free website stats program

Fungsi Provider Layanan Internet (ISP) Beserta Cara Kerjanya

Fungsi Provider Layanan Internet (ISP) Beserta Cara Kerjanya

Internet Service Provider atau ISP adalah sebuah perusahaan yang menawarkan jasa layanan kepada masyarakat terkait jaringan internet. ISP dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai penyedia jasa internet karena bertugas untuk memudahkan masyarakat untuk tetap terhubung dengan internet. Apalagi di zaman sekarang ini internet menjadi hal yang sangat penting bagi manusia.

Dengan adanya internet seseorang bisa lebih mudah dalam menerima informasi dan berkomunikasi dengan orang lainnya dari jarak jauh. Anda bisa menghubungi ISP melalui modem dan komputer kemudian ISP akan mengurus perincian yang diperlukan untuk dapat terhubung dengan internet. Selanjutnya ISP akan membagi kapasitas koneksi ke dalam internet yang dimiliki untuk pengguna yang membutuhkan layanan internet.

Fungsi Provider Layanan Internet (ISP) Beserta Cara Kerjanya

Fungsi Internet Service Provider atau ISP yang Wajib Diketahui

Mengingat bahwa keberadaan ISP sangat dibutuhkan, maka semakin banyak perusahaan yang menyediakan jasa ini. Bahkan, karena ke andalannya ISP dianggap sangat berpengaruh pada kecepatan koneksi internet. Lalu, apa fungsi dari Internet Service Provider sebenarnya? Biar tidak penasaran, ketahui fungsi dari ISP berikut ini:

  1. Menyediakan layanan internet yang kencang bagi seluruh penggunanya agar bisa tetap terhubung dengan jaringan internet.
  2. Menjadi perantara dalam menyediakan sambungan internet yang memadai.
  3. Menghubungkan komputer klien dengan gateway internet yang terdekat.
  4. Menyambungkan pengguna dengan layanan informasi World Wide Web (www).
  5. Menyediakan sambungan dial-up melalui perangkat modem.
  6. Memudahkan pengguna dalam menggunakan layanan surat elektronik atau e-mail.
  7. Memudahkan pengguna agar bisa melakukan percakapan melalui internet.
  8. Melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan cara mengaplikasikan sistem anti virus kepada penggunanya.

Cara Kerja Internet Service Provide (ISP)

Cara kerja dari ISP sangatlah sederhana, hanya cukup menunggu permintaan dari klien untuk mengajukan permintaan akses. Kemudian, pihak ISP akan melakukan routing jaringan ke perangkat yang digunakan oleh pengguna jasa. Biasanya perangkat yang digunakan adalah telepon pintar, modem, komputer, atau perangkat lain yang dapat digunakan untuk berselancar di internet.

Jika sudah, pengguna dapat menikmati akses internet dengan kecepatan yang tinggi, yaitu beberapa ratus Kbps hingga Mbps. Biasanya di ISP dipasang beberapa server seperti web, e-mail atau keperluan lainnya. Kebanyakan server ISP biasanya menggunakan sistem operasi “Open Source”.

Internetan Lebih Cepat dan Nyaman dengan Hypernet

Ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan penyediaan dan pengelolaan sumber daya IT, salah satunya adalah Hypernet. Hypernet merupakan perusahaan Managed Service di Indonesia yang menyediakan layanan terbaik untuk pengguna jasanya. Apalagi, seluruh bagian dari perusahaan ini telah tersertifikasi dan profesional di bidangnya.

Bukan hanya itu, Hypernet juga akan meningkatkan produktivitas bisnis Anda sekaligus meminimalisir risiko time down yang mungkin dapat terjadi. Sehingga, keamanan untuk aset teknologi akan meningkat sesuai keinginan Anda. Tunggu apalagi? Yuk, pakai layanan Internet Service Provider dari Hypernet sekarang juga!

Comments

Tags: , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.