah tetap berenergi hingga esok hari tiba. Sebab, kandungan gizi dalam susu tersebut akan terserap tubuh. Bahkan mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil selama tidur dan tetap memberikan energi ketika bangun tidur. Kelebihan asupan energi yang terpenuhi akan membuat Anda lebih bertenaga dan siap untuk beraktivitas di pagi hari. 

Menjaga Kesehatan Kulit

Kegunaan minum susu sebelum tidur bagi ibu hamil bisa membuat kulit lebih bercahaya dan cerah. Berkat kandungan vitamin B12 di dalamnya, produksi sel dapat ditingkatkan. 

Dengan begitu, Anda akan terlihat lebih awet muda. Selain meningkatkan produksi sel, vitamin B12 juga berperan dalam menjaga kolagen dan elastisitas kulit. 

Mengatasi Heartburn

Selama masa kehamilan berlangsung terjadi perubahan hormonal. Kemudian beberapa wanita akan mengalami heartburn atau rasa perih, panas, dan terbakar  di bagian dada. 

Keadaan seperti itu tentu saja membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Bahkan hingga ada yang merasa frustasi. Akan tetapi Anda tidak perlu cemas, sebab bisa mencoba minum susu hamil untuk menyerap asam lambung naik dan memberikan kelegaan di perut. 

Namun, sebaiknya hindari mengkonsumsi susu hamil terlalu dekat dengan jam tidur, bila ternyata sebelum kehamilan Anda sudah mempunyai masalah dengan reflux asam lambung. Karena bagi beberapa orang, kebiasaan minum susu sebelum tidur akan menimbulkan masalah pencernaan. 

Jadi, usahakan minum susu 1-2 jam sebelum tidur untuk memperoleh manfaat yang optimal. Kemudian jangan berbaring terlebih dahulu sesudah minum susu.

Kegunaan minum susu sebelum tidur akan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin Anda. Minumlah susu hamil secara rutin setiap hari. Biasanya beberapa merek susu akan menyediakan berbagai varian rasa, Anda dapat memilih berdasarkan selera. 

Comments