free statistics

Cara Menggunakan Rumus If Di Excel 2016

Rate this post

Cara Menggunakan Rumus If Di Excel 2016 – Fungsi IF adalah fungsi yang umum digunakan di Excel. Fungsi Excel IF ini berguna untuk menentukan suatu nilai berdasarkan suatu kondisi. Jika kondisi terpenuhi, nilai dihasilkan, dan jika kondisi tidak terpenuhi, nilai yang berbeda akan ditampilkan. Secara umum, sintaks atau baris perintah dari fungsi IF adalah sebagai berikut

Dengan menggunakan gambar, mari cari tahu kelas mana yang lulus dan mana yang tidak. Dengan logika kondisional B4 > 70 yang digunakan sebagai persyaratan kelas transisi, kelas yang lolos adalah kelas dengan nilai lebih besar dari 70, sedangkan kelas dengan nilai di bawah 70 mengembalikan FALSE karena kita tidak menentukan nilai yang mana. muncul jika tes gagal.

Cara Menggunakan Rumus If Di Excel 2016

Cara Menggunakan Rumus If Di Excel 2016

Atau syaratnya hanya satu, bagaimana jika syaratnya lebih banyak maka kita menggunakan pengembangan fungsi IF yaitu fungsi IF bersarang atau

Cara Menggunakan If Excel

Fungsi nested IF ini menggunakan 2 kondisi boolean Condition_1 dan Condition_2, jika kondisi pertama benar maka muncul Value_True_1, jika kondisi 1 salah dan kondisi _2 benar maka nilai yang ditampilkan adalah Value_True_2, jika kedua nilai boolean salah maka muncul Value_False dengan.

Maka didapatkan hasil seperti pada fungsi nested IF, dimana nilai B4 < 50 berarti kelas tersebut GAGAL, ??jika nilai B4 kurang dari atau sama dengan 70 maka kelas tersebut SALAH dan jika memenuhi syarat ke-1 dan ke-2 tidak terpenuhi, maka kelas LULUS.

Fungsi IF Excel ini juga dapat digabungkan dengan fungsi lain seperti fungsi AND, OR dan SUM, fungsi IF gabungan ini dibahas pada artikel berikut. Jika ada yang ingin ditanyakan jangan lupa tinggalkan komentar. Anda di sini: Jurnal M » Rumus Excel » Rumus IF Excel tunggal dan multilevel [aturan + 7 contoh] Rumus IF Excel tunggal dan multilevel [aturan + 7 contoh]

) di Excel. Cara termudah untuk menggunakan rumus ini adalah dengan menggunakan logika Anda. Terkait erat dengan rumus JIKA ini adalah hukum JIKA-MAKA.

Cara Menggunakan 11 Fungsi Logika Di Excel

Penting! Saat menulis semua rumus di Excel, pemisah digunakan di antara setiap pernyataan, yang bisa berupa koma (, ) atau titik koma (;). Sesuaikan operator pembatas yang digunakan. Saya menggunakan koma (,). Jika Anda tidak yakin, biasakan diri Anda dengan panduan koma ke titik di Excel

Dalam prakteknya, ada banyak cara untuk menggunakan rumus/fungsi IF Excel ini. Misalnya, sebagai rumus IF Excel multi-level tunggal, bahkan menggabungkan fungsi IF dengan fungsi lain seperti AND, OR, VLOOKUP, dll.

Dalam panduan ini Anda akan mempelajari semua tentang penggunaan fungsi IF ini, yang telah saya rangkum dalam beberapa contoh berbeda. Harap pahami setiap langkah demi langkah untuk pemahaman penuh.

Cara Menggunakan Rumus If Di Excel 2016

Formula IF pada dasarnya adalah sebuah fungsi dalam Ms. Excel untuk memeriksa, membandingkan dan memilih ketika suatu syarat/kondisi terpenuhi.

Cara Mengelompokkan Data Di Excel Secara Otomatis (+gambar)

Rumus IF harus terdiri dari setidaknya pernyataan logika IF — THEN. Kedua deklarasi harus ada. Selain itu, Anda mungkin atau mungkin tidak menggunakan pernyataan logis alternatif (tergantung pada seperti apa data Anda).

Tiga argumen (Logical_Test, Value_IF_true dan Value_IF_false) dapat berupa nilai (input manual) / sel / formula tertentu di lembar yang sama atau berbeda. Artinya, Anda juga bisa menggabungkan rumus IF dengan rumus lainnya.

Sedikit saran, pahami dulu contoh berikut dengan rumus IF Tunggal sebelum menggunakan rumus IF bersarang atau menggabungkan rumus IF dengan rumus Excel lainnya.

Pertama, rumus JIKA Tunggal berarti satu. Artinya, Anda menggunakan rumus JIKA ke-1 tanpa menggabungkannya dengan rumus JIKA ke-2, ke-3, dst.

Cara Split Cell Excel, Membagi Tampilan Sheet Microsoft Excel

Dalam contoh ini, kami menentukan kursus mana yang termasuk dalam kategori LULUS. Perhatikan istilah yang saya gunakan:

Cara menggunakan rumus IF untuk menentukan apakah suatu nilai mata kuliah termasuk dalam kategori lulus atau tidak.

Catatan: Ini hanyalah contoh paling sederhana. Mungkin Anda menemukan bug atau memiliki tujuan lain. Mari kita mulai di sini dan memahami lebih lanjut tentang fungsi IF ini.

Cara Menggunakan Rumus If Di Excel 2016

Jika Anda ingin mengutip data teks seperti LULUS, GAGAL, ??LIMA, dll. Dalam argumen rumus Excel, teks tersebut harus menggunakan 2 tanda kutip ganda untuk menjadi “LULUS”, “GAGAL”, dan “LIMA”. Pertimbangkan contoh-contoh berikut:

Rumus Microsoft Excel Pada Pendataan Mahasiswa

Perhatikan argumen value_if_true “lima” menggunakan data teks. Anda harus memasukkan 2 tanda kutip. Jika tidak, Excel mengembalikan pesan kesalahan #NAME? seperti sel B3

Di Excel, saat Anda memasukkan angka atau sel ke dalam argumen rumus, Anda tidak perlu menambahkan 2 tanda kutip ganda seperti “27” dan “C”.

Sementara itu, Anda tidak perlu membubuhkan 2 tanda kutip di sekitar data berupa angka seperti rumus di sel B6 dan B7.

Contoh ini menunjukkan rumus IF yang menggunakan hasil data dalam sel. Maksud rumus IF adalah jika kolom A berisi A maka 100. Jika A tidak berisi maka 80.

Kumpulan Semua Rumus Excel + Cara Menggunakannya

Perhatikan bahwa argumen logical_test berisi data teks, yaitu A10=”A” dan A11=”A”. Dengan memberikan kutipan 2, Excel memahami bahwa data tersebut dalam bentuk teks.

Lihatlah rumus di sel B12, yang menunjukkan penggunaan yang salah karena tidak ada data teks dalam tes logika =IF(A12=A ,B17,B18)

Selanjutnya, lihat argumen value_if_true dan value_if_false. Kedua argumen ini berisi referensi sel, yaitu B17 dan B18. Untuk data seperti ini: “Jangan lampirkan tanda kutip 2”.

Cara Menggunakan Rumus If Di Excel 2016

Sedangkan rumus di sel B13 menunjukkan penggunaan yang salah karena berisi data berupa referensi sel =IF(A13=”A”, “B17″ ,,B18” )

Cara Menggunakan Mail Merge Di Excel ? Kepotek

Menggunakan rumus IF untuk selisih (antar) lembar sama dengan menggunakan rumus lainnya. Anda akan melihat bahwa nama sheet (2nd/3rd etc.) diterapkan pada argumen formula. Misalnya seperti contoh berikut ini:

Penting! Saya menggunakan fitur Lihat Beberapa Lembar Kerja untuk melihat beberapa lembar kerja sekaligus. Fitur ini membuatnya sangat mudah untuk menggunakan formula daun yang berbeda. Jika Anda tidak tahu caranya, baca panduan tentang cara melihat beberapa lembar kerja Excel

Seperti yang Anda lihat, saya memiliki 3 daun. Nama Sheet 1 = BedaSheet1, Sheet 2 = Beda Sheet2 dan Sheet 3 = IF Rekap. Kemudian di sel C

Lihatlah argumen dalam rumus. Excel menyisipkan nama lembar sumber sebelum nama sel seperti ini: =IF(BedaSheet1 !A1=”Apple”, ,Other sheet2′ !C1, “Check data”)

Cara Gunakan Rumus If Bertingkat Pada Kondisi Tertentu

Namun perlu diperhatikan, jika nama sheet mengandung spasi, maka nama sheet pada argumen rumus perlu diapit tanda kutip 1 “…” sebagai nama sheet: =IF(BedaSheet1 !A

Penting! Aturan penulisan ini menjadi dasar penggunaan lembar kerja dengan rumus selisih (antara) di Excel. Untuk penjelasan mendetail tentang rumus selisih lembar, lihat referensi Excel 3D

Penting! Memformat tabel bernama tidak sama dengan tabel bertepi sederhana. Masih ada pengguna yang salah dalam hal ini. Jadi jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang tabel bernama, lihat panduan kami untuk membuat spreadsheet Excel

Cara Menggunakan Rumus If Di Excel 2016

Jangan biarkan argumen dalam formula membodohi Anda. Karena argumen [@Number] dan T_Value[@NUMBER] adalah struktur dalam tabel. Lihatlah gambar berikut:

Excel 2016 (bahasa Indonesia): Analisis Bagaimana Jika

Meskipun menggunakan rumus yang sama, setiap baris memberikan hasil yang berbeda. Ini adalah salah satu keunggulan rumus terstruktur dibandingkan tabel bernama.

Namun, penggunaan rumus terstruktur juga memiliki aturan penulisan tersendiri. Jangan biarkan kesalahan #VALUE menimpa Anda! sebagai hasilnya di sel G

Catatan: Saya harap Anda benar-benar memahami 5 contoh di atas sebelum melanjutkan ke contoh berikutnya (IF Bertingkat untuk menggabungkan rumus IF dengan rumus Excel lainnya.

Meskipun value_if_false adalah alternatif logis. Namun, kesalahan dalam argumen value_if_false umum terjadi saat menggunakan rumus IF satu tingkat atau multi tingkat.

Rumus Countif Excel, Ketahui Fungsi Dan Cara Penggunaannya

Misalnya, seperti dalam contoh rumus “JIKA Tunggal”, kami menggunakan 1 uji_logika, 1 nilai_jika_benar, dan 1 nilai_jika_salah untuk menguji 2 kriteria yang berbeda.

Kesalahan terjadi dalam keadaan tertentu. Coba masukkan 1 atau 2 baris data baru pada baris 7 dan 8. Di sel B

Yang menjadi uji_logika berisi angka 257. Sedangkan kriteria uji_logika pada rumus adalah >=70. Angka 257 lebih besar dari 70, sehingga Excel mengembalikan hasil LULUS.

Cara Menggunakan Rumus If Di Excel 2016

Berisi teks “Tidak tersedia”. Bagaimana nilai Not Exist dapat dimasukkan dalam kriteria LULUS? Tentu saja, bukan itu yang Anda inginkan.

Cara Impor Hasil Google Form / Spreadsheet Ke Excel

Anda dapat menggunakan rumus ORDERED IF untuk mengatasi hal seperti ini karena kami menguji dua kriteria “LULUS atau GAGAL” yang berbeda.

Sebagai alternatif lain, Anda dapat menggunakan validasi data pada kolom B untuk membatasi entri data, dengan ketentuan kolom hanya dapat diisi dengan angka dalam rentang 0-100.

Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan rumus IF pada contoh pertama untuk menyelesaikan masalah ini tanpa menggunakan fungsi IF bersarang.

Rumus Cascade IF berarti menggunakan 2 atau lebih fungsi IF dalam 1 sel. Teknik ini sesuai jika Anda memiliki lebih dari 1 kriteria pengujian.

Bagaimana Menggunakan Pernyataan If Sederhana Dalam Excel

Saat ini ada dua jenis rumus IF bersarang, yang disebut kriteria IF-A dan kriteria IF-Or. Kedua jenis tersebut memiliki aturan penulisan yang berbeda.

Anda dapat menempatkan rumus IF kedua, ketiga, dst. dalam argumen [nilai_jika_benar] dan/atau [nilai_jika_salah] dari rumus IF sebelumnya.

Jika Anda memasukkan rumus IF ke-2 dalam argumen [nilai_jika_benar], ini juga dikenal sebagai kriteria IF “A”. Jika dalam [nilai_jika_salah], ini juga dikenal sebagai kriteria “atau” IF. Anda hanya dapat menggunakan kriteria “A” atau hanya “Atau” atau kombinasi keduanya.

Cara Menggunakan Rumus If Di Excel 2016

Catatan: Kriteria “A” dalam contoh ini bukanlah kombinasi dari fungsi IF dan fungsi AND. Sebaliknya, ini menggabungkan 2 atau lebih fungsi IF untuk menguji 2 atau lebih kondisi terkait (kriteria).

Rumus Excel Lengkap

Perhatian: Fungsi JIKA ke-2 (warna hijau) ditentukan dalam argumen [nilai_jika_benar] dari rumus JIKA ke-1 (warna biru). Fungsi IF ke-2 juga harus mengandung 3 argumen dasar dari rumus IF yang saya jelaskan di awal panduan ini, yaitu logical_test, [value_if_true] dan [value_if_false].

Sementara itu, argumen [nilai_jika_salah] rumus IF pertama harus disertakan dalam argumen terakhir meskipun Anda menggunakan lebih dari 2 kriteria “A” rumus IF sebagai berikut:

Soalnya, setiap rumus IF mengisi argumen [nilai_jika_benar] di rumus IF sebelumnya. Seperti IF ke-2, ini menggantikan [value_if_true] dari IF ke-1. Demikian pula, JIKA ke-3 menggantikan [nilai_jika_benar] dari JIKA ke-2, dan seterusnya.

Dalam contoh ini siswa

Kumpulan Rumus Excel Lengkap Dengan Penjelasannya

Cara menggunakan rumus if pada microsoft excel, contoh rumus if di excel, menggunakan rumus if excel, rumus if excel, rumus if pada excel, rumus if and di excel, belajar rumus excel if, rumus diskon excel menggunakan if, rumus excel if bertingkat, contoh rumus if excel, rumus excel if vlookup, rumus if di excel

Comments

social bar