free statistics

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Left

Rate this post

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Left – Di bagian tutorial ini, Anda akan belajar cara menggunakan rumus VLOOKUP di excel. Rumus VLOOKUP di excel sangat penting untuk dipahami karena fungsinya dapat mencari data secara vertikal dalam rentang sel. Pencarian data merupakan salah satu proses penting jika kita ingin mengolah data Excel dengan baik.

Sebenarnya tutorial VLOOKUP ini cukup panjang jika ingin mengetahui semua bagiannya. Ini karena kami berbicara tentang penggunaan VLOOKUP dari bagian yang berbeda karena kami sering mendengar pengguna excel bertanya!

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Left

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Left

Jika Anda ingin benar-benar menguasai rumus VLOOKUP, silakan pelajari tutorial ini dari awal hingga akhir. Tapi, jika Anda tidak punya waktu untuk itu, Anda bisa langsung melompat ke bagian diskusi VLOOKUP yang Anda butuhkan melalui konten. Jangan ragu untuk menandai panduan ini jika Anda ingin mengetahui bab-bab lain di lain waktu!

Contoh Cara Menggunakan Fungsi Rumus If Di Excel

Penafian: Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi tempat kami memperoleh komisi untuk setiap transaksi/tindakan yang memenuhi syarat tanpa biaya tambahan kepada Anda. Belajarlah lagi

Contoh VLOOKUP 1: Pencarian Biodata Berikut ini akan memberikan dan menjelaskan contoh pertama yang menunjukkan penggunaan VLOOKUP dengan pengetikan dan hasilnya.

Dari sini jelas bagaimana VLOOKUP digunakan untuk pencarian data vertikal. Cara menggunakan rumus excel VLOOKUP sendiri adalah dengan memasukkan inputan dengan benar seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Input adalah nilai referensi pencarian, rentang sel tempat pencarian dilakukan, rentang kolom tempat hasil diambil, dan sifat pencarian.

Cara kerja rumus ini adalah: rumus ini terlihat di kolom pertama rentang sel Anda dan menemukan nilai referensi di sana. Jika ditemukan, cari posisi baris yang akan digunakan untuk mendapatkan hasil di kolom hasil. Jika ada lebih banyak data di kolom pertama yang sesuai dengan nilai pencarian Anda, posisi di baris atas akan diambil.

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup

Entri terakhir, yang bersifat opsional, sifat pencarian, juga penting untuk dipahami. Di sini Anda dapat memasukkan TRUE/FALSE dengan asumsi TRUE jika Anda belum memasukkan entri apa pun. Jika TRUE, artinya jika data eksak tidak ditemukan pada kolom pertama, maka akan dicari nilai terkecil yang paling dekat dengan nilai pencariannya. Jika input FALSE, jika tidak ada data yang sama persis ditemukan, VLOOKUP mengembalikan kesalahan.

Penting untuk dicatat bahwa jika Anda memasukkan TRUE di sini, Anda harus mengurutkan data di kolom pertama rentang sel dari terkecil hingga terbesar. Jika tidak, maka hasil VLOOKUP Anda akan salah atau bahkan error.

Praktik dari semua penjelasan tersebut dapat dilihat pada contoh cara menggunakan rumus excel VLOOKUP di atas. Dalam contoh ini, nama yang diminta tampaknya adalah “Moka”. Dari sana, rumus ini mencari “Moka” di kolom pertama rentang sel input dan mengekstrak data berdasarkan urutan kolom hasil input. Dalam urutan input kolom hasil, masukkan angka 2 dan 3 masing-masing di kolom “Usia” dan “Pekerjaan” dari rentang sel.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Left

Kemudian, karena entri terakhir adalah FALSE untuk kedua rumus, data di kolom pertama tidak perlu diurutkan. Kombinasi dari semua input ini menghasilkan hasil yang sesuai dengan persyaratan pencarian data dari contoh.

Fungsi Kiri Vlookup Di Excel

Contoh VLOOKUP 2: Rentang nilai dan terjemahan literalnya Contoh selanjutnya yang kita lihat untuk memperjelas pemahaman kita tentang VLOOKUP adalah menentukan nilai literal dari rentang angka.

Dalam contoh ini, kita akan melihat bagaimana rumus VLOOKUP mengembalikan hasil ketika properti pencarian adalah TRUE atau rentang. Jika Anda ingin mengonversi beberapa nilai menjadi huruf, biasanya rentang nilai dapat diskalakan.

Dalam contoh ini, Anda dapat melihat bagaimana VLOOKUP mengonversi nilai 72 dari Jenny berdasarkan tabel referensi di sebelah kiri. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, VLOOKUP akan secara otomatis menganggap entri terakhirnya sebagai TRUE jika tidak ada entri yang diberikan di sana. Oleh karena itu, penulisan rumus VLOOKUP pada contoh tidak perlu memasukkan apapun pada bagian tersebut (jika kita memasukkan TRUE di sana, hasil rumus akan sama).

VLOOKUP dengan TRUE akan mencocokkan nilai eksak terlebih dahulu sebelum menemukan nilai terdekat yang lebih kecil. Seperti yang terlihat pada tabel referensi, tidak ada nilai 72 di sana.

Kumpulan Rumus Excel Lengkap Dengan Penjelasannya

Oleh karena itu, VLOOKUP mengambil posisi baris yang paling kecil nilainya, yaitu 65. Karena pada kolom kedua tabel referensi (sesuai input query urutan kolom saat menulis rumus VLOOKUP) sejajar dengan 65 adalah huruf C, maka huruf tersebut adalah hasil dari VLOOKUP.

Perlu juga dicatat bahwa kolom pertama dari tabel referensi dalam contoh sudah diurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar. Ini juga penting ketika kita menggunakan properti range lookup dari VLOOKUP. Jika tidak diurutkan, maka kemungkinan hasil VLOOKUP salah atau error, seperti terlihat pada screenshot berikut.

CONTOH VLOOKUP 3: Rumus Angka Manual Contoh berikutnya adalah aplikasi yang menggunakan VLOOKUP yang dapat Anda lakukan di Excel untuk mengonversi angka ke bentuk perhitungannya.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Left

Dalam contoh ini, Anda akan melihat bagaimana VLOOKUP bisa menjadi rumus Excel terhitung. Selama ada tabel referensi, itu bisa mengubah angka menjadi bentuk huruf. Pastikan properti pencarian input FALSE sehingga tidak mengambil font yang salah dari tabel referensi.

Rumus Excel Yang Dapat Menunjang Produktivitas Kerjamu

Jika Anda ingin membuat angka lebih besar dari sepuluh atau angka desimal, maka Anda harus mengalikan isi tabel referensi. Jika Anda menginginkan cara yang lebih mudah untuk mendapatkan bentuk angka yang dihitung, Anda dapat menggunakan rumus yang dibuat dari VBA. Dalam panduan ini Anda dapat menemukan petunjuk tentang cara membuat dan menggunakan rumus.

Langkah Penulisan Berikut ini akan dijelaskan cara menggunakan rumus excel VLOOKUP langkah demi langkah. Menggunakan VLOOKUP di Excel cukup rumit jika Anda belum pernah belajar VLOOKUP. Oleh karena itu, akan diberikan juga contoh penulisan dalam bentuk screenshot untuk setiap langkah penjelasannya agar prosesnya lebih mudah untuk Anda pahami.

Penjelasan TRUE/FALSE pada fungsi VLOOKUP (Propertinya/mode pencarian) Memasukkan TRUE atau FALSE harus diberikan perhatian khusus saat menulis rumus VLOOKUP karena penting untuk menentukan hasil pencarian data Anda. Seperti yang disebutkan sebelumnya, masukkan TRUE jika VLOOKUP hanya dapat mencari rentang nilai dalam kriteria pencarian dan FALSE jika harus sama persis.

Jika Anda memasuki mode pencarian sebagai TRUE, maka VLOOKUP dapat mengembalikan nilai terbesar yang lebih rendah dari nilai referensi pencarian. Jika FALSE, maka jika VLOOKUP tidak menemukan nilai yang sama persis dengan nilai referensi pencarian, maka hasilnya adalah error.

Modul Latihan Microsoft Excel

Jika Anda tidak memasukkan apa pun di bidang input ini, maka VLOOKUP akan menganggap bahwa input Anda BENAR.

Gunakan input TRUE/FALSE sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang perlu Anda ingat adalah jika Anda menggunakan REAL, kolom pertama tempat Anda menemukan nilai referensi Anda harus diurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar. Jika tidak, hasil pencarian VLOOKUP akan salah atau salah.

Kesalahan BENAR karena kolom pertama yang tidak berurutan juga menjadi alasan mengapa VLOOKUP terkadang tidak berfungsi di Excel Anda.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Left

Hal-Hal Yang Dapat Menyebabkan Kesalahan VLOOKUP Menggunakan VLOOKUP terkadang tidak menghasilkan hasil pencarian data yang sesuai dengan keinginan kita atau bahkan membuat kesalahan. Kita harus memperhatikan faktor penyebab kejadian tersebut agar tidak terjadi kesalahan dalam menggunakan VLOOKUP.

Video Tutorial Vlookup Dan Hlookup

Harapkan kesalahan VLOOKUP: IFERROR VLOOKUP Kami mungkin mencoba untuk menghindari kesalahan tampilan karena penggunaan VLOOKUP kami. Namun, terkadang kesalahan dapat ditemukan dari rumus. Hal ini juga dapat menyebabkan kesalahan dalam pemrosesan data kami yang menggunakan hasil VLOOKUP sebagai referensi.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi kesalahan ini dan tidak mengganggu pemrosesan data kita? Jawabannya adalah menggabungkan tulisan VLOOKUP kita dengan IFERROR.

Penjelasan entri untuk penulisan VLOOKUP di atas sama dengan yang dijelaskan pada bagian sebelumnya. Sedangkan pada IFERROR, value_if_error adalah nilai yang ingin kita kembalikan dari rumus jika VLOOKUP kita menghasilkan error.

Dalam contoh ini, Anda akan melihat cara menulis kombinasi IFERROR VLOOKUP. Dengan IFERROR, kesalahan VLOOKUP diubah menjadi “Tidak Ditemukan”. Tanpa IFERROR, VLOOKUP mengembalikan kesalahan #N/A.

Rumus Vlookup Excel, Contoh & Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Excel Lengkap

Nilai alternatif ketika VLOOKUP melempar kesalahan pada input IFERROR itu sendiri biasanya kata-kata seperti “Tidak ditemukan” atau data kosong (“”). Namun, tentunya terserah Anda nanti nilai alternatif mana yang ingin Anda gunakan jika menggunakan kombinasi dari rumus-rumus tersebut.

VLOOKUP dengan wildcard Saat memasukkan nilai referensi pencarian di VLOOKUP, kita juga dapat menggunakan wildcard. Bagi yang belum tahu apa itu wildcard, itu adalah karakter yang bisa diganti dengan karakter apapun saat menulis data.

Saat digunakan oleh VLOOKUP, wildcard biasanya ditempatkan di bagian entri nilai referensi pencarian. Contoh implementasinya di VLOOKUP dapat dilihat pada screenshot berikut:

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Left

Dalam kedua contoh, Anda dapat melihat efek penggunaan * dan ? dalam nilai VLOOKUP dari nilai referensi. * di “S*” membuat VLOOKUP mencari data yang diawali dengan “S”. Tentang tanda? dari “Mang?a” membuat VLOOKUP mencari data yang diawali dengan “Mang” dan diakhiri dengan “a”.

Bekerja Dengan Fungsi

Anda juga dapat melihat pada contoh bahwa karakter * dapat diisi dengan karakter apa pun dengan angka apa pun (“S*” dapat berarti “Semangka”, “Asam” atau kata apa pun asalkan dimulai dengan S). ? tanda itu, di sisi lain, hanya mewakili karakter independen (“Mang?a” dapat berarti “Mangga” atau “Mangua”, tetapi bukan “Magggga” atau “Mangjasa”).

Masukkan wildcard * dan ? itu sendiri dapat menjadi bagian dari nilai referensi pencarian yang Anda masukkan di VLOOKUP. Jika Anda ingin menggunakan * dan ? Dalam nilai benchmark pencarian Anda, kemudian gunakan tanda ~ di depan karakter (misalnya memasukkan nilai benchmark pencarian “Hard~?” akan menyebabkan VLOOKUP mencari data teks “Hard?” alih-alih “Easy” atau “Hard” ).

VLOOKUP dengan proses pencarian kiri Pada dasarnya, proses pencarian data VLOOKUP selalu mengarah ke kanan. Ini akan mencari tolok ukur pencarian Anda di kolom paling kiri dari rentang selnya sebelum menemukan hasil pencariannya di sebelah kanan kolom itu.

Bagaimana jika nilai referensi pencarian berada di sebelah kanan kolom tempat kita ingin mendapatkan hasil pencarian data? Solusinya adalah tidak menggunakan VLOOKUP

Vlookup (fungsi Vlookup)

Cara rumus hlookup dan vlookup, cara menggunakan rumus vlookup untuk raport, menggunakan rumus vlookup dan hlookup, cara menggunakan rumus vlookup, rumus vlookup dan contohnya, cara menggunakan rumus vlookup pada excel, rumus hlookup dan vlookup, cara menggunakan rumus vlookup excel, cara menggunakan rumus excel vlookup dan hlookup, cara menggunakan rumus hlookup dan vlookup, cara menggunakan rumus vlookup pada excel 2010, menggunakan rumus vlookup

Comments

social bar