free statistics

Destinasi Wisata Alam Wonogiri

Rate this post

Destinasi Wisata Alam Wonogiri – Kabupaten Wonogiri memiliki bentang alam yang kaya akan pegunungan karst yang membentang di sebagian besar wilayahnya. Pesona kawasan ini adalah baru-baru ini menjadi bagian dari Kawasan Taman Nasional Gunung Sewu yang ditetapkan sebagai Kawasan Geopark Global oleh UNESCO. Nah, apa saja yang ditawarkan oleh objek wisata Wonogiri kepada para pelancong?

Objek wisata yang paling terkenal di kabupaten Wonogiri adalah Waduk Gajah Munkul. Bangunan ini memiliki sejarah panjang: pada tahun 70-an, pembendungan sungai Bengawan Solo menjadi danau buatan menenggelamkan sekitar 51 desa di 7 kecamatan. Padahal, waduk ini dibangun untuk dijadikan sebagai pusat irigasi, pembangkit listrik, perikanan dan pengembangan pariwisata.

Destinasi Wisata Alam Wonogiri

Destinasi Wisata Alam Wonogiri

Liburan di Wonogiri tidak lengkap tanpa mengunjungi salah satu objek wisatanya yaitu Waduk Gajah Munkul. Cagar alam ini dapat dicapai sekitar 3 km sebelah selatan dari pusat kota. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana, seperti berperahu di sekitar tanggul, jet ski atau kuliner di warung-warung apung di sekitar tanggul yang menyajikan aneka masakan ikan yang dipanen langsung dari tanggul.

Pemdes Sendang Wonogiri Siapkan Destinasi Wisata Baru

Bukit Gantole, tidak jauh dari Waduk Gajah Mungkur, wajib dikunjungi. Padahal, bukit ini berada di pintu masuk kawasan wisata cagar alam. Puncak bukit dinamakan demikian karena berfungsi sebagai platform untuk olahraga ekstrim seperti penerbangan tandem dan paralayang.

Selain sebagai lokasi paralayang, Bukit Gangtre juga merupakan destinasi yang tepat bagi para pelancong muda. Dari atas bukit ini, Anda bisa melihat pemandangan kota Wonogiri dan Waduk Gajah Munkul. Jika Anda mengambil bidikan yang bagus, Anda dapat membuat foto seperti pulau dengan reservoir di latar belakang.

Wonogiri terletak di pantai selatan Pulau Jawa, sehingga Anda dapat menikmati berenang di laut. Salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Nampu yang berada di kawasan Palangpit. Pegunungan karst yang mengelilingi pantai membuat pemandangan pantai ini semakin eksotis.

Pantai Nampo adalah pantai berpasir putih yang indah dengan bebatuan karst di sisi barat. 3 jam dengan mobil dari pusat kota. Jika Anda berangkat dari Kabupaten Pachitan yang berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri hanya membutuhkan waktu 1,5 jam saja. Pantai ini berada di perbatasan dua kabupaten, sehingga Anda bisa melihat batas antara dua kabupaten Pachitan dan Wonogiri bahkan di Bukit Pantai Namp.

Ini Dia 10 Waduk Yang Dibangun Di Jateng, Salah Satunya Ada Di Wonogiri ยป Joglosemar News

Masih di kawasan Palangpit, menuju Desa Semkang, tempat Pantai Sembran berada. Meski tidak sebesar Pantai Nampo, namun keindahan pantai ini memiliki kekurangan. Banyak turis datang dan menghabiskan waktu di sini setiap akhir pekan. Pantai Semburan dikenal tidak hanya untuk olahraga, tetapi juga untuk memancing, sehingga banyak orang datang ke sini dengan kail pancing.

Dibalik keindahan panoramanya, Pantai Semkang juga memiliki sisi misterius. Pada satu hari setiap tahun di Sur, pantai ini digunakan sebagai tempat upacara Larung. Pantai ini juga dikatakan sebagai penghubung antara dunia nyata dan dunia tak kasat mata. Ini benar-benar pintu gerbang ke Kerajaan Ratu Pantai Selatan, yang dikenal sebagai Nyi Loro Kidul.

Pegunungan kapur yang tandus, nilai Wonogiri tidak serta merta bisa diremehkan. Padahal, Wonogiri adalah rumah bagi gua-gua yang indah, salah satunya Gua Putri Kaengkono. Lokasi goa ini berada di desa Wonodadi di kecamatan Plasimantoro, 40 kilometer dari pusat kota dan mudah dijangkau.

Destinasi Wisata Alam Wonogiri

Ukiran stalaktit dan stalagmit alami masih tumbuh di Gua Putri Kenkono, terbukti dengan banyaknya tetesan air yang muncul dari tepian yang tajam. Ditemukan pada tahun 1992, goa yang luasnya mencapai 1000 meter persegi ini terbagi menjadi beberapa ruangan dengan nama yang berbeda-beda seperti Ruang Budaya, Ruang Kapsakhan, Ruang Jumenengan, Ruang Pertemuan dan Ruang Keluarga. Kamar dan mata air panyuwanan.

Htm Wisata Kolam Di Bukit Soko Langit Wonogiri Oktober 2022

Tidak suka lingkungan gua yang gelap dan lembab? Atau, Anda bisa mengunjungi Museum Karst Indonesia di Desa Gebangharjo, Kecamatan Plasimantoro, Wonogiri. Di museum ini, Anda dapat belajar banyak tentang sejarah batuan dan gua karst melalui sampel batuan, diorama, dan film dokumenter. Saya tidak tahu siapa saja yang tertarik memasuki gua asli setelah mendapatkan pengetahuan.

Museum Karst Indonesia dibuka pada tahun 2009 oleh Presiden Republik Indonesia, namun kemudian ditutup oleh SBY. Apalagi museum karst ini juga dianggap yang terbesar dan unik di Asia Tenggara. Oleh karena itu, Museum Karst Indonesia harus Anda masukkan dalam daftar liburan Anda di Wonogiri.

Ada air terjun keren bernama Air Terjun Gilimanik di hutan Wonogiri. Salah satu dari tiga air terjun, yaitu air terjun Manikmoyo setinggi 70 meter, air terjun Tejomoyo dan air terjun Kondromoyo setinggi 30 meter, air terjun ini terletak di desa Setren, Gilimanik, kecamatan Slogohimo.

Pengunjung dihibur dengan panorama alam yang sejuk. Air yang memancar dari mata air ini memiliki rasa yang sejuk dan menyenangkan. Tidak jauh dari Air Terjun Manikmoyo terdapat situs keramat dan Pura Raden Mas Said yang dikenal dengan Batu Regi.

Ini Dia, 5 Air Terjun Tersembunyi Di Wonogiri

Tempat lain untuk menikmati keindahan alam Wonogiri dari dataran tinggi adalah Gunung Gandur. Terletak di Desa Giliwono, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, gunung ini masih berdiri berdampingan dengan Gunung Sewu. Pemandangan dari atas sangat menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan.

Puncak Gunung Gandur menawarkan panorama indah kota Wonogiri dan Waduk Gajah Munkuru yang luas. Dapat dikatakan bahwa ini adalah observatorium alam di Wonogiri. Bersantai dan bersantai di lingkungan alam yang indah yang diciptakan oleh Tuhan ini.

Punya rekomendasi tempat wisata lain di Wonogiri, ya, share ke teman-teman yang lain di kolom komentar ya! Wilayah Wonogiri terletak di tenggara Jawa Tengah dan terhubung dengan dua provinsi, Jawa Timur dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Destinasi Wisata Alam Wonogiri

Wonogiri juga memiliki keindahan alam yang tiada duanya. Wonogiri memiliki banyak wisata alam. Selain wisata alam, Wonogiri juga menawarkan wisata budaya, kuliner, dan taman bermain.

Pantai Wonogiri Yang Memesona

Kendaraan roda dua dan empat direkomendasikan untuk menjelajahi Wonogiri. Lokasinya yang masih asri membuat pengunjung Wonogiri betah.

Warga Wonogiri dikejutkan dengan munculnya puting beliung besar yang terjadi Rabu (20/1) siang. Fenomena alam ini terjadi di perairan Waduk Gajah Mungkur.

*Fakta atau Hoax Untuk mengetahui kebenaran tentang apa yang terjadi, cukup masukkan kata kunci yang diinginkan dan buka WhatsApp dengan nomor Liputan6.com Cek Fakta 0811 9787 670.

Perjalanan pertama ke Waduk Wonogiri adalah Gajah Munkul. Merupakan tempat wisata yang bisa dikatakan sebagai icon pariwisata di Wonogiri. Salah satu alasannya adalah patung Bedr desa dapat dilihat untuk memperingati acara Bedr desa atau relokasi desa untuk membuat air ini. Selama di sini, Anda bisa menyewa perahu dayung untuk berkeliling waduk.

Lagi Hits, Bukit Cumbri Jadi Spot Terbaik Menikmati Sunrise Di Wonogiri

Wisata Wonogiri lainnya adalah Kampong Bali. Selain menikmati nuansa Pulau Dewata sambil berfoto dengan banyak foto kekinian seperti Golden Gate dan gedung-gedung Villa Abimana, wisatawan juga bisa berwisata kuliner di desa Bali ini. Aneka menu dengan harga mulai dari Rp 15.000. – Mulai dari ayam goreng Rp 26.000, bebek goreng sambal mata hingga aneka minuman termasuk wedang woou siap dihidangkan.

Wisata Wonogiri lainnya adalah Museum Sew Rai. Objek wisata ini terletak di Jalan Jatiroto-Wonogiri Alternatif, Gupit, Kebonagung, Sidoharjo. Di sana, wisatawan bisa melihat berbagai topeng dengan ekspresi wajah yang berbeda. Museum Sew Lai penuh dengan spot Instagram yang menarik. Salah satunya adalah area bergaya Jepang yang dipenuhi dengan lampion merah dan bunga sakura. Selain bisa berfoto di bawah lampion dengan deretan pintu berhias ivy, banyak juga bangunan kayu yang juga menjadi spot foto menarik.

Wisata Wonogiri lainnya adalah Soko Langit. Saat berada di sana, para tamu dapat menikmati sejuknya air kolam sambil memandangi sawah yang luas dan pegunungan hijau yang menyegarkan mata. Pemandangan ini tidak hanya dapat dilihat dari area kolam, tetapi juga dari dek observasi yang bertambah. Ada juga flying fox yang bisa kamu coba. Soko Langit terletak di Dusun Ngurahlangan di Desa Konte, Kecamatan Burkert. Harga tiket masuk mulai dari Rp 5000 per orang. Bagi wisatawan yang ingin naik balon udara dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000. Jika ingin berenang biayanya 7000IDR dan biaya view post 2000IDR.

Destinasi Wisata Alam Wonogiri

Tempat wisata lain di Wonogiri yang dikenal banyak orang adalah Bukit Camburi. Karena sesampainya di puncak, kamu bisa menikmati keindahan alam sambil menonton spot foto Instagram. Namun, cukup sulit dijangkau karena harus mendaki dari desa Kapia di kabupaten Purwanto. Di perjalanan ada jalan putih terjal. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat mendaki.

Inspirasi Destinasi Wisata Di Wonogiri Paling Favorit

Wisata Wonogiri lainnya adalah Air Terjun Gilimanik. Air terjun Girimanik memiliki keunikan karena terdapat tiga air terjun yang saling berdekatan. Namun, ketinggian masing-masing air berbeda. Jadi kamu bisa memilih air terjun mana yang ingin kamu mandi, berfoto bersama, atau melakukan keduanya.

Wisata Wonogiri lainnya adalah Sendan Asri. Nikmati pelayaran air bersama keluarga dan teman Anda. Terletak di kabupaten Wonogiri, bersebelahan dengan Waduk Gajah Munkul. karena dikatakan

Destinasi wisata alam jogja, wisata alam wonogiri, destinasi wisata alam malang, destinasi wisata alam bali, destinasi wisata alam, destinasi wisata wonogiri, destinasi wisata alam bogor, destinasi wisata alam yogyakarta, destinasi wisata alam indonesia, destinasi wisata alam jakarta, wisata alam di wonogiri, destinasi wisata alam bandung

Comments

social bar