free statistics

Ikan Hias Black Fish

Rate this post

Ikan Hias Black Fish – Ikan black ghost (Afternonotus albifrons, Linneaus) merupakan jenis ikan yang memiliki peluang bisnis. Jenis ikan ini memang belum banyak dikenal masyarakat, namun saat ini sudah banyak pengusaha ikan hias yang memproduksi bibit untuk produk lokal maupun ekspor.

“Black ghost” adalah ikan yang damai dari Sungai Amazon, Amerika Selatan, ukurannya bisa mencapai 50 cm, tubuhnya panjang dan rata, dengan kulit hitam. Ikan ini tergolong ikan pisau (pisau) karena seluruh tubuhnya berbentuk seperti pisau, memanjang dari kepala dan badan kemudian menggembung di bagian perut. Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati dengan berbagai jenis ikan hias, baik laut maupun air tawar. Ada sekitar 650 spesies ikan hias, 480 spesies telah ditemukan dan sekitar 200 spesies telah dibeli. Sementara itu, jumlah ikan hias air tawar di Indonesia diperkirakan sekitar 400 ekor. Di antara 1.100 spesies ikan hias di dunia. Ikan hias air tawar yang dibudidayakan di Indonesia tidak hanya ikan hias lokal saja, melainkan ikan hias air tawar impor, salah satunya adalah ikan black ghost (Apteronotus albifrons).

Ikan Hias Black Fish

Ikan Hias Black Fish

Ikan hitam atau ghost fish (ikan hantu) demikian sebutannya di Indonesia merupakan ikan hias yang berasal dari sungai Amazon, Brazil, Amerika Selatan. Jenis ikan ini berbentuk pipih, panjang antara 26 cm dan 48 cm, warna tubuhnya biru/ungu tua hingga hitam. Keunikannya terdapat pada garis putih di bagian punggung (mulai dari kepala hingga tengah punggung) serta dua garis putih di bagian ekor dan pertemuan antara sirip punggung dan sirip punggung. Kombinasi sirip dan sirip memungkinkan untuk berenang dan dengan arus sirip akan mengapung, yang akan menarik perhatian ikan ini.

Ornamental Fish, Black Outline Free Image Download

Bentuk ikan black ghost berbeda dengan ikan hias lainnya. Dapat dikatakan ciri-ciri ikan black ghost unik, tubuh ikan black ghost seperti perpaduan antara ikan ghost fish dan Carp Ikan black ghost memiliki tubuh yang panjang seperti Carp, anus dan perut. setiap. Hantu hitam adalah ikan dengan banyak rahang dan duri. Tubuhnya yang hitam pekat membuat ikan ini dikenal sebagai black ghost. Ciri lainnya adalah terdapat banyak belang atau garis putih pada bagian ekor dan garis putih dari dahi hingga ke dagu (leher). Perpaduan krim dan pari, saat mereka berenang dan melayang, akan menyebabkan siripnya mengapung dan menjadi daya tarik bagi ikan ini. Lunas membuat hantu hitam melayang maju atau mundur dengan menyesuaikan arah gelombang lunas.

Hantu hitam memiliki tubuh hitam yang panjang dan rata. Jenis ikan ini tergolong ikan pisau (knife fish), karena bentuk tubuhnya secara keseluruhan seperti pisau, melebar dari kepala dan badan kemudian meruncing di bagian perut.

Ikan ini memiliki kombinasi antara sangkar dan sirip perut. Hantu hitam ini memiliki ekor yang keras seperti palu dan belang putih bernomor 1-3 pada ekornya yang berbentuk seperti daun pisang muda.

Ikan jantan dan betina memiliki bentuk yang berbeda, terutama terlihat pada panjang dagu (jarak antara ujung mulut dengan tutup mulut). Pada ikan jantan, dagu lebih panjang dari ikan betina. Ikan jantan relatif lebih ringan dibandingkan ikan betina dengan perut gendut. Sirip punggung jantan sedikit lebih pendek dari betina, selain itu sirip punggung betina lebih sempit dari jantan. Pada orang tua laki-laki dewasa, terdapat cairan putih (sperma) saat dipijat pada perut. Telur dapat matang setelah kurang lebih satu tahun dengan panjang ± 15 cm.

The Tailless Fish Of Jave Marine

Ikan black ghost (Apteronotus albifrons) memiliki bentuk yang unik, keunikan tersebut terlihat dari ujung pena yang memanjang dan menyambung ke anus sehingga menimbulkan kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Ikan hantu berasal dari warna, black ghost Mikan memiliki warna dasar hitam pekat bercampur biru dan ungu serta memiliki garis putih di pangkal ekor dan aktif di malam hari. Selain itu keunikan yang jelas dari ikan ini adalah cara berenangnya, gerakan ikan black ghost saat berenang seperti daun yang mengapung di air, gerakannya tidak seperti gerakan berenang ikan pada umumnya. .

Ikan black ghost berenang secara vertikal dan terkadang horizontal, umumnya ikan ini dapat tumbuh hingga sekitar 50 cm. Ikan jenis ini masuk dalam kategori ikan pisau karena bentuknya seperti pisau, selain itu ikan jenis ini juga tergolong ikan listrik rendah yaitu ikan dengan energi listrik rendah. Arti ikan lemah disini adalah ikan black ghost memiliki organ kelistrikan di berbagai bagian tubuhnya, tepatnya di pangkal ekor, yaitu di antara dua garis putih di bagian ekor, organ kelistrikan ini sering digunakan untuk komunikasi. . Dengan ikan lain, ikan kurang listrik, kekhasan lainnya adalah bukaan kelamin di belakang rahang lebih rendah.

Ikan ini merupakan ikan nokturnal dan karnivora. Saat berolahraga di malam hari untuk mencari makan, ikan ini suka memakan serangga kecil, cacing, cacing, cacing tanah dan cacing darah. Ikan ini biasanya memakan naupli artemia pada umur 4 hari, dimana kuning telur atau kuning telur menjadi satu-satunya makanan cadangan. Kemudian anda bisa mencampurkan pakan dengan pakan moina atau kutu air. Ikan black ghost biasanya diberi makan pada pagi hari jam 6 pagi dan sore hari jam 5 sore.

Ikan Hias Black Fish

Larva black ghostfish yang baru menetas tidak perlu diberi pakan karena masih diberi pakan berupa kuning telur. Larva ikan black ghost diberi pakan setelah ikan berumur 7-8 hari, pakan ikan dapat berupa cacing. Saat itu kondisi warna tubuh larva hitam dan beberapa bagian masih transparan. Hantu hitam adalah karnivora dan karenanya dapat hidup dalam bentuk cacing darah atau jentik nyamuk. Pemberian pakan berupa cacing darah dan jentik nyamuk dapat meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan.

Amazon.com: Canvas Wall Art For Living Room Beautiful Betta Fish Teal Figting Fish On Black Background Painting Home Decor Poster And Prints Contemporary Artwork Wooden Framed Stretched 4 Panel (12”wx12”hx4): Posters &

Ikan black ghost yang berumur ± 1 tahun atau minimal 15 centimeter dapat diberi pakan berupa cacing sebagai pakan sehat untuk mendapatkan manfaat pembentukan sel telur yang berkualitas. Karena pemberian pakan berupa cacing darah dan jentik nyamuk dapat meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan.

Hantu hitam dewasa pada usia 1 tahun atau sekitar 15 cm. Dalam waktu 3 hari telur yang telah dibuahi akan menetas. Telur yang baik berwarna kuning cerah dan tertutup lendir. Larva black ghost yang baru menetas berwarna putih dan pada umur 7 hari warna ikan berubah menjadi hitam, setelah itu lendir menghilang.

Penangkaran ikan black ghost dapat dilakukan secara berkelompok atau berpasangan, pemeliharaan ikan besar dapat dilakukan dengan menambah 7 ekor anakan dengan perbandingan 3 : 4 induk dengan induk kemudian menempatkannya di dalam tangki ikan berukuran 60×40 centimeter sebagai tempat bertelur . . Untuk pemijahan seri 1:1 bisa dibuat di akuarium yang lebih kecil.

Ikan black ghost itu kalem, baik hati, tidak suka mengganggu ikan lain. Habitat asli ikan jenis ini ada di Amazon, dimana ikan ini suka bersembunyi di bebatuan, dedaunan, akar tanaman atau benda lain di tepi sungai pada siang hari. Ikan black ghost suka bersembunyi di tempat gelap karena ikan ini tidak menyukai warna cerah. Ikan ini tidak menyukai cahaya atau warna cerah karena ikan black ghost memiliki penglihatan yang tidak terlalu kuat untuk menahan cahaya atau warna terang. Ikan black ghost hidup pada pH ideal sekitar 6,6 tetapi ikan ini juga berkembang dengan baik pada pH 6 – 7, suhu air terbaik untuk memelihara ikan black ghost adalah sekitar 22 – 26 derajat C tetapi tidak boleh terjadi fluktuasi suhu lebih dari 5oC. Fluktuasi suhu diatas 5oC akan sangat berbahaya bagi ikan yang dipelihara karena dapat mempengaruhi metabolisme dan fisiologi ikan.

Mengenal Ikan Black Ghost Dan Cara Memeliharanya

Demikian pembahasan singkat tentang mengenal ikan black ghost (Afternonotus albifrons) yang hidup di black aquarium. Diunggah berdasarkan sumber dari “https://www.acadeemia.edu/4070489/Tingkah_Laku_Ikan _Hias_Black_Ghost_ Apteronotus_albifrons_ & http://eprints.umm.ac.id/53144/3/BAB%20II.pdf. Image from google image search” Ikan black ghost, juga dikenal sebagai ikan balck, klasifikasi ikan black ghost, berasal dari Amerika Selatan, seperti Kolombia, Guyana, Ekuador, Suriname, Guyana, Paraguay, Bolivia, Venezuela, dan Brasil.

Ikan black ghost ini memiliki ciri khas warna hitam dengan sedikit warna putih pada bagian ekor dan badan yang mirip rambut.

Ikan ini memiliki banyak nama antara lain black ghost, ghost fish, black knife, knife fish dan lain-lain. Namun nama ilmiah ikan ini adalah Apterontus albifrons.

Ikan Hias Black Fish

Meski nama ikan ini seram, namun ikan ini sangat aman dipelihara di dalam akuarium dan kolam. Tapi alangkah baiknya melihatnya di akuarium karena ikan black ghost yang muncul bukanlah ikan.

Shop Ikan Hias Online

Bahkan di akuarium ukuran maksimal ikan black ghost bisa mencapai 50 sentimeter. Jadi bagi yang ingin memelihara ikan jenis ini sebaiknya memeliharanya di akuarium minimal setinggi 1 meter.

Nyatanya, cukup sulit memelihara ikan black ghost di air dingin

Ikan hias butterfly fish, ikan hias black, lemon fish ikan hias, ikan hias golden fish, ikan hias tiger fish, ikan hias black ghost, ikan hias angel fish, toko ikan hias syarif fish, ikan hias black tetra, ikan hias black phantom, ikan hias man fish, ikan hias lion fish

Comments

social bar