free statistics

Cara Menggunakan Rumus Vlookup

Rate this post

Cara Menggunakan Rumus Vlookup – Apakah mungkin untuk mencari gambar di Excel? Pertanyaan ini sangat menarik untuk dibahas. Jika pembaca mengikuti blog ini, di…

Percaya atau tidak, masih banyak pengguna Excel yang belum mengerti atau bahkan mengetahui apa itu rumus VLOOKUP.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup

Cara Menggunakan Rumus Vlookup

Padahal fungsi Excel ini sangat penting dan sangat berguna, apalagi saat kita bekerja dengan banyak data yang terdiri dari banyak baris.

Rumus Dan Fungsi Formula Excel Vlookup Serta Hlookup

Untuk pembaca ahli, ini harus akrab. Mohon koreksi saya jika ada kesalahan dalam artikel tutorial VLOOKUP Excel ini.

Sebelum melanjutkan pembahasan fungsi VLOOKUP lebih detail. Anda harus menonton video sederhana ini. Video ini menunjukkan dasar-dasar penggunaan fungsi VLOOKUP. dengarkan baik-baik…

Contoh: ada data nama peserta acara dan disimpan dalam tabel yang terdiri dari 4 kolom yaitu nomor, nama, jenis kelamin dan alamat.

VLOOKUP adalah akronim dari Vertical Lookup, atau secara harfiah, Lookup dapat diterjemahkan sebagai melihat lebih dekat. Jadi fungsi VLOOKUP digunakan untuk melihat lebih dekat tabel secara vertikal (dari atas ke bawah). Kegunaannya untuk mengambil nilai dari kolom lain yang berhubungan dengan data yang diketahui pada baris yang sama.

Pelatihan Excel Di Terupdate, Yuk Mulai Belajar Bersama Dqla

Ups.. terjemahan bahasa Indonesianya agak berantakan. Tapi itu tidak masalah, yang penting kamu dan aku saling mengerti.

Setelah menemukan angka 10, mata kita beralih ke kanan, ke halaman berikutnya, kolom kedua dengan nama.

Karena kami ingin cepat menemukan data dalam nomor berurutan yang berbeda, nomor 10 ditempatkan dalam satu sel. Misalnya sel C1, maka rumusnya adalah sebagai berikut:

Cara Menggunakan Rumus Vlookup

Coba ini: ganti serial number di sel C1, maka kita akan menemukan data terkait serial number secara otomatis.

Rumus Vlookup Ke Arah Kiri

Pada contoh di atas, kami menggunakan rumus vlookup untuk melihat lebih dekat beberapa entri tabel yang berada di lembar yang sama dengan rumus yang dibuat.

Perhatikan rumus di atas, karena parameter view_value dan view_table mengacu pada referensi. Sebenarnya tidak perlu mengetik langsung, cukup pilih referensi yang sesuai dengan mouse.

Oh ya… Saya lupa, Anda sudah memahami hal-hal sepele tentang cara mengetik rumus seperti itu. Tapi tidak apa-apa, biarkan artikel ini agak panjang. 🙂

Karena itu juga tidak terlalu sulit. Tentu! Apalagi jika Anda tahu Excel dan sering menggunakan rumus. Hampir identik dengan membuat rumus VLOOKUP antar lembar.

Rumus Gaji Pokok Menggunakan Vlookup

Perhatikan penggunaan tanda $. Biasanya ketika kita mengetik rumus dengan referensi dari buku kerja atau file lain, referensi secara otomatis menggunakan atribut $ atau absolute. Ini berarti bahwa rentang referensi dikunci dan akan tetap ada meskipun rumus disalin ke sel lain.

Cara lain yang lebih sederhana dan lebih mudah dibaca adalah dengan menggunakan nama rentang sebagai referensi. Tata cara penamaan rentang sel dibahas di artikel lain, silakan baca Menamai sel dan rentang menggunakan kotak nama

Buat nama rentang sel dengan memilih sel rentang (misalnya tabel) lalu ketikkan nama rentang di kotak nama yang biasanya terletak di kiri atas lembar kerja Excel (di sebelah kiri tanda fx). Misalnya, nama baris dalam tabel Data Peserta disebut Data Peserta.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup

Menggunakan nama sel atau nama rentang dalam rumus vlookup membuat rumus lebih mudah dibaca, atau lebih mudah dibaca dan dipahami alurnya.

Rumus Excel Hlookup Berikut Contohnya

Menggunakan nama rentang sel juga membuat referensi yang sama. Tidak masalah jika lokasi tabel berada di lembar yang sama atau tidak, tetapi dalam file.

Dengan menamai tabel data peserta dengan nama data peserta maka rumus vlookup dalam satu lembar atau antar lembar bisa sama, yaitu:

Secara analogi dapat dijelaskan bahwa rumus VLOOKUP di atas mencari data dengan nilai C1. Pencarian dilakukan di kolom pertama tabel yang disebut data peserta. Ini mengembalikan nilai dari kolom kedua (nama), ketiga (gender), dan keempat (alamat) di baris yang sama dengan nilai yang ditemukan.

Sebagian besar pengguna Excel sudah familiar dengan cara mengkategorikan data menggunakan fungsi IF. Tetapi jika kita membuat formula IF multi-level, kita membutuhkan formula IF yang membutuhkan lebih banyak waktu dengan lebih banyak kriteria yang digunakan.

Mencari Dan Mengambil Data Dari Suatu Tabel Referensi Menggunakan Fungsi Vlookup Dan Hlookup Pada Microsoft Excel

Semakin panjang rumusnya, semakin sulit mengikuti logika. Dengan kata lain, menggunakan rumus IF dengan beberapa kriteria membuat rumus tidak dapat dibaca.

Buat kamu yang tergila-gila dengan fungsi IF bisa langsung bilang: Wah harusnya ini pake rumus IF…!

Perhatikan bahwa untuk mengklasifikasikan nilai menjadi 9 nilai (E , E+ , D , D+ , C , C+ , B , B+ , A ), kita membutuhkan fungsi IF dari 8 level.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup

Rumus di atas tidak berfungsi di Excel 2003 karena versi Excel ini hanya mengizinkan fungsi IF multi-level hingga level 7.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Excel Dan Contohnya

Bahkan, jika Anda sudah menggunakan Excel versi 2007 2010 2010 atau 2016, menggunakan rumus masih tidak praktis bagi saya.

Karena rumusnya sangat panjang. Rumus ini juga tidak terlalu fleksibel, misalnya jika ada perubahan kriteria grading maka rumus IF perlu diubah lagi.

Kami juga dapat memberi nama referensi ke tabel perilaku nilai siswa untuk membuat rumus lebih mudah dibaca. Misalnya, kami menamai tabel kriteria kami dengan CriteriaGrade, maka rumusnya adalah:

Anda akan melihat bahwa rumus VLOOKUP sangat sederhana. Bahkan rumus ini tidak menambah panjangnya kriteria penyisipan yang digunakan. Ini karena template berada di tabel lain yang digunakan sebagai referensi ke table_view. Ini sangat berbeda dengan rumus IF yang semakin panjang seiring dengan meningkatnya perilaku.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Di Excel: Fungsi, Contoh, Dan Penggunaannya

Tetapi pada akhirnya terserah Anda formula mana yang akan digunakan. Jika Anda lebih nyaman dengan rumus IF, jaga risiko harus menulis rumus yang panjang tentunya.

Pertanyaan ini sering muncul di kalangan pengguna Excel dan sering ditanyakan di forum diskusi. Pakar Excel dalam grup sering merekomendasikan penggunaan fungsi INDEX MATCH sebagai alternatif VLOOKUP.

Rumus INDEX MATCH memiliki banyak kelebihan dibandingkan VLOOKUP, tetapi karena kita berbicara tentang VLOOKUP, solusi yang akan ditawarkan adalah tetap menggunakan rumus VLOOKUP.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup

Jadi bagaimana? Karena VLOOKUP hanya bisa bekerja dari kolom pertama (kolom kiri) dari sebuah tabel untuk mencari nilai.

Cara Menghitung Persentase Keuntungan Di Excel

Pada data siswa, seperti pada gambar sebelumnya, dari kolom pertama sampai kolom keempat yaitu NAM, nama siswa, kelas, kelas.

Katakanlah kita tahu nama siswa tetapi tidak tahu NIM-nya. Bagaimana cara mendapatkan NIM dengan formula? Sedangkan kolom NIM berada di sebelah kiri kolom nama.

Data yang sudah diketahui yaitu nama siswa ada di kolom kedua tabel. Namun dengan bantuan fungsi CHOOSE, kita dapat melihat kolom tersebut seolah-olah merupakan kolom pertama.

Pertimbangkan contoh rumus dengan font biru dan merah. Fungsi CHOOSE mendefinisikan bahwa kolom pertama adalah rentang B15:B25 yang berisi nama siswa. Sedangkan kolom kedua adalah range A15:A25 dengan data NIM

Rumus Dasar Microsoft Excel Yang Wajib Dikuasai Oleh Pemula

Perhatikan angka-angka dalam kurung kurawal, yaitu 1 dan 2, dipisahkan dengan koma ( , ). Jika pengaturan komputer Anda menggunakan koma sebagai pemisah desimal, tentu saja rumus akan menghasilkan kesalahan.

Dalam kasus seperti itu, koma harus diganti dengan tanda kurung kurawal garis miring terbalik () dan koma yang memisahkan parameter rumus harus diganti dengan titik koma ( ; )

Sampai tahap ini dapat disimpulkan bahwa fungsi VLOOKUP di Excel dapat bekerja dari kanan ke kiri. Tentu saja dengan bantuan fungsi SELECT.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup

Di akhir artikel ini. Perlu ditegaskan kembali bahwa VLOOKUP merupakan salah satu fungsi Excel yang direkomendasikan untuk dikuasai. Penulis sendiri sangat merasakan manfaat dari rumus ini, terutama ketika bekerja dengan banyak data, baik itu untuk mengelompokkan data, mencari data paralel atau terkait, mencari nama lain untuk data, dll. You are here: M Jurnal » Rumus Excel » Rumus VLOOKUP Excel: 11+ Contoh Lengkap Fungsi VLOOKUP Excel Rumus VLOOKUP: 11+ Contoh Lengkap Fungsi VLOOKUP

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup

Fungsi VLOOKUP Excel adalah rumus untuk mencari data secara vertikal berdasarkan kolom pertama dalam tabel dan kemudian mengambil nilai di kolom berikutnya di baris yang sama dari tabel data yang sesuai dengan kata kunci yang Anda cari.

Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan data dalam tabel sumber atau data rentang berdasarkan nama atau rentang berdasarkan kata kunci yang dapat Anda tentukan.

Misalnya saya ingin mencari gaji pegawai berdasarkan NIK. Daftar gaji karyawan disusun berdasarkan Data Range (B

Di kolom pertama (kolom NIK) rentang data. Kemudian dapatkan nilai kolom keempat yaitu (Kolom Gaji) yang merupakan baris dengan nilai NIK yang Anda cari pada kolom pertama.

Tes Excel Lowongan Kerja Admin # 1

Catatan: Untuk mendapatkan nilai kolom tambahan, Anda harus mengubah angka 4 (pada langkah keempat) menjadi nomor kolom yang diinginkan.

Tentu saja rumus VLOOKUP tidak hanya berlaku untuk contoh di atas. Dalam panduan ini saya memberikan 11 contoh berbeda menggunakan rumus VLOOKUP.

Namun sebelum melanjutkan ke contoh berikutnya, sebaiknya pahami dulu aturan penulisan rumus VLOOKUP Excel berikut ini:

Cara Menggunakan Rumus Vlookup

Jika Anda menggunakan TRUE atau tidak TRUE atau FALSE, maka Excel akan mencari nilai_pencarian di kolom pertama dari table_array yang sama atau terdekat (asalkan kolom pertama diurutkan dari terkecil ke terbesar).

Filter Data Di Excel Dengan Rumus Atau Advance Filter

Jika Excel tidak dapat menemukan nilai yang sama, nilai lookup_value terkecil dan terdekat digunakan.

Namun, perhatikan bahwa jika lookup_value (nilai yang ingin Anda temukan) kurang dari nilai pertama di kolom pertama (table_array), maka Excel akan mengembalikan hasil #N/A

Sedangkan jika menggunakan FALSE, Excel akan menemukan lookup_value yang sesuai dengan data pada kolom pertama table_array.

Itu penting! Saya yakin Anda sudah tahu perbedaan antara operator pemisah dalam rumus, yaitu koma (, ) untuk format bahasa Inggris dan titik koma (;) untuk format bahasa Indonesia. Jika Anda belum tahu, kunjungi panduan untuk mengubah koma menjadi titik

Cara Vlookup Beda File Menggunakan Excel Yang Berbeda

1. Silakan klik ikon layar penuh di sudut kanan bawah file Excel Online berikut untuk menggunakan fitur Excel Online.

2. Klik ikon unduh (gambar selembar kertas dengan panah bawah) di baris kanan bawah File Online Excel

Contoh menggunakan rumus vlookup, cara menggunakan rumus vlookup pada excel 2010, cara menggunakan rumus vlookup untuk raport, cara menggunakan rumus vlookup pada excel, cara menggunakan rumus vlookup di excel, cara menggunakan rumus vlookup beda sheet, cara menggunakan rumus excel vlookup, cara menggunakan rumus if vlookup dan hlookup, menggunakan rumus vlookup, cara menggunakan rumus iferror vlookup, cara menggunakan rumus vlookup beda file, cara menggunakan rumus hlookup dan vlookup

Comments

social bar