free statistics

Destinasi Wisata Alam Di Gunung Kidul

Rate this post

Destinasi Wisata Alam Di Gunung Kidul – Apakah Anda sering berlibur ke Yogyakarta? Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan kawasan Gunung Kidul yang belakangan ini menjadi primadona wisata baru di Yogyakarta. Karena letaknya, sisi selatan Yogyakarta memiliki banyak pantai berbatu yang indah dan menawan. Setidaknya ada sepuluh pantai di Gunung Kidul yang menjadi destinasi wisata populer.

Namun ternyata banyak yang belum mengetahui bahwa Gunung Kidul memiliki banyak tempat wisata selain pantai yang sayang untuk dilewatkan. Cek lokasi dan detailnya di bawah ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi liburan kamu selanjutnya.

Destinasi Wisata Alam Di Gunung Kidul

Destinasi Wisata Alam Di Gunung Kidul

Di dekat kawasan wisata Pantai Kukup terdapat taman bunga matahari yang dikenal dengan nama Taman Bunga Nawari. Maklum, taman bunga matahari di sini cukup luas. Anda bisa berfoto bebas dengan deretan bunga matahari yang tertata rapi.

Menelisik Lebih Jauh Keindahan Objek Wisata Alam Bukit Pengilon Gunung Kidul

Tiba di pagi hari sebelum pukul 09:00 WIB dan Anda akan disambut dengan pemandangan bunga matahari yang menghadap matahari satu arah. Dijamin keren!

Selain bunga matahari, ada juga taman bunga amarilis yang sudah ada sebelumnya. Taman bunga amarilis oranye cerah terlihat seperti karpet karpet yang cerah. Bunga amarilis ini tidak selalu mekar. Waktu yang disarankan untuk datang ke sini adalah dari Juli hingga Oktober.

Jika cuaca mendukung, bunga amarilis dapat mekar hingga akhir tahun. Nggak perlu jauh-jauh berkendara ke Keukenhof Holland, kamu juga bisa berfoto-foto dengan taman bunga cantik yang sangat Instagramable.

Gunung Kidul memiliki topografi pegunungan kapur. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak terdapat gua bawah tanah dengan aliran sungai yang mengesankan. Salah satu yang paling terkenal adalah Gua Pindul. Di sini Anda bisa melakukan cave tubing yang seru dan menyenangkan. Cave tubing adalah kegiatan yang memungkinkan Anda untuk turun melalui gua menggunakan pelampung di sungai bawah tanah. Bagaimana? Apakah Anda ingin mencobanya?

Sensasi Unik Berwisata Di Pantai Parang Racuk Gunung Kidul

Ada tempat wisata baru di dekat Gua Pindul bernama Goa Gelatik Lorong Sewu. Disebut demikian karena gua ini memiliki banyak lorong baik secara vertikal maupun horizontal. Konon goa ini sering digunakan sebagai tempat meditasi. Anda dapat menjelajahi gua dan menikmati keindahan di dalam gua ditemani oleh pemandu khusus yang berpengalaman.

Selain gua horizontal, Gunung Kidul juga memiliki gua vertikal. Gua vertikal ini terlihat seperti lubang bawah tanah. Untuk memasuki gua, Anda akan memiliki peralatan dan pemandu khusus yang siap membantu. Destinasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai tantangan.

Sensasi memasuki gua sedalam 60 meter ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan Anda lupakan seumur hidup! Seiring dengan pesona goa yang sangat mempesona, dari terowongan hutan hingga cahaya magis dari langit. Kami jamin Anda tidak akan melewatkan liburan Anda di sini.

Destinasi Wisata Alam Di Gunung Kidul

Kalisuci adalah salah satu sungai bawah tanah yang paling terkenal. Sungai ini melintasi setidaknya empat gua Gunung Kidul dan mengalir ke Pantai Baron. Aliran airnya sangat jernih karena terlindung dari polusi dan sampah. Kalisuci, tidak mengherankan, tempat yang populer untuk cave tubing, dengan pemandangan lantai gua yang menakjubkan. Jika tidak ingin bermain air, Anda bisa mandi di hammock kalisuci. Sangat menyenangkan, bukan?

Libur Imlek, Wisata Gunung Kidul Dipastikan Tetap Buka Untuk Umum

Mereka yang menyukai aktivitas yang memompa adrenalin pasti akan menikmati aktivitas ini. Apalagi kalau bukan arung jeram. Jika anda kebanyakan menggunakan sampan untuk arung jeram, Raft Kali Oyo One Person menggunakan ban flotasi. Wah, ini menyenangkan! Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam, Kali Oyo akan membawa Anda ke sebuah air terjun kecil yang menandai akhir perjalanan. Di sini Anda harus merasakan sensasi lompatan indah dari air terjun. Ini sangat keren!

Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang berada di dalam hutan. Air Terjun Kedung Kandang terletak di tengah persawahan warga. Tempat parkir mobil berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi air terjun.

Air terjun ini tergolong lereng, tetapi memiliki enam tingkat dan tiga kolam besar yang sangat mengesankan. Pokoknya kalau ke Gunung Kidul sayang banget kalau nggak mampir ke sini.

Nah, jika air terjun yang satu ini berada di Sungai Oyo. Anda harus berenang menyeberangi sungai untuk sampai ke sini. Air Terjun Sri Getuk mengalir di atas tebing setinggi 50 meter.

Tempat Wisata Di Yogyakarta Terbaru 2022 Yang Lagi Hits Explore Jogja

Sawah segar dan hutan juga hijau di sekitar area air terjun. Anda benar-benar tidak bisa menahan diri untuk tidak berenang dan bermain air. Selain itu, Anda juga bisa mampir dan masuk ke Gua Rancang Kencon yang terletak di tempat yang sama dengan air terjun ini.

Hutan Wanagama merupakan hutan lindung milik UGM yang terletak di kawasan Gunung Kidul. Sebelumnya kawasan hutan ini merupakan kawasan tandus dan kering, namun sejak tahun 1964. berubah menjadi hutan hijau yang segar dan sejuk.

Di kawasan hutan, Anda bisa menemukan berbagai pemandangan alam yang menarik, mulai dari air terjun hingga jembatan gantung yang ikonik.

Destinasi Wisata Alam Di Gunung Kidul

Embung adalah istilah Jawa untuk danau. Keberadaan danau sering dikaitkan dengan suasana yang tenang dan damai. Hal ini juga akan Anda rasakan saat berkunjung ke Embung Batara Sriten. Danau buatan yang berada di puncak Gunung Batur Agung ini merupakan danau tertinggi di Jogja lho. Pemandangan matahari terbenam sangat indah dan tidak kalah dengan matahari terbenam di pantai.

Puncak Becici, Keindahan Tersembunyi Di Gunungkidul

Selain waduk, ada tempat wisata lain yang terlihat seperti danau atau kolam. Namanya Waduk Beton Indah. Di sini Anda akan disambut oleh pemandangan danau dengan berbagai pepohonan hijau yang mengesankan. Selain itu, ada juga beberapa arena dan fasilitas permainan, mulai dari hang gliding hingga becak air untuk Anda nikmati.

Sebagai negara dengan banyak gunung berapi, Indonesia memiliki pesona yang luar biasa. Kita bisa melihat salah satunya di dekat gunung api tua Nglanggeran. Diyakini bahwa gunung berapi purba ini terbentuk sekitar 70 juta tahun yang lalu. Wah, sudah lama sekali.

Gunung api purba setinggi 700 meter ini tampak berlabuh kokoh di batuan breksi hitam. Dari puncak gunung ada pemandangan Gunung Kidul yang spektakuler.

Yogyakarta memang terkenal dengan keunikan nilai filosofi budayanya. Tak jarang banyak tempat yang dikunjungi wisatawan dengan legenda sejarah. Salah satunya adalah Gunung Gentong. Gunung berbatu ini konon merupakan tempat pertapaan raja terakhir Majapahit, Prabu Brawijaya V.

Yuk, Kunjungi 5 Tempat Wisata Paling Hits Di Gunung Kidul

Puncak Gunung Gentong disebut sebagai puncak 4G. Di sini kamu bisa berfoto selfie dengan pemandangan yang indah bahkan berkemah sambil melihat bintang di langit. Itu bagus, kan?

Bukit Bintang wajib dikunjungi bagi mereka yang menyukai pemandangan kota di malam hari. Bukit Bintang biasanya mulai ramai pada sore hari ketika banyak anak muda dari Yogyakarta yang mencari senja dan pemandangan Gunung Merapi Merbabu. Semakin malam, bukit ini semakin hidup dengan kerlap-kerlip lampu kota Yogyakarta dan bintang-bintang yang menghiasi langit.

Jika Lombok memiliki Gunung Merese, maka Gunung Kidul adalah Gunung Kosakora. Meski tidak terlalu tinggi, pemandangan yang terbuka dari bukit ini sangat mempesona. Dari pantai dengan air yang biru hingga perbukitan Gunung Kidul menjadi latar belakang yang indah untuk berfoto. Kamu sabar menunggu senja, lalu kamu terpana melihat keindahannya.

Destinasi Wisata Alam Di Gunung Kidul

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Gunung Kidul memiliki topografi yang sangat luas berupa pegunungan kapur atau karst. Topografi karst terlihat jelas di lembah karst Mulo. Lembah karst ini merupakan bagian dari Geopark Gunung Sewu dan diakui oleh Global Geopark Network. Sangat keren, bukan?

Mengenal Tempat Wisata Menarik Di Jogja (yogyakarta).

Manakah dari tempat-tempat menarik di atas yang pernah Anda kunjungi? Jika banyak yang belum, mungkin ini saat yang tepat untuk merencanakan liburan ke Jogja dan menjelajah Gunung Kidul.

Hanif K. Wardhani, pakar wisata obat dan alam. Dia suka berburu tempat-tempat anti-mainstream untuk bersantai dan melepas lelah. Hasil hunting bisa dinikmati di Little Noona Wisata Jogja Gunung Kidul-.Tempat Wisata Kab. Gunung Kidul memang sangat menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pada artikel kali ini akan kami uraikan 5 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Wajib Dikunjungi, baca sampai habis!

Terletak di puncak bukit ngentak, Desa Candi Rejo, Kec. Semin Kab. Wisata Gunung Kidul Yogyakarta ini berhasil menarik perhatian banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Geliat Tempat Wisata Pemandangan Alam Di Gunungkidul Saat Ppkm

Mereka meninggalkan lubang besar. Air hujan yang mengisi lubang-lubang tersebut mengubah bekas tambang menjadi danau yang indah dengan air berwarna biru kehijauan.

Terdapat 3 lubang besar yang akhirnya membentuk 3 danau dengan kedalaman yang berbeda, sehingga menghasilkan kesalahan warna yang berbeda, membuat danau ini terlihat seperti danau 3 warna.

Cuaca yang sejuk, air laut yang biru kehijauan dan persawahan, serta jalanan yang berkelok-kelok dijamin akan membuat Anda betah dan singgah di sini.

Destinasi Wisata Alam Di Gunung Kidul

Gua Kalisuci adalah wisata gua Kars dengan sungai bawah tanah. Gua Kalisuci atau Pipa Gua Kalisuci terletak 10 kilometer dari kota Wonosari atau 60 kilometer dari kota Jogja.

Tempat Piknik Gunung Kidul Yang Paling Banyak Diminati

Secara khusus, dibutuhkan waktu 1,5-2 jam dari Kota Yogyakarta, Semanu, Kab ke Girls Village. Gunungkidul Jogjakarta. (Peta)

Masyarakat sekitar menggunakan air ini untuk kebutuhan air sehari-hari. Masyarakat bisa langsung menikmati air sungai ini tanpa takut sakit karena sumber air ini belum tercemar limbah apapun.

Nikmati perasaan menjelajahi sungai hidup-hidup. Dengan bantuan pelampung dan bimbingan pemandu lokal Gua Kalisuci, cukup aman bagi pemula untuk merasakan jeramnya.

Stalaktit dan stalagmit yang terlihat memesona di dalam goa, serta suara mencicit kelelawar akan menambah kesan eksotis wisata Yogyakarta di sini.

Tempat Wisata Di Kulon Progo Yang Keindahannya Akan Membuatmu Terpana

Gunung Kidul umumnya mudah dikenali karena keindahan pantainya, meski sebenarnya ada lebih dari sekadar pantai yang bisa memanjakan mata. Di tempat ini misalnya, salah satu wisata air terjun paling populer di Yogyakarta.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah pada musim kemarau karena anda dapat melihat aliran sungai oyo di bawah ini

Destinasi gunung kidul, destinasi wisata gunung kidul, destinasi pantai gunung kidul, destinasi wisata di gunung kidul yogyakarta, destinasi wisata pantai gunung kidul, destinasi pantai di gunung kidul, tempat wisata alam di gunung kidul, destinasi wisata jogja gunung kidul, destinasi wisata di gunung kidul, wisata alam di gunung kidul, destinasi di gunung kidul, wisata alam gunung kidul

Comments

social bar