free statistics

Cara Menggunakan Rumus If Dengan Banyak Kriteria

Rate this post

Cara Menggunakan Rumus If Dengan Banyak Kriteria – Fungsi IF adalah salah satu fungsi paling umum di Excel. Fungsi IF di Excel mengevaluasi apakah kondisi tertentu terpenuhi dan mengembalikan nilai berdasarkan apakah hasilnya “benar” atau “salah”. Yang artinya nilai TRUE adalah nilai dimana kondisi terpenuhi, sedangkan nilai FALSE adalah nilai kondisi yang tidak terpenuhi. Ini adalah fungsi bersyarat Excel yang mengembalikan hasil berdasarkan apakah kriteria yang diberikan terpenuhi atau tidak.

Rumus IF menggunakan operator logika untuk mengevaluasi nilai dalam rentang sel. Tabel berikut menunjukkan perbedaan antara operator logika dan artinya.

Cara Menggunakan Rumus If Dengan Banyak Kriteria

Cara Menggunakan Rumus If Dengan Banyak Kriteria

Penjelasan: Gambar diatas menunjukkan jika rumus fungsi yang digunakan adalah A2 > 10000 yaitu jika harga lebih dari Rp 10.000 berarti fungsi if menganggap harga mahal (benar), jika nilainya Rp fungsi if 10.000 dibawah ini menjelaskan bahwa harga murah (palsu).

Countif (fungsi Countif)

1. Jika nilai B2 lebih besar atau sama dengan 60 maka dilakukan pemeriksaan logika lain dengan rumus fungsi IF 2. Jika nilai B2 tidak lebih besar dari 60 atau sama dengan “GAGAL”.

2. Dalam rumus fungsi IF 2, “LULUS” jika C2 lebih besar dari atau sama dengan 60, jika tidak, “GAGAL”.

Gambar di atas menunjukkan bahwa nilai B2 dan C2 lebih besar atau sama dengan 60, sehingga hasil akhir dari rumus IF di atas adalah “LULUS”. Sedangkan B3 dan C3 memiliki nilai dibawah 60, hasil akhir dari rumus if excel adalah “GAGAL”.

Fungsi AND mengembalikan BENAR jika skor pertama lebih besar dari atau sama dengan 60 dan skor kedua lebih besar dari atau sama dengan 70, jika tidak maka mengembalikan FALSE. Jika BENAR, fungsi JIKA mengembalikan LULUS, jika SALAH, fungsi JIKA mengembalikan GAGAL.

Cara Menggunakan Fungsi If(), Or() Dan Weekday() Untuk Menentukan Akhir Pekan Di Excel

Jika salah satu nilai TRUE maka fungsi mengartikan PASS (TRUE), jika kedua nilai keduanya FALSE maka fungsi IF mengartikan GAGAL (FALSE). Misal pada D4, nilai A bernilai BENAR karena lebih besar atau sama dengan 60, tetapi nilai B bernilai SALAH karena lebih besar atau sama dengan 70, maka fungsi IF pada D4 mengartikannya LULUS (BENAR) karena nilai dianggap sudah lewat.

Contoh gambar di atas menggunakan rumus fungsi Nested IF EXCEL yang digunakan di sel B2:

1. Jika hilang sama dengan 0, rumus IF bersarang mengembalikan absolut, jika sama dengan 1, rumus IF bersarang mengembalikan baik, jika sama dengan 2, rumus IF bersarang mengembalikan adil, jika sama dengan 3 sama, maka bersarang Rumus IF mengembalikan lebih sedikit, jika tidak, rumus IF bersarang mengembalikan lebih sedikit.

Cara Menggunakan Rumus If Dengan Banyak Kriteria

Fungsi DAN mengembalikan BENAR jika orang tersebut lebih tua dari 12 dan lebih muda dari 20. Excel untuk Microsoft 365 Microsoft 365 untuk web Excel untuk Mac Excel untuk Microsoft 365 Excel 2021 Excel 2021 untuk Mac Excel 2019 Excel 2019 untuk Mac Excel 2016 Excel 2019 untuk Mac Excel 2013 Excel 2010 Excel 2007 untuk Mac Excel 2011 Excel Starter 2010 Excel 2010 Lainnya …

Cara Rumus Pembagian Di Excel

Fungsi IF adalah salah satu fungsi paling populer di Excel, yang memungkinkan Anda membuat perbandingan logis antara nilai dan nilai.

Oleh karena itu, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Anda benar dan hasil kedua jika perbandingan Anda salah.

Gunakan fungsi IF, fungsi logis apa pun, untuk mengembalikan satu nilai jika kondisinya benar dan nilai lain jika kondisinya salah.

Dalam contoh ini, rumus di sel D2 menyatakan: IF(C2 = 1 then yes, no else) Seperti yang Anda lihat, fungsi IF dapat digunakan untuk mengevaluasi teks dan nilai. Fungsi IF juga dapat digunakan untuk mengevaluasi kesalahan. Anda tidak terbatas hanya memeriksa apakah satu hal sama dengan yang lain dan mengembalikan hasilnya, Anda juga dapat menggunakan operator matematika dan melakukan perhitungan lain sesuai dengan kriteria Anda. Anda juga dapat menggabungkan beberapa fungsi IF untuk melakukan beberapa perbandingan.

Inilah Cara Bedakan Rumus Excel If Tunggal Dan If Majemuk

Dalam contoh di atas, fungsi IF di D2 mengatakan IF(C2 lebih besar dari B2, mengembalikan “melebihi anggaran”, jika tidak mengembalikan “dalam anggaran”)

Pada ilustrasi di atas kita akan kembali ke perhitungan matematis, bukan perhitungan matematis. Rumus di E2 untuk memanggil IF (aktual lebih besar dari anggaran, lalu kurangi jumlah yang dianggarkan dari jumlah aktual, jika tidak kembali ke nol).

Dalam contoh ini, rumus di F7 menyatakan IF(E7 = “Ya”, lalu menghitung jumlah total di F5 * 8, 25%, jika tidak, tidak ada pajak penjualan yang jatuh tempo, lalu mengembalikan 0)

Cara Menggunakan Rumus If Dengan Banyak Kriteria

Catatan: Jika Anda ingin menggunakan teks dalam rumus, Anda harus mengapit teks dalam tanda kutip (misalnya, “teks”). Satu-satunya pengecualian adalah menggunakan BENAR atau SALAH, yang dipahami Excel secara otomatis.

Rumus Excel Yang Sering Dipakai Data Analyst

Tidak ada argumen untuk argumen value_if_true atau value_if_False. Untuk melihat nilai aktual yang dikembalikan, tambahkan teks argumen ke kedua argumen, atau tambahkan BENAR atau SALAH ke argumen. Pada postingan sebelumnya kita sudah mengetahui cara menggunakan rumus Excel SUMIF. Rumus ini akan sangat membantu dalam meringkas beberapa data dengan beberapa parameter. Namun, masalah baru muncul ketika data yang ingin diketahui memiliki lebih dari satu parameter. Solusinya kita bisa menggunakan turunan dari rumus SUMIF yaitu rumus SUMIFS (dengan tambahan ‘S’ setelahnya).

Pada artikel kali ini saya akan mengulas penggunaan rumus SUMIFS Excel dan contoh penerapannya pada data dengan dua parameter sederhana. Pertama, Anda perlu memahami bagaimana fungsi SUMIFS memiliki rumus umum.

Setelah kita mengetahui bentuk umum dari rumus SUMIFS seperti yang telah dijelaskan di atas, kita dapat mencobanya pada data yang memiliki dua atau lebih parameter yang ingin kita jumlahkan. Pada contoh kali ini saya akan menggunakan data dari toko buah yang bernama “Manis Segar”. Dari toko ini kami mendapatkan data penjualan berbagai jenis buah-buahan dari berbagai penjual yang ada di toko tersebut. Data ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini.

Jadi kita bisa menggunakan rumus SUMIFS untuk kedua parameter ini untuk menyelesaikan masalah pemilik toko. Mengapa SUMIFS membutuhkan dua parameter? Tentunya karena soal ini memiliki dua kriteria untuk menentukan jumlah buah yaitu jenis buah (apel) dan nama penjualnya (Tommy). Langkah penyelesaiannya adalah sebagai berikut:

Cara Mudah Penjumlahan Di Excel Dan Rumusnya

Saat menggunakan rumus SUMIFS, masalah yang sering muncul adalah menentukan parameter. Ada satu cara penulisan sintaks yang benar untuk menentukan parameter untuk rumus SUMIFS ini, yaitu:

Atau Anda juga bisa menggunakan sel tertentu yang berisi nama kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Misalnya, pada contoh di atas, parameter Apple dapat merujuk langsung ke sel E5. Ini adalah fungsi rumus IF Excel. Fungsi IF adalah untuk menampilkan suatu nilai atau kata seperti yang kita harapkan, atau untuk menampilkan nilai benar atau salah.

Fungsi ini sering digunakan oleh pengolah data di Excel untuk melakukan perbandingan logis berdasarkan data yang diharapkan.

Cara Menggunakan Rumus If Dengan Banyak Kriteria

Gunakan fungsi IF, sebuah fungsi logis, yang mengembalikan satu nilai jika benar dan nilai lain jika salah.

Rumus If Di Excel: Jenis, Cara Menggunakan, Dan Contoh Contohnya

Contoh di sini adalah memeriksa soal-soal ujian dengan membandingkan jawaban yang dipilih oleh peserta di sekolah atau kunci jawaban dengan ujian umum perekrutan karyawan.

Padahal dengan rumus yang sama di atas, format rumus kedua menampilkan penilaian berdasarkan ijazah sebagai nilai ujian administrasi.

Contoh ini mengevaluasi pendidikan mulai dari ijazah SMP, MTSN, SMA, MAN, D1, D2, D3, S1, S2, dan S3.

Jika kolom C3 sama dengan teks SMP maka nilainya adalah “5” (lima) sesuai dengan nilai pada tabel di atas.

Inilah Fungsi Countif Dalam Microsoft Excel, Bisa Permudah Pekerjaanmu

Karena penilaian ijazah didasarkan pada jenjang pendidikan yang berbeda, maka perlu dibuat formula dengan menjumlahkan seluruh ijazah jenjang pendidikan pada kolom D.

Cara yang benar untuk menggunakan rumus adalah seperti yang Anda harapkan. Perbandingan apa yang Anda inginkan? Banyak yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan sehingga data tervalidasi tanpa perlu pekerjaan manual.

Tags: belajar excel, cara membuat rumus excel if, cara menggunakan rumus if, fungsi IF, fungsi rumus excel, fungsi rumus ini di excel, rumus di excel, rumus excel, rumus excel IF, rumus excel if dengan 2 syarat, Rumus excel j dengan beberapa parameter, rumus excel j ganda, rumus pass gagal excel j pass, rumus compound j excel, rumus excel j gaji, rumus excel j tanggal, rumus pencarian excel j, rumus excel iferror, rumus excel untuk admin kantor, j Excel Rumus, Tutorial Excel Rumus Excel memudahkan untuk melakukan perhitungan otomatis. Microsoft Excel memiliki fitur rumus yang dapat memudahkan pengguna untuk melakukan perhitungan otomatis.

Cara Menggunakan Rumus If Dengan Banyak Kriteria

Rumus excel dibagi menjadi dua jenis, yaitu rumus fungsi dan rumus rumus. Rumus Fungsi adalah templat rumus yang disediakan oleh Microsoft Excel. Contoh rumus fungsi adalah “=SUM(A1:A3)”.

Cara Membuat Rumus Terstruktur Pada Tabel Excel Sederhana

Sedangkan rumus rumus adalah rumus excel yang diketik secara manual oleh pengguna aplikasi. Contoh rumusnya adalah “=B1+B2+B3” atau “=C1-C2/C3”.

Rumus excel memiliki banyak keunggulan untuk memudahkan pengolahan data. Diantaranya dapat memberikan hasil perhitungan yang akurat saat Anda perlu menghitung banyak data.

Selain itu, pengguna juga dapat membuat visualisasi data untuk kebutuhan presentasi menggunakan rumus Excel. Dan tentunya akan mempersingkat waktu pemrosesan data.

Cara menggunakan rumus excel cukup mudah. Harus diingat bahwa setiap rumus harus dimulai dengan “sama dengan” (=).

Rumus Sumif Excel Untuk Jumlahkan Angka Dengan 1 Kriteria

Selain itu komponen lain yang harus digunakan adalah nama-nama fungsi rumus seperti SUM, MIN, IF dan sebagainya. Kemudian, klik sel A1 hingga A3 (A1:A3) dari sel tempat data diambil.

SUM adalah rumus Excel yang digunakan untuk menjumlahkan angka pada sel tertentu. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan angka di sel A2 ke sel A10, rumus yang digunakan adalah:

Untuk memasukkan format rumus perkalian, cukup masukkan rumus pengguna sama dengan (=) diikuti dengan apa yang ingin dikalikan lalu sisipkan tanda bintang (*). Berikut formatnya:

Cara Menggunakan Rumus If Dengan Banyak Kriteria

Berikutnya adalah pembagian rumus Excel. Rumus pembagian pada Microsoft Excel menggunakan garis miring (/). Formatnya adalah sebagai berikut:

Contoh Cara Menggunakan Fungsi Rumus If Di Excel

Rumus rata-rata Excel berfungsi untuk menghitung jumlah rata-rata beberapa sel. Misalnya, pengguna mencari nilai mata kuliah rata-rata di sel A2 sampai A20, pengguna dapat menggunakan rumus:

Rumus Excel Tunggal IF adalah salah satu dari banyak fungsi

Cara rumus if, rumus if dengan banyak kriteria, rumus diskon excel menggunakan if, cara menggunakan rumus vlookup dengan 2 kriteria, menggunakan rumus if dengan banyak kriteria, rumus excel if 3 kriteria, cara penulisan rumus if, cara menggunakan rumus if pada microsoft excel, cara membuat rumus if bertingkat, cara menggunakan rumus if, menggunakan rumus if excel, rumus if banyak kriteria

Comments

social bar