free statistics

Cara Menggunakan Rumus If Excel

Rate this post

Cara Menggunakan Rumus If Excel – Saat ini, teknik Excel digunakan untuk mengerjakan laporan keuangan dan laporan lainnya sehingga muncul banyak fungsi. Disini saya akan membahas tentang aturan excel yang lengkap, ringkas dan efektif agar tidak memakan waktu lama, mengingat cara tersebut digunakan di sekolah, universitas, kantor dan rumah untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Kumpulan fungsi Excel yang akan saya jelaskan pada artikel ini meliputi rumus Excel untuk IF, SUM, AVERAGE, VLOOKUP, pengurangan, penambahan, perkalian, persentase, pembagian, DAN dan OR.

Sebelum Anda mengetahui rumus yang sempurna, Anda harus terlebih dahulu memahami apa itu Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah aplikasi yang dibuat oleh Microsoft sebagai spreadsheet atau alat elektronik, aplikasi ini digunakan oleh banyak sistem operasi seperti Windows dan banyak seri, Mac OS dan banyak seri, iOS dan Android. Ada banyak fitur di Excel, seperti tabel, grafik, statistik, model statistik dan banyak fungsi lainnya. Maka tidak heran jika hampir semua orang menggunakan Microsoft Excel untuk melakukan sesuatu dengan cepat dan mudah.

Cara Menggunakan Rumus If Excel

Cara Menggunakan Rumus If Excel

Microsoft Excel juga memiliki beberapa rumus yang saya sebutkan tadi, yang paling penting yaitu AVERAGE, SUM, IF dan VLOOKUP. Walaupun tekniknya tentu tidak masuk akal, namun bagi sebagian orang belum mengetahui cara menggunakannya, yaitu sistem penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan persentase. Kemudian untuk sistem umum di tempat kerja atau sekolah biasanya menggunakan sistem AND dan OR.

Rumus If Excel, Mengenal Manfaat Dan Penggunaannya

Anda perlu mengetahui rumus lengkap yang mencakup semua fungsi di Microsoft Excel termasuk penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, persentase, dan IF, SUM, AVERAGE, VLOOKUP, dan OR, AND. Jadi saat mengerjakan fungsi di Microsoft Excel, jangan lupa rumus di Excel. Itu sebabnya saya menuliskan langkah-langkah dari semua tugas sehingga Anda dapat mengingatnya.

Perhitungan IF Excel adalah rumus paling populer yang memungkinkan Anda menentukan rasio antara angka dan nilai. Oleh karena itu, pernyataan fungsi IF dapat memiliki dua hasil, yaitu hasil perbandingan yang benar (TRUE) dan hasil perbandingan yang salah (ELSE). Jadi, jangan biarkan diri Anda langsung mengambil kesimpulan sebelum melihat datanya.

Cara penggunaan rumus IF di excel harus menggunakan aturan penulisan yang benar dan tidak boleh ada kesalahan ketik, berikut contoh penulisan rumus IF :

Sehingga akan menghasilkan 3 fakta yaitu TesGudang yaitu fakta ini mengandung kondisi logis yang bernilai benar (TRUE) atau tidak benar (ELSE).

Rumus Excel Dengan Fungsi Dan Contohnya, Terlengkap!

Bagi Anda yang ingin mempelajari rumus IF secara mendalam, Anda dapat mempelajari rumus IF tunggal, ganda, dan multi langkah di bawah ini.

Tabel di atas menunjukkan bahwa 4 orang lulus dan 1 orang gagal. Karena dalam rumus diambil nilai di atas 140, tidak lebih dari 140. Oleh karena itu, angka 140 tidak termasuk melewati satu proses IF.

Dalam menggunakan teknik IF ganda, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan tes rata-rata ganda pada 2 sel masing-masing. Jika nilai satu sel kurang dari 60, dianggap gagal, meskipun nilai sel lainnya adalah 90, seperti pada contoh di atas. Karena rumus IF ganda hanya berfokus pada nilai dua sel, bukan nilai satu sel di dalam sel.

Cara Menggunakan Rumus If Excel

Menggunakan teknik multi-step IF hampir sama dengan menggunakan teknik single-step IF. Hanya jenis beberapa IF ini yang menangani variabel sebagai cabang IF. Untuk menggunakan tanda koma (, ) atau titik koma / titik koma (;) dalam FORMULA, silahkan atur versi Microsoft Excel dan sesuaikan bahasa di laptop atau komputer yang Anda gunakan.

Cara Gunakan Rumus If Bertingkat Pada Kondisi Tertentu

Sehingga pada tabel di atas ditentukan nilai 1 rendah, nilai 2 cukup, nilai 3 baik dan nilai 4 sempurna. Untuk memiliki integrasi otomatis dari gambar tabel di atas. Misalkan diketahui bahwa nilai total siswa adalah 1 = rendah, 2 = cukup, 3 = baik, 4 = sempurna. Pada tabel di bawah ini, nilai pelajaran dari 5 siswa akan dimasukkan.

Rumus SUM sering digunakan untuk menghitung biaya makanan atau informasi keuangan lainnya. Anda dapat dengan mudah menambahkan semua harga di setiap sel untuk menemukan harga total nanti. Rumus SUM ini sebenarnya mirip dengan fungsi rumus penjumlahan, namun jika Anda menggunakan banyak data, rumus SUM ini pasti akan berbeda dengan rumus penjumlahan di Excel.

Format Excel AVERAGE ini digunakan untuk menghitung nilai rata-rata, pada gambar tabel diatas saya menentukan harga beras. Terdapat 5 nilai harga beras yang berbeda dari penjual yang berbeda, sehingga hasil rata-rata nilai harga beras diberikan dalam tabel.

Untuk dapat menggunakan rumus VLOOKUP Excel seperti pada tabel di atas, silahkan masukkan terlebih dahulu nama tabel yang Anda buat. Di sini saya menggunakan nama tabel Sales, jadi dalam rumus saya memanggil nama tabel. Sedangkan untuk penggunaan nomor (2), urutan kolom tabel karena saya ingin mendapatkan jumlah total penjualan, maka saya ambil kolom bonus yang merupakan kolom kedua dari tabel penjualan. Saat ini untuk mengetahui apakah iklan tersebut sudah mendapatkan bonus atau belum, anda bisa mengubah nomor kolom yang semula 2 untuk menambah nilai bonus menjadi 3 untuk mendapatkan bonus tersebut.

Rumus If Di Excel: Jenis, Cara Menggunakan, Dan Contoh Contohnya

Teknik diskon biasanya digunakan untuk membandingkan pendapatan dan biaya untuk mendapatkan laba bersih. Misalnya pada tabel di atas, yang membandingkan biaya modal pembelian HP dengan biaya penjualan HP untuk memperoleh laba bersih. Teknik deduksi ini dapat dikombinasikan dengan berbagai teknik lainnya.

Perhitungannya sangat mendasar, Anda hanya perlu memasukkan tanda + ke dalam rumus. Jadi tidak perlu menggunakan if, vlookup, dll karena yang digunakan hanyalah kode untuk meletakkan sel dengan +. Kecuali jika Anda perlu menggabungkannya dengan metode lain, tentu Anda dapat menggabungkan jenis penjumlahan dengan jenis perkalian, pembagian, dan pengurangan lainnya.

Bahkan, rumus perkalian sering digunakan untuk menghitung total harga pokok barang, misalnya pada gambar di atas. Tentunya penggunaan teknik perkalian ini masih sangat mendasar, berbeda halnya jika Anda mengolah banyak data dalam waktu yang bersamaan, maka Anda harus menggabungkannya dengan teknik yang berbeda.

Cara Menggunakan Rumus If Excel

Metode pembagian biasanya digunakan untuk membagi stok dengan jumlah yang akan dibagi untuk menemukan jumlah yang akan dibagi rata. Seperti pada gambar diatas dimana saya menyiapkan tabel penjualan buku dengan menggunakan sistem dimana banyak sekolah yang akan membeli buku tersebut. Hal ini mengakibatkan jumlah buku yang dapat dibeli setiap sekolah sama satu sama lain.

Cara Mudah Membuat Rumus Absensi

Untuk bisa melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus persen tentunya bisa menggunakan teknik lain seperti perkalian dan pembagian, kemudian dikalikan dengan 100. Pada gambar di atas, saya mencoba menghitung jumlah siswa yang mendapat nilai pelajaran 3 Sehingga hasil yang diperoleh adalah 80% mahasiswa yang berhasil pada mata kuliah IPA dan jumlah hasil tersebut untuk mata kuliah IPS dan MTK.

Rumus AND digunakan untuk menentukan probabilitas yang ada pada data, misalnya pada gambar di atas. Saya menggunakan metode plot, jika plotnya FALSE maka hasilnya akan FALSE. Jadi, jika Anda bingung dalam situasi tertentu, fungsi AND sangat berguna untuk menentukan hasilnya.

Rumus OR bekerja hampir sama dengan rumus AND. Proses OR adalah kebalikan dari proses AND. Jadi jika salah satu syaratnya BENAR, maka hasilnya akan BENAR. Sedangkan jika tidak ada kondisi TRUE maka hasilnya akan FALSE. Anda dapat membandingkan gambar menggunakan rumus OR dan AND.

Tentu saja rumus Excel yang saya jelaskan di artikel ini adalah satu-satunya rumus Excel yang sebenarnya. Jadi dibuat hanya untuk Anda yang baru mulai mempelajari teknik ini. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba metode kerja lapangan, Anda bisa mencobanya dengan teknik persis seperti yang saya jelaskan di sini.

Belajar Microsoft Excel: Vlookup Excel Rumus Jitu Yang Wajib Dikuasai

Saya seorang peneliti komputer yang tertarik untuk menulis berbagai artikel tentang pendidikan, bisnis, travel dan teknologi, saat ini saya mengelola banyak website untuk berbagi informasi di internet. Rumus IF Excel [aturan + 7 contoh] Excel-satu langkah dan beberapa rumus IF [aturan + 7 contoh]

) di Excel. Cara termudah untuk menggunakan teknik ini adalah dengan menggunakan logika. Rumus IF – TO terkait dengan rumus IF ini.

Pentingnya! Tulis semua rumus di Excel menggunakan pemisah antara setiap pernyataan, yang bisa berupa koma (,) atau titik koma (;). Tentukan operator distribusi yang Anda gunakan. Saya menggunakan koma (,). Jika Anda masih tidak yakin, silakan lihat panduan Excel untuk koma dan titik

Cara Menggunakan Rumus If Excel

Dalam praktiknya, ada banyak cara untuk menggunakan rumus/fungsi Excel IF ini. Misalnya, seperti formula IF tunggal, multi-level Excel dan bahkan menggabungkan fungsi IF dengan fungsi lain seperti AND, OR, VLOOKUP, dll.

Rumus Excel If

Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari semua cara menggunakan fungsi IF ini, yang telah saya rangkum dalam berbagai contoh. Harap memahami setiap langkah untuk pemahaman yang lengkap.

Pada dasarnya, sistem IF adalah fungsi dalam Ms. Excel dirancang untuk mencari, membandingkan, dan memilih kondisi/kondisi.

Minimal, struktur IF harus berisi pernyataan logika IF – TO. Kedua pernyataan harus ada. Juga, Anda mungkin atau mungkin tidak harus menggunakan database logis alternatif (tergantung pada tipe database Anda).

Tiga argumen (Logical_Test, Value_IF_true dan Value_IF_false) dapat berupa nilai (diketik dengan tangan) / sel / rumus tertentu, baik pada grafik yang sama atau berbeda. Ini berarti Anda dapat menggabungkan rumus JIKA dengan rumus lain.

Tolong Bantuannya Rumus Menghitung Diskon Dengan If Pada Microsoft Excel Diatas Soalnya:discount

Sedikit tip, pahami dulu beberapa contoh penggunaan rumus IF tunggal di bawah ini sebelum menggunakan rumus IF berganda atau menggabungkan rumus IF dengan rumus Excel lainnya.

Pertama

Rumus excel if and, rumus if di excel, cara menggunakan rumus if pada excel, rumus diskon excel menggunakan if, rumus if excel, menggunakan rumus if di excel, penggunaan rumus if excel, contoh rumus excel if, rumus if pada excel, rumus excel if bertingkat, rumus if dalam excel, menggunakan rumus if pada excel

Comments

social bar