free statistics

Ikan Hias Dari Sumatera

Rate this post

Ikan Hias Dari Sumatera – Ikan hias sumatera sudah tidak asing lagi bagi penghobi. Ikan ini dikenal sebagai ikan bias dan cukup tangguh (tidak mudah mati) bila dipelihara dalam akuarium. Oleh karena itu banyak anggota klub baru yang membudidayakan ikan ini sekaligus memulai kegiatan budidaya ikan hias.

Ikan dengan nama ilmiah “Puntius Tetrazona” ini merupakan ikan kecil yang tergolong dalam Cyprinidae, Cyprininae. Ini pertama kali ditemukan pada tahun 1855 oleh seorang ilmuwan Belanda bernama Bleecker. Di USA dan Eropa disebut “Tiger Barb” karena pola dan warnanya menyerupai belang harimau atau macan.

Ikan Hias Dari Sumatera

Ikan Hias Dari Sumatera

Mengapa disebut ikan hias sumatera karena memang asli daerah sumatera dan warna ikan ini sekilas mirip dengan harimau sumatera.

Ikan Sumatra: Jenis, Harga, Makanan, Cara Budidaya

Selain di Pulau Sumatera, ikan Sumatera juga dapat ditemukan di Kalimantan dan Sarawak, serta beberapa bagian lain di Semenanjung Melayu. Ikan ini banyak dijumpai di sungai-sungai dangkal dengan arus sedang yang jernih atau agak keruh. Ikan Sumatera pH 6.0-8.0, kesadahan air 5-19 dGH, kisaran suhu air 20-26 °C. Ikan sumatera juga banyak ditemukan di rawa-rawa, menandakan bahwa ikan ini memiliki toleransi yang cukup tinggi terhadap perubahan kualitas air. Ikan sumatera dewasa biasanya berukuran panjang sekitar 7 cm dan dapat hidup hingga 6-7 tahun. Ikan sumatera juga dikenal sebagai predator cacing, udang dan berbagai makanan hidup maupun buatan lainnya.

Memang benar ikan sumatera juga akan memakan kutu dan parasit lain yang menempel di tubuh koi, namun ada beberapa hal yang bisa terjadi pada ikan sumatera di kolam Anda.

Jika di kolam banyak terdapat ikan mas besar, biasanya lebih dari 30 cm, besar kemungkinan ikan mas besar tersebut akan memakan ikan sumatera. Secara naluriah, Koi memakan benda-benda kecil yang mengapung di air, termasuk ikan Sumatera. Namun, koi dapat membedakan apakah suatu benda adalah makanan atau bukan. Jika makanan yang dimakan bukan makanan koi, koi akan memuntahkannya.

Pompa filter berkapasitas besar biasanya digunakan di kolam koi berukuran besar. Oleh karena itu, ikan sumatera yang berukuran relatif kecil akan mudah terserap ke dalam ruang filter.

Tiger Fish Sumatra Alias Ikan Elang Yang Jadi Buruan Kolektor

Ikan sumatera dapat berenang dengan cepat (agresif) dan akan memakan sirip ikan mas terutama ujung ekornya, serta kutu ikan mas bila ada ikan mas yang bergerak lambat. Jika demikian, tentu saja akan sangat menyakitkan bagi koi, karena sirip ekornya akan cukup rusak karena dimakan oleh ikan sumatera.

Umumnya, ketika populasi koi melebihi jumlah ikan sumatera, ikan sumatera tidak akan muncul di kolam dalam beberapa hari karena faktor-faktor yang dijelaskan di atas.

Oleh karena itu penggunaan ikan sumatera sebagai cara membasmi kutu koi tidak seefektif jika menggunakan ikan sumatera di kolam dan justru dapat menimbulkan masalah lain yaitu memakan ikan sumatera dapat merusak sirip ikan koi.

Ikan Hias Dari Sumatera

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan koi Anda dan mencegah kutu dan parasit menyerang koi Anda adalah dengan menjaga kualitas air yang baik agar mereka dapat hidup dengan nyaman dan sehat. Negara lain di dunia. Selain Arwana Super Red, ada lagi ikan asli Indonesia yang banyak diburu dan namanya adalah ikan Bhotia.

Ikan Cupang Dari 5 Negara Ikuti West Sumatera Internasional Betta Festival 2022 Di Padang

Botia adalah ikan hias air tawar asli Sumatera Selatan dan Kalimantan. Ikan ini unik karena memiliki pola warna yang berbeda, duri tajam di belakang mata, dan biasa berenang di dasar akuarium.

“Ikan hias Indonesia asli Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, dan Kalimantan,” kata Suseno Sukoyono, Presiden Komisi Ikan Hias Indonesia (DIHI), Selasa (16/1).

Ikan botia sudah ramai diperbincangkan sejak tahun 2014. Saat itu ikan botia diekspor ke Singapura. Selama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menerbitkan Peraturan Kementerian Kelautan dan Perikanan (PermenKP) Nomor 21 Tahun 2014 yang mengatur larangan ekspor ikan hias remaja arwana, jenis botia hidup, dan ikan hias hidup. Ikan, ikan botia di luar wilayah Indonesia.

“Ikan ini banyak diekspor. Tadi juga ada PermenKP No 21/2014 karena banyak mendatangkan ikan botia ke Singapura. Ini ikan air tawar. Tapi prospeknya sangat bagus,” tambahnya.

Mengungkap Rahasia Cross Breed Ikan Hias

Dari segi harga, ikan botia tidak semahal ikan arwana super red. Seekor ikan botia harganya hanya Rp 2.500-5.000. Namun, DIHI mengusulkan agar ikan botia menjadi merek ikan hias asli Indonesia. Sebagai negara pengekspor ikan hias terbesar ketiga di dunia, Indonesia merasa perlu segera mengumumkan merek ikan hias nasionalnya.

Negara pengekspor lainnya sudah menggunakan merek ikan mewah. Contohnya termasuk ikan guppy dari Sri Lanka, ikan cupang dari Thailand, spesies Lawhan dari Malaysia, dan ikan plecodon dari Republik Ceko.

Suseno mengatakan, “Kita punya ikan hias unik di Indonesia. Namanya botia. Dikatakan asli karena berasal dari Sumatera Selatan dan ada juga yang dari Kalimantan.” Aksi aktifnya, sangat diminati oleh para pecinta ikan hias.

Ikan Hias Dari Sumatera

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang bulat, pipih dan agak tinggi. Ikan macan ini memiliki warna utama pink dan emas.

Harga Ikan Tiger Sumatra Terbaru November 2022 |biggo Indonesia

Bagian belakang ikan lebih gelap, tetapi masih berwarna merah atau agak jingga.

Ada 4 garis vertikal hitam di sisi bodi. Baris pertama ada di sepanjang mata, di belakang sirip dada, di belakang, di dekat ekor.

Sirip dada juga berwarna merah, sedangkan sirip lainnya biasanya bening atau merah kurang mencolok.

Meski umur ikan ini tidak terlalu lama, rata-rata ikan macan hidup hanya 3 sampai 4 tahun.

Gurame Putih Sebagai Ikan Hias Langka

Ikan ini tersebar di Sumatera bagian tengah dan selatan. Ia juga hidup di perairan Semenanjung Melayu dan Thailand.

Saat ini, burb liar juga dapat ditemukan di perairan Amerika Serikat, Australia, Kolombia, dan Suriname.

Ikan ini biasanya hidup di sungai kecil dengan arus dan vegetasi yang tenang dan jernih.

Ikan Hias Dari Sumatera

Setelah itu, suhu air 25 hingga 28 derajat Celcius dan pH air 6,5 hingga 8.

Sumbar Kirim Rp2,2 Miliar Ikan Hias Laut Ke Pasar Domestik Pada September 2022

Selain itu, berbagai aksesoris seperti tumbuhan, batu besar atau terumbu karang dapat ditambahkan sebagai tempat persembunyian dari ikan-ikan ini.

Hal ini karena di dalam akuarium kecil, tiger barb ini dapat menjadi sangat mudah stres dan menjadi agresif atau bahkan mematikan.

Sedangkan untuk menjaga kebersihan akuarium, minimal 25% air akuarium harus diganti secara rutin setiap 3-4 minggu sekali.

Anda juga perlu menyaring kotoran dari air seperti kotoran ikan dan sisa makanan menggunakan pompa penyaring.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Akuarium Yang Mudah Dipelihara Pemula

Sistem aerasi yang baik dan air bersih harus selalu dijaga agar ikan ini tidak agresif dan tenang.

Ikan ini aktif dan suka bergerak bebas, jadi peliharalah ikan ini di akuarium besar dengan aksesoris besar.

Ikan sumatera tergolong ikan yang sangat agresif, jadi Anda harus sangat berhati-hati saat memilih teman akuarium Anda.

Ikan Hias Dari Sumatera

Anda bisa mencampurkan ikan ini dengan ikan lain yang berukuran sama dan bersirip pendek.

Ikan Hias Yang Cocok Dipelihara Di Akuarium Ukuran 30 Cm!!

Sebagai teman ikan sumatera ini bisa dicampur dengan ikan lain dan juga dicampur dengan ikan koi.

Entah itu makanan kering seperti pelet, makanan hidup seperti cacing darah, atau makanan alami yang menempel di tanaman dan bebatuan akuarium.

Untuk mengetahui jenis kelamin harimau ini, pastikan dulu ikan Anda berumur 6-8 bulan atau lebih.

Karena jika Anda belum mencapai usia tersebut, Anda pasti akan kesulitan membedakan macan barb jantan dengan tiger barb betina.

Jenis Jenis Ikan Pemakan Kutu

Selain itu, ikan betina tipe tubuh terlihat besar dan gemuk sedangkan ikan jantan terlihat lebih ramping.

Untuk membudidayakan ikan ini pastikan ikan sudah berumur 5-9 bulan agar siap untuk bertelur.

Seekor ikan khas Sumatera betina dapat bertelur sekitar 400 telur, sedangkan ikan tiger barb betina terkadang bertelur hingga 800 telur.

Ikan Hias Dari Sumatera

Perkembangan telur biasanya memakan waktu 1 hingga 3 hari tergantung kualitas air dan suhu akuarium.

Ikan Pasa, Dari Ikan Konsumsi Menjadi Ikan Hias

Ikan sumatera memang salah satu ikan hias favorit kita dan setelah membaca semua tentang ikan sumatera anda akan semakin tertarik untuk memelihara ikan hias air tawar yang sangat populer di Indonesia ini. Ikan Sumatera yang bernama latin Puntius tetrazona ini termasuk ikan dalam famili Cyprinidae. Ikan sumatera dapat dengan mudah ditemukan di penjual ikan mewah di dekat tempat tinggal Anda. Ikan sumatera ini biasa dijadikan sebagai ikan aquascape atau ikan tankmate. Ikan sumatera juga membantu memakan cacing jangkar dan kutu lainnya pada ikan hias. Oleh karena itu, ikan ini sangat diuntungkan jika dijadikan teman akuarium hias. Ikan ini biasanya dipelihara di kolam koi sebagai ikan pemakan kutu.

Selain berasal dari Sumatera, ikan tiger barb ini juga banyak ditemukan di perairan Kalimantan dan juga terdapat di Laut Thailand.

Ikan sumatera bukanlah ikan yang benar-benar ganas. Ikan ini sebenarnya hidup dalam penjara dan sering mengganggu ikan hias lainnya. Sesekali kutu di tubuh ikan hias lainnya akan dikejar dan digigit oleh ikan sumatera.

Ragam hias sumatera barat, ragam hias sumatera selatan, ikan hias asli sumatera, motif ragam hias sumatera utara, toko ikan hias terdekat dari sini, motif ragam hias sumatera, motif hias sumatera barat, ragam hias sumatera, ikan hias sumatera, ikan hias air tawar sumatera, ragam hias sumatera utara, cara membuat kolam ikan hias dari plastik

Comments

social bar