free statistics

Daur Ulang Sampah Plastik dengan Membuat Kerajinan Cantik Seperti Ini?

5/5 - (1 vote)

Untuk mengajarkan daur ulang sampah plastik kepada anak-anak, maka peran orangtua adalah dengan memberi contoh cara membuat kerajinan dari limbah plastik. Salah satu cara yang cukup menyenangkan dalam mengajarkannya adalah dimulai dari membuat aneka kerajinan tangan dari sampah bekas ini.

Jika di rumah ada banyak limbahg plastik seperti kantong kresek, botol bekas, kemasan produk rumah tangga dan lain sebagainya mengapa tidak mendaur ulang saja? Cukup dengan ide dan kreativitas sajal, maka sampah bisa menjadi barang yang bernilai tinggi.

Simak Cara Daur Ulang Sampah Plastik Agar Menjadi Produk yang Bermanfaat

Seperti yang kita ketahui, bahwa sampah plastik kini telah menjadi salah satu jenis limbah yang cukup sulit untuk diolah. Padahal jika kita manfaatkan dengan baik maka dapat menghasilkan sesuatu yang lebih berguna, sebut saja seperti aneka kerajinan.

Sayangnya kerajinan seperti ini juga belum banyak ditemukan di Indonesia sebab masih ada sedikit orang yang membuatnya. Padahal kerajinan ini hanya memanfaatkan limbah plastik yang sudah tidak terpakai lagi untuk kemudian menciptakannya menjadi barang berguna.

Bagi Anda yang memiliki anak tak ada salahnya juga untuk mengajarkannya membuat aneka kerajinan dari sampah plastik besar tersebut. Ada banyak ide kreasi yang bisa Anda buat bersama anak-anak, misalnya seperti berikut ini:

Tempat Pensil

Daur ulang sampah plastik juga bisa Anda jadikan sebagai kerajinan tempat pensil yang kemudian dapat digunakan oleh anak Anda. Sehingga bagi Anda yang sudah memiliki anak dan sudah bersekolah, maka keberadaan tempat pensil di rumah adalah hal yang penting.

Anda cukup memanfaatkan botol bekas minuman apa saja dengan ukuran sesuai keinginan lalu potong pada bagian atasnya. Jika masih ada plastik yang menutupi botol hilangkan saja kemudian berilah warna menggunakan cat sesuai keinginan.

Sementara itu pada bagian bekas potongan botol yang masih terlihat kasar maka bisa Anda haluskan dengan menggunakan amplas.

Membuat Celengan

Untuk daur ulang sampah plastik, Anda juga bisa menciptakan kerajinan berupa celengan yang akan amat bermanfaat untuk anak-anak. Mengingat bahwa menabung adalah salah satu kebiasaan yang sebaiknya kita ajarkan pada anak kita sejak usia masih dini.

Nah supaya anak tertarik untuk menabung maka Anda sebagai orang tua bisa memberikan celengan yang bagus, salah satunya menggunakan kemasan botol bekas. Anda cukup menyiapkan botol bekas, gunting/cutter, lem, cat warna, kuas dan aksesoris lainnya.

Langkah pertama adalah dengan memotong bagian botol terlebih dahulu lalu kemudian rekatkan dengan lem dan buat lubangnya. Kemudian Anda bisa memberikan warna sesuai keinginan anak dan menempelkan aneka aksesoris agar terlihat lebih indah dan menarik.

Lampu Hias

Anda juga bisa melakukan daur ulang sampah plastik untuk kemudian menciptakannya menjadi lampu hias nan cantik. Anda bisa memanfaatkan sendok plastik bekas yang sudah tidak terpakai untuk membuat lampu gantung dengan kreasi sendiri.

Anda cukup menyiapkan bahan dan alat seperti sendok plastik bekas yang banyak, cutter/gunting, lampu & sangkar, lem tembak, botol plastik dan kabel+colokan. Pertama-tama potong semua gagang sendok lalu ambil botol bekas dan potong bagian bawah.

Rekatkan sendok tadi mulai dari bawah sampai mengelilingi botol sampai tertutup sempurna dengan lem tembak. Ambil kabel lalu masukkan dari bagian bawah botol dan sambungkan ke sumber colokan dan sangkar lampu.

Ide pengolahan sampah plastik seperti ini juga merupakan salah satu cara kreatif guna menerapkan kesadaran bijak plastik kepada anak-anak. Oleh karena itu anda sebagai orangtua haus melatih anak untuk belajar berkreasi sesuai ide masing-masing.

Memanfaatkan daur ulang sampah plastik ini sangat berguna sebab bisa menciptakan produk yang bernilai tinggi dan berguna.

Comments