free statistics

Cara Ukur Menggunakan Jangka Sorong

Rate this post

Cara Ukur Menggunakan Jangka Sorong – Liputan6.com, Jakarta Penting untuk mengetahui cara membaca jangka sorong dan mikrometer saat mengukur suatu benda. Kedua alat ukur ini sering digunakan dalam bidang teknik untuk mengukur diameter suatu benda kecil.

Sejauh ini alat ukur yang paling terkenal adalah penggaris. Namun kaliper dan mikrometer heliks memiliki tingkat akurasi hingga 0,1 mm (untuk kaliper) dan 0,01 mm (untuk mikrometer heliks).

Cara Ukur Menggunakan Jangka Sorong

Cara Ukur Menggunakan Jangka Sorong

Cara membaca jangka sorong dan mikrometer heliks tidak terlalu rumit untuk dipahami. Sebelum mempelajari cara membaca masing-masing alat ukur ini, Anda perlu mengetahui beberapa bagian terlebih dahulu.

Berikut Ini Ilustrasi Cara Membaca Pengukuran Panjang Suatu Benda Dengan Menggunakan Jangka Sorong Atau Caliper

** Gempa Cianjur meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: Rekening BCA: 500 557 2000 Yayasan A.N Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan diberikan dalam bentuk sembako, kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kami adalah harapan mereka.

Cara membaca jangka sorong dan mikrometer heliks tidak terlalu sulit untuk dipahami. Anda juga dapat mempelajari bagian dan fungsinya sebelum mempelajari cara membaca kaliper dan sekrup mikrometer ini.

Jangka sorong sendiri merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur diameter suatu benda. Kaliper vernier ditemukan oleh insinyur Perancis Pierre Vernier. Vernier juga merupakan nama skala dalam jangka sorong.

Akurasi caliper adalah 0,1 mm. Penggaris juga digunakan untuk mengukur panjang maksimum suatu benda 20 cm. Anda bahkan dapat mengukur diameter kelereng, diameter dalam tabung atau cincin, atau bagian dalam tabung dengan jangka sorong.

Di Bawah Ini Adalah Pengukuran Panjang Benda Dengan Menggunakan Alat Ukur Jangka Sorong. Hasil

Gauge bawah untuk mengukur kedalaman di dalam pipa, lubang kecil atau sedikit perbedaan ketinggian, misalnya.

Rahang bagian dalam terdiri dari rahang geser dan rahang tetap, bentuknya dapat digerakkan, dan digunakan untuk mengukur permukaan luar benda kerja, seperti ketebalan kertas, lebar meja dan sebagainya.

Rahang luar, terdiri dari rahang tetap dan rahang bergerak, digunakan untuk mengukur kedalaman benda, misalnya diameter pipa, cincin, dll.

Cara Ukur Menggunakan Jangka Sorong

Dalam cara membaca kaliper dan mikrometer heliks ini, Anda dapat melihat beberapa pengukuran. Berikut cara membaca caliper:

Pengukuran Jangka Sorong

4. Ada dua angka nol di kaliper, yang pertama di skala atas (ujung kiri), yang kedua di baris bawah agak ke tengah. Perhatikan baris pertama sebelum nol bawah (skala besar).

5. Kemudian perhatikan garis yang tepat antara skala atas dan bawah (skala vernier). Temukan satu yang terhubung langsung ke garis vernier.

Mikrometer heliks adalah alat yang cukup akurat untuk mengukur panjang. Tingkat akurasinya mencapai 0,01 mm. Mikrometer heliks sendiri memiliki fungsi untuk mengukur panjang/tebal/diameter benda yang cukup kecil, seperti plat baja, aluminium, diameter kabel, kawat, lebar kertas dan masih banyak lagi.

Alat ini pertama kali ditemukan oleh Willaim Gascoigne karena kebutuhan akan alat yang lebih presisi dari caliper. Penggunaan sekrup mikrometer sangat luas, idenya adalah mengukur panjang dengan presisi yang lebih tinggi.

Jangka Sorong: Kalibrasi, Tingkat Ketelitian Dan Membaca Skala

Dalam cara membaca kaliper dan mikrometer heliks ini, Anda dapat melihat beberapa pengukuran. Berikut cara membaca mikrometer sekrup:

3. Buka rahang dengan menggerakkan pemutar ke kiri hingga benda yang akan diukur dapat masuk ke dalam rahang.

7. Setelah dipastikan benda kerja terkompresi dengan baik diantara kedua poros, anda dapat membaca hasil pengukuran pada skala utama dan skala vernier.

Cara Ukur Menggunakan Jangka Sorong

Anda harus memahami cara membaca kaliper dan mikrometer heliks. Bahkan benda-benda kecil pun dapat diukur secara tepat dengan caliper dan mikrometer heliks.

Cara Cepat Membaca Jangka Sorong ( Vernier Califer ) Skala 1/1000 Inchi, Dilengkapi Soal Latihan

* Fakta atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebarluaskan, silakan cek fakta WhatsApp Liputan6.com di 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Iriana Foto Rombongan dan Kawan di Pernikahan Kaesang Pangarep – Erina Gudono, Jokowi dan Kekasih Gaib Apa itu Penjepit? Bagaimana cara membaca hasil pengukuran dengan caliper atau jangka sorong? Jangka sorong adalah alat untuk mengukur panjang atau tebal suatu benda dengan ketelitian 0,1 mm. Dengan demikian, alat yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Vernier Caliper ini lebih detail hasil pengukurannya dibandingkan penggaris atau penggaris sederhana. Dalam penggunaannya, alat ukur ini banyak digunakan untuk mengukur panjang, tebal benda, dan diameter luar dan dalam benda, serta mengukur kedalaman.

Kaliper modern ditemukan oleh Joseph R. Brown pada tahun 1851. Itu adalah alat praktis pertama untuk pengukuran akurat yang dijual dengan harga terjangkau untuk masinis umum. Callanger Vernier terdiri dari skala utama yang dilengkapi dengan rahang di salah satu ujungnya.

Rahang kedua, yang berisi skala vernier, melewati skala utama. Saat rahang bersentuhan, nol pada skala utama dan nol pada skala vernier harus bertepatan. Jika dua nol tidak bertepatan, kesalahan nol positif atau negatif terjadi.

Cara Menggunakan Jangka Sorong Dan Teknik Membacanya

Nah, sebelum kita mempelajari cara mengukur dengan kaliper, ada baiknya kita mengenal berbagai jenis kaliper dan bagian-bagiannya.

Inilah jepitan yang sering kita lihat saat guru menunjukkan contoh jepitan di sekolah. Alat ukur ini tidak dilengkapi dengan timbangan digital untuk mengukur benda. Pengukuran dengan caliper analog dilakukan dengan cara manual, oleh karena itu istilah ini biasanya juga disebut hand caliper.

Ini adalah jenis penjepit yang jarang kita lihat di sekolah sama sekali. Tidak semua sekolah memiliki kaliper digital seperti itu. Kompas ini dilengkapi dengan timbangan digital untuk mengukur objek. Pengukuran dengan caliper digital dapat dilakukan secara otomatis, angka yang menunjukkan panjang objek akan muncul secara otomatis di bagian digital jika Anda sedang mengukur suatu objek.

Cara Ukur Menggunakan Jangka Sorong

Bagian pertama adalah kunci pas yang digunakan untuk menahan bagian yang bergerak selama proses pengukuran, misalnya rahang dan probe kedalaman.

Cara Membaca Jangka Sorong Untuk Mengukur Diameter Dalam Dan Luar: Skala Utama Dan Nonius

Ini terdiri dari rahang geser dan rahang tetap. Rahang luar berfungsi untuk mengukur diameter dalam atau kedalaman benda kerja, seperti diameter mata bor atau diameter lubang.

Ini terdiri dari rahang geser dan rahang tetap. Rahang dalam berfungsi untuk mengukur dimensi luar atau sisi luar benda kerja, seperti tebal, lebar benda kerja atau diameter luar kaleng.

Skala utama dalam cm berfungsi untuk menyatakan besaran utama dalam centimeter (cm) yang disebut juga dengan skala metrik, dan inchi untuk menyatakan besaran utama dalam inci. juga disebut skala kekaisaran.

Skala vernier dalam milimeter berfungsi sebagai skala untuk mengukur pecahan dalam milimeter. Skala vernier juga disebut skala vernier, untuk menghormati nama penemunya, Pierre Vernier, seorang insinyur Prancis. Panjang skala 10 vernier adalah 9 mm. Jadi, 1 bagian skala vernier (jarak antara dua garis yang berdekatan pada skala vernier) sama dengan 0,9 mm. Untuk inci, garis skala di atas

Tentukan Pembacaan Pengukuran Menggunakan Jangka Sorong B

1. Langkah pertama adalah melonggarkan sekrup pengunci dan menggerakkan bagian rahang geser untuk memastikan rahang geser berfungsi dengan baik. Jangan lupa cek atau cek saat rahang tertutup harus menunjukkan nol.

2. Langkah selanjutnya adalah membersihkan permukaan benda dan permukaan rahang agar tidak ada benda yang menempel yang dapat menyebabkan ketidakakuratan hasil pengukuran.

3. Jaw guard kemudian bergerak ke sisi objek yang akan diukur. Ketahui skor dengan membaca skala mayor dan skala minor.

Cara Ukur Menggunakan Jangka Sorong

4. Jika ingin mengukur diameter dalam suatu benda (misalnya diameter cincin), gunakan ukuran rahang atas. Kencangkan rahang atas dan letakkan benda (misalnya cincin) yang akan diukur diameternya. Tarik rahang geser hingga kedua rahang terpasang dan tekan ke dalam benda kerja. Pastikan wajah bagian dalam objek tegak lurus dengan skala, dalam artian objek tidak miring.

Diameter Sebuah Benda Diukur Dengan Menggunakan Ja

Untuk lebih jelasnya mengenai tata cara penggunaan jangka sorong dan cara mengukurnya akan dijelaskan pada contoh berikut.

Saat membaca hasil pengukuran jangka sorong, kita akan melihat dua macam skala, yaitu skala utama dan skala vernier (vernier). Skala utama terdiri dari deretan angka 0, 1, 2, 3, 4, 5 cm, dst yang terletak pada bagian tetap. Ada juga skala master dalam inci di bagian atas, seperti penggaris. Kemudian terdapat skala vernier pada bagian geser yang menunjukkan satuan 0,1 mm.

Nah, pada gambar di atas itu adalah benda kecil (merah) yang akan diukur ketebalannya. Kita akan membaca dan menghitung ketebalan bola merah ini. Untuk membaca dan mengetahui ukuran benda yang berwarna merah, terlebih dahulu kita melihat angka yang tertera pada skala utama. Carilah garis pada skala utama yang paling dekat dengan 0 pada skala vernier. Ternyata, bagian skala utama yang paling dekat dengan 0 (nol) pada skala vernier adalah 1,1 cm atau 1 cm lebih dari 1 mm atau 11 mm. Kemudian langkah selanjutnya adalah melihat dua garis skala pada skala utama dan skala vernier yang sejajar atau terpanjang atau paling berhimpitan. Ternyata antara angka 6 dan 7 terdapat dua garis lurus sejajar gradasi yang artinya 0,65 mm.

Jadi, untuk mencari tebal benda merah yang diukur, kita melakukannya dengan menjumlahkan dua angka yang diperoleh pada skala utama (11 mm) dan skala vernier (0,65 mm).

Jangka Sorong: Fungsi, Jenis, Cara Penggunaan, Contoh

Pada gambar di atas, Anda dapat melihat skala utama kaliper di dekat angka 0 terlihat pada 4,7 cm atau 47 mm. Kemudian garis skala vernier yang lurus dan sejajar dengan garis skala di atas berada pada garis skala 4 yang berarti 0,4 mm. Jadi ukuran benda yang diukur dengan jangka sorong adalah:

Nah, itulah cara membaca hasil pengukuran dengan penggaris. Pada contoh di atas, setiap garis pada skala vernier mewakili 0,1 mm, yang memudahkan perhitungan. Beberapa jangka sorong yang dijual di pasaran memiliki beberapa macam, misalnya satu garis pada skala vernier mewakili 0,02 mm atau 0,05 mm, sebuah angka.

Cara membaca alat ukur jangka sorong dan mikrometer sekrup, alat ukur jangka sorong digunakan untuk mengukur, cara menggunakan jangka sorong digital, alat ukur jangka sorong, cara ukur jangka sorong, cara ukur dengan jangka sorong, gambar alat ukur panjang jangka sorong, alat ukur jangka sorong dan mikrometer sekrup, cara menggunakan alat jangka sorong, ukur jangka sorong, ukur dengan jangka sorong, cara menggunakan alat ukur jangka sorong

Comments

social bar