free statistics

Cara Menggunakan Rumus If Or

Rate this post

Cara Menggunakan Rumus If Or – Tutorial ini menjelaskan cara menggunakan dan mengelola fungsi kombinasi IF, IF AND, IF OR di Microsoft Office Excel. Agar Anda lebih mahir dalam menggunakannya, saya menjelaskan rumus IF excel seperti IF excel tunggal, IF ganda / bercabang dengan contoh pertanyaan beserta langkah-langkah untuk menyelesaikan dan menulis rumus.

Fungsi IF atau rumus IF adalah salah satu fungsi yang paling umum di Microsoft Excel. Fungsi ini memiliki banyak aplikasi dalam pengolahan data di Excel. Khusus untuk data yang nilainya dapat ditentukan dalam kondisi tertentu.

Cara Menggunakan Rumus If Or

Cara Menggunakan Rumus If Or

Hampir semua orang yang pernah menggunakan Excel pasti familiar dengan fungsi IF. Sebut saja, misalnya guru, mahasiswa, dosen, peneliti, pekerja keuangan dan sebagainya.

Cocok Bagi Pemula, 7 Rumus Excel Yang Wajib Diketahui Ini Seringkali Digunakan

Meskipun dalam hal tujuan penggunaannya, mungkin memiliki persyaratan pemenuhan yang berbeda satu sama lain. Misalnya, guru dapat menggunakannya untuk memeriksa apakah siswa telah menyelesaikan kategori nilai KKM atau belum. Oleh karena itu, siswa dapat menggunakannya untuk menemukan transformasi nilai menurut interval nilai yang diberikan.

Intinya, dengan menggunakan fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk mengelompokkan inferensi yang benar, meskipun terdiri dari banyak dan kondisi yang berbeda. Namun, tentu membutuhkan pengetahuan khusus dalam hal penggunaannya. Tapi jangan khawatir, pada artikel ini saya akan menjelaskan secara detail bagaimana sobat bisa terampil dan menggunakan fungsi IF dengan benar.

Fungsi If adalah salah satu fungsi Excel dalam kategori logika, yang digunakan untuk memeriksa dan menguji kondisi tertentu dalam rumus Microsoft Excel. Jika kondisi terpenuhi, fungsi mengambil nilai yang diberikan, dan sebaliknya, jika kondisi tidak terpenuhi, opsi nilai lain digunakan.

Dengan kata lain, fungsi IF disebut fungsi bersyarat. Fungsi ini melakukan evaluasi pengujian logis dan kemudian mengembalikan nilai benar atau salah. Jika nilai tersebut memiliki kondisi tertentu, dapat bernilai benar (True) jika kondisi terpenuhi, dan salah (False) jika kondisi tidak terpenuhi.

Rumus Fungsi If Di Excel, Contoh Dan Cara Menggunakan If Excel

Dalam contoh ini, ia menguji apakah pernyataan 2 x 5 sama dengan 10. Rumus IF mengembalikan keputusan “Benar” karena pernyataan benar bahwa 2 x 5 = 10.

Jelas, rumus IF menghasilkan keputusan yang “salah” karena 3 tidak sama dengan 20/5. 20/5 hasil yang benar adalah 4. Jadi tes logika mengembalikan false.

Fungsi IF dengan uji logika tunggal digunakan ketika hanya satu kondisi yang digunakan untuk mendapatkan nilai yang benar. Bentuk penulisannya sederhana, yaitu:

Cara Menggunakan Rumus If Or

Misalnya, jika ditentukan apakah siswa tersebut lulus ujian IPA atau tidak. Syarat matrikulasi nilai dibawah 75 harus sudah ditingkatkan dan jika mendapatkan hasil 75 keatas maka dinyatakan lulus.

Latihan Soal Penggunaan Fungsi String, Vlookup, Dan Hlookup Dalam Ms. Excel

Rumus ini memiliki lebih dari satu syarat atau kondisi, dengan hasil pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya sesuai dengan kondisi tersebut, sedangkan kondisi terakhir berbeda dengan kondisi sebelumnya (nilai salah). Rumus ini sering disebut rumus IF ganda / rumus IF bersarang / rumus JIKA bersarang. Rumus penulisannya adalah:

Dalam kasus tertentu, fungsi IF harus digabungkan dengan fungsi pengujian logis lainnya, seperti fungsi AND atau fungsi OR. Ini dilakukan ketika dua kondisi digunakan untuk mendapatkan nilai yang benar.

Misalnya, dalam hal menentukan kenaikan kelas, seorang siswa diakui sebagai evaluator jika nilai pengetahuan dan nilai praktis semua mata pelajaran sesuai dengan KKM.

Contoh lain kasus di Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS), calon dianggap lulus jika hasil tes CAT harus lulus tanda lulus SKD dan lulus ujian SKB.

Yuk Kenalan Dengan Rumus Excel If ? Jadiberkah.com

Kedua contoh di atas pasti tidak mungkin jika Anda hanya menggunakan rumus/fungsi IF. Karena ada 2 atau lebih kondisi yang harus dipenuhi, maka lebih baik menggunakan kombinasi fungsi IF AND atau IF OR.

Fungsi IF AND digunakan ketika dua kondisi digunakan sebagai kriteria, tetapi keduanya (bukan hanya satu) harus benar untuk mendapatkan nilai yang benar. Bentuk penulisan rumus sintaksnya adalah sebagai berikut:

Data tersebut diisi dengan ketentuan bahwa jika nilai pengetahuan lebih besar atau sama dengan 75 dan nilai praktikum lebih besar atau sama dengan 70, maka mahasiswa tersebut dianggap Tuntas, apabila kondisi yang berbeda diakui belum terpenuhi.

Cara Menggunakan Rumus If Or

Karena nilai Raf adalah 85 dan 75, kedua kondisi terpenuhi, yang berarti mengembalikan nilai BENAR, yaitu Selesai. Sedangkan nilai Keberuntungan hanya nilai praktikum yang lolos, nilai pengetahuan dibawah 75, kemudian gagal, sehingga nilai SALAH atau dinyatakan tidak tuntas. Berbeda dengan nilai Syaliman yang memenuhi nilai praktis tetapi tidak memenuhi nilai pengetahuan, tetap memberikan nilai SALAH yaitu Tidak Lengkap. Bedanya jika nilai Forinda tidak memenuhi keduanya maka akan menghasilkan nilai FALSE yang tidak lengkap.

Cara Membuat Rumus Terstruktur Pada Tabel Excel Sederhana

Dari contoh soal ini, kita dapat menyimpulkan bahwa fungsi IF AND DIVISION mengembalikan nilai logika TRUE jika semua kondisi, baik kondisi1 maupun kondisi yang diuji, adalah TRUE. Jika hanya salah satu nilai yang benar, atau bahkan keduanya salah, hasilnya adalah nilai logika FALSE (salah).

Fungsi IF OR digunakan ketika dua kondisi digunakan sebagai kriteria, tetapi jika hanya satu atau semua kondisi yang terpenuhi, fungsi tersebut mengembalikan nilai yang benar. Bentuk penulisan rumus sintaksnya adalah sebagai berikut:

Keterangan tersebut diisi dengan ketentuan bahwa jika nilai pengetahuan lebih besar atau sama dengan 75 atau nilai praktikum lebih besar atau sama dengan 70, maka mahasiswa tersebut dianggap telah lulus, apabila berbagai syarat tersebut diakui belum tuntas.

Perhatikan bahwa nilai Raf adalah 85 dan 75, maka kedua kondisi terpenuhi, yang berarti mengembalikan TRUE, yaitu Selesai. Sedangkan hasil Keberuntungan hanya nilai praktis yang memuaskan, nilai pengetahuan tidak memuaskan, tetapi hasilnya BENAR atau dinyatakan lengkap. Sama halnya dengan nilai Syaliman yang memenuhi nilai praktis tetapi tidak memenuhi nilai pengetahuan, tetap menghasilkan nilai yang BENAR, yaitu Selesai. Perbedaannya hanya pada Forinda yang mengembalikan FALSE karena kedua nilai tersebut tidak cocok, sehingga dinyatakan tidak lengkap.

Rumus Vlookup Excel (cara Menggunakan & Contoh Fungsi Vlookup)

Dari contoh soal ini, Anda dapat menyimpulkan bahwa fungsi IF OR mengembalikan nilai logika TRUE jika semua kondisi kondisi1 dan kondisi yang diuji adalah TRUE, atau hanya salah satu kondisi yang diuji adalah TRUE. Rumus mengembalikan nilai logika FALSE hanya jika kedua kondisi yang diuji adalah FALSE.

Demikian sekilas tentang penggunaan fungsi IF, IF AND dan IF OR di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Ya’ahowu.You are here: Jurnal M » Rumus Excel » Rumus IF Excel Tunggal dan Multilevel [Aturan + 7 Contoh] Rumus IF Excel Tunggal dan Multilevel [Aturan + 7 Contoh]

) di Excel. Cara termudah untuk menggunakan rumus ini adalah dengan menggunakan logika Anda sendiri. IF – THEN hukum terkait erat dengan rumus IF ini.

Cara Menggunakan Rumus If Or

Penting! Tulis semua rumus di Excel menggunakan pemisah di antara setiap pernyataan, yang bisa berupa koma (, ) atau titik koma (;). Sesuaikan operator pembatas yang akan digunakan. Saya menggunakan koma (, ). Jika Anda masih tidak yakin, lihat panduan kami untuk titik koma di Excel

Fungsi If Excel

Dalam praktiknya, ada banyak cara untuk menggunakan rumus/fungsi IF ini di Excel. Misalnya, seperti formula IF unik Excel, bertingkat, dan bahkan menggabungkan fungsi IF dengan fungsi lain seperti AND, OR, VLOOKUP, dll.

Dalam tutorial ini, Anda akan belajar bagaimana menggunakan fungsi IF ini, yang telah saya rangkum dalam beberapa contoh berbeda. Pahami setiap langkah demi langkah untuk pemahaman yang lengkap.

Pada dasarnya, rumus IF adalah fungsi dari Ms. Excel untuk memeriksa, membandingkan, dan memilih kapan suatu kondisi/kondisi terpenuhi.

Rumus IF harus terdiri dari setidaknya pernyataan logika IF — THEN. Kedua pernyataan harus tersedia. Juga, Anda mungkin atau mungkin tidak menggunakan pernyataan boolean alternatif (tergantung pada data Anda).

Cara Membuat Rumus Foto Di Excel, Menampilkan Foto Langsung Otomatis

Ketiga argumen (Boolean_Test, Value_IF_true dan Value_IF_false) dapat berupa nilai (tulisan tangan)/sel/rumus tertentu, baik pada halaman yang sama maupun berbeda. Artinya rumus IF bisa digabungkan dengan rumus lain.

Sedikit tip. Sebelum menggunakan rumus IF bertingkat atau menggabungkan rumus IF dengan rumus lain di Excel, pahami dulu beberapa contoh penggunaan rumus berikut untuk satu IF.

Pertama, rumus Single IF berarti satu. Artinya, Anda menggunakan 1 rumus IF tanpa menggabungkannya dengan rumus ke-2, ke-3, dan seterusnya.

Cara Menggunakan Rumus If Or

Dalam contoh ini, kami menentukan kursus mana yang termasuk dalam kategori LULUS. Perhatikan ekspresi yang saya gunakan:

Rumus Excel Lulus Tidak Lulus Dengan Formula/rumus If

Pelajari cara menggunakan rumus JIKA untuk melihat apakah nilai mata pelajaran termasuk dalam kategori lulus atau tidak.

Catatan. Ini adalah contoh paling sederhana. Mungkin ada kesalahan atau Anda memiliki tujuan yang berbeda. Disini kita bisa lebih memahami tentang fungsi IF ini.

Jika ingin memasukkan data berupa teks seperti LULUS, GAGAL, ??LIMA dan sebagainya dalam argumen rumus Excel, maka teks tersebut harus menggunakan tanda petik ganda seperti “LULUS”, “GAGAL” dan “LIMA”. Perhatikan contoh berikut:

Soalnya, argumen value_if_true “Pet” menggunakan data teks. Anda harus memasukkan 2 tanda kutip. Jika tidak, Excel mengembalikan hasilnya. Pesan kesalahan #NAME? seperti sel B3

Rumus Or Excel Untuk Uji Logika Lengkap

Saat Anda menyertakan angka atau sel dalam tanda kutip dalam argumen rumus di Excel, Anda tidak perlu menyertakan dua tanda kutip, seperti “27” dan “C”.

Pada saat yang sama, untuk data berupa angka, Anda tidak perlu mengapitnya dengan tanda kutip ganda, seperti pada rumus di sel B6 dan B7.

Contoh ini menunjukkan rumus JIKA yang mengambil hasil data sel. Maksud dari rumus IF adalah jika kolom A berisi A maka 100. Jika tidak mengandung A maka 80.

Cara Menggunakan Rumus If Or

Perhatikan bahwa argumen logical_test berisi data teks, yaitu A10 = “A” dan A11 = “A” . Dengan mengutip 2, Excel memahami bahwa data dalam bentuk teks.

Cara Membuat Rumus If Di Excel 2010

Lihat rumus di sel B12 yang menunjukkan penggunaan yang salah karena tidak berisi data teks dalam uji logika =IF(A12=A ,B17,B18)

Kemudian lihat argumen value_if_true dan value_if_false. Kedua argumen berisi referensi sel, yaitu B17 dan B18.

Cara menulis rumus if, cara menggunakan rumus if bertingkat, rumus menggunakan if, rumus if or bertingkat, menggunakan rumus if excel, rumus diskon excel menggunakan if, rumus excel if or, cara rumus if, cara pakai rumus if, menggunakan rumus if pada excel, rumus if or, cara menggunakan rumus if vlookup dan hlookup

Comments

social bar